Connect with us
Nasi Merah, Manfaat Nasi Merah, Khasiat Nasi Merah

Makanan

35 Manfaat dan Khasiat Nasi Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Nasi merah merupakan makanan pokok serta biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi putih yang berasal dari olahan atau rebusan beras merah. Nasi merah berasal dari beras merah yang memiliki tekstur dan rasa yang khas dibandingkan dengan beras putih. Sama halnya seperti beras putih, beras merah juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Perebedaan diantara keduanya adalah kandungan nutrisinya yaang menjadikan manfaat beras merah lebih dirasakan dibandingkan dengan beras putih.

Nasi Merah, Manfaat Nasi Merah, Khasiat Nasi Merah

Rasanya yang khas dan kandungan gizi yang tinggi menjadikan nasi merah memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita maupun untuk kecantikan. Beras merah juga disarankan untuk para penderita obesitas untuk membantu proses penurunan berat badan. Namun disamping itu semua, nasi merah tetap memiliki kelemahan yakni mudah basi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Nasi Merah :

Nasi merah yang berasal dari beras merah memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai kandungan tersebut diantaranya serat, karbohidrat, vitamin A, B, zat oryzanol, zat antosianin dan juga sedikit gula. Selain itu, beras merah juga mengandung mineral penting yang bagus untuk tubuh seperti magnesium, zinc, mangan, kaliu dan selenium. Di dalam beras merah juga terdapat kandungan kalori yang jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan jumlah kalori pada beras putih.

Manfaat Nasi Merah untuk Kesehatan :

1. Sumber energi

Sebagai bahan makanan pokok, nasi merah mengandung karbohidrat yang mampu memberikan asupan energi pada tubuh. Sumber energi ini sangat dibutuhkan agar manusia bisa melanjutkan aktivitasnya dengan semangat. Selain itu, beras merah juga memiliki kandungan mangan yang bermanfaat untuk membantu mengubah protein dan karbohidrat menjadi sumber energi sehingga tubuh menjadi lebih bertenaga.

Loading...

2. Mengobati sakit asma

Kandungan mineral pada beras merah yaitu magnesium diyakini mampu membantu mengatur pola sistem pernafasan. Namun bagi anda yang mungkin menderita asma, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsi nasi merah.

3. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Nasi merah memiliki banyak kandungan serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Beras merah ini juga lebih mudah dicerna sehingga menjadikan sisa makanan segera keluar dan tidak menumpuk di usus besar. Dengan demikian, kita akan terhindar dari resiko gangguan pencernaan dan BAB pun lancar.

4. Baik untuk ibu hamil

Ibu yang sedang mengandung rentan terhadap suatu penyakit. Dengan mengkonsumsi nasi merah dapat menjadikan daya tahan tubuh sang ibu menjadi kuat karena kandungan zat antioksidan dalam beras ini mampu melawan bakteri dan virus.

5. Membantu mencegah resiko kanker usus

Menumpuknya kotoran pada usus besar yang terlalu lama dan mengendap dapat mengakibatkan kasus kanker usus. Zat sisa dan kotoran tersebut dapat membusuk dan akhirnya akan mengakibatkan perkembangbiakan bakteri. Jika hal ini terjadi, usus akan kotor dan gejala kanker usus tidak bisa dielakkan. Beras merah bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga zat sisa dan kotoran dapat dibuang bersama feses setiap hari.

Manfaat Nasi Merah untuk Kesehatan Lainnya

6. Membantu menjaga kesehatan tulang

7. Sebagai lulur untuk membersihkan badan

8. Mencegah batu empedu

9. Mencegah efek negatif dari serangan matahari

10. Menangkal radikal bebas

11. Mencegah terbentuknya sel kanker

12. Mengendalikan kadar gula darah

13. Menu sehat untuk program diet

14. Menjaga kesehatan jantung

15. Menurunkan kolesterol

16. Mencegah resiko diabetes

17. Menjadikan berat badan ideal

18. Mempercepat proses penyembuhan luka

19. Melindungi sel saraf

20. Dijadikan bedak dingin

21. Mengontrol kelebihan lemak

22. Meningkatkan kolesterol baik

23. Menyehatkan dan menguatkan gigi

24. Mencegah perut buncit

25. Sebagai antioksidan alami

26. Makanan sehat untuk bayi

27. Mengobati kencing manis

Cara Memanfaatkan Nasi Merah untuk Kesehatan :

Agar beras merah menjadi masakan yang bercita rasa khas dan menggugah selera, maka harus dimasak menjadi nasi merah dengan tekstur yang pas dan cocok di lidah. Caranya:

  1. Beras merah seharusnya diolah dengan direbus menggunakan air mendidih dan ditunggu sampai airnya habis. Setelah itu, beras merah dapat dimasak dengan rice cooker sampai matang.
  2. Anda bisa menambahkan air dengan takaran lebih banyak dibandingkan dengan memasaka beras putih karena beras merah membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa matang dengan sempurna.
  3. Jika anda menginginkan nasi yang pulen dan menarik maka anda bisa mencampur beras putih dengan beras merah dengan perbandingan yang sama.
  4. Aduklah beras merah secara merata sesekali agar zat pati yang terkandung didalamnya dapat keluar dan bisa menjadi pulen.
  5. Tambahkan daun pandan atau selembar daun salam serta diberi alas kukusan berlapis daun pisang untuk mendapatkan aroma yang harum.
  6. Sajikan nasi merah selagi hangat agar tidak menjadi keras dan sepa karena sudah dingin.
  7. Konsumsi berat merah dengan lauk pauk beragam untuk mendapatkan gizi yang seimbang.
  8. Mengkreasikan beras merah menjadi aneka kue dengan tepung beras merah juga baik agar anda menjadi tergugah untuk menyantabnya.

Manfaat Nasi Merah untuk Kecantikan :

1. Melembutkan dan menghaluskan kulit

Beras merah tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh saja, namun beras ini juga memiliki khasiat untuk mempercantik penampilan. Beras merah memiliki kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk menjaga kadar gula untuk menjadikan kulit nampak lembut dan halus.

2. Melembabkan kulit

Memiliki masalah kulit kering akan menjadikan kita merasa kurang percaya diri. Jika dibiarkan terlalul lama, kulit ini akan menjadi bersisik bahkan pecah-pecah. Kandungan alami dalam beras merah dapat dimanfaatkan sebagai lulur untuk melembabkan kulit anda.

3. Meremajakan kulit

Kandungan zat selenium pada beras merah berfungsi untuk mengurang peradangan kulit dan juga menjaga elastisitas kulit. Beras merah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah alami untuk menjadikan kulit nampak lebih kencang.

4. Mencerahkan bibir

Bagi anda yang memiliki masalah bibir pecah-pecah dan kusam, anda bisa mencoba mengoleskan air tajin dari beras merah ini pada seluruh area bibir secara berulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menyembuhkan kulit yang terkena sengatan matahari

Apabila anda sedang mengalami masalah kulit yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, anda bisa menggunakan lulur beras merah untuk diaplikasikan pada seluruh area kulit yang terbakar. Hal ini juga akan mempercepat proses penyembuhan luka dan meredakana rasa perih akibat luka bakar tersebut.

Manfaat Nasi Merah untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melembutkan tangan

Cara Memanfaatkan Nasi Merah untuk Kecantikan :

Bahan:

  1. beras merah 150 gr
  2. santan 1 sdm
  3. daging labu segar 70 gr

Cara Membuat :

  1. Rendam beras ke dalam air hangat lalu tunggu hingga 1 jam.
  2. Kemudian saring air beras dan ambil berasnya untuk diblender.
  3. Tambahkan santan dan juga labu lalu blender sekitar 30 detik.
  4. Gunakan lulur tersebut untuk wajah dan juga kulit lainnya untuk mendapatkan kulit yang sehat, bersih, dan bersinar.

Efek Samping Nasi Merah :

Efek Samping Nasi Merah

Tentu saja setiap makanan yang bermanfaat juga memiliki efek samping tak terkecuali beras merah. Beras merah mengandung lektin dan fiktat yang dapat mengikat mineral dan vitamin seperti tembaga, seng, niasin, magnesium dan kalsium sehingga tubuh akan menjadi susah untuk mencernanya. Selain itu, beras ini juga mampu menghambat pepsin yang bermanfaat untuk memecah protein menjadi pepson. Jika hal ini terjadi maka sistem pencernaan bisa jadi akan mengalami gangguan.

Selain kandungan lektin dan fiktat pada beras merah, juga terdapat kandungan leaky gut syndrome yang dapat meningkatkan permeabilitas usus dan merusakkan jaringannya. Jika jaringan usus mengalami kerusakan maka tubuh tidak mampu mencerna bakteri jahat, protein dan juga partikel lain hingga masuk pada sirkulasi darah. Jika ini dibiarkan dapat menyebabkan efek samping yang memicu penyakit autoimun dan gangguan mental.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Nasi Putih untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Ternyata nasi merah tidak hanya menjadi bahan makanan pokok yang nikmat dilidah dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Tentunya hal ini juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi nasi merah dengan takaran yang sesuai.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Makanan

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top