Connect with us

45 Manfaat dan Khasiat Kentang Rebus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

45 Manfaat dan Khasiat Kentang Rebus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kentang Rebus adalah olahan makanan berbahan dasar kentang yang direbus. Perlu diketahui, manfaat kentang menjadi salah satu sumber gizi makanan. Popularitasnya yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis umbi lain seperti Singkong maupun Ubi Jalar. Namun memang kentang identik dengan makanan kelas atas karena harganya yang mahal. Sajian berbasis kentang selalu memenuhi restoran bercorak western dan fast food. Paling terkenal adalah French Fries alias kentang goreng.

Kentang Rebus, Manfaat Kentang Rebus, Khasiat Kentang Rebus

Namun ada yang perlu diperhatikan dalam mengolah kentang, jangan sampai makanan sehat ini berubah jadi junk food hanya karena salah dalam pengolahannya. Salah satu cara terbaik mengolahnya yakni dengan merebus. Manfaat kentang rebus jauh lebih besar daripada olahan jenis kentang lainnya. Sebab nutrisinya masih lengkap dan tidak mengandung bahan tambahan lain yang berbahaya bagi tubuh seperti minyak.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kentang Rebus :

Di dalam olahan makanan kentang yang direbus ini mengandung berbagai macam vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Di dalam 100 gram kentang rebus terdapat kandungan sebagai berikut:

• Vitamin A: 96 mg
• Vitamin B1: 0,8 mg
• Vitamin C: 21 mg
• Zat Besi: 0,9 mg
• Kalsium: 65 mg
• Fosfor: 6 mg
• Karbohidrat: 14 gr
• Protein: 2,5 gr
• Lemak: 0,3 gr
• Energi Total: 65 kkal

Loading...

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan :

1. Meregenerasi Sel-Sel Tubuh

Kentang adalah salah satu makanan yang mengandung banyak protein. Fungsi protein salah satunya adalah untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Pengolahan makanan yang baik adalah mengurangi minyak karena minyak mengandung banyak kolesterol. Untuk itu alangkah baiknya memasak kentang dengam cara direbus. Sehingga kadar proteinnya tidak bercampur dengan lemak yang berasal dari minyak berlebih.

2. Membuat Perut Cepat Kenyang

Makanan yang banyak mengandung serat dapat membuat kita merasa cepat kenyang dan bertahan lebih lama. Salah satu makanan yang kandungan seratnya cukup tinggi adalah kentang rebus. Kentang bisa kita jadikan sebagai pengganti nasi.

3. Menambah Stamina

Kentang rebus adalah salah satu makanan yang tinggi akan karbohidrat. Fungsi dari karbohidrat adalah untuk menambah energi atau stamina dalam tubuh. Kentang yang direbus dapat membuat kita merasa kuat atau tidak lemas sama halnya dengan nasi.

4. Mengatasi Stress

Stress mudah terjadi saat kita dalam kondisi lapar. Salah satu makanan yang membuat kita mudah kenyang adalah kentang rebus. Kentang yang di rebus sangat baik untuk mengisi kekosongan perut karena kandungannya hampir sama dengan nasi.

5. Melancarkan Pencernaan

Saat kita memiliki masalah pencernaan pasti sangat tidak nyaman. Untuk itu untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, misalnya adalah kentang rebus. Kentang yang direbus mengandung serat yang cukup tinggi.

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah kerusakan lambung
7. Mengatasi sakit maag
8. Menjaga berat badan tetap ideal
9. Menambah nafsu makan
10. Aman untuk cemilan
11. Menurunkan kolesterol
12. Mencegah tulang rapuh
13. Menjadi sumber protein
14. Mengandung karbohidrat
15. Menguatkan gigi
16. Sumber kalium
17. Melancarkan BAB
18. Membantu proses metabolisme
19. Mencegah aterosklerosis
20. Memecah nutrisi jadi sumber energi

Cara Memanfaatkan Kentang Rebus untuk Kesehatan :

Tentu saja segala bahan makanan yang direbus jauh lebih baik manfaatnya untuk kesehatan. Soalnya memimalisir penggunaan minyak goreng yang menjadi penyebab penyakit kolesterol, jantung, darah tinggi dan stroke. Selain itu, makanan yang direbus juga minim menggunakan bumbu-bumbu rempah seperti gula dan garam yang juga menjadi musuh utama bagi mereka yang mengidap penyakit degeneratif.

Untuk merebus kentang sangat mudah. Kebanyakan orang memilih kupas dulu kulitnya baru direbus dengan air sampai matang. Namun cara ini sebenarnya kurang tepat karena yang terbaik adalah merebus kentang selagi kulitnya belum dikupas. Sebab nutrisi tertinggi kentangnya ada di kulit.

Manfaat Kentang Rebus untuk Kecantikan :

1. Bagus untuk Diet

Program pengaturan pola makan untuk mencapai berat badan yang ideal atau kita sering dengar dengan sebutan diet kadang malah disalah artikan dengan tidak makan. Hal itu sangat salah, karena bagaimanapun juga tubuh kita membutuhkan asupan makanan untuk menghasilkan energi. Salah satu cara untuk membuat kita kenyang lebih lama adalah makan makanan yang tinggi akan serat, misalnya adalah kentang rebus.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan ideal adalah impian semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Untuk menjaga berat badan ideal memang cukup sulit. Untuk itu kita perlu untuk menjaga pola makan dan juga memilih makanan yang efektif menjaga berat badan. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengonsumsi kentang rebus sebagai pengganti nasi, karena kentang rebus sudah mengandung protein, karbohidra, dan juga serat.

3. Membuat Nafsu Makan Terkontrol

Nafsu makan kita terkadang tidak dapat dikontrol karena kita seringkali kita makan dalam porsi yang banyak tetapi kenyang itu bertahan tidak lama. Untuk itu diperlukan makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama. Makanan apa yang dapat membuat kenyang lebih lama? Kentang rebus, kentang yang direbus mengandung serat yang cukup tinggi yang membuat kita kenyang lebih lama.

4. Menutrisi Kulit

Salah satu manfaat kentang rebus adalah untuk menutrisi kulit. Kentang mengandung nutrisi yang baik untuk kulit, seperti vitamin C, vitamin B, yang itu bisa menutrisi kulit kita. Untuk hasil yang maksimal selain mengonsumsi kentang rebus kita juga bisa gunakan masker dari kentang.

5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini akan sangat mengganggu penampilan, dan otomatis kepercayaan diri kita juga akan berkurang. Kentang mengandung vitamin B dan vitamin C yang bisa mencegah kerutan di wajah. Untuk itu kita bisa mengambil manfaat kentang rebus untuk mencegah penuaan dini.

Manfaat Kentang Rebus untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menguatkan akar rambut
7. Mencegah kebotakan rambut
8. Memutihkan kulit
9. Mencerahkan wajah
10. Meremajakan sel kulit
11. Menghilangkan jerawat
12. Mencegah munculnya jerawat
13. Mengatasi flek hitam
14. Mencegah flek hitam
15. Menghilangkan bekas jerawat
16. Mengencangkan kulit
17. Mencegah tulang punggung bungkuk
18. Membuat badan fresh
19. Membantu mencapai tubuh seksi
20. Cocok untuk diet ketat

Cara Memanfaatkan Kentang Rebus untuk Kecantikan :

Untuk mengambil manfaat kentang rebus dalam rangka mencapai kecantikan tubuh yang maksimal ada beragam cara yang bisa dilakukan. Namun yang paling praktis tentu saja langsung memakannya bersama dengan cocolan saos, sambal kacang atau bumbu tabur seperti lada hitam.

Sebenarnya produk kosmetik berbahan dasar kentang yang ditujukan untuk kecantikan biasanya dalam bentuk masker. Seperti masker kentang yang dikeluarkan pabrikan mustika ratu misalnya, fungsinya bagus sekali dalam mengangkat sel kulit mati dan membuat cerah wajah.

Efek Samping Kentang Rebus :

Sebagaimana jenis tanaman umbi-umbian lainnya, rupanya makan kentang yang direbus juga cukup beresiko. Ada beberapa efek samping yang mungkin saja bakal dirasakan. Meski ini hanyalah reaksi pengalaman individual saja, jadi tidak semua orang mengalaminya.

1. Perut Begah
2. Mual
3. Muntah
4. Perut Mulas
5. Ingin BAB

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Melihat berbagai manfaat, khasiat, kandungan gizi dan efek samping kentang rebus seperti di atas, maka kini saatnya untuk mengambil tindakan. Segera saja beli kentangnya, cuci bersih, kemudian direbus dengan air hingga matang. Hindari mengupas kulit kentang karena ternyata kandungan nutrisi terbanyak justru ada pada kulitnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top