Connect with us
Keju, Manfaat Keju, Khasiat Keju, Makanan Keju

Makanan

40 Manfaat dan Khasiat Keju untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Keju adalah jenis makanan yang didapatkan dengan memisahkan antara zat-zat padat yang ada didalam kandungan susu serta pembuatannya melalui sebuah proses koagulasi, pemadatan atau pengentalan. Keju adalah makanan yang sudah diproduksi sejak zaman prasejarah, walaupun belum ada bukti konkret kapan pembuatan keju pertama kali dilakukan. Pada saat itu, masyarakat prasejarah mulai meninggalkan gaya hidup nomaden kemudian beralih menjadi peternak kambing, domba juga sapi.

Keju, Manfaat Keju, Khasiat Keju, Makanan Keju

Dikarenakan kebersihan yang tidak terjamin ditambah terkena sinar matahari secara langsung maka susu dalam bejana berubah menjadi asam dan kental. Dan ketika seseorang mencobanya, ternyata susu tersebut masih bisa dimakan. Saat itulah pertama kali manusia mengenal keju krim asam atau Sour Cream Cheese.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Keju :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Keju

Kabar baiknya adalah, keju mengandung banyak nutrisi dan gizi, berikut komposisinya :

Banyaknya keju = 100 gr
Bagian yang bisa dikonsumsi = 100%
Jumlah Energi = 326 kkal
Jumlah Protein = 22,8 gr
Jumlah Lemak = 20,3 gr
Jumlah Karbohidrat = 13,1 gr
Jumlah Kalsium = 777 mg
Jumlah Fosfor = 338 mg
Jumlah Zat Besi = 2 mg
Jumlah Vitamin A = 750 IU
Jumlah Vitamin B1 = 0,01 mg
Jumlah Vitamin C = 1 mg

Proses Pembuatan Keju :

Proses Pembuatan Keju

Beragam jenis keju telah tersebar di dunia, namun masing-masing tetap berprinsip dasar sama dalam proses pembuatannya. Berikut adalah proses pembuatan makanan ini:

1. Pasteurisasi

Pasteurisasi susu pada suhu 70°C agar bakteri patogen di dalamnya susu terbunuh.

2. Pengasaman

Proses pengasaman susu agar enzim rennet bisa bekerja optimal. Proses ini dilakukan dengan menambahkan lemon, asam tartrat, bakteri asam laktat atau cuka. Jika proses fermentasi dilakukan oleh bakteri asam laktat, akan mengubah laktosa atau gula susu menjadi asam laktat, sehingga pH susu menjadi rendah dan rennet akan bekerja dengan optimal.

3. Penambahan Enzim Rennet

Enzim rennet berkemampuan kuat sehingga dapat digunakan dalam konsentrasi yang kecil. Perbandingan rennet dan susu adalah 1:5000, ini merupakan jumlah yang kecil, bukan? Dan sekitar 30 menit setelah ditambahkannya rennet pada susu yang asam, maka akan terbentuk curd. Jika temperatur ditambah sekitar 40°C maka akan terbentuk curd yang padat, lalu dilakukanlah pemisahan curd dari whey.

4. Ripening (Pematangan Keju)

Proses pematangan yaitu proses dimana kita harus mengolah dadih-dadih segar agar bisa berubah menjadi keju yang kaya dengan cita rasa. Pematangan didapatkan dari bakteri atau jamur tertentu yang dapat digunakan saaat proses produksi.

Proses Pengolahan Keju :

Proses Pengolahan Keju

1. Glikolisis

Merupakan fermentasi laktosa oleh bakteri asam laktat yang nantinya digunakan untuk menghasilkan asam laktat, asetat, diasetil dan CO2.

2. Proteolisis

Proses penguraian terhadap protein untuk dijadikan peptida yang nantinya menjadi asam amino sebagai prekursor aroma.

3. Lipolisis

Lipolisis merupakan proses penguraian lemak menjadi asam lemak bebas, ini adalah indikator pematangan keju serta berperan dalam penciptaan aroma keju.

Faktor Yang Mempengaruhi Macam, Jenis dan Variasi Keju :

  1. Derajat keasaman susu saat proses pembuatan curd.
  2. Jenis mikroorganisme apa yang digunakan.
  3. Komposisi nutrisi susu jenis apa yang digunakan dalam proses pembuatan keju.

Jenis-Jenis Keju :

Jenis-Jenis Keju

1. Keju Mozarella
2. Keju Cheddar
3. Keju Parmesan
4. Keju Brie
5. Keju Camembert
6. Keju Chevre
7. Keju Edam
8. Keju Emmental
9. Keju Feta
10. Keju Fontina
11. Keju Gorgonzola
12. Keju Gouda
13. Keju Gruyere
14. Keju Halloumi
15. Keju Havarti
16. Keju Monterey Jack
17. Keju Manchego
18. Keju Provolone
19. Keju Requefort
20. Keju Ricotta
21. Keju Stilton
22. Keju Taleggio

Manfaat Keju untuk Kesehatan :

1. Mencegah Penyakit Kanker

Sebuah studi mengungkapkan bahwa butirat dalam keju bisa membantu melindungi tubuh dari kanker usus besar dengan memelihara sel-sel usus dan mengurangi peradangan yang bisa merusak usus besar.

2. Merupakan Protein Baik Bagi Otot

Protein terbuat dari asam amino yang akan membentuk jaringan otot dan untuk mendapatkan protein terbaik, cobalah untuk makan keju ricotta yang merupakan Sumber tunggal terbaik dari protein whey, dan ini sangat Bagus untuk pembangunan jaringan otot.

3. Membantu Kesehatan Tulang

keju yang berbahan dasar susu ini tentu kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Mengonsumsi sekitar 1 ons keju parmesan akan memberikan 336 mg kalsium, sedangkan keju Cheddar mengandung sekitar 216 mg kalsium. Jumlah ini sangat baik bagi tubuh, karena kebanyakan pria dewasa membutuhkan 1000 mg kalsium untuk setiap harinya demi membangun otot.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan mengonsumsi keju dapat menjaga gigi tetap sehat karena kandungan fosfor dan kalsium pada keju. Kedua mineral ini dapat membantu melawan asam laktat alami di mulut serta mencegah kerusakan enamel gigi. Enamel ini diperlukan saat mengunyah makanan tampa merusak gigi, serta akan mencegah gigi terkikis dan berlubang.

5. Mencegah Penyakit Diabetes

meski penelitian untuk membuktikan keju mampu cegah penyakit diabetes masih terlalu awal, namun sebuah studi dalam jurnal Diabetes menemukan bahwa tikus yang makan dengan campuran butirat memiliki insulin 50% lebih rendah daripada tikus lainnya. Para ahli akhirnya membuat dugaan bahwa butirat mampu membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

Manfaat Keju untuk Kesehatan Lainnya :

6. Keju Sebagai Pelengkap Makanan
7. Keju Baik Dikonsumsi Intoleran Laktosa
8. Merupakan Makanan Terbaik Untuk Camilan
9. Membantu Membangun Jaringan Otot
10. Membantu Memetabolisme Sel Tubuh
11. Membantu Menjaga Membran Mukosa
12. Membantu Metabolisme Karbohidrat
13. Membantu Sintesa DNA
14. Membantu Pematangan Sel Darah
15. Membantu Menjaga Fungsi Syaraf
16. Bagus Untuk Indra Penglihatan
17. Melindungi Jaringan Permukaan
18. Sebagai Perlindungan Terhadap Infeksi
19. Membantu Sintesa Enzim Antioksidan
20. Membantu Produksi Energi
21. Menjaga Keseimbangan Asam Basa
22. Menjaga Kesehatan Otot
23. Menstabilkan Irama Jantung
24. Membantu Meredakan Stres
25. Mengatasi Susah Tidur
26. Membantu Mengurangi Sindrom Pra Menstruasi

Cara Memanfaatkan Keju Untuk Kesehatan :

Peneliti asal Belanda dan Tiongkok mencoba mengombinasikan data observasi dari 15 penelitian yang telah dilakukan, dan melibatkan 200.000 orang. Penelitian tersebut membawa titik terang bahwa mengonsumsi keju akan membuat penurunan hingga 14% mengalami jantung koroner dan juga menurunkan hingga 10% risiko serangan stroke, dibanding mereka yang jarang bahkan tidak pernah mengonsumsi makanan yang terbuat dari susu ini. Dan pengonsumsian ini pun tetap ada peraturannya, terlebih jika Anda punya riwayat penyakit tertentu yang mungkin saja tidak memperbolehkan Anda mengonsumsi keju. Bagi orang sehat pun, mengonsumsi makanan ini tetap harus pada jumlah yang wajar.

Manfaat Keju untuk Kecantikan :

1. Bantu Menyamarkan Lingkar Hitam Mata

Sangat diakui bahwa lingkar hitam pada mata sangat mengganggu penampilan seseorang. Meskipun penyebab dari adanya lingkar hitam ini adalah kurang tidur, alergi, aliran darah tidak lancar, atau memang akibat faktor genetik, namun mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A seperti keju dalam membantu menyamarkan lingkar hitam di mata.

2. Menjaga Tubuh Tetap Langsing

Keju akan membantu Anda tetap langsing karena zat di dalamnya yang disebut butirat mampu mendorong dan meningkatkan metabolisme. Keju yang mengandung zat butirat tinggi adalah kamu parmesan, gouda, cheddar, gruyere yang akan mendorong bakteri dalam usus agar lebih banyak membuat butirat.

3. Menjaga Keelastisan Kulit

Terjadinya keriput adalah tanda bahwa kulit telah kehilangan elastisitasnya. Biasanya yang menunjukkan tanda-tanda penuaan adalah wajah, dan demi menjaga agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa mengonsumsi banyak vitamin K secara rutin, dan vitamin K yang melimpah bisa Anda temukan pada keju.

4. Membantu Menghilangkan Bekas Luka

Vitamin K dalam keju juga telah terbukti ampuh menghilangkan bekas luka baik itu memar, tergores atau luka bakar ringan. Entah vitamin K tersebut dalam bentuk krim atau makanan, tetap akan membantu kulit untuk sembuh lebih cepat karena efek pengurangan inflamasi yang terjadi.

5. Melancarkan Peredaran Darah dan Mengembalikan Kondisi Kulit

Vitamin K memang sangat penting bagi tubuh sebagai pencegah darah menggumpal. Jadi saat kulit memar akibat terbentur sesuatu, memasok banyak vitamin K akan melancarkan kembali peredaran darah serta akan mengembalikan kondisi kulit seperti sedia kala. Tentu kulit Anda akan kembali cerah dan bersih.

Manfaat Keju Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Bantu Menjaga Kesehatan Kulit
7. Membantu Melindungi Kulit Dari Infeksi
8. Sebagai Makanan Diet
9. Dibuat masker

Cara Memanfaatkan Keju Untuk Kecantikan :

Keju adalah sumber vitamin K yang merupakan hasil fermentasi, selain ada pada sayuran. Vitamin K sendiri juga bagus untuk perawatan kecantikan. Jadi, Anda bisa menggunakan perawatan kecantikan yang mengandung vitamin K, salah satunya adalah memakai masker keju.

Cara Membuat Masker Keju :

Bahan ;

  1. Satu sendok teh keju,
  2. Saru sendok teh oatmeal
  3. Satu sedok teh madu.

Langkah Pembuatan :

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender lalu haluskan sampai merata, matikan alat lalu tuang cairan ke mangkuk.
  2. Bersihkan wajah dengan air, keringkan dengan handuk lalu mulai mengoleskan masker keju ke wajah.
  3. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian bersihkan dengan air agar semua noda masker bersih sempurna, gunakan kain kering untuk mengeringkan wajah.

Masker ini bisa kita gunakan maksimal sehari sekali, jangan gunakan lebih sering dari itu karena akan membawa efek samping yang perlu diperhitungkan. Dan poin penting dari penambahan madu di atas adalah untuk menangkal radikal bebas sehingga wajah akan terhindar dari keriput serta flek hitam karena paparan sinar matahari.

Tips dan Cara Memilih Keju :

Cara Memilih Keju

Ada banyak keju yang diproduksi dan tersebar ke berbagai wilayah. Untuk itu, perlu selektif untuk memilih makanan ini yang bagus untuk membawa manfaat yang baik pula bagi tubuh. Jika menginginkan keju yang tahan lama, maka pilihlah dari hasil fermentasi. Sedangkan untuk keju yang masih segar dan tanpa bahan pengawet, pasti akan mudah rusak dan tidak bertahan lama. Untuk penderita obesitas, jantung, hipertensi dan kolesterol disarankan untuk memilih keju yang mengandung lemak rendah.

Efek Samping Keju :

Efek Samping Keju

1. Obesitas

Kandungan lemak jenuh pada keju ternyata buruk bagi kesehatan. Begitu pula dengan kandungan kalorinya yang tinggi, pastinya akan berpengaruh pada bertambahnya berat badan secara berlebihan, bahkan bisa menyebabkan kolesterol.

2. Mengganggu Kesehatan Jantung

Sodium dalam keju juga berjumlah besar sehingga tidak baik bagi kesehatan jantung.

3. Akibatkan Kontaminasi Hormon

Pengolahan yang tidak sehat dari keju akan berpengaruh buruk juga bagi kesehatan. Terlebih jika dilakukan penambahan suntikan hormon pada sapi sebagai penghasil susu.

4. Akibatkan Kolesterol Tinggi

Keju dapat meningkatkan kadar kolesterol sehingga orang yang mengidap kolesterol tidak dianjurkan mengonsumsi makanan ini.

Cara Menyimpan Keju :

Cara Menyimpan Keju

Simpan pada kulkas atau lemari pendingin agar terjaga kesegarannya. Jika ingin dimakan, biarkan dulu beberapa menit setelah keju dikeluarkan dari kulkas, agar rasanya tetap nikmat.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur untuk Kesehatan, Kecantikan, Serta Efek Samping

Itulah pembahasan seputar keju, mulai dari kandungan, proses pembuatan, proses pengolahan, jenis, manfaat, cara memilih dan penyimpanan yang baik agar awet dimakan. Intinya gunakanlah jenis makanan ini dengan sebaik-baiknya.

Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top