Connect with us

34 Manfaat Gula Merah untuk Obat, Kecantikan, Pernafasan, Diet dan Bayi

Makanan

34 Manfaat Gula Merah untuk Obat, Kecantikan, Pernafasan, Diet dan Bayi

Manfaat Gula Merah – Gula merah merupakan salah satu makanan yang memiliki rasa manis dan banyak disukai orang. Cita rasa manisnya memberikan banyak manfaat yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Seperti untuk campuran minuman atau bahan makanan. Gula merah juga dikenal sebagai gula aren. Salah satu kelompok makanan yang memiliki rasa manis ini berasal dari nira pohon aren. Hasil olahan dari nira tersebut kemudian diolah menjadi gula dalam berbagai bentuk, misalnya setengah lingkaran, tabung hingga seperti batok kelapa.

Gula Merah

Pada umumnya jenis makanan ini memang dikonsumsi sebagai bumbu masakan atau campuran wedang ataupun es. Padahal pada kenyataannya tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai makanan pelengkap, melainkan bermanfaat baik bagi penyakit maupun kecantikan. Adapun penjelasan lebih rinci mengenai berbagai manfaat gula merah dijelaskan pada artikel berikut ini.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Gula Merah

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai manfaat makanan manis ini, maka sebaiknya kenali terlebih dahulu gizi dan nutrisi apa saja yang terkandung dalam gula merah. Adapun berbagai nutrisi yang terkandung diantaranyam seperti energi sebanyak 368 kkal, karbohidrat sebanyak 95 gram, kalsium 75 mg, fosfor 35 mg, serta  zat besi 3 mg.

Berbagai kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah energi. Terutama zat besi yang terkandung pada gula merah yang dapat meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh.

Loading...

Manfaat Gula Merah Untuk Pengobatan Penyakit

1. Mencegah Anemia

Gula merah mengandung banyak zat besi dan folat. Kandungan kedua nutrisi ini dapat membantu mengatasi anemia. Disamping itu gula jawa juga dipercaya mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita anemia.

2. Meredakan Nyeri Sendi

Masalah nyeri sendi juga bisa diobati dengan gula yang berwarna cokelat ini. Cara mengobati nyeri sendi dengan bahan alami ini dapat dilakukan dengan mencampur gula merah dengan air rebusan kunyit. Untuk meredakan nyeri sendi gula aren juga bisa diaplikasikan dengan air rebusan jahe.

3. Membersihkan Darah

Seperti yang kita tahu bahwa kandungan zat besi dalam gula ini mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Selain dapat mengatasi anemia, homoglobin juga berfungi mngganti sel-sel darah yang rusak. Sehingga dengan mengonsumsi makanan ini maka sel-sel darah yang rusak dapat terganti dengan hemoglobin yang dihasilkan tubuh akibat mengkonsumsi gula.

4. Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Kandungan bahan alami pada makanan manis ini dipercaya mampu mengatasi gangguan sistem saraf. Beberapa masalah sistem saraf juga bisa diatasi dengan makanan manis seperti gula merah. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa minuman atau makanan manis dapat meningkatkan konsentrasi dan mental seseorang.

Manfaat Gula Merah Untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

5. Meredakan nyeri saat menstruasi.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Meningkatkan jumlah hemoglobin.

8. Meningkatkan fungsi pencernaan.

Manfaat Gula Merah Untuk Kecantikan

1. Mengobati Jerawat

Penggunaan gula merah sebagai obat jerawat dapat diaplikasikan sebagai masker wajah.biasanya jerawat timbul karena kotoran dan menumpuknya sel kulit mati pada wajah. Sementara itu, gula jawa telah terbukti mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah. Maka tak jarang banyak orang yang menggunakan makanan ini untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit berjerawat.

2. Perawatan Kulit

Salah satu ciri wanita yang awet muda adalah memiliki kulit berkilau dan kencang. Untuk mendapatkan kulit wajah yang demikian Anda bisa mengambil manfaat dari makanan manis ini. Kandungan asam glikomatnya mampu membantu kulit tampak berkilau. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampur perasan lemon, madu dan gula merah kemudian jadikan sebagai masker wajah.

3. Mencegah Penuaan Dini

Bagi wanita masalah kulit keriput memang sering membuat khawatir tidak terliht muda lagi. Padahal ada cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini dengan cara meminimalisir kulit keriput, yaitu dengan menggunakan gula. Kandungan asam glikomat pada gula merah juga diipercaya ampuh meningkatkan elastisitas kulit serta mengencangkan garis-garis kerutan.

Manfaat Gula Merah Untuk Kecantikan Lainnya

4. Menurunkan berat badan.

5. Mengatasi keriput.

6. Mengatasi pigmentasi pada kulit.

7. Melembutkan rambut.

Manfaat Gula Merah Untuk Pernapasan

1. Mencegah Asma

Asma bisa saja disebabkan karena alergi terhadap debu, udara ataupun kotoran. Alergi yang menyebabkan timbulnya penyakit asma bisa diatasi dengan gula merah. Mengkonsumsi jenis gula ini dapat mencegah asma serta melawan reaksi terhadap alergi.

2. Meredakan Batuk

Gula merah sebagai solusi untuk meredakan batuk telah dikenal pada masyarakat India kuno. Orang-orang India kuno percaya bahwa gula dapat mengobati batuk bahkan pilek dan demam. Ini karena kandungan dalam gula merah yang dapat menambah sistem imun. Disamping itu gula jawa untuk meredakan batuk terbukti mampu meluruhkan lendir pada tenggorokkan.

Manfaat Gula Merah untuk Pernapasan Lainnya

3. Mencegah masalah pernafasan.

Manfaat Gula Merah Untuk Diet

1. Mengandung Indeks Glikemik Yang Rendah Sheingga Tidak Menyebabkan Obesitas

Indeks glikemik merupakan penunjuk kecepatan makanan dapat diubah menjadi gula. Semakin tinggi indeks glikemik makanan maka semakin lama tubuh mengubahnya menjadi gula. Hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas ataupun diabetes. Gula merah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga meskipun tetap dikonsumsi tidak akan menyebabkan obesitas, dan baik untuk program diet Anda.

2. Rendah Kalori

Setiap orang membutuhkan kalori sebagai sumber energi mereka. tanpa kalori tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Bagi Anda yang sedang dalam program diet, kebutuhan kalori bisa didapatkan dari gula merah. Dengan mengkonsumsinya kebutuhan kalori tetap terpenuhi. Disamping itu, karena makanan ini rendah kalori jadi Anda tidak perlu khawatir meskipun sedang dalam program diet.

3. Dapat Mencukupi Kebutuhan Asam Amino Tubuh

Asam amino juga merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kebutuhan asam amino bisa didapatkan dari makanan ini. Apalagi dalam program diet biasanya orang mengurangi asupan makanan sehingga membuat energi berkurang. Jika Anda mengkonsumsinya saat dalam masa diet, selain mencukupi kebutuhan asam amino juga dapat menambah sumber energi bagi tubuh.

Manfaat Gula Merah untuk Diet Lainnya

4. Dapat menambah tenaga meskipun asupan makanan berkurang.

5. Mengandung kalium yang dapat membantu proses metabolisme.

6. Sebagai bahan makanan tambahan pengganti karbohidrat

Manfaat Gula Merah Untuk Bayi

1. Minuman Pengganti Susu

Pada jaman dahulu saat orang tua tidak mampu membeli susu, mereka sering menggantinya dengan memberikan air gula merah. Minuman ini sering dijadikan sebagai minuman pengganti susu. Biasanya disajikan dengan campuran air rebusan beras. Minuman ini kerap dikenal dengan sebutan air tajin. Rasa manis pada gula diberikan sebagai pengganti rasa manis pada susu.

Manfaat Gula Merah Untuk Bayi Lainnya

2. Membantu pencernaan bayi.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

4. Mencegah anemia

5. Membersihkan jantung.

6. Memperkuat tulang bayi

Efek Samping Gula Merah

  1. Meningkatkan kadar gula darah
  2. Mengganggu kesehatan gigi
  3. Dapat memicu diabetes
  4. Dapat mengganggu kesehatan hati

Terdapat banyak manfaat yang didapatkan jika kita mengkonsumsi gula merah. Mulai dari manfaat untuk kesehatan, kecantikan bahkan untuk bayi. Hal ini membuktikan bahwa gula jawa memang memiliki kandungan gizi yang menyehatkan.

Meskipun begitu konsumsi gula secara berlebihan juga tidak dianjurkan. Sebaiknya konsumsilah makanan atau minuman manis secukupnya. Sebab gula selain memiliki banyak manfaat juga memiliki efek samping yang kemunginan bisa saja terjadi jika terlalu berlebihan dikonsumsi.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top