Connect with us
Manfaat Kulit Jeruk Bali, Khasiat Kulit Jeruk Bali, Kulit Jeruk Bali

Kulit

45 Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk Bali untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kulit Jeruk Bali – Kulit Jeruk Bali adalah kulit dari buah jeruk yang memiliki ukuran besar melebihi jeruk kebanyakan, serta sering dimanfaat sebagai kesehatan dan kosmetik. Oleh karena banyak diperdagangkan di pulau bali, jeruk ini disebut jeruk bali. Padahal sebenarnya jeruk ini memang menyebar di kawasan Asia Selatan dan Tenggara. Jadi tidak terlokasir di pulau dewata Bali saja. Manfaat kulit jeruk bali amat menarik dibahas karena ternyata kulitnya juga banyak digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kulit Jeruk Bali, Khasiat Kulit Jeruk Bali, Kulit Jeruk Bali

Belakangan nama jeruk ini mulai diubah dalam banyak literatur pertanian menjadi Pomelo. Semata-mata agar orang tidak lagi salah kaprah bahwa jeruk ini berasal dari Bali. Lagipula masyarakat memang mudah menemui jeruk ini di luar pulau bali, seperti di Lampung dan Makassar juga ada.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kulit Jeruk Bali :

Apa sajakah kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam kulit jeruk bali? Ternyata ada banyak sekali kandungannya yang bisa diperoleh. Jeruk pomelo ini mengandung berbagai zat-zat seperti yang tercantum di bawah ini:

• Kalori: 50 kkal
• Kolesterol: 0 mg
• Natrium: 0,5 mg
• Kalium: 100 mg
• Karbohidrat: 15 gram
• Serat Pangan: 2 gram
• Protein: 2 gram
• Vitamin A: 5 IU
• Vitamin C: 80 mg
• Kalsium: 4 mg
• Zat Besi: 0,5 mg

Loading...

Manfaat Kulit Jeruk Bali untuk Kesehatan :

1. Menghilangkan Bau Mulut

Manfaat kulit jeruk bali ini rupanya ampuh sekali buat menghilangkan bau mulut. Cara menggunakannya amat mudah. Tinggal ambil saja beberapa lembar potongan kulit jeruknya, kemudian masukkan ke dalam air hangat kuku, tambahkan sedikit garam. Biarkan airnya sampai benar-benar dingin. Barulah kemudian dipakai untuk kumur-kumur agar bau mulut hilang. Lakukan secara rutin sehari 3 kali.

2. Mencegah Infeksi

Ternyata kulit jeruk bali juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi. Ini karena kandungan antibiotik alaminya yang sangat ampuh dalam memembunuh bakteri. Sama caranya dengan membuat obat kumur, maka untuk mencegah infeksi ini pun kulitnya dimanfaatkn dengan cara mencelupkannya ke dalam air. Kemudian airnya dipakai untuk mengobati area tubuh yang sedang rawan infeksi. Misalnya karena sedang sakit gigi, maka untuk mencegah infeksinya bisa pakai kulit jeruk ini.

3. Mengatasi Sariawan

Sariawan disebabkan karena kekurangan vitamin C dan B kompleks. Untuk mengatasinya ternyata sangat mudah. Cukup menggunakan kulit jeruk bali yang diekstrak dulu menjadi teh kering. Caranya kulitnya dijemur hingga kering sekali, jika sudah dipakai untuk obat kumur saat sariawan.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Rupanya kulit jeruk bali juga bagus sekali untuk penyembuhan luka. Sebab kandungan antioksidannya sangat bagus dalam meregenerasi sel dan mencegah terjadinya pemnentukan luka parut atau sel-sel abnomal. Namun sebaiknya kulit ini dimanfaatkan secara oral saja seperti dibuat minuma herbal. Jadi jangan langsung diletakkan ke atas lukanya.

5. Aromaterapi untuk Ketenangan Pikiran

Aroma baunya yang segar dan harum ampuh sebagai aromaterapi alami untuk menenangkan pikiran. Cocok di kala sedang stress, depresi dam sibuk berkutat dengan rutinitas sehari-hari. Apalagi kalau kulit jeruk bali ini dimanfaatkan selagi buahnya baru saja dipetik dari pohon. Tentu khasiat aromaterapinya akan lebih terasa.

Manfaat Kulit Jeruk Bali untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menghilangkan nyeri
7. Mengatasi stress
8. Mengobati depresi
9. Menghilangkan sakit kepala
10. Meringankan migrain
11. Menambah nafsu makan
12. Mendetoks racun
13. Mencegah panas dalam
14. Menurunkan panas demam
15. Menyeimbangkan kadar cairan di tubuh
16. Menguatkan tulang
17. Mencegah gigi keropos
18. Mencegah kanker otak
19. Menetralkan asam lambung
20. Melancarkan BAB

Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk Bali untuk Kesehatan :

Bagaimana cara memanfaatkan kulit jeruk bali untuk kesehatan? Ada banyak cara yang bisa digunakan. Pastikan kulit pomelonya ini sudah bersih dan terbebas dari busuk dan kotor. Jadi cucilah dulu kulitnya. Kemudian bisa langsung dipotong kecil-kecil dan tipis, lalu dijemur hingga benar-benar kering. Jemuran kulit jeruk ini bisa dibuat seduhan teh. Namun bisa pula digiling menjadi serbuk untuk kemudian dijadikan campuran obat herbal.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kulit Semangka untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kulit Jeruk Bali untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Kulit

Dengan rajin konsumsi ekstrak kulit jeruk bali sangat ampuh untuk mememutihkan kulit. Manfaat kulit jeruk pomelo ini memang sangat baik dalam mengangkat sel kulit kusam. Sehingga sel kulit baru yang warnanya cerah putih bisa terpicu tumbuh.

2. Menyembuhkan Jerawat

Kemudian, dengan kulit jeruk bali juga sangat efektif dalam usaha penyembuhan jerawat. Pasalnya jeruk pomelo ini memang punya sifat anti bakteri yang ampuh buat menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

3. Mencegah Kerutan di Wajah

Tahukah kenapa wajah seseorang mudah berkerut? Ternyata karena faktor usia, pola makan, serta stress yang melanda. Untuk itu atasi segera dengan manfaat kulit jeruk ini.

4. Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang terlampau tinggi kerap jadi masalah karena bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Selain itu, kelebihan berat badan juga akan membuat seseorang jadi malas berherak dan terkena penyakit fatal seperti jantung dan stroke. Maka atasi segera kelebihan berat badan dengan konsumsi ekstrak kulit jeruk bali.

5. Menghilangkan Bau Badan

Manfaat kulit jeruk bali bisa membuat badan jadi wangi. Bau badan yang biasanya menjangkiti bisa hilang dalam sekejap. Memang aroma jeruk bali sangat ampuh buat hilangkan bau badan. Terutama yang berasal dari kelenjar keringat di ketiak.

Manfaat Kulit Jeruk Bali untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi flek hitam
7. Memudarkan hitam bekas jerawat
8. Menghilangkan minyak yang terpendam di kulit
9. Mencegah pertumbuhan bulu tubuh
10. Mengatasi bau badan
11. Menghilangkan otot di wajah
12. Meremajakan kulit
13. Mencegah penuaan dini
14. Mengatasi selulit
15. Meluruhkan lemak
16. Menurunkan berat badan
17. Membuat badan ideal
18. Mencegah kerusakan mata
19. Melembabkan bibir
20. Mengatasi bau mulut

Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk Bali untuk Kecantikan :

Bagaimanakah cara memanfaatkan kulit jeruk pomelo ini untuk kecantikan? Sebagaimana mengolah jenis kulit buah lainnya, baiknya kulit jeruk ini dibuat ekstraknya dulu. Cara membuatnya amat mudah, tinggal kulit dicuci, kemudian dijemur hingga benar-benar kering. Lalu dibuat serbuknya dengan cara digiling. Bisa pula cukup diseduh setelah agak dihaluskan, jadinya dibuat minuman teh.

Efek Samping Kulit Jeruk Bali :

Apa sajakah efek samping yang didapatkan dari kulit jeruk pomelo ini? Ternyata ada banyak sekali efek yang juga mesti diperhatikan selain berbagai manfaat yangada di dalamnya. Berbagai efek di bawah ini hanya merupakan respon secara individual, jadi tidak dialami semua orang. Tergantung pada sensitivitas dan alergi masing-masing. Selain itu, biasanya reaksi efek di bawah ini juga hanya terjadi sementara saja. Pada pemakaian dalam jangka waktu lama, maka tubuh bisa lebih menerima.

1. Lidah Pahit
2. Perut Mual
3. Batuk
4. Pusing
5. Muntah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Meskipun ada banyak sekali manfaat dari jeruk pomelo, memang ada baiknya juga memperhatikan efek samping kulit jeruk bali di atas. Semata-mata untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sebelum mengonsumsinya juga sebaiknya perhatikan benar mengenai kebersihan bahan yang digunakan. Pastikan hanya menggunakan kulit jeruk kualitas terbaik serta peralatan yang higienis.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Kulit

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top