Connect with us
Ketan Hitam, Manfaat Ketan Hitam, Khasiat Ketan Hitam

Makanan

47 Manfaat dan Khasiat Ketan Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Ketan Hitam – Ketan Hitam, Beras Ketan Hitam, Ketan Item atau Ketan Ireng adalah jenis beras ketan yang memiliki bulir-bulir beras warna hitam. Beras ini lazim dikonsumsi untuk membuat aneka makanan, seperti bubur ketan item dan kepok. Selain itu, rebusan ketan item ini juga biasanya dicampurkan ke dalam es campur, es doger dan aneka jenis minuman es menyegarkan lainnya. Manfaat ketan hitam untuk kesehatan diyakini ampuh menurunkan kadar gula darah. Sehingga cocok dan aman dikonsumsi para pengidap diabetes.

Ketan Hitam, Manfaat Ketan Hitam, Khasiat Ketan Hitam

Tekstur ketan hitam itu legit, lengket dan kenyal, sebagaimana ketan putih. Rasanya pun ada semu manis dan pahitnya. Namun teksturnya ketika direbus atau ditanak akan lebih keras kulitnya, seperti ada cangkang atau selaput tipisnya di luar. Selain untuk diabetes, khasiat ketan hitam untuk kecantikan sangat ampuh dalam mengangkat sel kulit mati.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ketan Hitam :

Apa sajakah kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram ketan hitam? Sebagaimana bahan makanan lainnya, tentu beras berwarna hitam kecoklatan ini memang memiliki banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Berikut adalah rinciannya:

• Energi Total: 350 kkal
• Karbohidrat: 77 gram
• Protein: 8 gram
• Lemak: 1,3 gram
• Serat: 20 gram
• Indeks Glikemik: 42
• Kalsium: 11 mg
• Fosfor: 140 mg
• Zat Besi: 1mg
• Vitamin B1: 0,2 mg

Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan :

1. Menjadi Sumber Karbohidrat

Manfaat ketan hitam sangat bagus untuk memenuhi karbohidrat. Perlu diketahui, tubuh manusia amat membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Tanpa memakan makanan yang mengandung karbohidrat, niscaya tubuh lemas. Salah satu sumber karbohidrat ternyata ada pada beras ketan ireng ini.

2. Menambah Stamina

Memang menjadikan ketan hitam sebagai bahan makanan untuk sehari-hari itu amat sulit. Pasalnya, ketan ini tidak lazim dikonsumsi dengan lauk-pauk sebagaimana beras putih. Namun seseorang tak ada salahnya mencoba rutin konsumsi ketan item ini, agar staminanya meningkat. Mengolahnya bisa dengan cara direbus untuk dijadikan bubur ketan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain sebagai sumber karbohidrat dan menambah stamina, ternyata manfaat ketan hitam pun bagus sekali untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas ini memang perlu selalu dijaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Salah satu sumber makanan yang baik untuk sistem imun ini adalah ketan item.

4. Menambah Zat Besi

Kemudian, rupanya khasiat ketan hitam untuk kesehatan bagus pula menjadi sumber zat besi. Orang yang rutin memakan ketan warna hitam pastilah terpenuhi kebutuhan tubuhnya akan zat besi. Sehingga terhindar dari penyakit kekurangan zat besi, seperti anemia.

5. Membuat Pikiran Tenang

Mengonsumsi ketan hitam juga bagus sekali untuk membuat pikiran menjadi tenang. Sebab beras ketan item ini ampuh dalam memicu keluarnya hormon serotonin dan endorfin yang membuat rasa senang meletup dan jiwa selalu dalam kondisi positif dan kondusif. Seluruh rasa stress hilang, pikiran tenang sepanjang hari.

Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menurunkan tekanan darah
7. Menambah energi
8. Menguatkan tulang
9. Mencegah gigi keropos
10. Meringankan nyeri sendi
11. Menghilangkan depresi
12. Membuat badan segar
13. Menenangkan syaraf pusat
14. Mencegah gangguan darah
15. Mengatasi tekanan darah rendah
16. Mencegah jantung koroner
17. Mengatasi diabetes
18. Melatih usus agar sehat
19. Melancarkan saluran pencernaan
20. Mengatasi gangguan mata rabun jauh

Cara Memanfaatkan Ketan Hitam untuk Kesehatan :

Kalau untuk kesehatan, memanfaatkan ketan hitam ini juga amat mudah. Caranya tinggal ketan dicuci sampai bersih. Kemudian bisa langsung direbus dengan air hingga matang dan lunak. Menambah santan dan sedikit garam, maka sudah bisa menjadi bubur ketan yang nikmat. Selain rasanya yang lezat, ketan item ini pun baik sekali untuk kesehatan, seperti yang diuraikan dalam aneka manfaat di atas.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Nasi Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Ketan Hitam untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan Kulit

Khasiat ketan hitam bagus sekali untuk menghaluskan kulit. Ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang sedang mengalami penuaan dini pada kulitnya. Orang yang rutin memakan beras ketan item ini memang menunjukkan perbaikan kulit tubuhnya secara signifikan menjadi lebih kencang tanpa kerutan.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain itu memakai masker ketan hitam secara rutin pada wajah juga akan membantu angkat sel kulit mati. Ini terjadi karena beras ketan item memang memberikan efek pengelupasan kulit jika dipakai dengan cara yang benar. Masker sebaiknya dicampur dengan bahan lain seperti madu atau susu, ini untuk memudahkan saat pengaplikasian ke wajah.

3. Memutihkan Kulit

Kemudian, manfaat ketan hitam bagus pula untuk memutihkan kulit. Ini merupakan efek domino dari manfaat sebelumnya. Maksudnya, setelah sel kulit mati terangkat, otomatis kulit menjadi nampak lebih putih. Sehingga memang beras ketan warna hitam ini cocok untuk perawatan ku;lit sehari-hari.

4. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Jerawat tidak selalu hilang dengan mulus tanpa bekas. Justru kebanyakan jerawat menimbulkan bekas hitam-hitam yang sulit sekali hilangnya. Untuk itu, segeralah atasi segera bekas hitam ini dengan masker ketan item. Manfaat beras ketan warna hitam memang baik sekali dalam memudarkan kemudian menghilangkan bekas hitam jerawat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini bisa terjadi kepada siapa saja, tidak memandang usia maupun status ekonomi. Sebab penuaan dini merupakan kondisi di mana kulit menua karena faktor psikis maupun penyakit tertentu yang menimpa. Untuk menyembuhkan penuaan dini amatlah sulit, membutuhkan banyak treatment. Paling sederhana tentu saja dengan menggunakan ketan hitam yang dijadikan bahan membuat masker maupun lulur badan.

Manfaat Ketan Hitam untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memerahkan bibir
7. Mengatasi mulut kering
8. Meremajakan kulit
9. Memutihkan gigi
10. Membuat kulit kenyal
11. Meningkatkan elastisitas kulit
12. Mengatasi bau badan
13. Membuat badan langsing
14. Membuang lemak berlebih
15. Memudarkan flek hitam
16. Mencegah munculnya jerawat
17. Mengatasi penumpukan minyak di wajah
18. Mencegah dan menghilangkan komedo
19. Menghilangkan selulit
20. Membuat badan fresh dan cerah

Cara Memanfaatkan Ketan Hitam untuk Kecantikan :

Untuk kecantikan, tidaklah sulit menggunakan ketan hitam sebagai bahan pembuatan masker maupun lulur. Sebagaimana membuat masker beras pada umumnya, beras ketan ini mesti dicuci dulu sampai bersih, kemudian dikeringkan. Lalu setelah itu tinggal ditumbuk dan dicampur dengan air, susu, madu atau putih telur. Barulah kemudian diaplikasikan ke wajah dan seluruh badan yang diinginkan. Jangan lupa buat menggosok-ngosok secara perlahan selama pengaplikasian karena tekstur beras ketan hitam yang agak kasar bisa menjadi scrub alami.

Efek Samping Ketan Hitam :

Perlu diketahui bahwa meskipun ketan ireng memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadinya efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa dirasakan sebagian orang sebagai tanda adanya alergi atau senstitivitas kulit dan tubuh dalam menerima salah satu jenis beras ketan ini:

1. Gatal-Gatal
2. Kulit Kemerahan
3. Bentol-Bentol
4. Luka Parut
5. Kenaikan Asam Lambung
6. Nyeri Perut
7. Mual

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Beras Hitam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Meskipun efek sampingnya ada beberapa seperti tercantum di atas, namun selama ini belum pernah ada laporan fatal mengenai dampak konsumsi ketan item. Hanya saja buat para penderita gangguan lambung seperti dyspepsia dan GERD janganlah sesekali konsumsi beras ketan hitam ini. Sebab nantinya bisa memicu kenaikan asam lambung. Namun untuk mereka yang tidak memiliki masalah lambung, tentu saja ketan warna hitam ini menjadi terobosan untuk bahan membuat skincare, serta bisa menjadi bahan masakan yang lezat.

Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top