Connect with us
Masker Kefir, Manfaat Masker Kefir, Khsaiat Masker Kefir

Kosmetik

100 Manfaat dan Khasiat Masker Kefir untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Masker kefir merupakan masker yang terbuat dari endapan hasil proses fermentasi susu kambing maupun susu sapi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit terutama kulit wajah. Masker tersebut berbeda dengan yougurth pada penggunaan dan bahan campurannya. Bahan alami jenis masker ini mengandung banyak nutrisi yang mampu memperbaiki susunan sel kulit terutama kulit wajah sehingga kulit akan terlihat sehat, bersih dan ternutrisi.

Masker Kefir, Manfaat Masker Kefir, Khsaiat Masker Kefir

Masker kefir menjadi salah satu jenis masker yang sedang populer dikalangan remaja atau wanita karena manfaatnya untuk kecantikan yang luar biasa. Manfaat masker kefir tidak hanya disitu memperbaiki sel kulit saja. Namun segala kebutuhan kulit terpenuhi hanya dengan satu masker saja dikarenakan nutrisi yang terkandung sangat kompleks dan lengkap. Itulah asalan mengapa banyak wanita terutama remaja tertarik dengan masker ini.

Jenis Masker Kefir :

Jenis Masker Kefir, Masker kefir Original, Masker kefir Charcoal, Masker Kefir Arang Bambu, Masker Kefir Green Tea, Masker Kefir Coklat, Masker Kefir Kunyit

1. Original/Pure/White

Masker kefir original merupakan jenis masker yang tidak ada campuran bahan lainnya. Varian Original mengandung susu saja dan biasanya digunakan untuk pemula. Masker kefir original berfungsi untuk melakukan detoksifikasi terhadap kulit. Itu sebabnya masker varian original dipakai untuk para pemula guna membersihkan toksin yang terdapat pada kulit wajah.

2. Black

Varian ini merupakan kombinasi dari fermentasi susu dengan serbuk arang. Serbuk arang ,mengandung karbon yang ampuh mengangkat sel kulit mati, mengurangi minyak, meningkatkan tingkat kolagen, melindungi kulit dari iritasi akibar terkikis nya lapisan epidermis dan bakteri, serta dapat melepaskan ion negative. Manfaat masker kefir yaitu mencegah jerawat,dan membuat kulit jadi lebih lembut dan bersih.

3. Green

Varian green masker kefir mengandung ekstrak teh hijau yang berfungsi melembabkan, mencerahkan dan menghaluskan kulit serta mengurangi minyak berlebihan. Selain itu, aroma khas green tea berfungsi sebagai aroma terapi yang memberikan kesan tenang dan nyaman. Biasanya varian green tea digunakan setelah varian original atau black kefir tetapi yang terpenting ialah menyesuaikan kebutuhan kulit.

4. Bengkuang

Bengkuang terkenal sebagai ramuan atau masker alami yang dapat memutihkan wajah. Varian masker kefir bengkuang yang memadukan antara manfaat kefir, susu, dan ekstrak bengkoang mampu memberikan efek positif yang lebih kompleks seperti memutihkan dan melembutkan kulit wajah. Varian bengkuang biasanya digunakan setelah wajah melewati treatment detoks oleh varian original atau black.

5. Chocolate

Varian chocolate adalah varian yang paling dinikmati karena selain khasiatnya juga aromanya yang sarat akan wangi chocolate alami. Varian ini biasanya diguankan setelah perawatan menggunakan varian sebelumnya atau tergantung kebutuhan kulit. Chocolate berfungsi menjaga agar kulit tetap sehat dan lembut. Aromanya juga dapat menghilangkan stres yang memicu kerusakan kulit.

Manfaat Masker Kefir :

1. Mengurangi keriput dan memperlambat penuaan dini

Asam Hidroksil Afa (AHA) yang terkandung pada masker kefir sangat berguna untuk menyamarkan garis halus, mengencangkan kulit, menghilangkan kerutan, memperbaiki lapisan kulit, dan menutrisi kulit wajah. Sehingga kerut atau keriput pada wajah perlahan berkurang dan menjadikan wajah tampak lebih muda dan segar. Selain itu, lapisan kulit yang sudah di nutrisi akan memperbaharui lapisan epidermis kulit.

2. Melindungi dari sinar UV dan radiasi buruk

Asam amino yang terkandung pada masker kefir berperan sebagai anti-oksidan penangkal radiasi buruk yang melekat pada kulit setelah beraktifitas di luar. Selain itu, anti-oksidan juga melindungi kulit dari pengaruh buruk paparan sinar UV ketika beraktifitas di bawah terik matahari. Sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering bahkan kanker kulit.

3. Menghilangkan jerawat dan flek hitam

Lactobacillus yang terkandung pada masker kefir membantu membersihkan kulit dari bakteri dan kotoran yang menempel. Bakteri dan kotoran inilah yang menyebabkan jerawat mudah tumbuh pada permukaan kulit. Susu sebagai salah satu bahan utama masker ini juga terbukti mampu memutihkan dan menyamarkan noda sehingga flek hitam pada wajah bisa hilang dengan perawatan teratur.

4. Mengurangi iritasi kulit

Iritasi pada kulit di sebabkan oleh penggunaan make-up yang salah atau berlebihan. Bahan alami masker kefir berperan sebagai skin care yang mampu memperbaharui atau mengembalikan lapisan epidermis kulit yang lebih sehat dan bernutrisi. Sifat anti mikroba pada kefir mampu mengurangi bakteri yang berkembang biak pada lapisan kult yang sudah teriritasi.

5. Mengencangkan kulit

Manfaat masker kefir selain mengembalikan kulit wajah seperti semula dan mengurangi keriput, kandungan AHA pada susu mampu meningkatkan kolagen yang dibutuhkan sebagai nutrisi untuk mengencangkan kulit. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa masker ini juga mengandung anti-oksidan yang dapat memproteksi wajah dari sinar UV yang menyebabkan kulit kendur.

Manfaat Masker Kefir Lainnya :

6. Memperbaiki jaringan sel kulit yang sudah rusak baik oleh polusi maupun sinar UV.
7. Melindungi kulit baik wajah maupun tubuh dari pengaruh buruk paparan sinar UV.
8. Memperbaiki kulit akibat penggunaan make-up.
9. Sebagai terapi skin care yang membantu mengurangi tingkat ketergantungan pada kosmetik.
10. Membuat kulit menjadi elastis.
11. Meremajakan kulit.
12. Menyeimbangkan kadar asam dan basa pada kulit.
13. Membersihkan kulis secara total.
14. Mengurangi garis halus maupun kerutan pada wajah.
15. Merangsang produksi kolagen.

Cara Memakai Masker Kefir :

Cara Memakai Masker KefirSesuai dengan yang telah disebutkan sebelumnya, masker kefir ini sangat bermanfaat dalam mencegah penuaan dini, mengatur keseimbangan zar asam yang ada di dalam kulit dan mengatasi komedo serta jerawat. Supaya bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut, maka Anda harus mengetahui cara pemakaian masker kefir yang benar, seperti di bawah ini:

1. Silahkan Cuci Muka Terlebih Dahulu

Sebelum anda menggunakan masker kefir, sebaiknya cucilah muka terlebih dahulu dengan menggunakan facial foam yang biasa anda gunakan. Setelah itu, keringkan muka dengan menempelkan handuk. Usahakan untuk tidak menggosok-gosokkan handuk ke muka saat mengeringkannya ya, jadi cukup di tepuk-tepuk ringan saja.

2. Langsung Oleskan Masker Kefir

Jika muka anda sudah kering, anda bisa langsung mengaplikasikan masker kefir ini, baik dengan menggunakan bantuan kuas maupun dengan menggunakan tangan yang sudah dibersihkan secara langsung. Hindari area mata, sudut bibir dan lipatan pinggir hidung, karena bagian tersebut biasanya lebih sensitif.

3. Diamkan Selama 30 Menit

Setelah menggunakan masker kefir, anda bisa mendiamkannya selama 30 menit. Pada dasarnya lama waktu mendiamkan ini fleksibel ya, antara 15 menit hingga 1 jam. Tetapi, jika anda menggunakannya agak lama, masker ini akan kering dan membentuk semacam kerak yang bisa menarik kulit muka.

4. Bilas Muka

Setelah anda merasa cukup mendiamkan masker kefir ini, anda bisa membilas muka dengan menggunakan air hangat supaya lemak susu yang menempel bisa hilang. Jangan lupa untuk mengeringkan muka setelahnya ya. Jika setelah dikeringkan rasanya seperti ada minyak yang menempel pada kulit, biarkan saja, karena nanti kulit tetap akan kembali natural seperti biasanya.

Cara Membuat Masker Kefir :

Cara Membuat Masker Kefir

1. Membuat masker alami ini sangatlah mudah dan praktis. Pertama-tama siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti wadah kaca atau plastik, kain bersih, sendok atau spatula untuk mengaduk, saringan, dan toples untuk menyimpan.

2. Kemudian bahan utama pembuatan masker kefir yakni susu kambing atau sapi murni, dan bibit kefir. Dosis yang biasanya diterapkan yaitu 1 liter susu : 50 gram bibit kefir.

3. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 1 liter susu dan bibit kefir pada baskom atau wadah yang sudah dibersihkan kemudian aduk menggunakan spatula sampai kedua bahan tersebut benar-benar tercampur.

4. Setelah itu masukan campuran tersebut ke dalam toples, tutup rapat menggunakan kain dan simpan selama 24 jam dalam ruangan gelap dengan suhu normal.

5. Kemudian buka toples dan aduk lagi dan tutup kembali kemudian simpan sekitar 12-24 jam. Langkah ini guna membantu proses fermentasi agar hasil fermentasi sempurna.

6. Terakhir, gunakan saringan untuk memisahkan kotoran, gumpalan, atau partikel yang tidak larut dalam susu. Kemudian simpan lagi adonan masker kefir dalam freezer selama 48 jam atau 2 hari, 2 malam untuk dibekukan baru kemudian masker alami ini bisa digunakan.

Cara Membedakan Masker Kefir Asli dan Palsu :

Cara Membedakan Masker Kefir Asli dan Palsu, Msker Kefir Asli, Masker Kefir Palsu

Boomingnya masker kefir ini membuat pihak-pihak nakal memiliki ide untuk turut bermain di dalamnya. Mereka memanfaatkan kepopuleran masker kefir untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjual masker kefir yang palsu. Oleh karenanya, supaya Anda benar-benar mendapatkan produk yang terbaik, Anda perlu mengetahui cara membedakan yang asli dengan yang palsu seperti di bawah ini:

1. Aroma

Yang pertama adalah silahkan anda cium aromanya. Aroma masker kefir yang asli akan seperti bahan dasarnya, yakni seperti susu kambing atau susu sapi. Sementara masker kefir yang palsu tidak akan memiliki aroma tersebut.

2. Warnanya

Kemudian, jika Anda perhatikan warnanya, masker kefir yang asli akan berwarna putih murni, sedangkan Masker Kefir yang palsu biasanya berwarna agak kekuningan. Jadi dalam membeli jenis masker ini harus teliti dalam membedakan mana yang asli dan palsu.

3. Tekstur

Dari segi tekstur, Masker Kefir yang asli apabila dipegang akan halus, berbeda dengan masker kefir palsu yang apabila dipegang akan terasa kasar.

4. Rasa

Anda bisa mengecek keaslian masker kefir dari rasanya juga. Masker yang palsu biasanya akan terasa pahit. Maka akan berbading terbalik dengan masker yang asli.

Efek Samping Masker Kefir :

Bagi pemula yang baru saja mulai mencoba untuk pertama kalinya biasanya kulit akan tampak kemerahan. Namun, tidak perlu khawatir karena hal tersebut menandakan bahwa nutrisi masker sedang bekerja di bawah lapisan kulit dan biasanya akan normal keesokan harinya. Akan tetapi apabila iritasi tersebut berlanjut maka sebaiknya hentikan penggunaan. Alergi pada kulit yang biasanya sensitif berupa:

• Gatal-gatal
• Kulit kemerahan
• Bintik merah
• Iritasi berupa kulit terkelupas

Cara Menyimpan Masker Kefir :

Cara menyimpan masker kefir yang baik adalah dengan membekukannya di dalam freezer. Mengapa? Karena freezer mencegah masker supaya tidak mudah meluap, mengingat masker ini memiliki kandungan senyawa hidrogen dan karbondioksida di dalamnya. Selain itu, masker yang dibekukan juga bisa membuatnya lebih tahan lama dan tidak rusak, bahkan hingga mencapai 6 bulan lamanya.

Tetapi, selain di dalam freezer, anda bisa menyimpan masker kefir di dalam toples yang sebelumnya sudah diisi dengan ice gel supaya masker ini tetap dingin. Cara lain untuk menyimpan masker ini adalah dengan menempatkannya dalam wadah plastik yang ada tutupnya.

Kemudian, tempatkan pula es batu yang sudah dibungkus plastik ke dalam wadah tersebut, jangan lupa untuk menaburi es dengan garam supaya es tidak lekas mencair, baru kemudian tutup kotak rapat-rapat. Ini bisa anda lakukan saat siang hari, dan untuk malam hari, anda bisa mengeluarkannya karena suhu ruangan malam hari masih aman untuk masker tersebut.

Suhu yang anda perlukan supaya masker kefir ini bisa bertahan hingga 2 bulanan yaitu 4 derajat hingga 6 derajat celcius. Hal penting lain yang perlu diingat mengenai cara penyimpanan masker adalah, jika anda menyimpannya dalam suhu ruangan, hindari yang namanya paparan sinar matahari karena ini bisa menyebabkan masker berubah warna.

Warna dasar masker kefir adalah putih. Jika warna ini sampai berubah menjadi warna kecoklatan, maka masker sudah tidak layak untuk digunakan lagi. Selain bisa mempengaruhi warna, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan prebiotik yang ada didalamnya bisa menjadi lebih cepat mati.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Natur-E untuk Kecantikan Serta Efek Samping

Berbagai jenis, manfaat, cara membuat, cara memakai, perbedaan asli atau palsu dan efek samping yang disebabkan oleh penggunaan masker kefir sudah kami jelaskan dengan detail. Tentu saja untuk mendapat hasil yang maksimal dan efektif dari manfaat masker ini tersebut yakni dengan cara perawatan dan penggunaan secara teratur. Disarankan juga untuk beralih menggunakan masker tersebut yang berbahan dasar alami sebagai pengganti skin care yang biasanya berupa bahan kimia.  Anda dapat melihat dan mencari informasi manfaat serta khasiat kosmetik lainnya bagi kecantikan.

Continue Reading

Lainnya dari Kosmetik

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top