Connect with us

36 Manfaat dan Khasiat Kerang Dara untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

36 Manfaat dan Khasiat Kerang Dara untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kerang Dara – Kerang Dara, Kerang Darah atau Anadara granosa adalah jenis kerang yang sangat populer di Indonesia. Hampir semua restoran seafood memiliki menu olahan makanan kerang bercangkang kecil ini. Disebut sebagai Kerang Darah karena memiliki ciri khas mengeluarkan cairan merah bagaikan darah, yang memang ini adalah cairan hemoglobin.

Kerang Dara, Manfaat Kerang Dara, Khasiat Kerang Dara

Meski demikian, tidak serta merta orang jadi jijik makan kerang darah. Justru rasanya menjadi sangat lezat kalau sudah dicampur dengan bumbu-bumbu. Manfaat kerang dara bisa menyembuhkan anemia dan menyuplai zat gizi yang melimpah ke tubuh. Selain itu, kerang ini juga baik untuk menunjang kecantikan kulit, menjadi lebih kencang dan awet muda.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kerang Dara :

Apa sajakah kandungan mineral, vitamin dan zat gizi penting yang ada dalam kerang darah? Rupanya manfaat kerang dara terjadi karena jenis kerang ini memang punya komposisi gizi yang padat dalam 100 gram takaran sajinya, seperti:

• Energi: 60 kkal
• Protein: 8,3 gram
• Lemak: 1,2 gram
• Karbohidrat: 3,5 gram
• Vitamin A: 300 SI
• Vitamin B1: 0,01 mg
• Zat Besi: 3,2 mg
• Kalsium: 134 mg
• Fosfor: 171 mg
• Air: 84 gram

Loading...

Harga Kerang Dara :

Tidak seperti ikan. cumi-cumi, udang dan lobster yang harganya sangat fluktuatif. Kalau kerang darah cenderung stabil. Berikut adalah rincian harganya:

• Harga kerang dara mentah: Rp40.000/kg
• Harga kerang dara matang: Rp50.000/porsi (1 porsi kurang lebih 250-300 gram saja)

Manfaat Kerang Dara untuk Kesehatan :

1. Menambah Berat Badan

Berat badan yang ideal tentu menjadi impian setiap manusia. Untuk saat ini beragam macam ukuran berat badan, ada yang rendah ada sedang ada yang berlebih dari ideal. Nah, untuk menambah berat badan, sangat cocok mengonsumsi daging kerang dara. Daging ini memiliki zat-zat yang sangat baik untuk pertumbuhan berat badan.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Seseorang yang tidak memilili selera makan, tentu akan berujung pada penyakit. Tidak sedikit obat-obatan yang menjanjikan, tapi berdampak lain bagi kesehatan. Ada langkah jitu, untuk meningkatkan selera dan nafsu makan, yaitu dengan cara, mengonsumsi daging kerang dara secara teratur.

3. Membuat Otak Jadi Cerdas

Otak adalah sumber utama dari setiap pekerjaan yang dilakukan. Banyak cara untuk mengasah otak jadi cerdas, mulai dari minum susu, makan dengan sayur, dan lain-lain sebagainya. Tentu itu sangat sulit bukan? Ada langkah mudah untuk membuat otak jadi cerdas, yaitu dengan cara memakan daging kerang dara. Selain menambah berat badan, kerang dara juga bisa memberikan efek ketenangan pada jiwa.

4. Menguatkan Daya Ingat

Untuk saat ini, sangat banyak pelajar yang mudah lupa terhadap pelajaran yang diberikan gurunya. Itu disebabkan oleh berbagai bentuk ancaman, seperti merokok, begadang dan minum-minuman keras. Untuk mengatasi itu, ada langkah mudah yang harus dilakukan yaitu dengan cara mengonsumsi daging kerang dara. Selain menjadikan otak cerdas dan menambah nafsu makan, daging ini juga bisa membuat daya ingat menjadi kuat.

5. Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Saraf tentu sangat berpengaruh terhadap daya pikir dan penglihatan. Jika saraf sudah tidak baik, biasanya orang tersebut akan berprilaku tidak baik. Jadi untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi daging kerang darah.

Manfaat Kerang Dara untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan pencernaan
7. Membantu kerja organ hati
8. Mencegah kenaikan asam lambung
9. Mempercepat penyembuhan luka
10. Bagus untuk janin
11. Menyuplai protein ke tubuh
12. Membantu regenerasi sel
13. Membentuk membran sel
14. Mencegah gangguan paru-paru
15. Meningkatkan hormon rasa senang

Cara Memanfaatkan Kerang Dara untuk Kesehatan :

Memanfaatkan kerang dara untuk kesehatan amatlah mudah. Jenis kerang ini bisa diolah atau dimasak dengan bumbu apapun yang disukai. Daging kerang memang nyatanya sangat fleksibel buat dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang kaya, khas Nusantara.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Asin untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Kerang Dara untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Bekas hitam akibat jerawat, sangat berpengaruh terhadap penampilan. Bagaimana tidak, jika setiap lekuk wajah memiliki noda-noda hitam yang menumpuk? Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah, yaitu dengan cara makan daging kerang dara yang sudah dimasak, secara rutin, tapi jangan keseringan.

2. Menyamarkan Kerutan di Wajah

Wajah merupakan fokus pertama untuk bertatapan dengan orang lain. Untuk membuat wajah tetap menarik tanpa kerutan di usia tua, ada cara ampuh yang harus dilakukan, yaitu dengan cara rutin makan daging kerang darah. Namun teknik pengolahannya harus benar, yakni jangan kebanyakan pakai minyak.

3. Aman untuk Diet

Kebanyakan orang merasa takut untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Hal itu disebabkan oleh opini-opini yang beredar, ada yang berpendapat jika mengonsumsi makanan secara berlebihan bisa mengakibatkan diet yang tidak teratur. Permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan sangat mudah, tentu dengan memakan daging kerang dara yang sudah direbus secara teratur. Dalam daging tersebut memiliki zat-zat yang baik untuk pencernaan di dalam tubuh.

4. Membuat Badan Jadi Kekar dan Macho

Semua laki-laki tentu ingin memiliki tubuh yang kekar dan macho. Untuk mencapai itu semua tentu harus dengan latihan yang khusus. Di samping itu, untuk mempercepat pembentukan tubuh yang kekar, bisa dilakukan dengan cara alami, tanpa latihan yang khusus. Yaitu, dengan cara mengonsumsi daging kerang darah. Daging ini memiliki zat-zat yang baik untuk menekan pembentukan tubuh menjadi kekar.

5. Mencerahkan Warna Kulit

Kulit yang berseri tentu menjadi impian setiap manusia, terutama anak-anak muda. Sampai saat ini sudah banyak cara yang ditemukan untuk membuat kulit menjadi putih dan berseri. Tapi itu semua tentu memerlukan biaya yang sangat mahal. Ada satu cara yang sangat ampuh dan mudah, yaitu dengan cara rutin makan daging kerang darah.

Manfaat Kerang Dara untuk Kecantikan yang Lainnya :

6. Menambah ukuran otot
7. Membentuk otot dada jadi sickpack
8. Membantu naikkan berat badan bagi yang kurus
9. Membuat pikiran lebih enjoy
10. Meremajakan badan
11. Menguatkan gigi
12. Menguatkan akar rambut
13. Mencegah kebotakan rambut
14. Melembabkan bibir
15. Membantu tinggikan badan

Cara Memanfaatkan Kerang Dara untuk Kecantikan :

Untuk mengambil manfaat kerang darah demi kecantikan tubuh, sudah tentu adalah dengan dimakan. Olahlah kerang ini sesuai dengan selera masing-masing. Umumnya kerang ini dimasak dengan saos-saosan seperti asam manis dan asam pedas. Namun enak pula dibikin sate dan kudapan berbumbu lainnya. Khasiatnya untuk kecantikan akan didapatkan dari dalam tubuh, setelah konsumsi secara rutin.

Efek Samping Kerang Dara :

Hidangan kerang darah selalu ada dalam restoran dan warung makan seafood. Penyuka kerang dengan cangkang cantik inipun banyak. Memang rasa kerangnya begitu lezat. Namun ada yang perlu diwaspadai sebelum makan kerang jenis ini, seperti:

1. Gatal
2. Bisul
3. Ruam Merah di Kulit
4. Jerawatan
5. Naiknya Kolesterol
6. Hipertensi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Ikan untuk Kuliner, Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk itu, pahamilah bahwa mereka yang memang alergi terhadap seafood, sebaiknya sama sekali tidak makan kerang laut ini. Sebesar apapun keinginan, antisipasi terhadap dampak buruknya tentu jauh lebih baik. Namun untuk mereka para pecinta dan penggila seafood, sungguh makan kerang dara bisa jadi alternatif di kala bosan dengan seafood lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top