Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kulit

100 Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kutit jeruk merupakan dari buah jeruk yang kaya akan vitamin C. Buah jeruk menjadi salah satu buah favorit yang menyegarkan. Seringkali kita mengkonsumsi buah jeruk namun hanya buahnya saja dan membuang kulitnya. Padahal, perlu diketahui bahwa manfaat kulit jeruk banyak bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Kulit Jeruk, Manfaat Kulit Jeruk, Khasiat Kulit Jeruk

Banyak yang belum mengetahui bahwa manfaat kulit jeruk bagi kulit wajah. Kulit buah jeruk bisa menjadi treatment kecantikan praktis dan murah sebagai perawatan wajah yang menakjubkan. Bahkan ada yang menggunakan kulit jeruk sebagai bumbu dapur. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang manfaat kulit buah jeruk, maka simak dulu kandungan yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Kulit Jeruk :

Kandungan Kulit Jeruk

Pada bagian kulit luar jeruk memiliki kandungan senyawa steroid, minyak esensial dan pigmen karotenoid. Namun bagian kulit jeruk ini tidak bisa dikonsumsi secara langsung karena rasanya sangat pahit. Bagian kulit dalam jeruk mengandung serat tinggi jenis hemiselulosa, lignin dan selulosa serta senyawa kimia yang lain seperti fenolik dan pektat. Selain itu bagian dalam kulit buah jeruk ini memiliki kandungan limonin dan flavonoid.

Loading...

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan :

Setelah mengetahui kandungan dari kulit jeruk, berikut beberapa manfaat kulit buah jeruk untuk kesehatan berdasarkan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

1. Menyehatkan pencernaan

Kulit jeruk kaya akan kandungan serat. Sekitar 100 gr dari kulit buah jeruk setidaknya memiliki kandungan sebanyak 10,6 gr serat. Serat pangan yang terdapat pada kulit buah jeruk bermanfaat untuk mencegah timbunya sindrom iritasi usus, kambung dan juga sembelit. Teh segar yang diseduh dengan kombinasi ekstrak kulit jeruk memberi efek menenangkan pada sistem pencernaan tubuh.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Sudah dari dahulu, orang-orang meyakini bahwa kulit buah jeruk dapat dimanfaatkan sebagai obat penyembuh alami. Bahan-bahan yang diekstrak menggunakan kulit jeruk dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada kulit buah jeruk dapat membantu gerakan usus menjadi lebih teratur sehingga sistem pencernaan dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar.

3. Mencegah kanker (paru-paru dan kulit)

Kulit jeruk mengandung flavonoud yang dapat membantu vitamin C bekerja secara efisien dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah studi ditunjukkan bahwa kulit buah jeruk mampu mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa. Sel tersebut merupakan penyebab fatal penyakit kanker kulit. Bagi mereka yang mengkonsumsi kulit jeruk dengan rutin memiliki resiko lebih kecil untuk menderita kanker paru-paru dan kanker kulit dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi buah nya saja.

4. Menurunkan berat badan

Pakar kesehatan telah mempercayai bahwa kulit jeruk memiliki kemampuan luar biasa untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh serta membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Bagi anda yang menjalani proses diet, anda bisa mengganti soda atau kopi yang biasanya anda minum dengan teh yang terbuat dari kulit buah jeruk.

5. Meringankan bronkitis

Penyakit bronkitis menjadi salah satu jenis penyakit berbahaya yang sulit untuk ditangani. Dengan rajin mengkonsumsi kulit jeruk dapat membantu mengobati adanya infeksi serta memiliki efek menenangkan pada tubuh.

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan infeksi
7. Membantu menurunkan demam
8. Mengatasi gejala flu
9. Mengobati perut mulas
10. Memperbaiki sistem pernafasan
11. Membantu memutihkan gigi
12. Menghalau serangga dan nyamuk
13. Membantu meredakan stress
14. Dapat dijadikan bumbu makanan

Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Kesehatan :

Bagi anda yang tertarik untuk memgkonsumsi kulit jeruk, berikut beberapa tips penting yang bisa anda coba untuk mengkonsumsi kulit buah jeruk yang menyehatkan.

  • Keringkan kulit jeruk organik yang sudah dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil.
  • Jika sudah kering masukkan sekitar 1 sendok makan kulit buah jeruk yang sudah kering ke dalam cangkir.
  • Tambahkan air panas dan tutup cangkir.
  • Biarkan sekitar 10 menit lalu buang kulit jeruknya dari cangkir tersebut.
  • Tambahkan madu sesuai selera agar rasanya tidak terlalu pahit.
  • Teh kulit jeruk siap dikonsumsi. Sebaiknya anda mengkonsumsi teh sehat ini secara rutin 2 cangkir sehari.

Selain dikonsumsi sebagai teh, kulit jeruk juga bisa dijadikan sebagai tambahan olahan lain yang enak dan menyehatkan. Caranya:

  • Cuci kulit jeruk organik sampai bersih.
  • Potong kulit buah jeruk menjadi bagian kecil.

Setelah itu anda bisa memanfaatkan potongan kulit buah jeruk sebagai tambahan olahan seperti manisan atau bisa juga dimakan langsung. Kulit jeruk ini bisa dikeringkan terlebih dahulu agar manisan yang anda buat bisa terasa lezat. Tambahkan sedikit gula aren atau gula pasir sesuai selera.

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan :

1. Mencerahkan wajah

Bagi anda yang mengalami masalah wajah kusam, maka anda bisa mencoba kulit jeruk sebagai masker alami yang dicampur dengan kunyit. Kombinasi kedua bahan yang sudah jelas alami ini dipercaya ampuh menjadikan wajah nampik putih, cerah dan bersinar. Bukan hanya bersih dan putih, kulit buah jeruk ini juga mampu menjadikan wajah terbebas dari noda sehingga anda dapat tampil menawan dengan wajah yang bersih bercahaya.

2. Menghilangkan jerawat dan bintik hitam

Wanita memang selalu mendambakan wajah yangbersih tanpa jerawat. Namun terkadang jerawat muncul begitu saja dan mengganggu penampilan. Jika jerawat sudah hadir di wajah maka itu adalah bahaya bagi para wanita. Nah, bagi anda yang mungkin sedang menghadapi masalah jerawat di wajah ataupun noda bekas jerawat, maka kami sarankan untuk mencoba menggunakan masker kulit jeruk

3. Mencegah bau badan

Bau badan yang tidak sedap tentunya akan membuat kita kehilangan kepercayaan diri. Bagi anda yang ingin menghilangkan bau badan yang mungkin sedang anda alami, anda bisa mandi dengan menggunakan kulit jeruk yang dimasukkan dalam bak mandi anda. Jika dilakukan secara rutin maka lama kelamaan masalah bau badan akan tuntas dan anda bisa tampil PD dengan badan yang segar dan wangi.

4. Memperbaiki kulit kusam

Masalah kulit kusam dapat ditanggulangi dengan membuat masker dari kulit jeruk dengan tambahan yogurt dan madu. Yogurt sangat efektif untuk menghilangkan sel kulit mati dan mengembalikan kulit anda yang cerah. Selain itu, madu juga efektif membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Ketiga bahan alami tersebut jika dicampurkan akan menjadi masker wajah yang ampuh membasmi kulit kusam anda.

5. Menghilangkan tanda-tanda penuaan

Kandungan antioksidan pada kulit jeruk bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan mencegah keriput. Kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan sebagai toner wajah yang alami dan bagus untuk mencerahkan kulit.

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membasmi ketombe
7. Mengatasi rambut kusam

Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Kecantikan :

Masker alami dari kulit jeruk dapat dibuat dengan cara menyediakan 1 sdm bubuk kulit jeruk. Tambahkan oatmeal dan madu secukupnya. Aduk semua bahan hingga merata lalu oleskan masker pada wajah. Diamkan hingga kering kurang lebih 30 menit  dan bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah cantik cerah alami.

Efek Samping Kulit Jeruk :

Efek Samping Kulit Jeruk

1. Perih jika terkena mata
2. Dapat menyebabkan iritasi jika kulit tidak cocok

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat kulit jeruk dalam kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak, namun anda harus paham juga efek sampingnya. Jika ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan mengapa harus dibuang? Apakah anda tertarik untuk mencoba kulit jeruk untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan anda?

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Kulit

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top