Connect with us
Kulit Pisang, Manfaat Kulit Pisang, Khasiat Kulit Pisang

Kulit

30 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kulit pisang biasanya disepelekan ini berasal dari salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selama ini yang banyak digunakan dan dimanfaatkan adalah daging buah pisang. Masyarakat akan langsung membuang kulit buah pisang karena dianggap tidak berguna. Sayangnya anggapan ini kurang tepat. Karena sesungguhnya manfaat kulit pisang banyak tersembunyi yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang.

Kulit Pisang, Manfaat Kulit Pisang, Khasiat Kulit Pisang

Manfaat kulit pisang diteliti setelah melihat limbah dari kulit pisang yang cukup banyak di dunia ini. Setelah diteliti ternyata banyak kandungan gizi dari kulit buah pisang yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Namun kulit buah pisang harus melewati proses olahan terlebih dahulu agar manfaat kulit buah yang berwarna kuning ini dapat dirasakan oleh manusia. Tidak hanya harus di olah, kulit buah pisang juga harus melewati proses pembersihan secara baik siap digunakan oleh manusia.

Kandungan Kulit Pisang :

Kandungan Kulit Pisang, Kandungan Gizi Kulit Pisang, Kandungan Nutrisi Kulit Pisang

Kandungan gizi yang ditemukan pada kulit pisang bermacam-macam. Salah satu contoh kandungannya adalah vitamin B, vitamin C, vitamin B6 karbohidrat, protein, dan lemak. Karbohidrat, protein, dan lemak adalah beberapa hal krusial yang diperlukan dalam tubuh. Selain itu ada senyawa lain yaitu adalah fosfor, kalsium, zat besi, kandungan air yang cukup, dan magnesium. Berbagai senyawa tersebut membentuk kulit buah pisang dan mendatangkan manfaat bagi manusia yang dapat memanfaatkan dan mengolahnya.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan :

1. Menyembuhkan Luka Memar atau Iritasi

Sekecil apapun penyakit yang menyerang manusia pastilah tidak enak dan ingin segera diselesaikan. Salah satunya adalah luka memar dan iritasi. Obat-obatan kimia telah tersedia untuk membantu manusia menyelesaikan masalah ini, namun jika ingin dilakukan pengobatan secara alami bisa digunakan kulit buah pisang. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam kulit pisang. Antioksidan adalah zat yang mampu memperlambat bahkan menghentikan iritasi.

2. Pengobatan Alami Penyakit Psoriasis

Psoriasis adalah sebuah penyakit kulit. Penyakit ini mempunyai ciri-ciri yaitu munculnya sisik dalam kulit berwarna keperakan yang dihiasi oleh warna merah pada sisiknya. Penyakit ini menimbulkan perasaan sakit, perih, dan gatal. Cara untuk mengatasi ini adalah dengan mengoles atau menggosokan pada kulit yang terserang penyakit. Kandungan antioksidannya akan membantu penyembuhan membantu penyembuhan kulit atas penyakit ini menjadi lebih pesat.

3. Menurunkan Tekanan Darah dalam Tubuh

Manfaat kulit pisang sangat cocok untuk orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini karena dalam kulit buah pisang terdapat beberapa zat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh dengan cara yang alami. Zat tersebut adalah zat kalium. Zat kalium ini memiliki fungsi untuk menetralisir atau meminimalisir efek dari zat sodium dan berhasil membuat efek dari zat sodium dalam darah berkurang. Hal tersebut dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi

4. Membantu Meredakan Stress dan Emosi

Akibat kegiatan manusia yang semakin padat membuat banyak orang mengalami stress. Salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress adalah dengan kulit pisang. Kulit buah ini memiliki kandungan zat triptofan. Zat triptofan memiliki fungsi untuk menaikan kadar serotonin. Kadar serotonin adalah zat dalam tubuh yang berfungsi mengatur perasaan dan menyeimbangkan emosinya. Dengan meminum olahan kulit buah ini hangat, akan meningkat kadar serotonim dan menyeimbangkan perasaan.

5. Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah sebuah penyakit dimana penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Insomnia banyak diatasi dengan obat tidur namun hal seperti ini tidaklah bagus untuk tubuh dan otak. Cara alami untuk membantu mengatasi insomnia adalah dengan menggunakan rebusan kulit pisang di campur dengan kayu manis. Campuran ini akan meningkatkan hormone serotin yang akan meningkatkan kebahagiaan seseorang sehingga akan membuat orang lebih nyaman.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati Kutil
7. Mengobati gigitan nyamuk
8. Anti Inflamasi
9. Antioksidan alami tubuh
10. Meredakan nyeri
11. Mengurangi resiko degenerasi macula
12. Merilekskan otot-otot
13. Menyembuhkan sakit kepala
14. Menurunkan kadar gula darah
15. Menurunkan kolesterol

Cara Memanfaatkan Kulit Pisang untuk Kesehatan :

Dalam kesehatan kulit buah pisang biasanya diolah terlebih dahulu agar dapat dikonsumsi. Hal ini karena manfaat kesehatan biasanya datang dari kandungan kulit buah ini yang hanya bisa didapatkan jika dikonsumsi langsung. Merupakan salah satu perawatan dan penyembuhan melalui dalam tubuh. Cara mengolah pisang bisa dengan direbus dan dimasak. Di luar negeri, kulit buah ini langsung disatukan dengan buah-buahan, melalui proses pencampuran dengan blender, dan diminum sebagai jus.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Gigi

Memiliki gigi yang putih dan menawan adalah salah satu bagian dari kriteria kecantikan. Banyak usaha yang dilakukan manusia untuk mendapat gigi putih. Cara alami yang dapat dilakukan adalah dengan kulit buah pisang. Kulit buah ini mengandung zat magnesium, mangan dan potassium. Cara melakukannya adalah dengan menggosok-gosokan kulit buah pisang ini secara melingkar pada gigi yang ingin diputihkan.

2. Mengobati dan Menghilangkan Jerawat

Jerawat dianggap mengurangi kecantikan atau keindahan wajah. Masalah ini dapat diselesaikan secara alami melewati penggunaan kulit pisang. Hal ini karena kulit buah tersebut memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin B6, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalium yang dilansir dapat mengurangi dan menghilangkan jerawat pada wajah, Caranya adalah dengan mengoleskannya pada bagian yang terdapat jerawat.

3. Melindungi Kulit Wajah dari Sinar Matahari

Mata harus dijaga dari paparan sinar matahari agar tidak rusak. Salah satu cara membuat perlindungan (uv protection) alami adalah dengan kulit pisang. Manfaat kulit pisang dapat dirasakan dengan menggosokan kulit buah  ini pada daerah kelopak mata. Kulit buah pisang yang digosokan harus dijemur terlebih dahulu beberapa saat.

4. Menghambat kerutan pada wajah

Dengan bertambahnya usia, kerutan akan muncul pada wajah dan seluruh tubuh kita. Kerutan ini dinilai akan mengurangi kecantikan wajah. Banyak orang berusaha untuk mengurangi kerutan pada wajah. Salah satu cara alami yang dapat dilakukan adalah dengan kulit buah ini. Yaitu mengerok bagian dalam kulit pisang dicampur dengan satu sendok teh madu murni.

5. Mengangkat sel kulit mati

Diwajah kita banyak sel-sel kulit mati yang belum terangkat. Terdapat cara alami dan efektif untuk mengangkat sel tersebut yaitu dengan memanfaatkan kulit pisang dengan menumbuknya hingga halus. Hasil tumbukan dapat digunakan untuk membersihkan wajah.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah iritasi pada jerawat
7. Meminimalisir kelebihan minyak pada wajah,
8. Menghilangkan bekas jerawat.
9. Mencegah timbul katarak pada mata
10. Mencerahkan kulit wajah
11. Menghaluskan kulit wajah
12. Mengatasi kulit kusam
13. Mencegah penuaan dini
14. Mengatasi masalah kulit kering
15. Mengatasi noda hitam pada wajah

Cara Memanfaatkan Kulit Pisang untuk Kecantikan :

Pada manfaat kecantikan, kulit pisang banyak digunakan sebagai perawatan luar tubuh. Namun kulit pisang tetap diolah terlebih dahulu. Biasanya kulit pisang dijadikan dalam bentuk pasta. Kulit pisang dihancurkan atau dijadikan masker.

Efek Samping Kulit Pisang :

Efek Samping Kulit Pisang

Manfaat kulit pisang yang cukup banyak membuat banyak orang tergiur untuk menggunakan hal tersebut sebagai salah satu obat alami atau perawatan alami. Namun dalam mengkonsumsi kulit pisang kita harus berhati-hati. Ada efek samping yang ditimbulkan dari pengkonsumsian kulit pisang jika dilakukan secara sembarangan dan tidak teliti yaitu adalah keracunan. Hal ini terjadi karena dalam kulit buah pisang masih tersisa pestisida yang pastinya akan membahayakan kesehatan bagi siapapun yang memakannya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Begitu banyak manfaat dari kulit pisang dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Tetapi, karena banyak khasiatnya bukan berarti kita melupakan dapak buruk atau efek samping jika menggunakan kulit buah pisang dalam hal kesehatan maupun kecantikan.  Paling penting ketika menggunakan, usahakan cuci dulu untuk menghindari pestisida yang menempel.

Continue Reading

Lainnya dari Kulit

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top