Connect with us
Kentang Goreng, Manfaat Kentang Goreng, Khasiat Kentang Goreng

Makanan

45 Manfaat dan Khasiat Kentang Goreng untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kentang Goreng, French Fries, atau Fried Potato adalah makanan ringan terbuat dari kentang yang digoreng. Umumnya memiliki bentuk persegi panjang kecil-kecil dan disajikan bersama dengan saos cabai dan tomat. Manfaat kentang goreng untuk kesehatan terkenal amat ampuh dalam meningkatkan mood. Sedangkan untuk kecantikan bagus sebagai antioksidan.

Kentang Goreng, Manfaat Kentang Goreng, Khasiat Kentang Goreng

Kentang goreng populer disajikan dalam restoran cepat saji. Bahkan olahan kentang ini juga banyak dijual dalam kemasan instant tinggal goreng saja yang biasanya dijual dalam kondisi beku, bersamaan dengan nugget, sosis, bakso beku dan olahan makanan beku lainnya. Selain harganya relatif murah, makanan ringan ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat lengkap.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kentang Goreng :

Kentang menjadi umbi yang memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi. Di dalam 100 gram kentang goreng terdapat kadar vitamin dan mineral seperti yang tercantum di bawah ini:

• Vitamin A: 95 mg
• Vitamin B1: 0,7 mg
• Vitamin C: 19 mg
• Zat Besi: 0,1 mg
• Kalsium: 60 mg
• Fosfor: 5 mg
• Karbohidrat: 15 gr
• Protein: 2,4 gr
• Lemak: 0,4 gr
• Kalori: 70 kkal

Loading...

Manfaat Kentang Goreng untuk Kesehatan :

1. Membuat Kenyang Lebih Lama

Makanan berserat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Salah satu bahan makanan yang membuat kita kenyang adalah kentang. Untuk pengolahan kentang sendiri bermacam-macam, salah satunya adalah di goreng. Cara membuatnya mudah yautu dengan mengupas kentang lalu potong potong sesuai selera, tetelah itu goreng hingga warnanya kecoklatan.

2. Mencegah Sakit Maag

Bagi penderita sakit maag, kentang goreng bisa dijadikan makanan yang mencegah maag itu kambuh. Mengapa demikian? Karena saat kita makan kentang goreng, kita merasa kenyang sehingga itu akan menghambat asam lambung kita naik. Asam lambung naik saat perutkita tidak diisi.

3. Menguatkan Tulang

Kentang diketahui mengandung fosfor yang dapat mencegah tulang kita keropos. Sehingga baik untuk tubuh jika mengonsumsi makanan dari kentang, misalkan yang paling mudah adalah kentang goreng. Kentang goreng sangat mudah didapatkan bisa kita membelinya atau kita menggorengnya sendiri.

4. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah zat-zat yang dapat merusak sel yang efeknya bisa terkena kanker. Untuk itu kita perlu untuk memperhatikan asupan makanan untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Salah satu makanan yang dapat mengatasi itu adalah kentang goreng. Kentang goreng mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

5. Menambah Stamina

Kandungan karbohidrat dalam kentang bisa membuat kita menjadi berenergi. Sehingga dengan makan kentang stamina di dalam tubuh kita meningkat. Kentang goreng bisa dijadikan sebagai pengganti nasi yang efektif. Dan rasanya pun sangat lezat sehingga hampir semua orang menyukainya.

Manfaat Kentang Goreng untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu regenerasi sel-sel
7. Melancarkan pencernaan
8. Meringankan sakit maag
9. Mengganjal perut keroncongan sementara
10. Mengatasi kenaikan asam lambung
11. Membuat berat badan ideal
12. Mencegah gigi keropos
13. Mengatasi nyeri sendi
14. Mengatasi sembelit
15. Mengobati hipotensi
16. Membuang stress
17. Mengatasi gangguan depresi
18. Membantu pembentukan sel darah merah
19. Mengatasi kelelahan akut
20. Mencegah radikal bebas

Cara Memanfaatkan Kentang Goreng untuk Kesehatan :

Memanfaatkan kentang yang digoreng untuk kesehatan tidak ada cara khusus. Yang paling penting adalah dalam menggorengnya, gunakan minyak yang masih baru, jangan pakai jelantah. Selain itu, pilihlah kentang terbaik, jangan ada busuk-busuknya. Kemudian, cucilah hingga bersih kentangnya. Oleh karena seluruh makanan yang digoreng itu riskan menyebabkan kolesterol dan darah tinggi, maka jangan sering-sering konsumsi kentang yang digoreng ini. Maksimal seminggu 2 kali saja sudah amat baik untuk kesehatan, sebagai alternatif cemilan di kala lapar dan ingin makan terus.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kentang Goreng untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan Kulit Wajah

Kentang mengandung vitamin B dan vitamin C yang dapat membuat wajah kita menjadi halus. Bagi kalian yang menginginkan wajah yang halus bisa mencoba mengonsumsi kentang goreng. Cara membuatnya mudah yaitu kupas kentang, lagu goreng sampai berwarna kecoklatan. Untuk hasil yang maksimal gunakan juga masker yanh terbuat dari kentang.

2. Membuat Wajah Jadi Fresh, Tidak Pucat

Vitamin C memiliki fungsi untuk mencerahkan wajah. Dengan wajah yang cerah kita terlihat lebih fresh dan tidak pucat. Vitamin C disediakan dalam bermacam-macam bentuk, seperti serum vitamin C, tablet vitamin C, atau sabun yang mengandung vitamin C. Tetapi selain pemakaian luar itu kita juga bisa memakan makanan yang mengandung vitamin C, salah satunya adalah kentang goreng.

3. Membuat Berat Badan Ideal

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membuat kita kenyang lebih lama, sehingga porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh kita menjadi lebih sedikit. Dengan demikian berat badan kita akan tetap ideal. Selain itu makanan yang kaya akan serat dapat melancarkan pencernaan kita. Kentang goreng mengandung banyak serat sehingga dapat dijadikan menu makanan anda untuk mencapai berat badan ideal.

4. Bagus untuk Diet

Diet adalah pengaturan pola makan untuk mencapai berat badan ideal. Tentu berat badan ideal adalah keinginan semua orang. Apa makanan yang bagus untuk diet? Tentu saja makanan yang sudah mengandung banyak nutrisi. Kentang goreng cocok dijadikan menu diet karena kandungan nutrisinya cukup lengkap, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B, dan sebagainya.

5. Mengatasi Stress yang Sering Memicu Penuaan Dini

Antioksidan di dalam kentang goreng dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Serta vitamin C dan vitamin B dalam kentang goreng juga mencegah keriput pada kulit. Dengan ini maka kentang goreng dapat mencegah penuaan dini. Orang yang mengalami penuaan dini biasanya menjadi tidak percaya diri sehingga mereka stress, untuk mengatasi itu bisa makan kentang goreng.

Manfaat Kentang Goreng untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan stress mendalam
7. Mengentas depresi menahun
8. Membuat wajah berseri-seri
9. Memicu hormon endorfin dan serotonin
10. Memudarkan flek hitam
11. Menghilangkan bekas jerawat
12. Mencegah munculnya jerawat
13. Mengatasi rambut rontok
14. Mencegah tulang punggung bungkuk
15. Menghilangkan bau badan
16. Mencegah tumbuh bulu halus di wajah
17. Mengatasi kerutan di kening
18. Membuang noda flek hitam
19. Mempercepat penyembuhan luka
20. Melembabkan kulit wajah

Cara Memanfaatkan Kentang Goreng untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan kentang goreng sebagai bahan makanan yang menunjang kecantikan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pertama, usai menggoreng, usahakan kentangnya ditiriskan hingga benar-benar tidak mengandung minyak. Caranya dengan ditaroh di atas tissue khusus penyaring minyak. Ini fungsinya agar kentang rasanya tetap lezat, namun juga tidak mengandung banyak minyak yang bahaya untuk kulit. Kemudian langkah kedua adalah hindari menambakan MSG karena kebanyakan makan penyedap rasa ini pun tidak baik buat kulit.

Efek Samping Kentang Goreng :

Banyak stigma yang beredar bahwa kentang yang digoreng tergolong jenis junk food yang berbahaya untuk tubuh bila dikonsumsi terus-menerus. Ini memang benar, namun khusus untuk kentang yang dibekukan dan mengandung bahan pengawet. Sedangkan kentang asli yang digoreng dengan cara yang benar, apalagi tanpa tambahan MSG dan saos, sebenarnya sehat-sehat saja untuk tubuh. Namun beberapa efek samping di bawah ini bisa saja terjadi:

1. Kolesterol
2. Dahak Menumpuk
3. Tidak Kenyang-Kenyang
4. Keringat Dingin
5. Kecanduan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tempe untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Memakan french fries untuk snacking sehari-hari memanglah sangat lezat. Apalagi untuk mereka yang sedang diet nasi dan gula, tentu saja kentang bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat yang aman dan tidak bikin gemuk. Berbagai manfaat kentang goreng di atas hanya sebagian kecil saja dari manfaat kentang secara keseluruhan. Apalagi umbi ini tergolong bahan makanan yang sangat fleksibel untuk diolah dengan berbagai resep pilihan.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Makanan

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top