Connect with us
Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu

Kosmetik

25 Manfaat dan Khasiat Masker Madu Untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Manfaat Masker Madu – Masker Madu adalah jenis masker yang dibuat berbahan dasar madu. Manfaat masker madu agar bisa memperoleh wajah yang kenyal, halus, putih dan lembab. Madu memang dipercaya kaya dengan antioksidan dan vitamin yang dibutuhkan kulit agar mampu tumbuh sehat. Jenis kosmetik ini aman dipakai setiap hari karena berbahan alami yang tak memiliki efek samping buruk jika memang penggunanya tidak memiliki riwayat alergi dengan madu dan bahan campuran lainnya.

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu

Biasanya masker madu dicampur dengan putih telur atau tepung beras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Buah-buahan juga kadang dipakai. Namun umumnya, justru madu itu sendiri hanya bahan sampingannya aja. Jadi bahan utama maskernya adalah buah-buahan, putih telur, atau yang lainnya, yang kemudian dicampur dengan madu.

Jenis Masker Madu :

1. Madu dan Putih Telur

Perpaduan yang sangat baik untuk wajah kita menggunakan masker madu dengan campuran putih telur. Fungsinya adalah untuk memutihkan wajah serta mengencangkan kulit wajah. Bagaimana cara membuatnya? Pertama siapkan madu dan putih telur. Langkah selanjutnya adalah mengocok putih telur sampai menjadi seperti busa. Selanjutnya campurkan madu itu dan aduk rata. Langkah terakhir adalah oleskan di wajah dan tunggu kurang lebih 20 menit. Untuk hasil yang optimal lakukan itu dua hari sekali.

2. Madu dan Tepung Beras

Madu memang di percaya untuk mencerahkan wajah kita. Tetapi hasilnya akan lebih terlihat jika di campur dengan bahan lain, misalnya adalah tepung beras. Untuk lebih bagusnya tepung beras yang dipakai adalah hasih olahan sendiri agar kita tau kualitas beras yang di gunakan.

Apa saja yang harus di siapkan? Kita harus menyiapkan madu secukupnya, beras secukupnya dan air secukupnya. Langkah pertama adalah cuci dan rendam beras sebentar, setelah itu blander beras sampai menjadi tepung. Langkah selanjutnya adalah campurkan tepung beras, madu, dan air sampai menjadi clay. Masker dari madu pun siap untuk digunakan.

3. Madu dan Lemon

Masker madu plus lemon adalah masker yang sangat sempurna untuk kalian yang menginginkan kulit bersih bersinar tanpa kusam dan jerawat. Cara membuatnya mudah sekali. Cukup peras lemon lalu campurkan dengan madu. Setelah itu pakai masker itu sampai terasa kering di wajah. Jika sudah bilas wajah anda dengan air bersih. Pemakaian rutin masker ini akan membuat hasilnya optimal.

4. Madu dan Susu

Masker madu dicampur susu sangat cocok untuk kalian yang memiliki kulit kering. Masker ini berfungsi untuk melembabkan kulit wajah. Cara membuatnya mudah. Cukup campurkan madu dan susu lalu oleskan di wajah sampai 30 menit setelah itu bilas wajah sampai bersih. Masker ini bisa di gunakan setiap hari.

5. Madu dan Teh

Bagi yang memiliki maslah flek hitam dan bekas jerawat diwajah bisa mencoba masker madu yang di campur dengan teh. Bagaimana cara membuatnya? Langkah pertama siapkan madu dan teh (untuk teh bisa menggunakan teh yang sudah di seduh) setelah itu campur bahan itu dengan air. Langkah terakhir adalah aplikasikan di wajah secara merata.

ntuk pemakaian diamkan itu selama 10 menit kemudian pijat wajah secara merata selama 5-10 menit perlahan. Teh itu berfungsi sebagai scub yang bisa membantu menghilangkan sel kulit mati dan flek hitam. Jika merasa sudah cukup bilas sampai benar benar bersih wajah dengan air.

Manfaat Masker Madu :

1. Memutihkan Kulit Wajah.

Tren kulit putih semakin merajalela saat ini, bahkan banyak beredar krim pemutih yang entah terbuat dari apa bahannya dan tentu saja memiliki efek samping yang bisa berbahaya untuk kulit. Oleh karena itu kita perlu menggunakan bahan alami untuk memutihkan kulit, salah satunya adalah masker madu.

Caranya mudah yaitu dengan mencuci wajah dengan air hangat lalu mengoleskan masker itu ke wajah lalu diamkan selama 15 menit, setelah 15 menit bilas sisa masker dengan air dingin supaya pori-pori menutup kembali.

2. Melembutkan Kulit

Parameter kulit lembut yang sebenarnya adalah kulit bayi. Ada banyak cara untuk membuat kulit kita menjadi lembut seperti bayi. Yang pertama gunakan sabun wajah yang lembut dan mengandung bahan aktif yang bagus untuk kulit seperti kolagen. Untuk kemudian selanjutnya rutinlah menggunakan masker madu itu dua hari sekali agar hasilnya optimal.

3. Mencegah Flek Hitam

Masker madu memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mencegah atau menghilangkan flek hitam. Caranya mudah yaitu dengan oleskan masker itu setelah itu diamkan hingga 20 menit, lakukan ini secara rutin sehari sekali.

4. Membuat Kulit Kenyal

Masker madu mempunyai efek melembabkan kulit. Jadi jika kulit kita rutin diberi masker ini kulit kita menjadi kenyal. Pengertian kenyal di sini maksudnya adalah kulit menjadi lebih baik tingkat elastisitasnya yang mana ini menjadi salah satu indikator dari kulit sehat.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kulit kusam karena banyak sel kulit mati di wajah membuat penampilan kita menjadi terganggu. Untuk itu bagi yang memiliki wajah kusam karena sel kulit mati di wajah segera gunakan masker madu yang dapat mengangkat sel kulit mati itu. Tidak hanya mengangkatnya saja, namun masker madu ini pun bisa untuk meregenerasi sel, artinya sel kulit yang mati dan terangkat akan tergantikan sel baru.

Manfaat Masker Madu yang Lainnya:

6. Mencerahkan wajah
7. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
8. Memudarkan flek hitam
9. Meremajakan kulit
10. Mencegah penuaan dini
11. Membuat wajah fresh
12. Membuat kulit jadi bersih
13. Mencegah munculnya bulu halus di wajah
14. Mencegah keluarnya urat biru tipis di wajah
15. Mengatasi kerutan di wajah
16. Menghilangkan minyak berlebih
17. Membuat wajah berseri-seri
18. Mencegah wajah berkerak
19. Mengatasi jerawat batu
20. Mengangkat komedo putih dan hitam

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Cara Membuat Masker Madu :

1. Langkah pertama dalam membuat masker madu tentu saja adalah menyiapkan madu alami. Pastikan hanya menggunakan madu alami karena efeknya akan jauh lebih baik. Ciri-ciri madu alami yaitu biasanya akan disemuti dan kalau dimasukkan kulkas susah bekunya.

2. Kemudian, tuangkan 100-200 ml madu ke dalam mangkok kosong. Tambahkan dengan bahan-bahan lainnya, misalnya tepung beras, perasan air lemon atau putih telur. Masker dari madu yang baik memang baiknya dicampur dengan bahan lain yang membuat kandungan nutrisinya jauh lebih kompleks.

3. Lalu yang ketiga adalah mengaduk bahan-bahan masker madu hingga merata. Jangan sekali-kali menambahkan air pada adonan masker yang sudah liat atau teksturnya bagus. Kecuali kalau menggunakan bahan tambahan seperti tepung beras, sebaiknya ditambahkan sedikit air agar adonan masker bisa jadi pasta yang mudah diaplikasikan ke wajah.

Cara Memakai Masker Madu :

1. Bersihkan Wajah dengan Air Hingga Bersih

Sebagaimana prosedur penggunaan masker dan perawatan wajah yang lainnya, maka tahapan pertama dalam memakai masker madu adalah membersihkan wajah. Disarankan untuk membasuh wajah dengan air hangat-hangat kuku. Fungsinya untuk membuka pori-pori kulit.

2. Keringkan Wajah dengan Handuk

Jika wajah sudah bersih, tinggal dikeringkan dengan handuk yang masih bersih. Tidak perlu digosok-gosok dengan handuk wajahnya, namun cukup ditotol-totol saja secara lembut. Akan lebih baik kalau mengeringkannya dengan hanya usapan tangan dibantu dengan kipas angin. Fungsinya untuk mencegah bakteri menempel di wajah yang mungkin saja bakterinya ada di handuk.

3. Siapkan Cermin dan Berbaring dengan Nyaman

Langkah ketiga adalah menyiapkan cermin kecil. Oleh karena masker madu ini dibuat sendiri di rumah dan kemungkinan besar tidak ada orang yang membantu mengaplikasikannya ke wajah, maka butuh cermin. Sedangkan posisi terbaik untuk maskeran yakni sambil berbaring. Pastikan tubuh sudah memakai celemek, menghindari maskernya menetes ke pakaian.

4. Aplikasikan Masker

Langkah yang keempat, aplikasikan masker madu ke wajah secara merata. Bisa menggunakan kuas atau langsung menggunakan tangan saja agar lebih merata dan gampang. Biarkan adonan pasta masker ini menempel dan mengeras di wajah selama 15-20 menit.

Jika ada sensasi perih, gatal atau kurang nyaman biarkan saja. Biasanya ini terjadi karena kulit ada sedikit peradangan. Makanya ketika jerawat sedang pecah-pecah dan parah-parahnya, sebaiknya jangan gunakan masker ini. Masker ini digunakan hanya saat jerawat belum matang atau hampir kempis.

5. Melepas Adonan Masker

Setelah 15-20 menit, perlahan-lahan lepaskan adonan masker madu yang sudah lengket ke kulit wajah dan mengeras. Jika ternyata dalam tempo 15-20 menit belum mengeras maskernya, berarti harus ditambah waktunya, tunggu dari 30-60 menit.

6. Membilas Wajah

Bilas wajah dengan air bersih, jangan lupa cuci juga dengan sabun facial wash hingga bersih. Jika tadi sebelum memakai masker madu pakainya air hangat untuk membilas, maka kini ada dua cara. Mula-mula bersihkan sisa-sisa masker dengan air hangat. Kemudian ditutup dengan membasuh muka pakai air dingin. Fungsi air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit wajahnya.

7. Jadwal Waktu Memakai Masker

Gunakan masker madu hingga dengan dosis 1-2 kali dalam seminggu. Jadi jangan tiap hari melakukannya. Harus dikombinasikan dengan bahan masker alami yang lainnya.

Cara Membedakan Masker Madu Asli atau Palsu :

Meskipun kebanyakan masker madu ini dibuat sendiri di rumah sehingga bisa memastikan hanya menggunakan bahan-bahan alami, namun perlu diketahui pula informasi soal ini. Bagaimana sebenarnya perbedaannya masker yang asli dan palsu? Berikut adalah penjelasannya:

1. Aroma

Masker asli aromanya enak sama seperti madu yang asli. Sedangkan masker palsu aromanya seperti bercampur obat.

2. Warna

Warna masker asli tidak terlalu terang mencolok. Sedangkan masker palsu biasanya terang dan mencolok, sebagai bukti bahwa maskernya gunakan pewarna tambahan.

3. Tekstur

Tektur masker asli agak susah diaplikasikan ke wajah. Cenderung agak encer jadi susah menempel di wajah. Sedangkan kalau masker palsu biasanya punya tekstur yang sudah sangat liat dan seperti telah dikondisikan di pabrik.

4. Rasa

Masker madu asli rasanya enak. Apalagi kalau bikin sendiri. Beda dengan masker palsu, biasanya rasanya pahit dan bau obat.

5. Sifat

Masker asli mudah digerayangi semut. Sedangkan masker palsu sama sekali tidak menarik perhatian semut.

Cara Menyimpan Masker Madu :

Sebenarnya penggunaan masker berbahan madu terbaik bila sekali pakai saja. Jadi membuat adonannya jangan kebanyakan, secukupnya saja. Namun bila sampai masih tersisa, maka janganlah dibuang. Sebab masker madu masih bisa disimpan di kulkas.

Namun sebelum dimasukkan kulkas, pastikan bahwa masker ini sudah dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Fungsinya untuk menghindari dari pencemaran bakteri, virus, organisme dan bau-bauan yang timbul di kulkas. Selain itu juga untuk mencegah aroma bau masker ini mencemari kulkasnya.

Baca Juga: 100 Manfaat dan Khasiat Masker Kefir untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Efek Samping Masker Madu :

Ada efek sampingnya bila memakai masker madu ini. Walaupun tergolong masker alami, namun penggunaannya bisa juga memberikan reaksi seperti ini:

• Gatal-Gatal
• Ruam Kemerahan
• Iritasi Kulit
• Kulit Wajah Perih
• Kulit Tergores Tipis
• Wajah Disemutin

Itulah penjelasan tentang manfaat masker madu untuk kecantikan kulit wajah beserta efek sampingnya. Jangan ragu lagi buat memakai jenis masker alami ini, sebab khasiatnya benar-benar telah terbukti ampuh untuk merawat kulit pada bagian wajah.

Continue Reading

Lainnya dari Kosmetik

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top