Connect with us
Masker Bengkuang, Manfaat Masker Bengkuang, Khasiat Masker Bengkuang

Kosmetik

22 Manfaat dan Khasiat Masker Bengkuang untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Manfaat Masker Bengkuang – Masker Bengkuang merupakan suatu alat kosmetik perawatan kulit yang berasal dari buah bengkuang. Tanaman bengkuang atau dengan nama Latin: Pachyrhizus Erosus, adalah sejenis tanaman umbi, yang buah dalamnya berwarna putih, rasanya manis, dan menyegarkan. Tanaman ini berasal dari benua Amerika. Selain banyak manfaatnya untuk kesehatan, bengkuang juga berkhasiat untuk merawat kecantikan.

Masker Bengkuang, Manfaat Masker Bengkuang, Khasiat Masker Bengkuang

Sudah menjadi rahasia umum dan turun temurun jika bengkuang banyak digunakan untuk kecantikan wajah dan tubuh. Buah ini sangat terkenal akan khasiatnya di kalangan wanita zaman dulu, terlebih para wanita keturunan ningrat atau bangsawan yang sering menggunkannya sebagai masker.

Khasiat masker bengkuang sudah tidak usah diragukan lagi. Kandungan di dalam buah bengkuang dipercaya dapat membuat kulit wajah dan tubuh menjadi putih dan cerah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika menggunakan jenis masker ini harus rutin dan tiap hari.

Jenis Masker Bengkuang :

1. Masker bengkuang kemasan

Jenis masker ini di zaman sekarang sangat mudah untuk dijumpai di toko-toko produk kecantikan. Anda sudah tidak perlu repot lagi membuat masker sendiri. Hanya dengan mencampur air biasa atau air mawar ke dalam masker yang sudah berbentuk bubuk ini. Cukup digunakan satu kali dalam seminggu secara rutin, dan sudah terlihat hasil yang diinginkan.

2. Masker bengkuang alami

Masker alami didapatkan dari sari bengkuang asli. Keunggulan dari masker yang dibuat sendiri/alami adalah, bisa digunakan setiap hari tanpa ada efek samping. Tetapi sebaiknya, cukup digunakan maksimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Anda sudah mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

3. Masker bengkuang bubuk (alami)

Untuk mendapatkan bentuk bubuk, bengkuang harus ditumbuk terlebih dahulu, kemudian disimpan di dalam wadah yang bersih dan kedap udara. Ketika akan digunakan, cukup dicampur dengan air biasa, atau air mawar. Selain untuk masker, juga bisa digunakan sebagai lulur. Oleskan ke bagian wajah ataupun tubuh, dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Masker bengkuang dan putih telur

Penggunaan masker bengkuang dan putih telur, cocok untuk kulit berminyak. Putih telur dipercaya dapat mengecilkan pori-pori, mengurangi sebum, menjaga elastisitas pada kulit, menghilangkan kerutan pada wajah, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bisa dilakukan setiap hari atau 2 hari sekali dan harus rutin.

5. Masker bengkuang dan madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan wajah. Selain itu kandungan antioksidan di dalam madu dipercaya dapat memperlambat penuaan, dan mengurangi flek-flek hitam yang ada di wajah. Cara membuatnya, campurkan (secukupnya saja) madu ke dalam bengkuang yang sudah dihaluskan, kemudian aduk. Setelah itu aplikasikan pada wajah.

6. Masker bengkuang dan jeruk nipis

Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis, hampir sama dengan kandungan yang dimiliki oleh buah bengkuang. Yaitu, terdapat vitamin untuk memutihkan wajah, menghaluskan, mengencangkan, serta dapat menangkal radikal bebas. Dengan pemakaian rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu, kulit anda akan terlihat lebih cerah dan sehat.

7. Masker bengkuang dan minyak zaitun

Masker ini cocok digunakan untuk anda yang memiliki kulit kering. Minyak zaitun banyak mengandung senyawa vitamin E, K, lemak, lemak (omega 3, 6, 9, dan lemak jenuh), yang pastinya dapat mencegah keriput, dan penuaan dini. Cukup dengan mengoleskan masker bengkuang yang sudah dicampur dengan minyak zaitun setiap menjelang tidur, biarkan sampai keesokan paginya, kemudian bersihkan.

8. Masker bengkuang dan air mawar

Air mawar, adalah air yang mengandung sari bunga mawar. Selain untuk memberikan kesegaran pada kulit wajah, air mawar juga biasanya digunakan sebagai toner. Cara penggunaannya, campur air mawar dengan masker bengkuang yang sudah disiapkan. Diamkan selama 10-15 menit saja. Kemudian basuh wajah dengan air hangat. Wajah akan kembali segar dan wangi tentunya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Manfaat Masker Bengkuang :

1. Mencerahkan kulit wajah

Kandungan vitamin C di dalam buah bengkuang dapat merangsang sel-sel kulit yang sudah mati untuk kembali beregenerasi. Sehingga hasil yang didapatkan jika rutin menggunakan masker bengkuang ialah, wajah terhindar dari noda, tidak kusam, dan pastinya tetap sehat. Perawatannya bisa dilakukan secara rutin.

2. Mengurangi flek-flek hitam pada wajah

Baiknya masker bengkuang dicampur dengan madu. Karena madu juga dipercaya dapat menghilangkan flek-flek hitam pada wajah. Perawatan yang harus dilakukan, gunakan masker bengkuang, atau yang sudah ditambah dengan madu, sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam seminggu. Niscaya flek-flek hitam pada wajah anda akan mulai berkurang.

3. Menghilangkan minyak pada wajah

Selain untuk mencerahkan kulit, saripati bengkuang dapat digunakan unuk menghilangkan minyak di wajah, membersihkan kotoran-kotoran yang menempel, serta mengangkat sisa-sisa sel kulit mati. Bisa juga dicampur dengan putih telur. Karena putih telur berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori. Jika pori-pori mengecil, maka bakteri dan kotoran yang menempel pada wajah akan hilang.

4. Mencegah penuaan dini

Vitamin C di dalam buah bengkuang dipercaya dapat menangkal radikal bebas. Sehingga kerutan-kerutan di wajah, dapat berkurang atau hilang jika rutin melakukan perawatan dengan menggunakan masker bengkuang. Selain dijadikan masker, buah bengkuang bisa dikonsumsi langsung secara rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menjaga agar kulit tetap sehat

Selain sebagai masker, bengkuang juga bisa diaplikasikan sebagai lulur untuk tubuh. Sehingga selain menjaga kulit wajah, juga berguna untuk kulit tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam bengkuang terkandung mineral, vitamin B, B1, C, dan gizi. Gunakan lulur secara rutin seminggu sekali hingga 2 kali, dan aplikasikan masker sebaiknya pada malam hari beberapa saat menjelang tidur.

6. Menjaga kulit tetap dingin

Manfaat bengkuang yang lainnya yaitu, dapat menangkal panas dari sinar matahari yang langsung dirasakan oleh kulit, bahkan untuk waktu yang cukup lama. Dengan menggunakan masker bengkuang ke wajah dan tubuh secara rutin, maka tidak akan terjadi peradangan pada kulit dikarenakan terkena sinar matahari.

Manfaat Masker Bengkuang Lainnya :

7. Dapat mengecilkan pori-pori pada wajah
8. Mengurangi bintik-bintik hitam
9. Menjaga agar kulit tetap segar
10. Melindungi kulit dari masalah penyakit kulit (kanker kulit), dsb.
11. Mengunci kelembapan kulit
12. Membuat kulit tetap terlihat cantik
13. Membuat kulit semakin bersinar
14. Mengencangkan kulit
15. Menghilangkan jerawat
16. Membuat kulit wajah dan tubuh menjadi putih
17. Merawat kulit kering
18. Mengangkat sel-sel kulit mati
19. Meregenerasi kulit
20. Memperlancar sirkulasi darah di sekitar wajah
21. Memberi nutrisi pada kulit
22. Membuat kulit menjadi wangi

Cara Menggunakan Masker Bengkuang :

1. Hal pertama yang harus dilakukan ialah, bersihkan wajah anda sebelum dibubuhi masker.
2. Oleskan saripati atau endapan dari buah bengkuang secara merata pada wajah, dan leher, sampai merata.
3. Biarkan masker di wajah dan leher hingga kering. Tunggu sekitar 30 menit.
4. Jika sudah kering, kemudian bersihkan masker menggunakan lap atau handuk kecil yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam air hangat.
5. Bilas kembali wajah dan leher sampai benar benar bersih dengan air dingin.
6. Kemudian keringkan wajah dengan lap atau handuk kecil.

Cara Membuat Masker Bengkuang :

1. Siapkan buah bengkuang sebanyak 2-3 biji untuk satu kali pemakaian. Pastikan buah yang digunakan sudah matang dan masih segar.
2. Kupas buah.
3. Setelah dikupas kemudian cuci dengan air bersih. Usahakan menggunakan air yang mengalir.
4. Potong potong buah bengkuang menjadi beberapa bagian.
5. Kemudian parut.
6. Letakkan dalam wadah yang bersih
7. Hasil parutan tadi, lalu diperas airnya. Anda tidak perlu menambahkan air lagi ke dalam hasil parutan.
8. Diamkan hasil perasan beberapa saat, hingga sari bengkuang mengendap.
9. Endapan tadi bisa dicampur dengan beberapa bahan lainnya seperti madu, putih telur, jeruk nipis, dan sebagainya, sesuai dengan kebutuhan Anda.
10. Aduk aduk sebentar
11. Dan masker siap digunakan

Efek Samping Masker Bengkuang :

1. Jika digunakan terlalu sering dapat membuat kulit luar menjadi tipis.
2. Sensitif jika terkena area area tertentu pada wajah seperti: mata, lubang hidung, dan mulut.
3. Bisa menyebabkan iritasi jika menggosok wajah terlalu kuat.
4. Dapat menyebabkan alergi jika tidak sesuai dengan petunjuk penggunaan (khusus untuk masker kemasan).
5. Gatal gatal jika bahan yang digunakan tidak sehat dan bersih.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Membuat masker bengkuang sendiri, memang lebih banyak keunggulannya dibandingkan menggunakan masker kemasan yang sudah jadi. Karena efek sampingnya hampir tidak ada dan lebih aman bila dibandingkan dengan masker kemasan yang sudah tercampur dengan bahan bahan kimiawi. Sedikit repot tidak mengapa, asalkan hasil yang didapat jauh lebih memuaskan dan maksimal.

Continue Reading

Lainnya dari Kosmetik

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top