Connect with us
Masker Kopi, Manfaat Masker Kopi, Khasiat Masker Kopi

Kosmetik

100 Manfaat dan Khasiat Masker Kopi untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Masker Kopi, berasal dari tanaman kopi yang sejak dahulu kala sudah menjadi minuman idola bangsawan Eropa. Secara umum, ada dua jenis varietas kopi yang dikenal yaitu Kopi Arabika (Coffea Arabica) dan Kopi Robusta (Coffea Canephora). Konon katanya penemuan kopi sebagai minuman yang dapat memberikan khasiat dan stamina pertama kali ditemukan di benua Arfika tepatnya oleh bangsa Ethiopia. Namun selain minuman kopi ternyata juga dibuat sebagai masker. Manfaat masker kopi yaitu mengangkat sel kulit mati, menghaluskan, melembabkan dan menghaluskan kulit.

Masker Kopi, Manfaat Masker Kopi, Khasiat Masker Kopi

Kopi tidak hanya dinikmati sekedar sebagai minuman rutin atau bahan pembuatan minuman kemasan saja. Di balik manfaat kopi selain untuk di konsumsi, ternyata menyimpan manfaat lain yang jarang kita ketahui. Bubuk atau ampas kopi bisa dijadikan masker wajah ataupun tubuh dengan berbagai manfaat alami yang dihasilkan. Bahkan ada juga yang memakai masker kopi dari kopi kapal api. Karena khasiat masker kopi diyakini mampu merawat dan mencerahkan kulit.

Jenis Masker Kopi :

Jenis Masker Kopi, Masker Kopi dan susu, Masker Kopi dan Minyak Zaitun, Masker Kopi dan Madu, Masker Kopi dan Kayu Manis, Masker Kopi dan Lemon

1. Masker Kopi dan Susu

Kandungan anti-oksidan yang terdapat pada kopi mampu memperbaiki dan mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat radiasi sinar ultraviolet matahari. Manfaat susu juga dipercaya mampu membersihkan sel kulit mati sehingga kulit akan menjadi lebih putih dan bersih. Menggunakan kopi sebagai masker yang dicampur dengan susu akan memberikan manfaat ekstra pada wajah maupun kulit tubuh.

2. Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Kedua jenis bahan alami ini jika di kombinasikan akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki kulit kering dan iritasi. Manfaat utama minyak zaitun yaitu untuk melembabkan kulit memang sudah terbukti. Apalagi ketika dipadukan dengan bubuk kopi sebagai masker harian. Tidak hanya melindungi dari sinar UV, anti-oksidan pada kopi juga membantu meremajakan kulit yang kering.

3. Masker Kopi dan Madu

Menggunakan paduan kedua bahan ini sebagai masker wajah dapat mencegah jerawat dan melembabkan kulit. Madu memiliki kandungan anti-oksidan sama seperti kopi yaitu mencegah penuaan dini dan memudarkan garis-garis halus pada wajah. Di samping itu, madu juga mengandung anti-bakteri yang bermanfaat dalam mengobati dan mencegah bakteri penyebab utama jerawat tumbuh lagi.

4. Masker Kopi dan Kayu Manis

Kayu manis bermanfaat untuk menyamarkan garis halus dan memudarkan warna kulit yang kusam. Jika dipadukan dengan kopi maka kedua bahan ini sangat bagus sebagai masker kulit yang akan memberikan manfaat ekstra. Karena kayu manis dan kopi sama-sama mengandung anti-oksidan, mengaplikasikan masker ini dan kayu manis secara rutin diyakini mampu mencerahkan dan meremajakan kulit wajah.

5. Masker Kopi dan Lemon

Masker campuran bubuk kopi dan perasan ekstrak air lemon sangat bermanfat bagi kulit wajah yang sensitif dan berjerawat. Zat asam sitrat pada lemon diyakini mampu membunuh bakteri-bakteri penyebab utama timbulnya jerawat di wajah. Efek yang diberikan lemon juga sangat cepat ketika mengeringkan jerawat. Selain itu lemon juga memiliki kandungan anti-oksidan sama halnya dengan kopi.

Manfaat Masker Kopi :

1. Menyamarkan mata panda dan bengkak

Penyebab utama munculnya lingkaran gelap di sekitar mata yaitu penumpukan atau pembekuan darah di dalam kulit. Kandungan Cafein pada kopi memperlancar aliran darah di bagan bawah mata. Selain itu, sifat anti-inflamasi pada kopi juga dapat meredakan pembengkakan pada area sekitar mata. Masker kopi yang di aplikasikan sekitar lingkaran gelap mata dan mata bengkak sangat efektif dan ekonomis.

2. Mengencangkan kulit

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa kopi mengandung anti-oksidan dan cafein yang berperan aktif dalam merawat kesehatan kulit. Cafein selain memberikan energi bagi tubuh ketika diminum juga memberikan manfaat pada wajah dan kulit seperti meminimalisir garis-garis halus. Garis halus pada kulit tersebut memicu penuaan dini sehingga kulit terasa kendur dan lembek. Maka sebaiknya gunakan jenis masker kopi ini secara teratur.

3. Memperbaiki kulit akibat sinar UV

Sifat anti-oksidan pada kopi terbukti lebih tinggi daripada sayur dan buah. Kekayaan akan anti-oksidan pada bubuk kopi berguna untuk memperbaiki masalah kesehatan kulit akibat paparan sinar UV yang berlebihan serta berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Radiasi yang menyerang kulit manusia menyebabkan sel kulit menjadi rusak dan iritasi.

4. Melembabkan dan menyegarkan kulit

Manfaat masker kopi selain memperbaiki kerusakan sel kulit juga merawat kesehatan kulit berupa melembutkan dan menyegarkan. Bubuk kopi yang dijadikan masker mampu menyerap air dan meresap pada kulit ketika menggunakan masker tersebut. Paduan anti-oksidan dan air yang menyatu dalam masker alami sangat ampuh untuk melembabkan dan menyegarkan kulit.

5. Mengangkat sel kulit mati

Material bubuk kopi yang agak kasar tetapi tidak merusak kulit dapat digunakan sebagai scrub alami. Memijat permukaan kulit dengan scrub kopi berfungsi mengangkat sel kulit mati yang selamat ini mengendap di permukaan kulit. Sel kulit mati yang menyebabkan kulit kita menjadi kusam dan kotor akan terkelupas oleh partikel scrub kopi tersebut.

Manfaat Masker Kopi untuk kesehatan tubuh lainnya :

6. Mengurangi selulit
7. Menghancurkan lemak dibawah lapisan kulit
8. Anti Peradangan
9. Pengobatan penyakit Rosacea atau peyakit kulit
10. Sebagai aromaterapi
11. Mengurangi tingkat stres dan meredakan emosi
12. Melancarkan peredaran pembuluh darah
13. Mengurangi resiko kanker kulit
14. Perawatan kulit kepala dan rambut

Cara Memakai Masker Kopi :

Cara Memakai Masker Kopi

Pemakaian masker kopi juga ada caranya sendiri. Jadi, anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan agar manfaat dari masker ini bisa benar-benar anda dapatkan. Berikut cara-caranya:

1. Persiapan

Masukkan masker ke dalam wadah yang ukurannya disesuaikan dengan banyaknya masker yang hendak anda buat. Gunakan wadah yang bersih ya, dan usahakan supaya wadah tersebut bukan yang berbahan aluminium. Selanjutnya, masukkan pula teh cair, susu cair atau air mawar, pilih salah satunya saja, ke dalam wadah yang berisi Masker kopi tadi, lalu aduk bahan supaya bisa tercampur merata. Yang anda perlukan di sini adalah adonan yang tidak terlalu encer. Bersihkan wajah anda, baik menggunakan air hangat ataupun air biasa, kemudian keringkan

2. Pemakaian

Pastikan dulu wajah anda sudah dalam kondisi bersih dan kering. Langsung oleskan masker kopi secara merata pada wajah, tapi tidak perlu meng-cover semuanya karena anda sebaiknya tidak mengaplikasikan masker ini di area mata dan bibir. Jika pengaplikasian masker sudah merata, selanjutnya diamkan masker tersebut kira-kira selama 20 menit barulah kemudian masker ini diangkat

3. Setelah Pemakaian

Setelah memakai masker kopi diangkat, anda perlu membersihkan wajah anda kembali dengan menggunakan air hingga bersih. Jangan sampai ada sedikitpun masker yang tertinggal.

Cara Membuat Masker Kopi Sendiri :

Cara Membuat Masker Kopi

1. Siapkan peralatan seperti mangkuk, sendok untuk mengaduk dan bahan seperti kopi bubuk alami, air secukupnya, bahan tambahan jika diinginkan seperti madu asli, gula sebagai scrub, susu murni, minyak zaitun, lemon, dan bubuk kayu manis.

2. Masukan 3 atau 4 sendok bubuk kopi atau sesuai kebutuhan ke dalam mangkok dan beri air yang cukup sehingga adonan bubuk kopi sesuai dengan adonan masker, jangan terlalu encer.

3. Tambahkan bahan tambahan yang tadi sudah disiapkan. Tambahkan yang sesuai dengan kebutuhan saja. Misalnya minyak zaitun untuk melembabkan atau lemon untuk mengurangi jerawat. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit.

4. Bersihkan dahulu permukaan kulit sebelum memakai masker supaya masker kopi yang akan di gunakan lebih efektif.

Cara Membedakan Masker Kopi Asli atau Palsu :

Cara Membedakan Masker Kopi Asli atau Palsu

Yang namanya produk dipalsukan itu sepertinya sudah lumrah ya untuk zaman sekarang ini. Tujuannya selalu sama, untuk mendapatkan keuntungan. Ini akan jauh lebih menguntungkan para pemalsu tersebut jika produk yang dipalsukannya adalah produk-produk yang ramai dibicarakan dan diburu oleh banyak orang, termasuk masker kopi ini. Berikut cara membedakannya :

1. Masker kopi yang Asli

Masker kopi yang asli biasanya isinya lebih banyak dengan bubuk yang lebih padat. Selain itu, masker ini dibungkus oleh kemasan yang lebih besar, tebal, serta rapi. Masker yang asli juga biasanya dijual dengan harga standar yang masih masuk akal.

2. Masker kopi yang Palsu

Kebalikan dari masker kopi yang asli, masker kopi yang palsu biasanya isinya lebih sedikit dengan bubuk yang kurang padat. Kemasan yang digunakan untuk membungkusnya juga biasanya akan lebih kecil serta tipis dan kurang rapi. Karena ini adalah barang palsu, adalah hal yang sangat wajar bila dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Sebenarnya asli atau palsu tidaknya itu masih jadi perdepatan, karena kita sendiri juga dapat membuat masker dari kopi dengan mudah serta gampang.

Efek Samping Masker Kopi :

Efek Samping Masker Kopi

Meskipun masker tersebut merupakan bahan alami, namun tidak menutup kemungkinan masker ini dapat memicu reaksi alergi tertentu pada kulit orang yang sensitif. Tidak semua jenis kulit memiliki kekebalan terhadap masker bubuk kopi. Apalagi untuk orang yang pertama kali mencoba menggunakan masker ini.

1. Iritasi, masker kopi setelah lama biasanya akan kering dan melekat erat pada permukaan kulit. Sifat merekat inilah yang menyebabkan sensasi sakit pada permukaan kulit.

2. Gatal, kulit yang sensitif biasanya akan terasa gatal apabila terkena masker ini. Maka dari itu, perlu diketahui jenis alergi pada kulit sebelum menggunakan masker kopi.

3. Kulit kemerahan, reaksi zat pada masker ini juga menimbulkan kemerahan pada permukaan kulit yang sensitif.

4. Bengkak, kopi yang seharusnya meredakan pembengkakan bisa memicu pembengkakan lebih parah apabila digunakan pada kulit yang sensitif.

Cara Menyimpan Masker Kopi :

Agar masker dari kopi ini dapat bertahan lebih lama, untuk penyimpanannya anda bisa meletakkan pada kulkas. Pastikan masker kopi ini disimpan pada ruangan yang dingin dengan kemasan yang tertutup agar kandungan dalam maskernya tidak menguap. Ingat juga untuk menjauhkan dari anak-anak.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Kefir untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Gunakanlah masker kopi ini secara rutin seminggu 2 kali, dijamin ada perubahan pada kulit anda. Intinya jika igin mendapatkan hasil yang maksimal harus konsisten dan paham cara pemakaiannya. Inat juga untuk menggunakan jenis kosmetik yang aman digunakan.

Itu dia berbagai manfaat dari masker kopi yang sangat mudah digunakan, diolah, didapatkan dan pastinya ekonomis. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya dengan penggunaan rutin dan teratur. Sebaiknya sebelum mengoleskan pada kulit pastikan di tes dahulu sedikit pada permukaan kulit tangan untuk mengetahui tingkat alergi pada masker kopi.

Continue Reading

Lainnya dari Kosmetik

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top