Connect with us

40 Manfaat dan Khasiat Kerang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

40 Manfaat dan Khasiat Kerang Hijau untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kerang Hijau – Kerang Hijau atau Kerang Ijo adalah jenis kerang laut spesies Perna viridis. Kerang ini sangat populer menjadi kudapan atau makanan di Indonesia serta negara lain yang menjadi habitatnya, seperti India, Filipina, Taiwan, Teluk Persia dan kawasan yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Manfaat kerang ijo sangat bagus sebagai makanan untuk ibu hamil karena akan menyuplai protein yang cukup tinggi.

Kerang Hijau, Kerang Ijo, Kerang Tawar, Kerang Laut

Cangkang kerang hijau bertangkup dua dengan warna kombinasi hijau dan coklat. Kerang ini melimpah di daerah pasang surut air laut sekitar bulan maret hingga juli tiap tahunnya. Untuk menghindari panen musiman, kerang ijo banyak dibudidayakan dalam tambak-tambak atau perairan payau.

Kandungan Gizi Kerang Hijau :

Komposisi vitamin, mineral dan zat penting yang ada dalam kerang tak beda jauh dari kerang pada umumnya. Adapun di dalam 100 gramnya terdapat:

• Energi: 63 kkal
• Protein: 8,1 gram
• Lemak: 1,4 gram
• Karbohidrat: 3,3 gram
• Vitamin A: 300 SI
• Vitamin B1: 0,02 mg
• Zat Besi: 2 mg
• Kalsium: 132 mg
• Fosfor: 131 mg
• Air: 84 gram

Loading...

Harga Kerang Hijau :

Dibandingkan jenis kerang dara, tentu saja kerang hijau lebih murah. Bahkan di awal mula popularitasnya, sekitar 8-10 tahun yang lalu, kerang ini dijual di kaki lima dengan gerobak-gerobak. Yang beli anak-anak SD, harganya satu porsi plastik kecil hanya Rp1000 – Rp2000 saja. Nah kalau sekarang, kerang ini lebih banyak dijajakan di pedagang seafood dalam porsi besar.

• Harga Kerang Ijo Fresh/Mentah: Rp20.000 – Rp25.000/kg
• Harga Kerang Ijo Masak/Matang: Rp40.000 – Rp60.000/porsi

Manfaat Kerang Hijau untuk Kesehatan :

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Banyak orang yang merasa khawatir terhadap makanan yang ia konsumsi. Itu merupakan hal yang wajar, sebab akan menimbulkan berbagai penyakit di dalam tubuh, khususnya tidak teraturnya sistem pencernaan. Untuk mengatasi itu, bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi kerang hijau yang sudah direbus secara beraturan. Daging yang sudah matang, bisa direbus atau digoreng untuk mempercepat proses bekerja di dalam tubuh.

2. Menambah Stamina

Stamina adalah kebutuhan utama untuk melakukan sesuatu. Intinya jika ingin menghasilkan kinerja yang baik tentu seseorang tersebut harus memiliki stamina yang bagus. Beragam macam bentuk pengobatan yang dilakukan untuk menambah kekebalan tubuh dari kelelahan. Ada satu cara yang mudah dan menjanjikan, yaitu dengan cara memakan daging kerang hijau yang sudah dimasak.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Sangat banyak orang yang tidak memperhatikan kondisi tubuhnya, terutama mereka, para pekerja sibuk. Sehingga dapat menyebabkan tulang-tulang dalam tubuh rapuh dan berlubang kecil yang pada akhirnya menimbulkan fraktur atau osteoporosis. Untuk mengatasi itu semua, bisa dilakukan dengan cara mudah, yakni memakan daging kerang hijau yang sudah matang. Daging tersebut bisa dijadikan masakan dengan aneka bumbu.

4. Mencegah Gangguan Psikologis

Dampaknya dari gangguan psikologis itu sangat fatal, jika tidak bisa menyeimbanginya dengan tindakan yang lain, bisa-bisa beban mental tersebut merusak cara berfikir keseluruhan yang berujung kegilaan (skizofrenia). Untuk mencegah itu semua bisa melakukannya dengan mudah, yaitu dengan cara mengonsumsi daging kerang hijau yang sudah dimasak hingga benar-benar matang.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk memperoleh kesehatan dan kekuatan dari dalam tubuh, tentu harus makan dengan teratur. Tapi itu pula yang menjadi momok bagi sebagian orang, terutama yang mengalami penurunan nafsu makan. Tidak berseleranya makan, menimbulkan beragam-macam bentuk penyakit dalam tubuhnya. Untuk mencegah itu semua, cukup dengan mengknsumsi daging kerang hijau.

Manfaat Kerang Hijau untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi anemia
7. Stabilkan kadar HB
8. Melancarkan BAB
9. Mencegah kekurangan limfosit
10. Memperbaiki imun yang rusak
11. Meningkatkan antibody
12. Memperbaiki ketidakseimbangan hormon
13. Membantu kerja hormon
14. Mengaktifkan enzim penting
15. Menjaga kesehatan sistem saraf pusat

Cara Memanfaatkan Kerang Hijau untuk Kesehatan :

Bagaimanakah cara mengolah kerang ijo hingga menjadikannya berkhasiat untuk kesehatan? Tak perlu bingung dan repot bagaimana melakukannya. Sebab kerang ini hanyalah tinggal dimasak saja dengan bumbu yang sesuai selera.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daging Kuda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kerang Hijau untuk Kecantikan :

1. Membuat Awet Muda

Semua perempuan dan laki-laki tentu ingin berwajah cantik dan selalu muda. Bagi sebagian orang hal itu sangat mustahil, karena untuk mengubah wajah yang menua kepada muda sangatlah tidak mudah. Semua itu bisa diselesaikan dengan modal sedikit dan hasil yang menjanjikan, caranya sangat sederhana, yaitu cukup makan kerang hijau dengan rutin, sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

2. Melembabkan Kulit

Kulit yang lembab adalah kulit yang sehat. Orang yang sibuk dalam beraktivitas biasanya akan kelelahan, itu bisa dilihat dari wajah yang berminyak, kering dan mudah dihinggapi jerawat. Untuk mengatasi itu semua bisa melakukan cara sederhana dan hasil yang memuaskan, yaitu dengan cara rutin memakan daging kerang hijau.

3. Membuat Badan Gemuk Berisi

Seseorang yang bertubuh kurus dan kecil tentu sangat ingin memperbesar badannya. Ada satu cara ampuh untuk menanggulangi permasalahan tersebut, yaitu dengan cara mengonsumsi daging kerang hijau yang sudah dimasak dengan baik dan bersih.

4. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka menjadi momok menakutkan bagi pemuda-pemudi, terutama kaum wanita. Namun kini tak usah khawatir lagi untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh, cukup rutin memakan olahan kerang hijau yang telah dimasak dengan teknik yang higienis dan sehat.

5. Memudarkan Garis-Garis Kerutan di Wajah

Kerutan di wajah sangat mengganggu kepercayaan diri bukan? Ada cara mudah dan ampuh untuk menghilangkan garis-garis kerutan tersebut, yaitu rutin memakan kerang hijau rebus. Kombinasikan dengan perawatan wajah lainnya, seperti rajin makan buah dan sayur.

Manfaat Kerang Hijau untuk Kecantikan yang Lainnya :

6. Mengencangkan kulit
7. Membuat kulit wajah jadi halus
8. Melembabkan kulit
9. Mengatasi minyak berlebih di wajah
10. Menguatkan akar rambut
11. Mencegah kebotakan di usia dini
12. Mengatasi ubanan di usia dini
13. Meningkatkan kesuburan wanita
14. Membuat badan jadi lebih sintal
15. Membesarkan otot
16. Meninggikan badan
17. Mencegah anoreksia
18. Membuat bibir jadi merah lembut
19. Mengatasi bibir kering
20. Mengatasi kulit kering dan bersisik

Cara Memanfaatkan Kerang Hijau untuk Kecantikan :

Tidak ada cara-cara yang khusus agar kerang hijau menjadi memiliki manfaat untuk kecantikan tubuh manusia. Perolehan gizinya untuk kulit hanya dapat dilakukan dengan dimakan. Jadi kunci kesuksesan perawatan kulit dengan kerang ijo ini ada pada teknik masaknya yang harus bersih dan higienis. Kurangi penggunaan minyak karena minyak bisa bikin wajah cepat menua, komedoan dan tersumbat pori-porinya.

Efek Samping Kerang Hijau :

Meskipun kandungan gizinya banyak, namun makan kerang ijo mungkin saja akan memicu kemunculan gejala negatif, seperti:

1. Gatal-Gatal
2. Ruam Kemerahan
3. Bintitan
4. Mual
5. Keracunan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kerang Dara untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Namun jangan khawatir, sebab makan kerang hijau bisa menjadi terobosan makanan bergizi, di kala menjamurnya junkfood dan instant food di era modern ini. Meski demikian, seseorang mesti antisipasi dengan hipertensi akibat konsumsi kerang. Keluhan lainnya yang juga menjadi momok adalah di masa lalu peredaran kerang ini pernah tidak sehat karena konon mengandung racun timbal. Pernah ada masa di mana kerang ijo selalu mendapatkan stigma akibat kejadian keracunan itu.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top