Connect with us
Masker Tomat, Manfaat Masker Tomat, Khasiat Masker Tomat, Masker Tomat Wajah

Kosmetik

30 Manfaat dan Khasiat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Masker tomat merupakan masker yang bahan utama pembuatannya yaitu buah tomat. Tomat merupakan buah sekaligus sayur yang berasal dari amerika tengah. Tomat memiliki banyak kegunaan dan peran dalam menciptakan variasi makanan di seluruh dunia. Hampir setiap makanan berdaging menggunakan tomat sebagai penambah rasa asam segar dan sebagai penyeimbang rasa amis daging. Selain berfungsi sebagai sayuran tomat kini banyak digunakan sebagai bahan perawatan wajah seperti masker. Manfaat masker tomat dalam kecantikan ini tentu saja menjadi daya tarik banyak wanita.

Masker Tomat, Manfaat Masker Tomat, Khasiat Masker Tomat, Masker Tomat Wajah

Peran tomat tidak hanya menjangkau ruang dapur, meja makan dan memuaskan lidah saja namun sudah merambat sampai ke dunia kecantikan khususnya bagi wanita. Nutrisi tomat memang sangat beragam dan baik untuk kesehatan tubuh maupun wajah. Oleh sebagian wanita yang menggunakan bahan alami herbal sebagai perawatan, tomat diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kecantikan.

Jenis Masker Tomat :

Jenis Masker Tomat

1. Tomat dan madu

Masker tomat bisa dicampurkan dengan madu alami untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. tomat sendiri megandung antioksidn, vitamin C dan likopen yang berperan dalam mencerahkan dan menghaluskan kulit yang apabila dicampurkan dengan madu makan akan menambah efektivitas masker tomat madu tersebut.

2. Tomat dan avocado

Jika ingin memiliki kulit bersih dan sehat maka menggunakan masker tomat yang dicampur avocado sebagai perawatan kecantikan sangat disarankan. Pasalnya avocado sendiri mengandung vitamin K dan vitamin E. kedua jenis zat tersebut merupakan nutrisi yang mampu merawat kesehatan kulit. Kombinasi anatara vintami K, vitamin E dan vitamin C pada avocado mampu melindungi kesehatan kulit.

3. Tomat dan minyak zaitun

Untuk kulit wajah yang berjerawat, campuran masker tomat dan minyak zaitun sangat direkomendasikan. Pasalnya anti bakteria dan anti inflamasi yang terkandung pada kombinasi minyak zaitun dan tomat mampu membasmi bakteri penyebab jerawat, menyembuhkan jerawat yang sudah terlanjur tumbuh dikulit, dan mencegah jerawat tumbuh kembali.

4. Tomat dan gandum

Bekas jerawat, flek hitam, dan komedo merupakan masalah kecantikan yang sangat mengganggu penampilan wanita. Kombinasi masker tomat dan bubuk bubuk gandum mampu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan mengangkat komedo. Bubuk gandum berperan sebagai scrub alami yang mampu mengangkat komedo dan sel kulit mati.

5. Tomat dan yogurt

Terpapar polusi terlalu sering mengakibatkan kulit menjadi kusam dan letih. Masker tomat yang dicampurkan dengan yogurt alami mampu mencerahkan kulit dan mencegah kekusaman pada kulit. Campuran tomat dan yogurt yang memiliki partikel halus dan lembut mampu diserap kulit dengan mudah sehingga sangat mudah menutrisi lapisan epidermis kulit.

Manfaat Masker Tomat :

1. Mencegah jerawat

Vitamin C dan vitamin A pada tomat berperan dalam mencegah tumbuhnya jerawat dan membunuh bakteri utama penyebab jerawat di wajah. Menggunakan masker tomat sebagai obat jerawat juga sangat direkomendasikan khususnya bagi para wanita yang terbias menggunakan obat kimia berbahaya. Meskipun reaksi masker tomat cenderung lamban namun kealamiannya terjamin.

2. Mencerahkan kulit wajah

Kulit wajah yang terlihat kusam sangat mengganggu penampilan karena meski berulang kali dibersihkan tetap saja akan nampak kusam. Hal tersebut bukan hanya karena kotoran yang menempel di wajah saja namun juga karena tumpukan sel kulit mati yang masih menempel dan belum terkelupas. Vitamin C pada kandungan tomat mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan tampak cerah.

3. Melindungi kulit dari sengatan matahari

Aktivitas di luar ruangan sering kali menyebabkan kulit khususnya kulit wajah terpapar sinar matahari terlalu sering. paparan sinar matahari merupakan radiasi UV yang sangat buruk bagi kulit. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari berlebihan dapat membakar kulit sehingga menyebabkan iritas. Masker tomat mampu mengurangi iritasi penyebab sengatan sinar matahari khususnyapada kulit wajah.

4. Mengatasi minyak berlebihan pada wajah.

Produksi minyak berlebihan pada wajah menyebabkan wajah menjadi mengkilap, make-up tidak bisa melekat sempurna, dan yang paling parah yakni timbulnya jerawat. Masker tomat sangat ampuh dalam mengurangi produksi minyak wajah. Hal tersebut karena serat tomat yang halus mampu menyerap dan mengangkat minyak wajah secara bersamaan ketika masker dibersihkan dari wajah.

5. Penangkal radikal bebas

Tomat memiliki senyawa lycopene dimana senyawa tersebut berperan sebagai penangkal radikal bebas yang terdapat pada udara yang sudah terkontaminsi polusi dan paparan sinar ultraviolet dari terik matahari. Menggunakan masker wajah sebelum tidur dapat membantu mencegah radikal bebas yang menghinggapi kulit ketika beraktifitas di siang hari.

6. Menjaga ke lembaban kulit

Kandungan air pada tomat cukup berperan dalam memenuhi cairan bagi kulit wajah. Kulit manusia memang sangat membutuhkan cairan tidak hanya sebagai pelembab saja namun sebagai nutrisi agar fungsi lain dari bagian kulit dapat bekerja sebagaimana mestinya. Kekurangan air pada wajah dapat memicu kulit kering yang berujung pada kulit terkelupas dan bersisik.

Manfaat Masker Tomat Lainnya :

7. Mengecilkan pori-pori.
8. Menghaluskan kulit.
9. Menjaga keutuhan sel kulit terutama kulit wajah.
10. Menjadikan kulit tampak lebih putih dan sehat.
11. Mencegah kulit mengerut dan garis halus pada kulit.
12. Mengeringkan jerawat yang sudah tumbuh.
13. Mencegah kulit kering.
14. Nutrisi tomat berfungsi sebagai pengganti cairan alami wajah.
15. Menyegarkan kulit.
16. Merawat kulit wajah dari dalam maupun luar.
17. Mengurangi noda hitam baik berupa flek maupun bekas jerawat.
18. Mengurangi lingkaran mata hitam akibat kurang tidur maupun aliran darah yang tidak lancar.
19. Melancarkan aliran darah pada luka lebam kulit.
20. Mempercepat proses pergantian sel kulit yang rusak.
21. Membantu memulihkan luka pada kulit.
22. Mencegah radang kulit.

Cara Menggunakan Masker Tomat :

Cara Menggunakan Masker Tomat, Cara Memakai Masker Tomat

  1. Untuk hasil yang lebih optimal gunakan masker tomat pada malam hari dikarenakan selain pada malam hari tingkat polusi lebih sedikit juga waktu dimana kulit beristirahat sehingga dapat merespon dengan cepat terhadap zat dan nutrisi dari masker tomat.
  2. Basuh wajah dengan bersih terlebih dahulu agak masker tomat lebih efektif.
  3. Diamkan selama setengah jam sampai nutrisi meresap ke kulit.
  4. Bilas hingga bersih, jangan sampai tersisa karena sisa tomat di wajah justru akan memicu bakteri karena tomat mudah membusuk.

Cara Membuat Masker Tomat :

Cara Membuat Masker Tomat

  1. Siapkan bahan berupa wadah, sendok untuk mengaduk, blender yang sudah dicuci atau bisa menggunakan parutan tomat yang sudah dibersihkan. Siapkan juga bahan utamanya yakni tomat tua yang ditandai dengan warna kulit dan daging yang merah berkilauan. Tomat yang sudah merah mengandung nutrisi yang lebih kompleks.
  2. Bisa juga menyediakan bahan alami lain seperti lemon, madu, avocado, minyak zaitun, gandum, green tea dan sebagainya.
  3. Cuci tomat terlebih dahulu dan haluskan tomat menggunakan blender atau parutan kemudian taruh dalam wadah yang sudah disediakan sebelumnya. Campurkan salah satu bahan yang diinginkan atau sesuai dengan kebutuhan kulit. Misalnya masker tomat yang dicampur air lemon untuk kulit berjerawat.
  4. Gunakan sendok untuk mengaduk bahan dan campurkan hingga merata.
  5. Masker tomat sudah langsung bisa digunakan. Usahakan membuat masker tomat sesuai jumlah kebutuhan karena masker tomat tidak bisa disimpan. Hanya digunakan untuk sekali pakai.

Efek Samping Masker Tomat :

Efek Samping Masker Tomat

1. Perih
2. Kulit menjadi sensitif terhadap cahaya
3. Gatal
4. Alergi
5. Apabila masuk ke mata maka akan menimbulkan rasa perih dan masalah pengenlihata sesaat.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah Serta Efek Samping

Mengolah masker tomat memang sangat sederhana namun memberikan berjuta manfaat. Tetapi perlu diingat juga supaya dalam penggunaannya pada kulit terutama kulit yang sensitif sebaiknya jangan langsung mengoleskan. Pasalnya dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping berupa alergi yang justru membuat semakin parah.

Continue Reading

Lainnya dari Kosmetik

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top