Connect with us
Kulit Kentang, Manfaat Kulit Kentang, Khasiat Kulit Kentang

Kulit

54 Manfaat dan Khasiat Kulit Kentang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kulit kentang merupakan kulit dari tanaman atau buah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Kentang merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang dapat dijadikan sebagai berbagai jenis makanan yang nikmat. Dalam pengolahannya, kulit kentang yang dikupas seringkali dibuang begitu saja karena dianggap tidak bermanfaat. Padahal sebenarnya, di dalam kulit kentang terdapat kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan.

Kulit Kentang, Manfaat Kulit Kentang, Khasiat Kulit Kentang

Bahkan di negara Eropa, kulit umbi ini kerap dimanfaatkan sebagai hidangan pembuka atau camilan. Dan biasanya mereka juga memanfaatkannya sebagai tambahan dalam hidangan menu daging, saus salsa atau keju panggang. Kulit kentang memiliki kandungan zat yang cukup tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh kita seperti serat, zinc, vitamin C, folat dan lain-lain.

Oleh sebab itu, dengan mengesampingkan kulit buah ini saat pengolahannya berarti kita juga membuang sebagian nutrisi yang terdapat di dalam kentang tersebut. Meskipun nampak tidak bermanfaat dan kerap dianggap sebagai sampah, namun kenyataannya kulit kentang ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Kulit Kentang :

Dalam setiap 58 gr kulit kentang panggang terdapat kandungan gizi sebagai berikut.

  • Serat 5gr
  • Vitamin C 7.8 mg
  • Kalori 115 kkal
  • Asam folat 12.8 mkg
  • Pottasium 332 mg
  • Zat besi 4.1 mg
  • Kalsium 19.7 mg
  • Sodium 12.2 mg

Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan :

1. Sebagai anti kanker

Kulit kentang dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai anti kanker. Penelitian terhadap manfaat kulit umbi ini masih berlanjut hingga saat ini. Dibalik kulit umbi yang dianggap sampah dan cenderung langsung dibuang justru memiliki kandungan senyawa anti kanker yang dibutuhkan tubuh agar terbebas dari resiko kanker darah atau yang lain.

2. Menjadi sumber kalori

Kulit kentang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Kulit umbi ini memang sering dibuang karena mayoritas masyarakat hanya memanfaatkan daging kentangnya saja. Namun tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi kulit kentang untuk mengambil kandungan kalori yang tersimpan didalamnya.

3. Mencegah resiko diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 sering kali menimpa seseorang karena gaya hidup yang kurang sehat. Diabetes ini masih tergolong dalam tahap awal namun akan mengalami masalah yang serius jika tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, bagi anda yang mungkin didiagnosis menderita diabetes tipe 2 ini maka harus segera mengambil tindakan. Selain mengandalkan pengobatan medis, penyakit ini juga bisa ditangani dengan mengkonsumsi kulit kentang sebagai pola hidup sehat anda.

4. Membuat bahagia

Manusia memang hidup dengan segala rasa. Terkadang sedih, bahagia, bimbang, resah, gelisah dan berjuta rasa yang ada. Namun semua orang pasti mengharapkan hanya kebahagiaan yang menghampiri hidup mereka. Sebenarnya bahagia atau tidak itu tergantung pada diri kita sendiri. Namun ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan penting untuk meningkatkan produksi hormon endorfin pada manusia. Hormon endorfin adalah hormon yang memicu timbulnya rasa bahagia bagi manusia. Kulit kentang memiliki kandungan zat yang dapat meningkatkan hormon endorfin pada tubuh sehingga sangat sayang jika kita buang begitu saja.

5. Membantu menurunkan kadar LDL

LDL merupakan kolesterol jahat yang mengakibatkan seseorang mengidap kolesterol. Lemak jahat ini biasanya mengendap pada tubuh dan sangat sulit dikeluarkan. Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak baik (HDL). Salah satu makanan yang mengandung HDL adalah kentang jadi sebaiknya anda merebus kentang beserta kulitnya untuk memaksimalkan penurunan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah radang

7. Memperkuat tubuh

8. Melemaskan otot yang tegang

9. Kaya akan vitamin C

10. Mengandung potassium yang baik untuk tubuh

11.Menangkal radikal bebas

12. Sumber karbohidrat

13. Mengatasi stres

14. Menyembuhkan sariawan

15. Mengandung magnesium

16. Penangkal racun

17. Rendah lemak

18. Sumber vitamin dan mineral

19. Sumber antioksidan

20. Sumber vitamin A tinggi

21. Sumber vitamin B kompleks

22. Melancarkan sistem pencernaan

23. Sumber serat larut dan tidak larut

24. Menurunkan tekanan darah tinggi

25. Mencegah terjadinya sembelit

26. Meningkatkan sistem imun

27. Mengurangi lemak berlebih

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kulit Kentang untuk Kecantikan :

1. Membuat rambut menjadi bersinar

Bagi anda yang menginginkan rambut yang indah dan bersinar, anda bisa memanfaatkan kulit kentang sebagai masker rambut alami. Tentunya masker ini juga dikombinasikan dengan beberapa tanaman herbal lain untuk memaksimalkan hasil yang diinginkan.

2. Mempercepat pertumbuhan rambut

Selain mampu menjadikan rambut nampak bersinar, kulit kentang juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Tidak semua orang memiliki nutrisi rambut yang baik sehinga rambut dapat tumbuh dengan cepat. Terutama bagi mereka yang mengalami masalah kebotakan rambut, maka anda harus mencoba khasiat kulit kentang ini untuk mengatasi masalah anda.

3. Membantu mengencangkan kulit wajah

Kulit wajah semakin mengendur seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini terjadi karena turunnya kadar kolagen dalam tubuh. Untuk mempertahankan kekencangan kulit kita bisa memanfaatkan kulit kentang yang memiliki kandungan nutrisi penting yang bagus untuk menutrisi kulit cantik kita.

4. Menjadikan kulit nampak lebih cerah dan bersih

Masker kulit kentang juga bermanfaat untuk membuat kulit wajah kita semakin cerah bercahaya. Zat anti bakteri yang tersimpan dalam kulit kentang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit kita. Wajah yang sehat alami dan jauh dari bakteri akan membuat kita lebih percaya diri dan terbebas dari masalah kulit yang mengganggu penampilan. Anda bisa membuat masker telur dengan tambahan bahan alami lain untuk menjadikan kulit lebih sehat dengan cara yang cepat dan aman.

5. Mengatasi kulit berjerawat

Bagi anda yang mungkin sedang mengalami masalah jerawat akan merasa sangat gemas untuk segera menyingkirkannya. Jerawat memang sangat sudah dihilangkan terlebih jenis jerawat batu. Butuh waktu lama untuk membiarkannya matang dan pecah dengan sendirinya. Memecah jerawat sangat tidak disarankan karena dapat membuat bakteri menyebar dan timbul peradangan.

Selain memiliki kandungan anti bakteri, di dalam kentang juga terdapat kandungan sulfur yang berperan melawan jerawat. Selain dijadikan sebagai masker, kita juga bisa membuat jus segar untuk menenangkan kulit dan mencegah peradangan jerawat. Dan yang paling penting adalah nutrisi dari kulit umbi dapat membantu mengempeskan jerawat lebih cepat tanpa harus memecahnya.

Manfaat Kulit Kentang untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memperkuat akar rambut

7. Mengurangi uban

8. Mengatasi rambut kering

9. Sebagai sumber vitamin untuk rambut

10. Menjadikan warna kulit merata

11. Sebagai scrub wajah

12. Mencegah terjadinya penuaan dini

13. Memutihkan kulit secara alami

14. Mengatasi kulit berminyak

15. Membantu mengobati masalah kulit terbakar

16. Membantu mengecilkan pori-pori wajah

17. Mengatasi mata lelah

Cara Memanfaatkan Kulit Kentang untuk Kecantikan :

Sebagai treatment rambut

  1. Kupas kentang dan ambil kulitnya.
  2. Kemudian masukkan kulit kentang yang bersih ke dalam panci dan direbus bersama air dan juga tambahan herbal lain seperti orang-aring yang bagus untuk menutrisi rambut.
  3. Tunggu hingga mendidih dan saring air rebusan kulit umbi tersebut.
  4. Anda bisa menggunakan air rebusan tersebut untuk mencuci rambut anda.
  5. Selain itu, anda juga bisa membuat masker dari kentang serta kulitnya dan dioleskan pada rambut.

Sebagai treatment wajah

  1. Ambillah beberapa kentang dan cuci hingga bersih.
  2. Haluskan kentang tersebut dengan cara diblender sampai berbentuk pasta.
  3. Anda bisa menambahkan bahan alami lain seperti madu, minyak zaitun, putih telur atau yang lainnya.
  4. Setelah berbentuk pasta, anda bisa mengaplikasikan masker kentang pada seluruh area wajah dan tunggu hingga mengering.
  5. Bilas dengan air hangat dan lakukan treatment ini secara rutin untuk mendapatkan hasil masksimal.
  6. Sering dianggap sebagai sampah dan langsung dibuang, ternyata kulit kentang mengandung banyak nutrisi yang bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga berperan penting dalam mempercantik penampilan.

Efek Samping Kulit Kentang :

Walaupun buahnya ada sebagian efek samping, namun kulit kentang ini belum ditemukan oleh para peneliti akan dampak buruknya bagi kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kulit Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sering dianggap sebagai sampah, ternyata kandungan nutrisi penting pada kulit kentang sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dan mempercantik penampilan. Bahkan kulit kentang ini juga dimanfaatkan sebagai menu hidangan spesial di negara Eropa.

Continue Reading

Lainnya dari Kulit

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top