Connect with us
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak

Makanan

30 Manfaat dan Khasiat Angkak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Angkak – Angkak merupakan produk fermentasi substrat beras yang menjadikan warna merah dengan aktivitas kapang Monascus purpureus. Sebenarnya angkak adalah jenis beras tertentu yang diolah dengan ragi khusus dalam jangka waktu beberapa hari sehingga dapat mengubah warna beras putih tersebut menjadi merah. Angkak memang sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan tradisional seperti pewarna makanan, bumbu dapur dan juga obat untuk mengobati demam.

Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak

Angkak juga disebut dengan red yeast rice atau hong qu mi yang awalnya berasal dari beras putih dari negeri Cina kemudian melalui proses fermentasi hingga berubah warna menjadi merah gelap. Karena memiliki warna merah, beras ini juga sering dikenal sebagai beras merah. Beberapa lain dari angkak adalah Fung khiuk, CholestinTM, beni-koju, Hong qu, Monascus, Hung-chu, Red koji, Red Rice, Red Leaven, Red Rice Yeast, Zhi Tai (bubuk), Xue Zhi Kang (diextract dalam alcohol).

Hong qu mi atau angkak menjadi salah satu obat herbal yang diyakini ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit sejak Dinasti Tang di negeri Cina. Hong qu mi memiliki dua komponen bioaktif, yakni lovastin dan mevinolin. Dua zat tersebut mampu menghambat kerja enzim HMG-CoA redukatse atau 3-hidroksi-3-metilglutaril Co-A reduktase untuk menurunkan kolesterol.Selain itu, angkak juga mengandung senyawa Astilkolin dan Gamma-Aminobutyric atau GABA yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Angkak :

  • Ovastatin 0,2 %
  • ß-amilase
  • Α-amilase
  • Glukoamilase
  • Protease
  • Lipase
  • Monacolin
  • Glukosidase
  • Gamma-aminobutyric acid (gaba)
  • Ribonuklease
  • Acetylcholine chloride

Manfaat Angkak untuk Kesehatan :

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi fisik yang sangat mengganggu penderita. Selain itu, penyakit ini juga memicu berbagai penyakit lain seperti diabetes, jantung, sakit kepala dan stroke. Air rendaman Hong qu mi diyakini berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi jika kita mau mengkonsumsinya secara rutin.

2. Menjaga kesehatan limpa

Manfaat angkak berikutnya adalah untuk menyehatkan limpa. Biji Hong qu mi memiliki banyak kandungan alami yang bagus untuk menyehatkan limpa sehingga tubuh kita selalu dalam keadaan sehat.

3. Sebagai anti stroke

Selain ampuh mengatasi masalah hipertensi, angkak juga berkhasiat untuk mencegah resiko stroke. Hong qu mi mampu mencegah resiko serangan stroke yang biasanya membuat anda tidak nyaman terutama nyeri pada bagian tulang dan persendian.

4. Sebagai obat demam berdarah

Hong qu mi mengandung zat alami yang berkhasiat untuk meningkaktan jumlah trombosit yang banyak digunakan bagi mereka yang menderita DBD. Namun dalam pemanfaatannya juga harus diperhatikan karena jika tidak sesuai dosis akan menimbulkan efek samping terlebih bagi kondisi tubuh yang lemah seperti terkena demam berdarah.

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat angkak yang paling banyak disukai masyarakat adalah khasiatnya untuk menyehatkan organ jantung. Hong qu mi memiliki kandungan nutrisi dan gizi lengkap untuk membuat jantung kita sehat serta kebal dari berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung mendadak.

Manfaat Angkak untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu mengatasi gangguan pada sistem cerna

7. Menenangkan mood

8. Mencegah resiko diabetes

9. Mengatasi sakit kepala atau pusing

10. Melancarkan buang air kecil

11. Sebagai obat disentri

12. Membantu menurunkan kadar kolesterol

13. Menyembuhkan mulas perut

14. Mengatasi kesulitan buang air besar

15. Menjaga daya tahan tubuh

16. Melancarkan sirkulasi darah

17. Menyehatkan lambung

18. Mengatasi aterosklerosis

19. Menyehatkan otot

20. Sebagai obat antraks

21. Menurunkan kadar kolesterol LDL, trigliserida dan kolesterol total

22. Sebagai obat diare

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Beras Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Cara Memanfaatkan Angkak untuk Kesehatan :

Hong qu mi biasanya dijadikan konsumsi harian masyarakat Tionghoa untuk penyedap makanan dan juga bahan pengawet. Mereka biasanya mencampurkan Hong qu mi ini ke dalam setiap masakan karena dianggapdapat membuat perut terasa nyaman setelah makan. Selain itu, Hong qu mi juga dapat menjadikan warna makan semakin menarik. Hal ini berbeda dengan masyarakat Taiwan yang lebih cenderung mengkonsumsi angkak sebagai minuman dalam anggur beras. Sebenarnya Hong qu mi tidak memiliki rasa, namun jika digunakan dalam makanan dengan takaran yang banyak dapat membuat makanan terasa sedikit pahit.

Cara yang paling sederhana untuk memanfaatkan Hong qu mi adalah dengan merebus atau menyeduh angkak sebanyak 40 – 100 gr bersama 2 gelas air panas. Diamkan hingga warna sedikit berubah lalu tunggu hingga dingin dan ramuan angkak siap untuk diminum.

Sekarang ini, Hong qu mi juga banyak disediakan sebagai ekstrak angak di berbagai apotek dalam bentu kapsul suplemen.

Dosis Konsumsi Angkak :

Angkak memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga mengobati berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu biji merah ini baik dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun konsumsi angkak yang baik adalah sesuai dengan dosisnya yang tidak boleh lebih dari 55 mg per hari. Dosis ini merupakan batas paling aman bagi pria maupun wanita yang memanfaatkan angkak dengan cara diolah bersama menu masakan biasa. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari Hong qu mi ini maka anda bisa menambahkan bahan makanan sehat lainnya yang mengandung nutrisi gizi penting bagi tubuh seperti ikan atau sayuran.

Efek Samping Angkak :

1. Menimbulkan gangguan pencernaan

Cara memasak angkak yang salah akan menyebabkan efek samping bagi si pengkonsumsi. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan sistem cerna yakni menyebabkan luka pada dinding usu sehingga proses penyerapan nutrisi dan gizi dalam tubuh akan terhambat.

2. Mengalami masalah ginjal

Hong qu mi yang dihinggapi dengan zat citrini yang terdiri dari hasil radikal bebas berupa nephrotoxic mycotoxin maka akan berpengaruh pada kesehatan ginjal. Jika angkak ini dikonsumsi maka akan menyebabkan ginjal mengalami iritasi dan memicu terjadinya penyakit ginjal.

3. Terjadi masalah pada perut

Mengkonsumsi Hong qu mi dalam jumlah lebih dari 1.200 mg per hari dapat mengakibatkan tekanan pada saraf dan otot di seputar jaringan perut. Jika hal ini dibiarkan terus berlarut-larut, maka perut lama-kelamaan akan terasa penuh, sebah, kembung dan nyeri.

4. Sakit kepala

Mengkonsumsi Hong qu mi  dalam jangka panjang dapat membuat aliran darah menuju kepala mengalami gangguan dan menjadi tidak lancar. Hal ini tentunya berpengaruh pada kondisi kesehatan kepala kita hingga muncul rasa sakit kepala sesaat kemudian.

5. Mengalami radang lambung

Bagi penderita asam lambung yang mudah meningkat, maka anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi Hong qu mi. Konsumsi yang tidak sesuai dosis dan anjuran dokter bisa membuat asam lambung meningkat dengan cepat dan memicu terjadinya iritasi pada dinding lambung. Selain itu, Hong qu mi juga dapat menyebabkan peradangan yang menimbulkan rasa sakit tak tertahankan. Jika hal ini tidak segera diatasi maka akan memicu terjadinya radang lambung akut.

Efek Samping Angkak Lainnya :

6. Nyeri perut dan kembung

7. Resiko kanker

8. Terjadinya sensasi panas pada perut

9. Menyebabkan penyebaran virus dan bakteri

10. Diare

Larangan Angkak :

Hong qu mi tidak bisa dikonsumsi oleh pria dan wanita yang menderita penyakit ginjal atau hati dan tengah menjalani program pemulihan. Ibu hamil dan menyusui secara ekslusif juga tidak diperkenankan mengkonsumsi beras fermentasi ini. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya keracunan atau alergi meskipun kemungkinan timbul efek samping sangat kecil.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Beras Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Angkak merupakan beras putih yang mengalami fermentasi dengan aktivitas kapang Monascus purpureus hingga berubah warna menjadi merah. Beras fermentasi ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi sehingga memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari termasuk salah satunya sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit.

Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top