Connect with us
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering

Kulit

150 Manfaat Kulit Sapi untuk Kerajinan Tangan, Kuliner, Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kulit Sapi – Kulit sapi merupakan jenis kulit hewan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan tangan, seperti tas, sepatu, sandal, alat musik dan aneka cinderamata. Selain itu, untuk kuliner juga kegunaan kulit sapi masih sangat potensial, seperti untuk soto, kerupuk rambak, bakso dan isian dimsum. Sedangkan khasiat kulit binatang sapi untuk kesehatan dapat menjadi sumber lemak hewani.

Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering

Di bidang teknologi pengolahan pangan, kulit sapi masih terbuka untuk inovasi lebih lanjut, misalnya untuk membuat tepung pelet ikan. Atau di bidang tekstil untuk menghasilkan serat benang yang alami namun kuat. Intinya, kegunaan kulit binatang ini sungguh amat banyak. Maka tak selayaknya dibuang, tapi harus diolah sebagaimana bagian tubuh sapi lainnya.

Memang sapi adalah salah satu hewan ternak yang menjadi komoditi pangan sehari-hari. Berbagai bahan makanan dibuat dari kulit sapi, sebab rasanya memang sangat enak kalau dijadikan sup kaldu. Rasa kaldu sapi yang gurih dapat meningkatkan cita-rasa masakan. Maka tak heran, meskipun harga makanan olahan sapi mahal, orang tetap rela membelinya demi bisa menyantapnya.

Kulit sapi pun dikenal dalam pembuatan kerajinan tangan, seperti ransel, tas wanita, sepatu, sandal dan bahkan pakaian. Tekstur kulit binatang ini yang kenyal, halus dan kuat juga menjadikannya bahan yang bagus buat membuat alat musik seperti kendang. Sungguh, kulit sapi ini memang multiguna.

Bagian kulit binatang manapun memang mengandung lemak yang lebih. Maka tak heran bila bau kulit lebih menyengat daripada daging. Namun lemak hewani ini sebenarnya sangat bagus jika diberikan kepada binatang, supaya mereka jadi lebih gemuk-gemuk. Makanya kulit ini pun mulai diolah sebagai bahan baku membuat pakan binatang peliharaan, seperti pelet.

Akhir-akhir ini menjamur produk skincare yang menyatakan mengandung collagen. Tahukah apa itu collagen? Ternyata ini adalah sejenis zat lemak yang diambil dari kulit sapi. Kolagen yang terkenal mahal itu merupakan terobosan sangat signifikan di bidang kosmetik karena zat ini terbukti ampuh buat mengencangkan, meremajakan dan memutihkan kulit.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kulit Sapi

Memakan kulit sapi memang menjadi salah satu jalan mendapatkan suplai makanan bergizi. Semata-mata untuk menunjang pertumbuhan. Kulit binatang tertentu, apalagi sapi tergolong legal diperjual-belikan. Maka jangan ragu buat membeli dan mengolahnya.

Sebenarnya zat, vitamin dan mineral apa sajakah yang terkandung di dalam kulit sapi ini? Sehingga menjadikannya begitu ekonomis di berbagai bidang kehidupan manusia. Rupanya kulit binatang yang multiguna ini mengandung komposisi gizi dan nutrisi sebagai berikut:

• Protein: 83%
• Lemak: 4%
• Mineral: 0,05%
• Natrium Glutamat: 0,9 gram

Harga Kulit Sapi

Untuk mencari tempat jual kulit sapi tentunya ada 4 lokasi yang bisa dituju, yakni: pasar, pasar hewan, peternakan atau toko bahan baku kesenian. Tinggal disesuaikan saja, mau cari kulit yang seperti apa. Ada dua jenis kulitnya yang bisa dimanfaatkan manusia, yakni kulit segar yang masih basah dari sapi potong. Ataupun kulit kering yang sudah diproses menjadi semacam kain siap olah.

• Harga Kulit Sapi Segar / Basah: Rp15.000 – Rp30.000/kg
• Harga Kulit Sapi Lembaran / Kering : Rp200.000 – Rp600.000/lembar

Pastikan membeli kulit sapi di tempat yang terpercaya. Apalagi untuk pembelian kulit lembaran, ini sangat rentan akan adanya kulit palsu. Jadi pastikan untuk benar-benar mengetahui keasliannya. Jangan sampai menyesal karena telah tertipu. Semakin mahal harganya, biasanya kualitasnya semakin terjamin.

Manfaat Kulit Sapi untuk Kerajinan Tangan :

1. Untuk Membuat Tas Kulit

Khasiat kulit sapi bagus sekali untuk usaha membuat kerajinan tangan tas kulit. Meskipun harga dan kualitasnya tidak sebagus tas kulit ular, buaya, harimau atau binatang predator lainnya. Namun tas yang terbuat dari kulit binatang sapi ini pun peminatnya banyak karena awet dan desainnya bagus-bagus. Mau cari yang tas branded maupun pabrikan lokal, semuanya ada.

2. Bahan Baku Sepatu Kulit

Manfaat kulit sapi bagus pula untuk bahan baku membuat sepatu kulit. Kini keberadaan sepatu kulit asli memang sudah sangat langka. Sekalipun ada itu biasanya dikeluarkan oleh pabrikan branded terkenal dunia. Harga sepatu kulit yang mahal juga jadi alasan mengapa jenis sepatu ini tidak dijual bebas di pasaran seperti pada umumnya sepatu karet atau sintetis lainnya.

3. Alternatif Bahan Baku Sandal

Selain untuk membuat sepatu, ternyata kulit sapi bisa pula untuk membuat sandal. Tentunya bahan baku kulit binatang asli ini harus diolah dulu supaya kering dan jadi lembaran-lembaran yang siap digunting, dijahit dan didesain sedemikian rupa. Jangan remehkan sandal kulit, sebab harganya mahal sebagaimana sepatu kulit.

4. Menghias Pakaian Adat

Terkadang untuk membuat pakaian adat itu membutuhkan bahan-bahan alami, seperti kulit binatang. Manfaat kulit sapi bisa dipakai untuk menghias pakaian adat. Tentunya sebaiknya kulit yang dipakai telah memiliki tingkat ketipisan dan kelenturan yang pas, sehingga nyaman dipakai.

5. Membuat Alat Musik

Rupanya kulit sapi lembaran juga banyak dipakai untuk membuat alat musik, seperti kendang dan rebana. Berbagai alat musik tabuh tradisional banyak yang memakai kulit binatang ini. Makanya tak heran bilamana lembaran kulit binatang sapi memang dihargai mahal. Apalagi alat musiknya, tentu juga mahal. Namun ini menjadi salah satu kerajinan tangan di bidang musik yang patut diacungi jempol, sebab meskipun dari kulit, ternyata bisa mengeluarkan irama nada pula.

Manfaat Kulit Sapi untuk Kerajinan Tangan Lainnya :

6. Membuat hiasan dinding
7. Dapat menjadi kain berserat alami yang kuat
8. Membuat benang
9. Menghias ornamen
10. Mendesain rumah
11. Menjadi bahan baku kanvas
12. Membuat lukisan
13. Membuat dompet kulit
14. Meningkatkan harga jual produk
15. Berpotensi luas untuk mengembangkan bisnis
16. Disenangi kalangan papan atas
17. Menjadi terobosan bisnis usaha kecil menengah
18. Baik untuk branding merchandise
19. Membuat cinderamata khas daerah
20. Bisa dibuat karpet bernuansa etnik

Manfaat Kulit Sapi untuk Kuliner :

1. Bahan Campuran Daging Gilingan Bakso

Ada banyak cara membuat bakso, kebanyakan adalah murni daging sapi yang digiling. Namun untuk menekan biaya produksi bisa pula dicampur dengan tulang-tulang muda dan kulit sapi. Tenang saja, langkah ini tidak akan mengubah rasa baksonya.

2. Menambah Rasa Gurih Kaldu Sapi

Kaldu sapi biasanya dibuat dengan tulang iga atau tulang-belulang sapi yang dimasak dengan air mendidih dan ditambahi bumbu-bumbu tertentu. Sungguh kaldu sapi ini adalah sumber dari citarasa masakan. Untuk membuat aroma lebih harum, bisa coba menambahkan kulit sapi.

3. Membuat Sup

Manfaat kulit sapi memang sangat baik sebagai bahan campuran masakan berkuah alias sup. Jika membuat sup biasanya orang akan mencampurkan tetelan atau potongan daging-daging kecil sapi. Nah, dengan menambahkan kulitnya sebenarnya justru akan membuat rasa jauh lebih lezat.

4. Bahan Baku Kerupuk Kulit Rambak

Kerupuk kulit sapi menjadi salah satu makanan ringan yang paling diminati di dunia ini. Bersaing dengan kerupuk ikan, inovasi kerupuk berbahan kulit sapi juga santer. Salah satu jenis kerupuk yang sudah sangat terkenal di Indonesia adalah kerupuk rambak yang bahan bakunya dari kulit binatang sapi ini.

5. Membuat Tepung Sapi

Ikan beserta duri dan tulangnya saja bisa diolah menjadi tepung ikan yang serbaguna. Apalagi kulit sapi, tentunya amat bisa diolah jadi tepung. Di mana tepung ini bisa dimanfaatkan manusia untuk membuat pelet untuk pakan ikan hias peliharaan. Namun tepung sapi juga bagus untuk membuat kudapan yang dimakan manusia, misalnya untuk campuran gorengan atau kulit dimsum.

Manfaat Kulit Sapi untuk Kuliner Lainnya :

6. Penyedap rasa alami
7. Memberikan tekstur kental
8. Pengemulsi alami
9. Menambah kelezatan makanan
10. Menghemat biaya masak
11. Menjadi isian soto
12. Dapat diolah jadi abon
13. Bahan baku keripik kulit
14. Menggantikan gajih
15. Membuat sup lebih berminyak
16. Menjadi bahan baku inovasi kuliner
17. Menghemat biaya produksi
18. Menggantikan fungsi ayam
19. Membuat isian lemper
20. Membuat kulit dimsum

Manfaat Kulit Sapi untuk Kesehatan :

1. Menyuplai Lemak Hewani ke Tubuh

Manfaat kulit sapi bisa menyuplai lemak hewani ke tubuh. Meskipun lemak memang buruk bagi manusia, namun kekurangan lemak juga berbahaya karena akan membuat tubuh kurang berisi. Dengan makan kulit binatang ini, niscaya tubuh bisa lebih ideal dan berisi.

2. Sumber Protein yang Tinggi

Banyak anggapan tentang bahaya makan kulit binatang karena merupakan sumber lemak yang tinggi. Namun perlu diingat bahwa kulit sapi ini juga menjadi sumber protein yang tinggi. Sehingga jika dimakan akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh, sebab protein hewani menjadi salah satu unsur pembangun sel tubuh, terutama daging dan otot.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Kulit sapi memiliki rasa yang gurih sekali bila digoreng dengan dibumbui rempah-rempah bumbu kuning. Rasanya bahkan jauh lebih gurih daripada kulit ayam. Ini akan membuat nafsu makan meningkat, apalagi kalau dimakan bersamaan dengan nasi hangat yang pulen.

4. Mencegah Kerusakan Lambung

Kerusakan lambung dapat terjadi pada siapa saja. Umumnya disebabkan karena pola makan buruk dan stress berlebih. Padahal penyakit lambung yang dibiarkan saja akan menjadi kronis dan bisa mengancam nyawa penderitanya. Sudah banyak kasus kematian akibat lambung yang rusak. Untuk itu, atasi segera gangguan dan kerusakan lambung dengan rutin konsumsi kulit sapi, sebelum semuanya jadi terlambat dan fatal.

5. Mengatasi Hipotensi

Hipotensi adalah gangguan tekanan darah rendah yang disebabkan karena kekurangan suplai oksigen, makanan ataupun faktor stress. Namun hipotensi atau tekanan darah rendah bisa pula disebabkan karena pendarahan dan keberadaan penyakit lainnya seperti anemia, leukimia maupun hemofilia. Untuk mengatasinya, cobalah makan kulit sapi yang berkhasiat ini.

Manfaat Kulit Sapi untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menguatkan tulang
7. Membentuk jaringan pelindung tulang
8. Membuat berat badan ideal
9. Meningkatkan kecerdasan otak
10. Menenangkan sistem syaraf
11. Melancarkan pencernaan
12. Melancarkan BAB
13. Menambah massa otot
14. Menguatkan otot perut
15. Menyembuhkan anemia
16. Mengatasi gizi buruk
17. Mengobati stress
18. Menyembuhkan depresi
19. Meningkatkan stamina
20. Meningkatkan imunitas

Manfaat Kulit Sapi untuk Kecantikan :

1. Sumber Kolagen Alami

Collagen atau kolagen adalah zat yang berfungsi untuk memberikan efek lembut, kenyal dan putih. Di mana kolagen ini aman disuntikkan atau dimasukkan ke dalam tubuh manusia sebagai skincare alami. Ternyata kolagen asal mulanya berasal dari kulit sapi yang sudah diolah sedemikian rupa di pabrik farmasi.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan gejalanya menuanya sel-sel tubuh, sebelum waktunya. Padahal umur masih belia, namun tampak sangat tua. Ini disebabkan karena faktor stress maupun paparan bahan kimia mengandung zat berbahaya dalam waktu yang lama, seperti HQ, Merkuri dan Steroid. Untuk mengatasi penuaan dini, cobalah manfaat kulit sapi yang ampuh ini.

3. Mengatasi Kulit yang Kendur dan Berkerut

Kulit yang kendur dan berkerut biasanya terjadi pada area wajah. Memang wajah punya kulit yang lebih tipis daripada bagian tubuh yang lainnya, sehingga mudah berkerut. Kalau sudah nampak tanda-tanda kekenduran dan kerutan ini, cobalah diterapi dengan makan kulit sapi yang direbus dalam sup. Bisa pula dengan membeli krim kolagen di toko kosmetik.

4. Memutihkan Kulit

Tentu saja kandungan kolagen di dalam kulit sapi sangat ampuh untuk memutihkan kulit. Membuat kulit jadi lebih cerah berkali-kali lipat daripada sebelumnya. Cocok sekali untuk mereka yang sedang mendambakan kulit putih. Kulit yang putih juga menjadi tanda bahwa seseorang memiliki kualitas hidup dan psikis yang baik. Sebab kekusaman pada wajah juga kerap disebabkan karena faktor psikis.

5. Membuat Wajah Jadi Kenyal

Masih disebabkan karena kandungan collagennya. Kulit sapi dapat memberikan respon kekenyalan pada kulit. Kulit yang kenyal adalah tanpa kulit sehat, sebab tingkat kelembabannya baik, serta elastisitasnya juga baik. Kenyalnya wajah akan memberikan kesan awet muda dan wajah berseri-seri bagaikan wajah bayi.

Manfaat Kulit Sapi untuk Kecantikan Lainnya :

6. Meremajakan kulit
7. Mengangkat sel kulit mati
8. Mengatasi jerawat
9. Mencegah jerawat
10. Membuat wajah merona
11. Menghaluskan kulit wajah
12. Melembutkan wajah
13. Mencegah pertumbuhan bulu di wajah
14. Melembabkan kulit
15. Mencegah kanker kulit
16. Meningkatkan kesuburan wanita dan pria
17. Membuat badan macho
18. Membesarkan otot
19. Mengencangkan paha
20. Membesarkan pantat

Dampak Pemanfaatan Kulit Sapi :

Di bawah ini adalah berbagai dampak dari pemanfaatan kulit sapi. Meskipun memiliki banyak manfaat seperti di atas, namun sebetulnya ada reaksi atau efek samping tertentu yang tidak semuanya baik. Memanfaatkan sapi memang tidak bisa disebut eksploitasi, namun jika permintaannya di pasaran adalah untuk menuruti tren gengsi, maka ini akan bisa menjadi katrol pengontrol harga dan keran impor.

Memang sapi adalah binatang ternak yang legal dipotong. Budidaya dan ternak sapi terjadi di seluruh wilayah di dunia ini. Petani sapi lokal seringkali kalah saing dengan petani sapi Australia, ini kadangkala memang sangat merenyuhkan hati.

Bagaimana pemerintah tidak bisa meredam keran impor. Seolah-olah jumlah sapi lokal di Indonesia masih kurang. Seolah-olah kualitas sapinya buruk, padahal ini hanya bagian dari mekanisme perdagangan bebas saja yang tidak kenal prinsip proteksi ekspor-impor. Berikut adalah dampak dari pemanfaatan kulit sapi maupun bagian dari tubuh sapi yang lainnya:

1. Naiknya Kadar Kolesterol
2. Meningkatkan Permintaan Sapi Potong di Pasaran
3. Impor Sapi Meningkat
4. Stabilkan Harga di Pasaran
5. Membuka Kanal Bisnis UKM
6. Munculnya Produk Fashion Branded Mahal
7. Inovasi Teknologi Pangan

Jangan ragu buat makan kulit sapi lagi. Rasanya memang tidak seenak daging, namun tingkat kegurihannya tentu jauh lebih tinggi daripada daging. Sebab bagian tubuh binatang yang mengandung lemak paling tinggi, biasanya memang akan memberikan citarasa gurih, seperti MSG alami saja. Mengapa demikian? Seperti yang sudah dijelaskan dalam kandungan gizi bahwa kulit ini mengandung natrium glutamat alami yang aman dikonsumsi manusia.

Baca Juga: Manfaat Kulit Kambing untuk Kerajinan Tangan, Kuliner, Kesehatan dan Kecantikan

Ada tips yang perlu diingat pula saat hendak membeli kulit yang lembaran, pastikan merupakan kulit asli. Cara membedakannya sangat mudah, bisa dilihat dari harganya saja. Biasanya semakin mahal harganya, maka itu artinya asli. Namun demikian, berdiskusi dengan pakar sapi juga jauh lebih baik, apalagi kalau hendak membeli dalam partai besar untuk keperluan industri.

Continue Reading

Lainnya dari Kulit

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top