Connect with us
Masker Beras,Masker Beras Alami, Manfaat Masker Beras, Khasiat Masker Beras

Kosmetik

30 Manfaat dan Khasiat Masker Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Masker beras merupakan masker yang dibuat dari bahan utama beras serta bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti madu, baking soda, tomat, gula maupun cuka apel. Fungsi beras sendiri adalah sebagai menu pokok harian yang dikonsumsi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Dalam beras, terkandung Pati yang cukup besar dibandingkan dengan sereal. Kandungan dalam beras yang sudah dikenal banyak orang adalah mineral, vitamin, protein, air, serta karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memulai aktivitas yang tentunya memerlukan sebuah energi. Tapi, bagaimana jika beras dimanfaatkan untuk kecantikan?

Masker Beras,Masker Beras Alami, Manfaat Masker Beras, Khasiat Masker Beras

Ternyata, cara memutihkan kulit secara alami dan cepat dengan beras sudah dimanfaatkan oleh orang-orang terdahulu. Meskipun sempat tidak dipergunakan lagi oleh masyarakat modern, beras yang dijadikan masker tetap digunakan oleh negara-negara lain yang memang paham akan khasiat dari beras untuk kecantikan. Mereka berlomba-lomba untuk memanfaatkan bahan yang tergolong alami dan meninggalkan segala perawatan kulit dengan bahan kimia.

Namun, tidak hanya di Jepang saja yang memanfaatkan beras sebagai kecantikan, sekarang ini produk kecantikan dari beras sebagai salah satu bahan utamanya telah merebak ke berbagai wilayah Indonesia. Vitamin B yang melimpah dalam beras tentu mampu menjadikan beras sangat cocok dijadikan masker. Vitamin B dalam beras mampu memperlambat penuaan dini, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan merangsang pertumbuhan serta perbaikan sel. Dan satu lagi keistimewaannya, masker wajah dari beras ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Selain Vitamin B, dalam butiran-butiran beras juga terdapat banyak gizi alami. Jadi tidak heran jika banyak orang memilih masker beras sebagai perawatan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Kandungan Masker Kulit Beras :

1. Asam Linoleat

Asam ini yang menduduki lapisan luar dari beras, dan zat inilah yang paling penting untuk meremajakan kulit. Asam linoleat sendiri mengandung lipid dan ceramic yang bantu melawan kulit kering serta mampu mengembalikan elastisitas kulit.

2. Squalan

Dalam beras, juga terkandung material penting untuk banyak produk kecantikan, yaitu sualane, yang bisa berfungsi sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mendorong tingkat kolagen pada kulit.

3. Vitamin E dan Gamma Oryzanol

Zat lain yang tidak kalah penting dari beras adalah vitamin E dan gamma oryzanol yang dapat mencegah penyakit jantung serta menurunkan kolesterol jahat.

Jenis Masker Beras :

Jenis Masker Beras

Ternyata beras bisa dikombinasikan dengan banyak bahan yang juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut adalah macam-macam perbaduan campuran tersebut :

1. Beras dan Madu

Madu sendiri merupakan Sumber antioksidan yang baik untuk kulit karena fungsinya yang selain melembapkan, juga dapat membantu pengelupasan kulit mati, menyegarkan kulit serta mencerahkan wajah.

2. Beras dan Baking Soda

Masker ini cocok untuk mengatasi kulit berminyak yang akan memperburuk penampilan. Mengapa menggunakan baking soda?
Karena soda merupakan zat alami yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati serta membantu pengelupasannya.

3. Beras dan Tomat

Tomat juga termasuk dalam produk alami yang mampu menghilangkan jerawat dan komedo. Biasanya, beberapa wanita akan menggunakan produk ini untuk mengangkat sel kulit mati dengan cara menggosokkannya ke bagian atas hidung.

4. Beras Dicampur Gula

Gula memang dianggap sebagai scrub alami yang ampuh melawan jerawat. Anda bahkan bisa menambahkan yoghut ke dalam adonan masker beras dan gula. Selain membersihkan, masker alami ini juga mampu melembapkan dan mengelupaskan kulit.

5. Beras, Susu dan Cuka Sari Apel

Campuran ini merupakan masker wajah yang tergolong alami dan waktu pembuatannya hanya 2 menit. Bahkan Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes susu. Masker ini berbentuk pasta dan usahakan untuk mengoleskannya ke wajah dan juga leher Anda. Biarkan sampai masker kering, lalu cuci dengan air dingin.

Manfaat Masker Beras :

Bahan dasar untuk pemutih yang terkandung dalam kosmetik dimiliki pula oleh beras. Yaitu vitamin B yang mampu membuat kulit semakin bersinar. Namun Anda tidak perlu repot-repot untuk membeli kosmetik berbiaya mahal yang ada di pasaran. Lakukan sendiri perawatan di rumah menggunakan masker beras agar biaya yang dikeluarkan dapat ditekan.

1. Sebagai Anti Penuaan Dini

Penuaan Dini adalah saat kulit tampak menua lebih cepat dibanding usia. Tuntutan hidup pada saat ini memang semakin penuh dengan hingar-bingar yang menjadikan seseorang rentan mengalami stres, kulit mudah terkena polusi, dan seringnya menjalani pola hidup tidak sehat. Hal buruk itulah yang menjadikan seseorang mudah keriput di usia muda. Untuk mengatasi kekhawatiran ini, ada beberapa cara yang busa dilakukan.

Salah satunya adalah dengan merawat kulit menggunakan beras, masker beras sendiri membawa kandungan asam ferulic yang bersifat antioksidan, jadi, ia mampu melawan radikal bebas dari lingkungan yang berpolusi tinggi yang merupakan salah satu sebab awal dari kulit keriput. Jadi, manfaat yang paling mengesankan dari beras adalah sebagai masker beras yang mampu mengatasi kulit keriput secara alami.

2. Bantu Hilangkan Flek Hitam

Flek hitam pada wajah bisa muncul akibat sering terkena paparan sinar matahari. Karena itu, penting untuk memakai krim siang dengan kandungan tabir Surya agar wajah tetap terjaga kelembutannya. Jika sudah terlanjur muncul flek hitam, masker beras merupakan salah satu solusi yang akan mengurangi noda hitam tersebut, sedikit demi sedikit. Biasanya, area wajah yang mudah terkena flek hitam adalah hidung dan pipi, beras yang mengandung zat-zat baik ini tentu akan membantu menyamarkan noda di hidung atau pipi, bahkan bisa untuk seluruh wajah.

3. Membantu Mengecilkan Pori

Pori-pori yang besar tentu akan mengganggu kemulusan kulit wajah. Selain itu, dampak buruk dari pori yang besar juga akan membuat wajah berminyak dan mudah terkena jerawat, sehingga kulit wajah akan tampak kusam. Ketika dipakaikan make-up pun, akan mudah luntur jika kadar minyak dalam wajah terbilang banyak. Manfaat lain dari masker beras adalah membantu mengecilkan pori sehingga kulit menjadi lebih halus dan memudahkan untuk mengaplikasikan make-up di wajah.

4. Membantu Meregenerasi Kulit

Proses peremajaan kulit secara alami terjadi jika pergantian sel kulit mati terjadi, namun ada saat di mana proses tersebut tidak berlangsung secara sempurnya dan menjadikan wajah semakin kusam. Untuk memulihkan kondisi tersebut, masker beras untuk wajah sangat dianjurkan karena merupakan salah satu alternatif alami yang akan membantu kulit teregenerasi secara teratur, sehingga wajah akan tetap cerah dan terbebas dari noda-noda sel kulit mati.

5. Membantu Mengencangkan Kulit

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh juga akan menurun, kemudian menyebabkan kulit secara lambat-laun kehilangan elastisitas dan menjadi kendur. Masker beras akan membantu mengencangkan kulit Anda yang mulai kendur. Anda bisa memakai masker ini sampai ke leher, karena leher juga berisiko mengalami keriput jika seiring bertambahnya usia.

Manfaat Masker Beras Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membantu Mengatasi Jerawat
7. Memutihkan Kulit Secara Alami
8. Membantu Menghaluskan Kulit
9. Membantu Mengurangi Minyak Berlebih
10. Sebagai Perlindungan Terhadap Kulit Secara Alami
11. Mengatasi Jerawat
12. Regenerasi Kulit
13. Mengangkat Kotoran
14. Melembabkan Kulit
15. Melengkapi Nutrisi Kulit
16. Meminimalisir Kerutan
17. Mengangkat Bekas Make Up
18. Menghilangkan Komedo

Cara Membuat dan Memakai Masker Beras :

Cara Membuat dan Memakai Masker Beras

Perlu diperhatikan, untuk membuat masker beras tentunya harus terlebih duku membuatnya menjadi tepung. Caranya tidak sulit, namun memang ada tahapan-tahapan yang perlu diperhatikan agar proses perawatan dengan masker ini berjalan sempurna dengan hasil yang memuaskan. Begini caranya:

1. Cara Membuat

Cuci beras terlebih dahulu sebanyak 3x kemudian saring cuciannya hingga benar-benar bersih, dari kuti maupun kotoran. Lalu esoknya bisa dilanjutkan dengan menumbuk beras hingga halus dan kering, kemudian simpan pada wadah tertutup. Sebagai catatan penting, pilihlah beras yang alami dan tanpa pengawet untuk memastikan khasiatnya benar-benar dirasakan dengan baik.

2. Cara Pemakaian

Anda bisa menambahkan madu sekitar 2 sendok makan, dengan 2 sendok makan tepung beras. Sebelum memakainya, cuci wajah hingga bersih terlebih dahulu, lalu ratakan masker ke seluruh wajah dan leher selama 20-30 menit, setelah itu bilas dengan air dingin. Gunakan masker wajah ini dalam kurun waktu seminggu sekali.

3. Cara Pemakaian Masker Beras Dengan Campuran

  1. Jika Anda menggunakan masker beras dengan campuran lemon, maka gunakanlah tepung beras secukupnya, lalu campurkan dengan perasan lemon dan aduk hingga menjadi krim. Diamkan di wajah hingga terasa kencang. Untuk masker ini, bilaslah dengan air hangat sampai bersih.
  2. Jika Anda menggunakan masker beras dengan putih telur, maka Anda bisa mencampurkan putih telur(dari satu telur) dengan tepung beras secukupnya. Setelah kental, pakaikan ke wajah sampai merata. Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih, boleh juga jika Anda ingin menggunakan pembersih agar bau amis dari putih telur tidak menempel di wajah.
  3. Jika Anda menggunakan masker beras dengan campuran yogurt tawar, caranya cukup dengan mencampur tepung beras dan yogurt, aduk sampai rata lalu oleskan pada wajah hingga leher. Setelah terasa kencang di wajah bersihkan dengan air hangat.
  4. Jika Anda menggunakan masker beras dengan cuka apel, maka campurkan 2 sendok tepung gandum dengan air, lalu dimasak hingga mendidih, setelah dingin segera campurkan dengan 2 sendok makan tepung beras dan 1 sendok teh cuka apel, balurkan ke wajah lalu bersihkan.

4. Pemakaian Sebagai Scrub Wajah

1. Campuran Gula

Haluskan gula dan beras sekaligus, tambahkan juga yoghurt agar adonan tidak terlalu kering. Pakaikan ke wajah dengan gosokkan melingkar secara perlahan-lahan, lalu bilas sampai bersih.

2. Campuran Baking Soda

Campur baking soda dan tepung beras dengan menambahkan beberapa tetes madu, Setelah rata, pakai ke wajah dan leher sampai kering, sebelum krim mengering di wajah Anda bisa melakukan pemijatan pelan-pelan, setelah itu cuci wajah sampai bersih.

Cara Membedakan Masker Beras Asli dan Palsu :

Untuk produk masker beras sebagai kecantikan, mungkin hanya beberapa yang dijual di pasaran. Mengingat masker ini sangat mudah dibuat sendiri, jadi kebanyakan orang merasa tidak perlu untuk membelinya. Jika Anda memilih untuk membelinya dari toko kosmetik atau tempat-tempat perawatan wajah, Anda bisa mengetahui keaslian produk tersebut dengan melihat apakah produk tersebut resmi di BPOM, Anda juga bisa mengeceknya di internet apakah BPOM tersebut memang benar-benar terdaftar.

Memang untuk produk perawatan wajah, perlu berhati-hati dalam memilih. Sebab, yang dipertaruhkan adalah nasib kulit Anda. Dampak buruk tentu akan Anda alami jika sampai Anda salah memilih produk. Jadi, lebih baik untuk membuat sendiri masker beras ini.

Efek Samping Penggunaan Masker Beras :

Efek Samping Penggunaan Masker Beras

Pastikan Anda tidak menggunakan masker ini secara teratur karena proses pengelupasan yang diakibatkan dari seringnya memakai masker ini akan membuat kerusakan pada kepekaan dan kelembutan kulit. Cara yang benar adalah ketika menggosok, gunakanlah ujung jari yang basar, mulai dengan gerakan melingkar atau sebaliknya.

Cara Menyimpan Masker Beras :

Ada 2 metode penyimpanan masker beras yang bisa Anda lakukan, berikut caranya.

  1. Simpan pada tempat yang jauh dari paparan sinar matahari langsung.
  2. Simpan pada tempat yang sejuk seperti lemari es agar masker ini tetap pada kondisi yang baik.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Naturgo untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Gunakanlah masker beras ini secara rutin seminggu 2 kali, dijamin ada perubahan pada kulit wajah anda. Intinya jika igin mendapatkan hasil yang maksimal harus konsisten dan paham cara pemakaiannya. Ingat juga untuk menggunakan jenis kosmetik yang aman digunakan.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Kosmetik

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top