Connect with us
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur

Kosmetik

50 Manfaat dan Khasiat Masker Putih Telur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat masker putih telur – Telur sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat karena manfaatnya yang umum digunakan sebagai bahan masakan. Penggunaan telur pun tidak sebatas digoreng atau dimasak saja, melainkan bisa dijadikan sebagai masker kecantikan yang sehat untuk kulit. Manfaat masker putih telur untuk kecantikan sangat lah banyak, bahkan dipercaya bisa membantu dalam mengatasi berbagai penyakit kulit yang menyerang kulit Anda.

Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur

Manfaat masker putih telur tidak hanya bisa membantu bagian wajah saja. Namun karena memiliki kandungan vitamin serta anti oksidan tinggi, jenis kosmetik ini juga bisa diterapkan pada bagian kulit lainnya seperti bagian punggung, perut, lengan, kaki, bahkan daerah kulit yang terbilang cukup keras seperti telapak tangan dan telapak kaki. Manfaat lainnya juga bisa membantu dalam mengatasi tumit pecah-pecah.

Jenis Masker Putih Telur :

1. Putih Telur dan Jeruk Nipis

Kandungan putih telur yang kaya dengan vitamin bisa dipadukan dengan jeruk nipis. Jeruk jenis satu ini terkenal memiliki vitamin C yang sangat tinggi. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat perlu vitamin C. Karena itulah perpaduan putih telur yang sangat cocok dijadikan masker sangat direkomendasikan.

2. Putih Telur dan Madu

Putih telur memiliki kandungan kepadatan yang sangat cocok dijadikan masker, mengingat putih telur bersifat kental dan bisa kering. Begitu juga madu, kandungan didalamnya membantu dalam melembabkan kulit dan mengencangkannya. Beberapa manfaat madu lainnya adalah membantu dalam mengobati luka akibat lecet atau lainnya. Jika Anda memiliki permasalah kulit seperti jerawat, kutil, bisul, dan sejenisnya, perpaduan masker ini sangat direkomendasikan.

3. Putih Telur dan Lemon

Lemon memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda dari jeruk nipis atau jenis jeruk lainnya. Pada dasarnya lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Dengan dipadukan bersama manfaat dari putih telur sebagai masker alami, bisa membantu dalam meningkatkan kualitas kesehatan kulit wajah.

4. Putih Telur dan Tomat

Tomat dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kerap juga dijadikan sebagai bahan sayur. Kandungan tomat untuk rambut, mata, kulit, dan bagian kecantikan tubuh lainnya sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik untuk dipadukan dengan putih telur sebagai masker alami wajah.

5. Putih Telur dan Timun

Timun sudah dikenal sejak lama sebagai masker alami untuk wajah. Dipadukan dengan putih telur yang sehat untuk kulit memberikan manfaat besar untuk membantu dalam mengencangkan kulit, melembutkan kulit, dan menjaga kulit wajah agar tak terkena penyakit seperti jerawat, panuan, kusam, dan lainnya.

6. Putih Telur dan Yogurt

Yogurt bisa ditemukan dengan mudah di supermarket. Manfaat pada bahan ini sangat bagus untuk dipadukan terhadap putih telur karena mengandung khasiat bagus untuk kulit seperti vitamin C dan lainnya. Selain itu, perpaduan vitamin keduanya membantu dalam mengencangkan kulit serta melembutkan kulit. Penggunaannya sendiri cukup dicampurkan dengan yogurt kemudian kocok hingga benar-benar merawat. Setelah didiamkan selama 10 menit, aplikasikan pada wajah kemudian bilas menggunakan air bersih ketika benar-benar sudah kering.

Manfaat Masker Putih Telur :

1. Menghilangkan Bulu Wajah

Pada dasarnya setiap bagian kulit pada wajah pasti memiliki bulu halus, tak terkecuali pada bagian wajah. Namun sering kali khususnya para wanita mengeluhkan masalah alami ini karena beranggapan bisa mengganggu penampilannya. Karena itulah, zat aktif bersifat lengket bisa membantu dalam menarik bulu-bulu halus ini dari wajah. Caranya cukup berikan masker putih telur dan saat sudah kering, cabut sehingga bulu akan ikut terangkat.

2. Mengecilkan Pori-Pori

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika pori pada wajah menjadi kecil. Tidak hanya membantu membuat kulit tampak halus, pori kecil juga membantu membatasi keringat yang keluar pada daerah wajah. Hal ini membuat wajah terhindar dari masalah kulit minyak dan sebagainya. Vitamin C dan vitamin lainnya pada putih telur membantu dalam mengencangkan kulit dan memperkecil pori wajah.

3. Mengencangkan Kulit

Kandungan vitamin C, E, dan K pada putih telur membantu dalam mengencangkan kulit. Hal ini membuat masker yang terbuat dari telur ini berfungsi baik dalam meningkatkan kesehatan kulit. Tidak hanya wajah, masker ini juga bisa diaplikasikan pada bagian kulit lainnya khususnya untuk kulit yang dirasa berkeriput seperti bagian sikut, lutut, jari tangan, leher, dan lainnya. Penggunaannya sama saja ketika menggunakan masker ini pada wajah.

4. Mengatasi Minyak Pada Wajah

Penyebab minyak berlebihan biasanya disebabkan karena kelenjar minyak pada kulit wajah yang terlalu aktif. Manfaat yang bisa dirasakan dari masker putih telur ini membantu dalam mengatasi berbagai masalah kulit termasuk minyak berlebih pada wajah. Cara penggunaan untuk masalah kulit berminyak sama saja dengan dijadikan masker. Namun harus dibiarkan benar-benar kering dan kalau bisa sedikit ditebalkan agar minyak-minyak pada wajah bisa terangkat sepenuhnya. Selain itu, manfaat lain dari masker ini adalah memperkecil pori-pori sehingga mengurangi resiko minyak keluar dari kulit Anda.

5. Mengatasi Jerawat

Jerawat pada kulit wajah memang selalu menghantui, apalagi jenis jerawat yang dianggap berbahaya dan susah untuk sembuh seperti jerawat yang berdarah atau bengkak. Untuk masalah seperti itu bisa diatasi menggunakan masker putih telur karena selain mengandung vitamin C yang tinggi, zat akitf lainnya seperti anti oksidan, anti mikroba, anti bakteri, dan anti inflamasi membantu dalam mengatasi jerawat pada wajah. Tidak hanya itu, jerawat punggung juga bisa diatasi menggunakan metode ini. Masker ini juga membantu dalam mengatasi bekas jerawat menghitam pada kulit.

6. Mengatasi bekas jerawat hitam pada kulit

Jerawat memang menjadi masalah yang umum dihadapi oleh banyak orang, khususnya para perempuan. Membersihkan jerawat menjadi pencapaian paling membahagiakan. Namun sayangnya, masih ada satu lagi masalah setelahnya yaitu munculnya bekas jerawat hitam yang membekas pada kulit wajah. Sifatnya pun bisa permanen dan sementara, jika demikian, mulailah untuk rutin menggunakan masker putih telur yang bisa membantu dalam mengatasi bekas jerawat hitam pada wajah. Penggunaannya sendiri pun sama dengan penggunaan masker pada umumnya.

Manfaat Masker Putih Telur Lainnya :

7. Membantu mengatasi bintik hitam pada wajah

8. Mengatasi minyak pada rambut

9. Mengkilapkan rambut Anda

10. Membantu mengecilkan kantung mata

11. Mengatasi keriput berat

12. Mengatasi garis halus pada wajah

13. Membantu mengenyalkan bagian kulit

14. Mengatasi produksi minyak berlebih

15. Mencerahkan kulit

16. Mengankat sel-sel kulit mati penyebab kusam

17. Mengatasi komedo bagian hidung

18. Mengatasi warna kulit berbeda

19. Membantu menghilangkan mata panda

20. Menjaga keutuhan sel-sel kulit

21. Mencegah kulit kering

22. Melancarkan aliran darah

23. Mempercepat penyembuhan luka

24. Mencegah radang kulit ringan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Cara Menggunakan Masker Putih Telur :

  1. Perhatikan penggunaan waktu yang tepat. Sebenarnya bisa dilakukan pada waktu kapan saja, baik itu pagi, siang, sore, atau malam hari. Namum berbicara waktu mana yang paling efektif maka jawabannya adalah malam hari. Populasi udara kotor sangat minim pada malam hari, sehingga penyebaran bakteri atau radikal bebas yang merusak masker tidak akan sebanyak seperti siang hari.
  2. Perhatikan kebersihkan wajah sebelum menempelkan masker Anda. Kebersihkan kulit akan memberikan efek maksimal sesudah menggunakan masker ini. Selain itu, membersihkan kulit sebelum menggunakan masker bisa membantu membuat kulit segar dan tidak gerah saat menggunakan masker.
  3. Saat masker Anda sudah terpasang secara merawat, Anda hanya perlu diam dan tidak melakukan apa-apa sampai masker benar-benar kering. Biarkan nutrisi yang ada pada masker putih telur masuk ke kulit Anda dan memberikan kesehatan alami.
  4. Setelah dirasa benar-benar kering, biasanya membutuhkan beberapa jam hingga benar-benar kering. Bilas menggunakan air bersih, gunakan air dingin yang sudah dimasak agar tidak mengakibatkan bakteri hingga ke kulit Anda.
  5. Penggunaannya tidak bisa setiap hari karena bisa menimbulkan efek samping selama penggunaan dengan waktu yang tidak dibatasi.

Cara Membuat Masker Putih Telur :

  1. Hal pertama yang harus disediakan adalah bahannya. Untuk membuat masker putih telur, bahan wajib yang harus disediakan adalah wadah seperti baskom kecil, alat kocok, setelur atau beberapa telur ayam, dan bahan-bahan campuran lainnya seperti timun, madu, dan lainnya.
  2. Selanjutnya beralih ke bahan utama yaitu telur, telur yang direkomendasikan adalah telur ayam bisa dari ayam jenis apapun namun yang paling bagus adalah ayam kampung. Kemudian pisahkan bagian kuning telur dan putihnya, karena yang dipakai adalah bagian putih.
  3. Jika Anda menggunakan bahan campuran lain seperti melon atau madu, siapkan dagingnya kemudian campur dengan putih telur yang sudah ditaruh dalam wadah tersebut.
  4. Setelah semuanya dicampur dalam satu wadah, selanjutnya adalah Anda harus mengocoknya sampai benar-benar merata. Bisa menggunakan alat kocok khusus atau menggunakan tangan dengan catatan tangan harus bersih kalau perlu pakai sarung tangan plastik.
  5. Setelah dirasa semua adonan masker Anda sudah benar-benar terkocok dan terasa kental, maka biarkan atau diamkan beberapa menit sekitar 5-10 menit untuk memaksimalkannya.
  6. Setelah itu, baru bisa dioles pada bagian kulit wajah secara merata. Perhatikan tebal tipis karena jika terlalu tebal, kulit akan kesulitan dalam menyerap khasiatnya. Disarankan agar diusahakan setipis mungkin namun secara merata agar bisa mengeluarkan kandungannya.
  7. Setelah diratakan pada kulit Anda, diamkan sekitar 30 menit sampai 50 menit, bahkan bisa berjam-jam selama tak membuat Anda risih. Namun pada umumnya jika masker sudah dirasa sangat kering dan sudah siap dilepas, maka lebih baik dibersihkan saja.
  8. Proses membersihkan bisa dengan cara dilepas menggunakan tangan. Jika masih terdapat sisa masker, gunakan air bersih untuk membilasnya dan Anda bisa menggunakannya lagi dilain waktu.
  9. Usahakan untuk menghindari daerah sensitif pada bagian muka seperti mulut dan mata karena bisa membuat kercunan dan perih, meski bahannya termasuk bahan yang bisa dimakan.

Efek Samping Masker Putih Telur:

Penggunaan secara berlebihan bisa membuat kulit sensitif, sehingga menyebabkan :

1 Jerawat ringan

2. Menyumbat pori-pori

3. Menimbulkan kelenjar tak aktif

4. Overdosis vitamin A

5. Overdosis vitamin C

6. Perih pada mata saat masuk ke mata

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Agar manfaat masker putih telur bisa dikeluarkan khasiat sepenuhnya, Anda bisa menerapkan dengan berbagai metode. Pada dasarnya Anda harus pintar dalam menggunakan dan mengelolah bahan tambahan agar dapat seimbang dengan manfaat putih telur serta perhatikan juga afek samping yang bisa ditimbulkan.

Continue Reading

Lainnya dari Kosmetik

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top