Connect with us
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing

Kulit

150 Manfaat Kulit Kambing untuk Kerajinan Tangan, Kuliner, Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kulit Kambing – Kulit Kambing atau ada pula yang menyebutnya sebagai Kikil adalah bagian tubuh dari kambing yang bisa dimakan dan tergolong aman. Selain bisa dimakan ternyata manfaat kulit kambing untuk kerajinan tangan, kuliner, kesehatan dan Kecantikan sangat banyak. Meskipun jumlah lemak nya cukup tinggi, namun proteinnya juga melimpah. Hal ini membuat khasiat kulit kambing bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Jika diproses secara kimiawi dengan teknologi tinggi, jenis kulit ini bisa menjadi sumber kolagen dan gelatin yang bagus.

kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing

Ada banyak sekali produk dari olahan kambing yang memiliki nilai jual tinggi, seperti susu kambing etawa, kerupuk kulit kambing, susu kefir dan masker kefir. Semuanya menjadi produk yang secara harga bisa 2-3 kali lipat dibandingkan produk olahan sapi, seperti susu sapi segar.

Ini memang sangat unik, sebab selama ini kambing hanya dikenal sebagai hewan kurban belaka untuk disembelih. Olahan makanan kambing hanya dinikmati di moment-momont tertentu seperti idul adha, hajatan maupun sedang prosesi akikah. Meski demikian, sebenarnya kalau melihat realitas di lapangan bisnis kuliner, ada banyak gerai restoran bintang lima maupun kaki lima yang menjajakan kudapan berbahan kambing, termasuk juga kulit kambing.

Jangan diremehkan bahwa bagian kulit kambing, termasuk juga kikil kambing yang merupakan kulit pada bagian sela-sela kaki justru memiliki rasa yang sangat lezat. Selain itu, kulitnya yang lembaran juga bagus sekali buat diolah jadi aneka kerajinan tangan yang memiliki nilai jual untuk menggerakkan bisnis UKM maupun pabrikan. Seperti misalnya untuk membuat lukisan kaligrafi, sepatu kulit atau jaket kulit.

Meski demikian, untuk para penderita stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, maupun kolesterol tinggi, tentu sudah paham untuk menghindari kambing. Termasuk juga bagian kulit kambingnya yang seringkali bisa membuat penyakit kumat. Jadi buat mereka, alangkah baiknya buat menahan dulu keinginan memakan olahan kulit binatang ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kulit Kambing :

Gizi dan nutrisi kulit ternak ini layak sekali dicoba sebagai salah satu alternatif pangan yang murah. Terutama untuk para penggemar kambing, perlu diketahui bahwa bagian kulitnya ternyata punya kadar zat yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

Apa saja kandungan vitamin, mineral dan zat penting yang ada di dalam kulit kambing? Ternyata kulit binatang ini memiliki komposisi sebagai berikut (dalam takaran 100 gram):

• Kalori: 100 kkal
• Lemak: 4,53 gram
• Lemak Jenuh: 2,27 gram
• Lemak Tak Jenuh Ganda: 0,3 gram
• Lemak Tak Jenuh Tunggal: 1,288 gram
• Kolesterol: 30 mg
• Protein: 11 gram
• Karbohidrat: 4,1 gram
• Serat: 0,6 gram
• Sodium: 205 mg
• Kalium: 270 mg

Harga Kulit Kambing :

Sebagaimana kulit sapi, jenis kulit kambing pun terbagi menjadi dua, yakni; kulit basah atau segar dan kulit kering atau lembaran. Gunakanlah yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis kulit binatang ini pun mengenal grade atau tingkatan berdasarkan kualitasnya, kalau untuk keperluan kerajinan tangan seperti membuat furniture dan karya seni, alangkah baiknya buat memakai jenis kulit yang terbaik, biasanya harganya memang lebih mahal.

• Harga Kulit Kambing Basah / Segar: Rp10.000 – Rp25.000/kg
• Harga Kulit Kambing Kering / Lembaran: Rp50.000 – Rp200.000/kg

Sebelum beli kulit kambing, pastikan dulu bahwa yang jual kambing ini memang terpercaya orangnya. Apalagi saat membeli jenis kulit lembaran yang notabene cukup mahal harganya. Jangan sampai tertipu oleh oknum nakal.

Kemudian yang tak boleh dilewatkan juga adalah soal perawatannya. Kulit kambing wajib dirawat dengan cara khusus, supaya tetap awet dan tidak rusak seperti jamuran. Untuk para pelaku industri harus paham benar mengenai teknik penyimpanan kulit binatang.

Manfaat Kulit Kambing untuk Kerajinan Tangan :

1. Material untuk Membuat Tas

Khasiat kulit kambing bagus sekali untuk material membuat beragam jenis tas, seperti ransel dan selempang. Meskipun kualitasnya tidak sebaik kulit sapi, buaya, ular atau bahkan harimau, namun penggunaan kulit ini legal, sebab kambing bukan tergolong binatang yang dilindungi oleh undang-undang dan hukum.

2. Bahan Baku Sepatu Kulit

Untuk membuat sepatu kulit juga amat mudah, bahan bakunya bisa dari kulit binatang apa saja yang memiliki serat yang bagus dan kuat. Seperti misalnya kulit kambing ini yang memang cukup kuat. Sepatu dari kulit binatang ini pun awet dan memiliki nilai ekonomis yang hampir setara dengan kulit binatang komersil lainnya.

3. Bisa untuk Membuat Jaket Kulit

Bagaimana caranya membuat jaket kulit? Salah satunya adalah dengan menggunakan khasiat kulit kambing ini yang memang cukup bagus dalam memproduksi jaket. Lembaran kulitnya tebal, kenyal dan cukup hangat membuatnya jadi bahan baku yang ideal untuk jaket yang notabene memang sering dipakai untuk cuaca dingin.

4. Diolah Menjadi Benang Berserat Alami

Cara mengolah kulit kambing menjadi benang adalah dengan memintalnya tentu saja. Setelah melalui proses pengeringan yang lama. Serat alami dari kambing memang baik sekali, misalnya dari bulunya dari jenis kambing domba sudah dikenal baik dalam membuat benang wol.

5. Membuat Kaligrafi

Salah satu kerajinan tangan yang bisa dibuat di atas media kulit kambing adalah kaligrafi. Hasilnya sungguh menakjubkan karena mampu memberikan sentuhan artistik dan etnik yang tinggi. Lukisan kaligrafi dari kulit binatang ini pun memiliki nilai ekonomi yang tinggi, harganya akan jauh lebih mahal daripada yang dilukis di atas keramik, kanvas maupun kertas.

Manfaat Kulit Kambing untuk Kerajinan Tangan Lainnya :

6. Membuat dompet
7. Bahan membuat jaket kulit
8. Bisa untuk membuat sepatu
9. Alternatif bahan alas kaki sandal
10. Untuk menghias dinding
11. Menghias atap
12. Membuat lemari pakaian
13. Mendesain pakaian
14. Bisa jadi bahan baku kursi
15. Dapat membuat sofa yang ampuk
16. Media kanvas untuk lukisan
17. Untuk membuat payung hias
18. Untuk membuat wayang kulit
19. Dapat dijadikan boneka kulit
20. Untuk membuat case hp

Manfaat Kulit Kambing untuk Kuliner :

1. Membuat Sate Kambing

Manfaat kulit kambing bisa menjadi campuran untuk daging kambing membuat sate. Beberapa orang bahkan lebih menyukai kulit daripada dagingnya karena rasanya kenyal dan agak alot. Namun ada yang perlu diingat bahwa makan kambing itu tidak boleh banyak-banyak supaya tidak darah tinggi.

2. Campuran Gulai Kambing

Khasiat kulit kambing tak kalah hebatnya dari susu kambing. Bagian tubuh ini pun memiliki nilai ekonomi yang tinggi, seperti bisa dibuat campuran gulai kambing. Rasanya sungguh sangat lezat bilamana memasukkan kulit binatang ini karena kandungan lemaknya yang tinggi sehingga sangat gurih.

3. Penyedap Rasa Alami

Memang kulit hewan yang berlemak itu akan menjadi penyedap rasa alami bila digunakan. Tidak sekadar dibakar atau direbus, manfaat kulit kambing bila digoreng juga sangat lezat, sungguh menjadi penyedap rasa alami yang akan membangkitkan nafsu makan. Sebaiknya kalau makan kambing ini harus dengan nasi yang hangat dan pulen, agar pencernaan tidak terganggu.

4. Membuat Isian Sup

Isian sup tidak hanya sayuran dan daging ayam atau sapi saja, sop kambing juga dapat menjadi alternatif kudapan yang menggiurkan. Rasa kulit kambing yang gurih dengan ketebalan dan tekstur kenyalnya sungguh akan memanjakan lidah para pecinta kambing.

5. Diolah Menjadi Kerupuk Kulit

Tidak hanya kulit sapi saja yang bisa diolah jadi kerupuk, tetapi kulit kambing juga baik sekali sebagai bahan baku kerupuk kulit. Rasanya pun tak jauh beda, meskipun agak sedikit lebih keras. Namun dengan penambahan tepung dan bumbu yang tepat, rasanya akan sangat berkelas. Sehingga cocok sekali untuk mengembangkan bisnis kuliner karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Manfaat Kulit Kambing untuk Kuliner Lainnya :

6. Untuk membuat tongseng kambing
7. Menambah gurih masakan nusantara
8. Membuat rending
9. Dapat dijadikan keripik
10. Digoreng dengan bumbu kuning
11. Membuat kulit krispi
12. Lauk makan yang lezat
13. Diolah jadi kulit lumpia
14. Pengemulsi nabati
15. Meningkatkan kekentalan masakan
16. Menambah daya beli
17. Menyukseskan bisnis kuliner
18. Membuka ide resep baru
19. Mengurangi limbah kulit kambing
20. Mendorong untuk terus inovasi kuliner

Manfaat Kulit Kambing untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Khasiat kulit kambing untuk kesehatan bagus sekali buat meningkatkan tekanan darah. Ini sungguh baik buat mereka yang sedang mengalami hipotensi parah. Tekanan darah rendah memang lebih mudah mengobatinya, cukup dengan makan daging-dagingan berlemak, seperti daging kambing ini.

2. Membuat Badan Lebih Gemuk

Kambing memang menjadi salah satu binatang ternak unggulan. Salah satu produknya adalah susu kambing etawa yang terkenal sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Khasiat kulit kambing pun tak kalah dari susu kambing etawa maupun susu kefir, karena sama-sama menjadi sumber protein yang ampuh dalam menggemukkan badan. Tentunya tepat sekali dikonsumsi oleh mereka yang punya badan kurus.

3. Menambah Nasfu Makan

Rupanya manfaat kulit kambing pun dapat melejitkan nafsu makan. Bertambahnya nafsu makan bisa memperbaiki kualitas kesehatan seseorang. Sebab syarat utama dari tubuh yang sehat memang adalah melalui makanan yang mampu dicerna dengan baik. Nafsu makan yang bagus menjadi salah satu tanda bahwa pencernaan memang sedang berjalan baik.

4. Melancarkan BAB

Memakan daging kambing maupun kulit kambing ampuh sekali untuk melancarkan BAB. Ketika seseorang lancar pembuangan fesesnya ini, maka kondisi usus akan lebih baik. Perut tidak akan terasa sebah dan emosi pun cenderung stabil. Usus yang sehat juga jadi kunci tubuh yang sehat secara keseluruhan.

5. Membuat Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak dapat memperbaiki kesehatan seseorang. Sebab orang yang tidurnya nyenyak akan memiliki kesempatan buat memperbaiki sel-sel tubuhnya secara alami. Dalam kondisi tidur, tubuh manusia memang direset kembali menuju mode normal. Syaraf-syaraf yang tegang akan rileks, efeknya secara psikis dan fisik adalah ketenangan dan kedamaian yang tiada tara.

Manfaat Kulit Kambing untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membuat badan jadi bugar
7. Menjaga stabilitas tekanan darah
8. Mengurangi rasa nyeri
9. Mencegah sembelit
10. Menguatkan usus
11. Mencegah gangguan hati
12. Menyehatkan lambung
13. Membuat suasana hati membaik
14. Meningkatkan hormon kesuburan
15. Membuat badan jadi bertenaga
16. Mengatasi lemas
17. Mengobati perut kembung
18. Mencegah angin duduk
19. Membesarkan dada
20. Menguatkan otot tangan

Manfaat Kulit Kambing untuk Kecantikan :

1. Sumber Collagen Alami

Manfaat kulit kambing bisa menjadi sumber kolagen alami. Ini merupakan zat yang bagus sekali untuk menunjang kesehatan kulit karena akan memberikan efek peremajaan. Kolagen memang begitu pentingnya dalam usaha menutrisi kulit dari dalam dan luar tubuh. Dengan memakan kulit kambing sama saja menyuplai kolagen ke dalam tubuh.

2. Mengencangkan Kulit Wajah

Khasiat kulit kambing bagus pula buat mengencangkan kulit wajah. Apalagi kalau disertai dengan mengoleskan masker kefir dan rutin meminum susu kambing etawa. Niscaya kulit bisa kencang kembali, meskipun usia sudah tidak lagi muda. Pengencangan kulit terjadi hanya dalam waktu 3-7 minggu. Ketika kulit sudah dirasa kencang, alangkah baiknya tetap mencukupi kebutuhan nutrisi kulit melalui buah dan sayuran.

3. Membuat Kulit Jadi Putih Merata

Terkadang warna kulit tidak merata putihnya, biasanya disebabkan karena putihnya ini tidak alami, tapi hanya efek dari penggunaan krim dan lotion pemutih. Atau bisa pula karena bagian tubuh tertentu selalu terpapar sinar matahari, sedangkan yang lainnya tertutup pakaian. Untuk mengatasi ini, cobalah buat rajin konsumsi kulit kambing yang direbus menjadi sup.

4. Memudarkan Bekas Luka

Rutin memakan makanan yang kaya kolagen dan protein seperti kulit sapi dapat memberikan efek baik dalam memudarkan luka. Bekas luka yang sudah menahun dan susah hilangnya sungguh akan hilang perlahan-lahan. Ini cocok sekali untuk mereka yang memiliki bakat keloid.

5. Membesarkan Bokong

Tren bokong besar banyak melanda kalangan wanita di negara barat. Meski demikian, wanita di Indonesia juga mulai banyak menginginkannya. Bokong yang besar memang sensual dan seksi bagi sebagian orang. Jika menginginkan ukuran pantat besar ini, rutinlah makan kulit sapi.

Manfaat Kulit Kambing untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan kulit wajah
7. Mengatasi gangguan kulit
8. Mengobati edema kulit
9. Meringankan peradangan jerawat
10. Melembabkan kulit wajah
11. Membantu mengangkat daki
12. Membuat badan berisi
13. Membuat paha lebih besar
14. Menguatkan akar rambut
15. Menghilangkan bulu halus di wajah
16. Mencegah kanker kulit
17. Mengatasi halitosis akibat gastritis
18. Melembabkan bibir
19. Membantu besarkan lengan
20. Meninggikan badan

Dampak Pemanfaatan Kulit Kambing :

Binatang ternak ini tidak termasuk dalam daftar merah IUCN ataupun dalam list hewan yang dilindungi Undang-Undang Satwa. Maka perdagangan kulit kambing pun termasuk legal. Tercakup pula untuk perdagangan kulit lembaran kambing yang sangat bermanfaat di bidang seni itu.

Memanfaatkan kulit kambing pun akan membuka kanal-kanal ekonomi kreatif yang bisa memberdayakan masyarakat . Sudah tak terhitung jumlahnya pengusaha kecil menengah di dunia ini yang menggantungkan ekonominya pada pengolahan kulit ternak ini untuk membuat barang-barang furniture maupun seni lainnya.
Ada banyak dampak atau efek samping dari pemanfaatan kulit kambing. Berbagai dampak di bawah ini seharusnya dipahami dengan baik, agar lebih paham mengenai sisi hitam dan putihnya kulit binatang ini.

1. Hipertensi
2. Stroke
3. Sakit Kepala
4. Terobosan Inovasi Pangan
5. Menambah Nilai Jual Produk

Banyaknya khasiat kulit kambing serta dampak atau efek sampingnya seperti di atas janganlah menyurutkan kehendak buat mengonsumsinya. Sekalipun tidak dimakan, kulit ini bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka kerajinan kulit, seperti tas, dompet, sepatu dan lain sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Kulit Sapi untuk Kerajinan Tangan, Kuliner, Kesehatan dan Kecantikan

Namun untuk para penderita kolesterol tinggi dan hipertensi sebaiknya sama sekali tidak mengonsumsi kambing. Kulit kambing memang punya kadar kolesterol lebih rendah daripada jeroan dan dagingnya, namun tetap saja kambing memang pantangan bagi mereka. Sebab ketika mereka memaksakan diri memakannya, dikhawatirkan tekanan darah akan sampai tinggi sekali hingga bisa kena stroke bahkan kematian karena serangan jantung.

Continue Reading

Lainnya dari Kulit

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top