Connect with us
Kulit Semangka, Kulit Buah Semangka, Manfaat Kulit Semangka, Khasiat Kulit Semangka

Kulit

25 Manfaat dan Khasiat Kulit Semangka untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kulit semangka merupakan bagian kulit dari buah semangka yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Kebanyakan dari kita sering menganggap remeh kulit buah semangka dan langsung membuangnya ke tempat sampah, setelah menikmati daging buahnya. Padahal sebenarnya kulit semangka memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kulit Semangka, Kulit Buah Semangka, Manfaat Kulit Semangka, Khasiat Kulit Semangka

Entah dikonsumsi sebagai tambahan bahan makanan ataupun digunakan untuk pengobatan topikal, kulit buah semangka sama-sama memiliki manfaat yang luar biasa. Mungkin kedengarannya aneh, namun saat ini sudah banyak yang mencoba kulit semangka sebagai bahan masakan karena memiliki rasa yang ringan.

Dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa kulit buah ini memiliki kandungan citrulline yang memproduksi asam amino arginine yang menjadikan protein dalam tubuh mampu merelaksasi pembuluh darah. Ekstra dari kulit buah semangka ini dinyatakan berpotensi sebagai obat angina dan jantung. Selain berbagai manfaat tersebut, kulit semangka juga memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan dengan kandungan nutrisi penting di dalamnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kulit Semangka :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kulit Semangka

Loading...

Dalam setiap 2.5 x 2.5 kulit semangka mengandung 1.8 kalori, 1% vitamin B6 dan 2% vitamin C yang diperlukan tubuh. Selain itu, kulit semangka juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti Kalium, Likopen, Vitamin A, Vitamin E, Asam amino, Magnesium, Potassium dan Serat.

Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan :

1. Membantu mengatasi disfungsi ereksi

Peneliti yang berasal dari Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center menyatakan bahwa kandungan citrulline yang terdapat pada kulit buah semangka memiliki manfaat untuk membantu penyembuhan disfungsi ereksi serta membuat pembuluh darah menjadi rileks. Bahkan kandungan nutrisi penting ini juga mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga disebut sebagai salah satu obat herbal yang dapat membuat libido meningkat.

2. Membantu mencegah penyakit jantung

Kulit buah semangka memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga disarankan untuk dikonsumsi para penderita jantung. Kalium dalam kulit semangka bermanfaat untuk melancarakan peredaran darah sehingga kinerja organ jantung menjadi lebih ringan. Bukan hanya itu saja, di dalam kulit buah semangka ini juga terdapat citrulline yang dapat diubah sebagai arginin. Senyawa asam amino arginin ini sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah.

3. Membantu menurunkan tekanan darah

Sama halnya dengan daging buahnya, kulit semangka memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mampu menurunkan tekanan darah dengan waktu singkat. Hal ini juga dibantu oleh kandungan kalium yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan senyawa curculin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Membantu mengeluarkan racun yang terdapat di dalam ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting yang ada didalam tubuh kita. Tanpa organ ini, tubuh kita akan kesulitan mengeluarkan racun karena darah tidak tersaring dengan baik. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengkonsumsi kulit buah semangka. Hal ini karena kulit buah yang memiliki garis lurik ini mengandung senyawa arginin dan sutrulin yang bagus untuk melancarkan proses pembentukan urine sehingga kotoran dan racun yang mungkin mengendap dalam ginjal dapat dikeluarkan.

5. Menangkal radikal bebas

Dalam sebuah jurnal ilmu pangan dan pertanian, senyawa citrulline yang ditemukan dalam kulit buah semangka memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas. Zat citrulline tersebut akhirnya diubah menjadi asam amino dan dimanfaatkan oleh hati sebagai perlindungan sistem imun. Dengan demikian, tubuh kita akan selalu sehat dan terlindungi dari berbagai serangan penyakit.

Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular

7. Membantu mengobati kencing manis atau diabetes

8. Membantu melancarkan pencernaan

9. Meningkatkan libido

10. Membantu mengobati infeksi pada saluran kemih

11. Sebagai obat cacing alami

12. Membantu mencegah anemia

13. Sebagai penyedap rasa

14. Sebagai pemanis alami

15. Sebagai bahan masakan acar

16. Mencegah resiko stroke

Cara Memanfaatkan Kulit Semangka untuk Kesehatan :

Kulit semangka yang berwarna putih kehijauan dapat dijadikan sebagai jus segar, sedangkan kulit buah yang berwarna hijau tidak diperlukan. Jus kulit buah semangka ini bisa diminum secara teratur.

  1. Kulit buah semangka dikeringkan lalu ditumbuk hingga halus. Setelah itu ambil sekitar 20 gr bubuk kulit buah semangka dan dimasak dengan air secukupnya. Minum ramuan kulit buah semangka ini secara rutin.
  2. Kulit buah semangka bisa diolah sebagai bahan masakan untuk membuat acar atau manisan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kulit Semangka untuk Kecantikan :

Manfaat kulit buah semangka yang sangat penting adalah untuk memaksimalkan kecantikan serta masalah estetika. Berbagai manfaat tersebut diantaranya:

1. Sebagai obat jerawat alami

Jerawat membandel yang sangat menganggu penampilan kita dapat diatasi dengan memanfaatkan kulit buah semangka. Cara memanfaatkan kulit buah ini pun cukup mudah sehingga anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal tanpa harus bersusah payah pergi ke klinik kecantikan. Namun yang perlu diingat adalah kita harus tlaten dan sabar karena cara alami yang ditempuh dengan memanfaatkan kulit buah ini tidak bisa memberikan hasil secara instan.

2. Mencegah terjadinya penuaan dini

Selain ampuh untuk membasmi jerawat, kulit buah semangka juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang memicu penuaan kulit lebih cepat. Kandungan likopen pada kulit buah ini dapat mencegah percepatan penuaan dini pada kulit sehingga kulit kita akan nampak sehat dan segar.

3. Membantu menyamarkan flek hitam

Flek hitam juga menjadi salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan kita. Bukan hanya akan menghilangkan rasa percaya diri yang kita miliki, namun flek hitam juga dapat memicu masalah tersendiri saat terkena sengatan sinar matahari secara langsung. Untuk mengatasi hal ini anda bisa memanfaatkan khasiat dari kulit semangka sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam dengan cepat.

4. Membantu meringkas pori-pori wajah

Kulit buah semangka juga dipercaya mampu membuat kulit menjadi halus dan bebas dari pori-pori. Dengan memanfaatkan kulit buah semangka maka pori-pori lama kelamaan akan mengecil dan tersamarkan. Kandungan vitamin E yang terdapat pada kulit buah semangka juga dapat membuat kulit kita semakin sehat dan lembab.

5. Mengatasi kerontokan rambut

Manfaat kulit semangka dipercaya dapat mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Ada dapat mengunakannya dengan cara menggosok bagian kulit pada buah semangka pada rambut anda secara teratur. Gunakanlah obat herbal ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Memanfaatkan Kulit Semangka untuk Kecantikan :

Cara 1

  1. Langkah pertama adalah memisahkan kulit semangka dari dagingnya sehingga hanya tinggal kulit yang berwarna hijau saja.
  2. Setelah itu, aplikasikan kulit semangka pada bagian kulit yang ingin di treatment secara merata untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lembab.

Cara 2

  1. Ambil kulit semangka yang berwarna putih lalu dihaluskan dengan cara diparut atau bisa juga dengan diblender.
  2. Kemudian aplikasikan masker kulit buah semangka tersebut pada area kulit yang bermasalah secara merata sambil dipijit-pijit.
  3. Diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga masker mulai mengering.
  4. Bilas masker dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk.
  5. Lakukan treatment ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Efek Samping Kulit Semangka :

Efek Samping Kulit Semangka

1. Tidak baik bagi ibu hamil

2. Alergi

Baca Juga: Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bukan hanya memiliki khasiat yang melimpah, kulit semangka juga memiliki rasa yang nikmat saat dikonsumsi. Meskipun tidak senikmat daging buahnya, namun buah ini juga memiliki rasa yang segar dan manfaat yang menggelegar sehingga sangat sayang untuk dibuang.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Kulit

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top