Connect with us

30 Manfaat dan Khasiat Masker Spirulina untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Kosmetik

30 Manfaat dan Khasiat Masker Spirulina untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Manfaat Masker Spirulina Spirulina Mask, Masker Ganggang Hijau Kebiruan atau Masker Alga adalah jenis masker wajah yang terbuat dari spesies mikro alga ganggang hijau kebiruan. Memang spesies ganggang dari filum Cyanobacteria ini banyak digunakan untuk bahan makanan dan kosmetik bergizi tinggi. Pemanfaatannya yang paling dikenal manusia, setidaknya di Indonesia tentu saja dengan diolah jadi produk masker siap pakai. Namun ada juga kapsul spirulina yang merupakan suplemen superfood yang ampuh meningkatkan kesehatan tubuh.

 Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina

 

Biasanya masker spirulina ini dikemas dalam bentuk butiran-butiran tablet pipih yang padat dan bisa dicairkan sehingga menjadi pasta spirulina yang mudah diaplikasikan ke wajah. Namun ada pula yang berbentuk kapsul dengan bubuk dengan selongsong berupa kapsul obat sebagaimana biasanya. Manfaat memakai masker ganggang renik adalah bisa mengangkat sel kulit mati, memutihkan dan meremajakan. Maka tak heran bila produk masker alga sangat digandrungi kaum hawa.

Ciri-Ciri Masker Spirulina yang Asli :

Sebagaimana produk kosmetik lainnya, masker ganggang hijau-biru ini pun banyak sekali dipalsukan. Kebanyakan produk palsunya menggunakan bahan baku berupa Chlorella (ganggang warna hijau), bukannya Spirulina (ganggang warna hijau kebiruan). Apa beda antara Chlorella dengan Spirulina? Tentu saja beda secara khasiat. Spirulina kualitasnya di atas ganggang Chlorella dan jumlahnya di alam juga lebih sedikit, pun dengan habitatnya tidak di semua laut ada. Nah, untuk mengetahui apakah masker Spirulina nya asli atau tidak, silahkan gunakan indikator-indikator di bawah ini:

Loading...

I. Spirulina asli beraroma sangat menyengat dan amis (lebih amis dari rumput laut)

II. Ganggang spirulina berwarna hijau kebiruan, begitupun maskernya

III. Jika ada masker spirulina berwarna sangat hijau atau sangat biru, itu artinya kualitasnya rendah

IV. Hanya membutuhkan sedikit kapsul saja untuk satu wajah

V. Harganya relatif lebih mahal di antara produk sejenis

VI. Mudah diaplikasikan ke wajah, lengket dan terasa melekat keras di wajah

VII. Hati-hati dengan masker yang dijual eceran, pastikan merupakan eceran dari merek yang terbaik, seperti Tiens

VIII. Jelas siapa produsennya

IX. Tertera tanggal expired

X. Bisa dilacak ijin peredaran dan pemakainnya di situs BPOM

XI. Tidak menimbulkan ketergantungan

XII. Hasilnya akan langsung terlihat seketika dalam membersihkan, mengencangkan dan memutihkan kulit wajah

Harga Masker Spirulina :

Oleh karena termasuk produk skincare dengan beragam merek dagang, maka harga masker spirulina pun tergantung pada mereknya. Namun harganya jika dilihat secara rata-rata berada pada kisaran :

• Rp2000 – Rp5000/butir
• Rp75.000 – Rp500.000/botol

Dengan tingginya harga masker spirulina, banyak pedagang yang menjualnya secara eceran per butir. Sedangkan untuk dioleskan ke wajah, orang hanya membutuhkan antara 2-3 butir saja. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya membeli masker spirulina yang kemasan botol saja, agar penggunaannya bisa lebih disesuaikan dengan wajah. Karena wajah tiap orang ukurannya beda, bisa jadi dalam sekali pemakaian bisa membutuhkan 5 kapsul.

Cara Menggunakan Masker Spirulina :

1. Memilih Produk Spirulina Mask Terbaik

Memakai masker memang susah-susah gampang untuk menemukan produk yang paling baik dan tepat. Sebab kondisi wajah tiap orang berbeda. Namun dengan memilih masker spirulina terbaik, niscaya akan memberikand dampak yang baik pula bagi kecantikan wajah. Pastilah hanya gunakan ganggang spirulina yang asli!

2. Menggunakan Kapsul Masker Sesuai Kebutuhan

Rata-rata orang membutuhkan 2-3 butir kapsul masker spirulina untuk memenuhi seluruh wajahnya dengan pasta ganggang hijau biru ini. Namun ada pula yang rela menggunakan hingga 5-7 butir kapsul agar penggunaannya lebih merata dan tebal. Meskipun ini akan menjadi lebih boros tentunya.

3. Menambahkan Air Susu, Madu atau Perasan Jeruk Nipis untuk Mengencerkan dan Menetralisir Bau

Perlu diketahui bahwa masker spirulina memiliki aroma atau bau yang sangat tidak sedap. Sebagaimana jenis ganggang, alga atau rumput laut, maka masker ini baunya amis dan tidak enak sekali. Kalau yang tidak suka dengan seafood bisa muntah. Nah, untuk metralisir baunya sekaligus untuk mencairkan bubuk maskernya agar jadi liat seperti pasta, coba gunakan sedikit air susu, madu atau perasan jeruk nipis.

4. Memilih Tempat Nyaman untuk Berbaring

Ada sikap yang sangat direkomendasikan saat seseorang sedang maskeran yakni tidur atau berbaringlah dengan nyaman. Posisi tidur saat memakai masker spirulina membuat masker dapat meresap dengan baik ke wajah. Selain itu juga akan membuat waktu menunggu masker kering jauh lebih santai. Pastikan berbaring di tempat yang empuk dengan bantal yang agak tinggi dan nyaman, supaya wajah dan tubuh lebih rileks.

5. Membilas Wajah Hingga Bersih

Bilaslah wajah hingga bersih bilamana sudah selesai memakai masker ini. Jangan sampai ada noda masker spirulina yang tertinggal di wajah. Sebaiknya cukup gunakan air saja untuk membilas atau bisa pula menggunakan sedikit facial wash yang soft, seperti sabun pepaya. Tidak perlu digosok-gosok wajahnya dengan keras, cukup sampai masker ganggangnya yang mengering terlepas saja.

Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan :

1. Membuat Kulit Jadi Bersih

Menggunakan spirulina mask tiap hari sangat efektif sebagai cara membersihkan kulit hingga ke lapisan terdalam. Cocok untuk mengeluarkan kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Dan lagi, masker spirulina ini juga aman digunakan tiap hari, tidak menimbulkan efek samping. Untuk itu, para wanita yang menginginkan tampil cantik tiap hari, beralihlah menggunakan masker ini. Jangan sampai salah memilih produk!

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ya, masker memang tujuannya adalah mengangkat sel kulit mati. Namun yang memiliki kekuatan ekstra berkali-kali lipat dalam melakukannya tentu saja adalah jenis masker spirulina ini. Kemampuan melekat ganggang hijau kebiruan pada kulit wajah memang sungguh mampu menarik lapisan kulit yang luar, yang biasanya mati, kasar dan kusam.

3. Menghilangkan Timbunan Komedo

Komedo biasanya menyerang bagian hidung. Namun tidak menutup kemungkinan bagian pipi, dahi dan dagu juga kena. Penyebab komedo yang paling sering adalah karena timbunan minyak dan debu yang terperangkap di dalam pori-pori kulit sehingga menyebabkan kotoran, minyak dan debu itu mengkristal jadi padat. Namun tenang saja, Komedo ternyata bisa mudah diangkat dan dihilangkan sepenuhnya dengan bantuan masker spirulina.

4. Memutihkan Kulit

Bilamana menginginkan wajah yang putih, mayoritas perempuan mempercayakannya pada krim dan laser wajah. Namun sebenarnya ada perawatan memutihkan wajah secara alami, yakni dengan masker spirulina. Jenis masker ini sungguh sangat cepat reaksinya pada kulit wajah dan mampu menjadikan wajah putih permanen hanya dalam waktu 3 bulanan.

5. Membuat Lebih Awet Muda

Bila ingin awet muda, maka makanlah makanan yang bergizi, olahraga yang teratur dan hindari stress. Bilamana seseorang sering stress sungguh amat mempengaruhi kecantikan wajahnya. Wajah jadi menurun kualitasnya karena tampak kusam, menua, kendur dan berkerut.

Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan yang Lainnya :

6. Memudarkan bopeng

7. Membuang bekas luka

8. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat

9. Membuat kulit jadi kencang

10. Mengangkat daki yang menempel

11. Meremajakan kulit

12. Mencegah penuaan dini

13. Mengatasi pori-pori yang melebar

14. Mengatasi wajah berminyak

15. Cocok untuk kulit kering

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Madu Untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Manfaat Masker Spirulina untuk Kulit Wajah :

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Dengan memakai masker spirulina, maka wajah akan nampak cerah. Ini terjadi karena regenerasi sel kulit berjalan dengan mulus tanpa hambatan. Sel kulit yang kusam terangkat dengan sempurna. Efek pengelupasan kulit mungkin saja akan terjadi, namun jangan khawatirkan hal ini!

2. Menghilangkan Kerutan di Wajah

Kerutan pada wajah seringkali amat menyebalkan karena membuat wajah jadi kendur dan menua. Biasanya kerutan terjadi di dahi dan area dekat mata. Kalau sudah nampak tanda-tanda penuaan dini ini, segera saja oleskan masker spirulina yang sangat ampuh hilangkan kulit berkerut dan mengencangkannya seperti sediakala.

3. Mengatasi Jerawat yang Selalu Muncul

Jerawat yang selalu muncul tiap saat tentu amat menganggu dan menjadi indikasi dari kerusakan kulit yang memang parah. Supaya jerawat hilang selamanya beserta bekas-bekasnya yang berlubang dan menghitam, cobalah masker spirulina. Sungguh masker alga ini sanggup mengatasi jerawat yang membandel hanya dalam waktu 2 minggu saja.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam adalah suatu gejala munculnya bercak hitam pada kulit. Jika tidak diatasi, flek akan meluas dan menjadi permanen serta susah hilangnya. Bisa dibilang, perawatan menghilangkan flek adalah yang paling sulit dan lama. Tidak cukup hanya dengan krim dan laser saja. Upaya mencegah flek kembali hilang dapat ditempuh dengan rutin memakai masker spirulina.

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Kulit wajah yang halus dan lembut tentu saja menjadi dambaan banyak orang. Supaya kulit jadi lembut dan halus demikian, sudahkah mencoba cara yang aman? Seperti menggunakan masker spirulina. Cara ini sungguh ampuh dan mencegah kerusakan wajah lebih parah yang biasanya terjadi jika seseorang putus krim dan berhenti treatment tertentu di klinik kecantikan.

Manfaat Masker Spirulina untuk Kulit Wajah yang Lainnya :

6. Mengangkat komedo hitam

7. Mengatasi komedo putih

8. Menghindari penipisan kulit

9. Mencegah tumbuhnya bulu halus di wajah

10. Menghilangkan kantong mata

11. Menghilangkan lingkaran mata panda atau mata gelap

12. Mengurangi produksi minyak di wajah

13. Mengangkat bekas make up

14. Sterilkan wajah

15. Menjadi antioksidan bagi wajah

Efek Samping Masker Spirulina :

Di bawah ini ada beberapa dampak yang terjadi bila memakai masker spirulina untuk wajah. Meskipun seseorang sangat menginginkan efek kecantikan setelah memakai spirulina, namun masker ganggang hijau ini tetap akan memberikan dampak yang negatif bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki sensitivitas kulit yang tinggi. Namun demikian, dampak seperti pengelupasan kulit dianggap efek yang wajah sebagai tanda bahwa masker ini bekerja dengan baik dalam meregenerasi.

1. Alergi kulit
2. Pengelupasan kulit wajah
3. Wajah jadi kemerahan
4. Gatal-gatal
5. Mual
6. Membutuhkan budget besar (boros)

Memang memutuskan merawat kulit wajah selalu membutuhkan kesiapan dana yang besar. Seluruh produk kosmetik dan skincare di era sekarang kan memang dihargai mahal. Apalagi jenis masker spirulina ini yang bahan bakunya saja susah didapatkan. Beda dengan jenis masker buah-buahan atau bahan alami yang lainnya, yang masih bisa disiasati dengan dibuat sendiri di rumah.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Bengkuang untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Namun jangan khawatir soal kualitas masker alga ini, sebab mayoritas pemakainya menilai 99% berhasil membuat wajah jadi lebih putih, bersih, kenyal dan muda kembali, bebas dari jerawat, komedo, minyak dan flek hitam. Hanya saja memang butuh kesabaran untuk mendapatkan hasil yang permanen.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Kosmetik

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top