Connect with us
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya

Kulit

112 Manfaat dan Khasiat Kulit Buaya untuk Kerajinan Tangan, Sains, Ekonomi dan Budaya

Manfaat Kulit Buaya – Kulit buaya rupanya bisa menjadi ide bisnis yang menggiurkan, walaupun secara sains dan budaya juga memiliki banyak manfaat. Potensi bisnis kulit reptil ini memang sangat menjanjikan. Orang bisa menjadi produsen kerajinan kulit buaya, namun bisa pula hanya sebagai pengepul atau tengkulak yang akan menjual kulit hewan ini pada pabrik besar barang branded.

Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya

Khasiat kulit Buaya lebih mengarah di bidang non-medis dan kuliner. Sebab kulitnya yang keras memang tidak lazim untuk dikonsumsi manusia. Apalagi predator mengerikan ini adalah binatang yang secara alamiah saja sudah tidak akrab dengan manusia. Jadi untuk memakan daging buaya atau bagian tubuh lainnya sungguh merupakan hal yang tabu dan tidak lazim dilakukan.

Banyak sekali barang yang bisa dibuat dari kulit buaya, seperti tas kulit, dompet kulit, sepatu kulit, jam tangan, sandal dan lain sebagainya. Semuanya adalah kerajinan berkualitas tinggi dengan harga yang mahal. Hanya orang-orang tertentu saja yang bersedia membelinya. Makanya potensi pasar penjualan produk olahan buaya memang agak sulit. Tidak sebanyak produk olahan kulit sintetis.

Harga Kulit Buaya :

Berapa harga kulit buaya? Nampaknya harganya termasuk yang paling mahal dibandingkan jenis kulit hewan lainnya.

• Kulit Buaya Basah / Belum Diolah: Rp200.000 – Rp300.000/inch
• Kulit Buaya Lembaran / Sudah Diolah: Rp500.000 – Rp1000.000/inch

Memang penjualan kulit buaya asli biasanya dihitung menggunakan satuan inch atau inchi. Di mana 1 inchi jika dikonversikan setara dengan 2,54 cm. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa kulit reptil ini yang asli memang sangat mahal. Jangan heran bila produk olahannya juga jadi sangat mahal.

Manfaat Kulit Buaya untuk Kerajinan Tangan :

1. Membuat Tas Kulit

Tentu saja produk kerajinan kulit buaya yang paling banyak dibuat adalah tas kulit. Jenis tas ini pun beragam, mulai dari tas wanita hingga tas pria. Memang dibandingkan dengan kulit sintetis, kualitas kulit hewan asli jauh lebih baik, Apalagi kulit reptil ini yang memang sangat kuat. Model tasnya pun ketika jadi terkesan begitu kokoh dan awet.

2. Bahan Baku Membuat Sepatu Kulit

Semua kulit binatang dapat diolah jadi sepatu kulit, apalagi manfaat kulit reptil yang memang terkenal sangat kuat sebagai bahan membuat kerajinan semacam ini. Sepatu kulit buaya sungguh dapat menjadi terobosan ide bisnis usaha kecil menengah di bidang fashion.

3. Bisa Bikin Tas Golf

Siapa sangka ternyata tas golf dapat dibikin dari kulit hewan? Justru harganya bisa mencapai lebih dari 30 juta. Manfaat kulit buaya salah satunya juga dapat diolah jadi bahan baku membuat tas golf. Olahraga yang terkenal sebagai olahraganya kaum papan atas ini kan memang seringkali membutuhkan golf kit atau peralatan khusus yang mewah dan berkelas, terutama soal busananya, termasuk juga tasnya ini.

4. Alternatif Bahan Koper

Jangan dikira mereka para traveler suka asal-asalan memilih koper. Apalagi untuk para pelancong yang kerap mengunjungi negara-negara di Eropa dan Amerika. Terkadang ada negara yang benar-benar melarang penggunaan koper jelek atau koper branded palsu. Untuk menyiasatinya bisa dengan mencoba pakai koper kulit buaya. Memang harganya jauh lebih mahal, namun kualitasnya terjamin dan pasti lolos imigrasi. Kecuali bila negara yang dituju memiliki hukum perlindungan satwa yang ketat dan mereka berkampanye soal perlindungan buaya.

5. Diolah Jadi Gantungan Kunci

Hasil kerajinan tangan termurah dari kulit reptil ini adalah gantungan kunci. Biasanya gantungan kecil-kecil ini dibuat dari bahan sisa-sisa pemotongan kulit reptil. Daripada kulit sisa dibuang, maka dibuat saja jadi gantungan kunci yang tentunya akan sangat ekonomis.

Manfaat Kulit Buaya untuk Kerajinan Tangan Lainnya :

6. Bisa dibuat jadi dompet
7. Untuk menghias pakaian
8. Membuat case HP
9. Menambah nilai artistik kerajinan tangan
10. Membuka sentra kerajinan kulit buaya
11. Bahan baku payung hias
12. Membuat mantel
13. Bisa dibuat jaket kulit
14. Menambah harga jual
15. Berpotensi untuk diekspor

Manfaat Kulit Buaya untuk Sains :

1. Menjadi Sampel Penelitian

Di bidang sains, manfaat kulit buaya dapat menjadi sampel penelitian. Khasiat kulit hewan ini memang bisa memberikan petunjuk mengenai jenis-jenis buaya. Tentu masing-masing spesies buaya memiliki ciri khas kulit yang tidak dimiliki satu sama lainnya. Hal ini sangat penting dalam pengambilan sampel penelitian mengenai buaya.

2. Menjadi Benda Koleksi Museum

Ada banyak kejadian di mana buaya pada akhirnya dimuseumkan. Sekalipun hanya kulit buaya saja. Seperti di Kalimantan misalnya, seekor buaya muara yang panjangnya mencapai 8 meter telah diair keras dan dimuseumkan. Buaya ini pernah menelan korban nyawa manusia.

3. Untuk Diawetkan dengan Air Keras

Memang air keras adalah satu-satunya zat yang bisa dipercaya mengawetkan bagian tubuh hewan. Untuk mengawetkan kulit buaya tentu saja digunakan air keras. Bahkan di dalam pengolahan kulit untuk keperluan tekstil sendiri dibutuhkan air keras ini, meski dalam jumlah tak sebanyak ketika buaya dijadikan awetan utuh.

4. Menambah Khasanah Ilmu Pengetahuan Satwa

Khasiat kulit buaya akan menambah khasanah mengenai ilmu pengetahuan satwa. Berbagai sampel kulitnya yang telah diteliti akan berpotensi melahirkan teori baru mengenai buaya. Binatang reptil berdarah dingin ini memang sangat menarik dikaji lebih dalam, misalnya mengenai kandungan apa sajakah yang ada di dalam kulitnya.

5. Sebagai Alat Ukur dan Pembanding Spesimen

Penelitian di bidang biologi terutama untuk taksonomi satwa memang selalu butuh alat ukur atau alat pembanding. Berbagai spesimen diambil untuk dibandingkan satu dengan yang lainnya. Dengan mengawetkan kulit buaya, ini akan menjadi alat ukur yang pasti dan dapat digunakan lagi sewaktu-waktu.

Manfaat Kulit Buaya untuk Sains Lainnya :

6. Mengetahui umur buaya
7. Analisis habitat buaya
8. Analisis spesies buaya
9. Sebagai koleksi laboratorium penelitian
10. Menguji kandungan kulit reptil

Baca Juga: Manfaat Kulit Sapi untuk Kerajinan Tangan, Kuliner, Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kulit Buaya untuk Ekonomi :

1. Mengembangkan Bisnis Produk Kulit Hewan

Ada banyak UKM dengan nilai omset 100 juta-an hidup dari bisnis produk kulit hewan. Manfaat kulit buaya dapat menjadi salah satu produk unggulan untuk digarap dan dijual. Namun para pelaku UKM ini mesti mulai waspada terhadap hukum positif negara yang mulai geram dengan aksi penggunaan kulit reptil ini karena dirasa sangat mengeksploitasi buaya yang notabene termasuk dilindungi.

2. Baik untuk Branding Produk Branded

Bayangkan ketika Hermes mengeluarkan produk tas kulit buaya? Tentu saja produk branded ini akan langsung dibeli oleh kalangan jetset. Apalagi jika merupakan seri tas yang diproduksi hanya beberapa pcs saja. Tas kulit asli memang menjadi salah satu produk unggulan pabrikan branded macam Hermes.

3. Menaikkan Daya Beli Masyarakat

Manfaat kulit buaya dapat meningkatkan daya beli masyarakat, terutama dari kalangan ekonomi papan atas dan penyuka barang-barang antik dan alami. Daya beli yang tinggi adalah salah satu indikator dari jalannya roda ekonomi secara baik.

4. Menaikkan Nilai Jual Produk

Khasiat kulit buaya dapat menaikkan nilai jual produk. Artinya ini akan menjadi salah satu cara dalam memperbaiki harga. Seringkali para pelaku bisnis agak sulit untuk mengontrol harga produknya sendiri, sebab tingkat persaingan penjualan produk sejenisnya di luar amat tinggi. Singkatnya, banyak produk kulit yang sama-sama beredar di pasaran. Namun biasanya yang paling mahal sudah dijamin asli.

5. Menambah Penghasilan

Ketika daya beli masyarakat dan nilai jual produk meningkat, niscaya penghasilan pun akan meningkat. Di dalam bisnis kulit memang susah-susah gampang perihal omset, kuncinya ada pada berhasilnya marketing. Tidak seperti tas sintetis yang harganya murah dan menyasar seluruh kalangan, tas kulit kan cenderung punya pangsa pasar yang khusus, hanya orang-orang kaya.

Manfaat Kulit Buaya untuk Ekonomi Lainnya :

6. Meningkatkan keuntungan
7. Terbuka untuk inovasi produk
8. Menjaring bisnis komunitas
9. Memanfaatan limbah buaya mati
10. Menambah pendapatan negara

Manfaat Kulit Buaya untuk Budaya:

1. Menjadi Jimat Bagi Sekelompok Masyarakat

Jimat adalah benda yang dikeramatkan karena dianggap memiliki kekuatan. Meskipun jimat itu syirik, namun nyatanya banyak orang, terutama dari kaum abangan dan priyayi yang memilikinya. Dan tentunya juga kaum masyarakat adat. Salah satu jimat yang dipandang bertuah adalah kulit buaya.

2. Menambah Cerita Rakyat dan Urban Legend

Penggunaan jimat-jimat bertuah sebenarnya dapat menambah cerita rakyat dan urban legend di suatu daerah. Ini akan meningkatkan pesona budaya daerah itu. Sebab cerita rakyat dan urban legend mengenai jimat kulit buaya atau malah buaya hidup akan selalu dituturkan dari mulut ke mulut dan dari buku-buku literatur cerita.

3. Mendatangkan Potensi Wisata Budaya

Manfaat kulit buaya akan mendatangkan potensi wisata budaya. Misalnya di sebuah desa menjadi sentra kerajinan kulit reptil, tentunya akan ada banyak wisatawan datang untuk melihat dan berbelanja. Walaupun sebenarnya kini makin terancam eksistensi sentra bisnis kulit binatang, sebab crash dengan kampanye perlindungan satwa.

4. Menjadi Barang Koleksi Adat

Manfaat kulit buaya akan jadi barang koleksi masyarakat adat. Bagaimana tidak? Kulit ini kan memang kerap dipakai sebagai pernak-pernik dalam ritual adat. Barang koleksi ini di masa depan berpotensi menjadi artefak, jika memang adat telah luntur tergerus zaman.

5. Menjadi Simbol Pertautan Mikrokosmos dengan Makrokosmos

Keberadaan jimat kulit buaya atau bagian tubuh binatang lainnya yang dikultuskan sebenarnya adalah wujud dari pertautan mikrokosmos dan makrokosmos. Ketika manusia dengan persepsi dan nalarnya menganggap unsur-unsur alam, terutama tubuh hewan dapat memberikan perlindungan kepada dirinya.

Manfaat Kulit Buaya untuk Budaya Lainnya :

6. Meningkatkan minat budaya
7. Melejitkan kreativitas masyarakat
8. Membuka desa wisata
9. Membuka gerai khusus penjualan kulit buaya
10. Meredam sentiment publik akan pemanfaatan kulit

Dampak Pemanfaatan Kulit Buaya :

Apa sajakah dampak pemanfaatan kulit reptil ini? Ternyata kulit reptil ini bila dipakai manusia dalam jumlah kecil maupun banyak akan menimbulkan efek samping di bawah ini. Di mana semua efek di bawah tergolong negatif karena merupakan tindakan pelanggaran hukum yang menyalahi aturan negara maupun perjanjian internasional di bidang perlindungan satwa liar.

1. Eksploitasi Satwa
2. Perburuan Liar
3. Pembunuhan Terhadap Buaya
4. Kepunahan Spesies Buaya
5. Melanggar Undang-Undang Perlindungan Satwa
6. Memelihara Buaya Bisa Mengancam Nyawa Manusia
7. Kecaman Organisasi Internasional
8. Merebaknya Kapitalisme Produk Kulit Buaya

Baca Juga: Manfaat Kulit Kambing untuk Kerajinan Tangan, Kuliner, Kesehatan dan Kecantikan

Meski demikian, penggunaan kulit reptil memang abu-abu. Di satu sisi ketika pemerintah menghentikan laju penjualan produk kulit binatang, maka sama saja mematikan bisnis UKM maupun perusahaan besar yang bergerak dalam penjualan produk kulit. Namun di lain sisi, ketika dibiarkan saja tentu akan mengancam kelestarian buaya. Bisa saja di masa depan buaya punah gara-gara gencarnya penangkapan dan pembunuhan demi bisnis kulit ini.

Continue Reading

Lainnya dari Kulit

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top