Connect with us

45 Manfaat dan Khasiat Gula Semut untuk Pengobatan Alternatif, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

45 Manfaat dan Khasiat Gula Semut untuk Pengobatan Alternatif, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Gula Semut – Gula Semut, Gula Merah Bubuk atau Gula Aren Bubuk adalah makanan jenis serbuk gula yang terbuat dari nira. Teksturnya sangat lembut, halus dan kering. Warnanya coklat seperti gula merah. Namun rasanya jauh lebih manis, dibandingkan gula pasir. Manisnya lebih soft dari gula jawa, sehingga enak sekali buat campuran minuman dan makanan ringan.

Gula Semut, Manfaat Gula Semut, Khasiat Gula Semut

Keunggulan gula semut dibandingkan dengan gula merah cetak adalah pada bentuknya yang fleksibel untuk dikemas dalam pouch-pouch ekonomis dan kecil. Daya tahannya juga lebih lama, sehingga tidak gampang bau, jamuran atau lembek. Secara harga, gula bubuk ini pun lebih mahal dibandingkan gula merah cetak, sehingga malah jauh lebih menguntungkan bagi petani maupun pedagang gula.

Belakangan memang banyak bermunculan produk gula. Berbagai varian gula dikeluarkan oleh pabrik besar maupun industri usaha kecil menengah. Untuk produk gula semut ini biasanya diproduksi oleh UKM yang digawangi para petani lokal.

Usaha jual gula semut memang sedang digandrungi di tengah tingkat persaingan bisnis gula yang melejit. Pangsa pasarnya adalah kaum menengah ke atas, sebab harga gula ini lebih mahal dibandingkan gula merah dan gula pasir. Kemudian pangsa pasar ini pun masih dipilah lagi, biasanya produk gula ini dijual kepada mereka yang mengidap penyakit gula darah. Sebab gula ini memang bisa mencegah dan mengobati diabetes.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Harga Gula Semut :

Jual gula semut memang susah-susah gampang, pangsa pasarnya agak sempit. Oleh karena itu, beli gula aren bubuk ini memang tidak di sembarang tempat ada. Hanya ada di event pameran UKM, gerai UKM ataupun di online shop.
Dibandingkan jenis gula lainnya, memang harga gula ini jauh lebih mahal. Oleh karena banyaknya yang jual gula ini, maka harga dibuat dalam skema batas atas dan bawah saja, sebagai berikut:

• Kemasan 200 gram: Rp12.000 (batas bawah) – Rp15.000 (batas atas)
• Kemasan 250 gram: Rp18.000 (batas bawah) – Rp22.000 (batas atas)
• Kemasan 500 gram: Rp36.000 (batas bawah) – Rp40.000 (batas atas)
• Kemasan 1 kg : Rp72.000 (batas bawah) – Rp80.000 (batas atas)

Cara Memakai Gula Semut :

Tidak ada aturan pakai khusus untuk mengolah gula semut ini. Sebagaimana gula lainnya, sangat cocok ditaburkan ke dalam minuman kopi, susu atau teh. Meskipun rasanya nanti jadi sedikit mirip dengan minuman bercampur gula merah, namun secara khasiat jauh lebih baik untuk kesehatan, dibandingkan memakai gula pasir.

Manfaat gula semut ini juga bagus buat campuran bahan kue. Untuk isian kue kecil, seperti klepon atau taburan untuk cake. Intinya, gula ini sangat fleksibel dalam pemanfaatannya. Silahkan kreasikan saja menurut selera masing-masing!

Kandungan Gizi dan Nutrisi Gula Semut :

Apa sajakah kandungan zat, vitamin dan mineral yang ada di dalam gula nira semut ini? Ternyata serbuk gula ini mengandung:

Takaran Saji : 100 gram
• Vitamin A: 200 IU
• Vitamin C: 120 mg
• Kalori: 390 kkal
• Protein: 3 gram
• Lemak: 10 gram
• Karbonat: 75 gram
• Fosfor: 35 mg
• Kalsium: 75 mg
• Air: 10 gram

Manfaat Gula Semut untuk Pengobatan Alternatif :

1. Mencegah Diabetes

Khasiat gula semut aren bisa mencegah diabetes. Penyakit diabetes tipe 1 ataupun tipe 2 bisa dicegah sejak dini dengan pola makan yang baik. Meskipun penyakit degeneratif ini akan mudah menjangkiti mereka yang dalam keluarganya ada riwayat diabetes, namun masih bisa dicegah. Salah satunya dengan konsumsi gula bubuk aren ini.

2. Mengobati Diabetes

Banyak orang mencari cara bagaimana sembuh dari diabetes. Ada banyak produk gula yang mengklaim aman bagi penderita diabetes, bahkan juga isa menyembuhkan bila dikonsumsi. Salah satu produk gulanya adalah gula semut. Khasiat gula aren bubuk ini begitu baik untuk pengobatan diabetes jangka panjang.

3. Menurunkan Kolesterol

Selain gula darah yang perlahan turun, manfaat gula semut juga efektif untuk turunkan kolesterol. Mereka yang punya tingkat LDL tinggi akan terbantu dalam upaya menurunkannya. Sehingga nantinya penyakit kolesterol ini tidak menimbulkan penyakit lainnya yang lebih parah, seperti stroke bahkan kematian.

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Untuk yang memiliki tekanan darah tinggi dan kesulitan menurunkannya. Sudahkah mencoba khasiat gula semut? Jika belum, silahkan rasakan sendiri, betapa gula ini memiliki efek samping yang bagus untuk sembuhkan hipertensi.

5. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung bisa terjadi kepada siapa saja, tidak memandang usia. Untuk menyembuhkannya cobalah cara alternatif dengan mengonsumsi gula semut. Sebab gula aren bubuk ini memang langsung bekerja mempengaruhi jantung dengan memperbaiki kualitas pembuluh arteri.

Manfaat Gula Semut untuk Pengobatan Alternatif Lainnya :

6. Mencegah obesitas
7. Mengatasi anemia
8. Mencegah stroke
9. Melancarkan peredaran darah
10. Menyembuhkan sifus
11. Menambah stamina
12. Stabilkan tekanan darah
13. Menambah nafsu makan
14. Memperbaiki suasana hati yang buruk
15. Menurunkan lemak darah
16. Mencegah aterosklerosis
17. Mencegah kanker
18. Menurunkan berat badan
19. Menyehatkan mata
20. Menangkal radikal bebas

Manfaat Gula Semut untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Kulit Badan

Badan yang putih jadi dambaan banyak orang, terutama wanita Indonesia. Untuk mendapatkan kulit badan yang putih bersih mestilah melakukan upaya yang cerdas, seperti dengan mengganti gula pasir dengan gula semut yang lebih ramah terhadap kulit ini.

2. Meratakan Warna Kulit

Khasiat gula semut untuk perawatan tubuh juga berkaitan dengan kemampuannya dalam meratakan warna kulit. Jika kulit tadinya kusam dan belang-belang, maka sel yang jelek akan terangkat sehingga nantinya warna jadi rata.

3. Melembabkan Kulit

Bagaimana caranya melembabkan kulit wajah atau tubuh? Mudah sekali, ternyata gula semut ini pun cocok dijadikan masker dan lulur badan. Tinggal ditambah air saja supaya jadi pasta, kemudian dioleskan ke area yang diinginkan.

4. Membuka Aura

Rutin meminum gula semut bisa membuka aura. Pancaran energi aura menjadi lebih positif dan kuat. Ini akan sangat mempengaruhi performa hidup, menjadi lebih mudah bergaul, disenangi orang lain dan mengalami peningkatan di bidang keuangan maupun karir. Aura yang terbuka dan terpancar kuat ini juga akan membuat seseorang lebih mudah disenangi lawan jenis.

5. Membantu Program Diet

Untuk yang sedang sibuk melakukan diet serta bingung bagaimana caranya menghindari gula, padahal sebenarnya sangat suka makan dan minum manis. Coba saja produk gula semut, sebab gula merah bubuk ini aman dipakai untuk program diet. Tidak menimbulkan kenaikan berat badan dan penumpukkan lemak.

Manfaat Gula Semut untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah jerawat
7. Mengatasi flek hitam
8. Memudarkan bekas jerawat
9. Menghilangkan komedo
10. Membuat bola mata jernih
11. Mengatasi bau badan
12. Membantu turunkan berat badan
13. Mencapai berat badan ideal
14. Memperbaiki mood
15. Melancarkan siklus haid
16. Membuat badan segar dan fit
17. Membuka inner beauty
18. Menguatkan pancaran aura
19. Melatih kekuatan otot
20. Mengatasi wajah yang pucat

Efek Samping Gula Semut :

Berikut adalah beberapa dampak yang mengonsumsi gula merah semut. Meskipun baik untuk pengobatan alternatif, kesehatan dan kecantikan, namun tetap saja bisa menyebabkan hal-hal di bawah ini. Oleh karena harganya yang cenderung mahal, maka akan bisa membuat boros belanja bulanan. Ketergantungan juga bisa terjadi, ketika sudah merasakan sendiri betapa nikmatinya rasa gula ini.

1. Boros
2. Ketergantungan
3. Alergi
4. Mudah Berkeringat
5. Mual

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Gula Aren untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Memakan gula semut bisa membuat metabolisme tubuh meningkat, makanya jadi berkeringat. Namun jangan khawatir, meskipun proses pembakaran energi berjalan cepat, namun jumlah total energi yang terkandung di dalam serbuk gula ini pun tinggi, mencapai 390 kkal/100 gram.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top