Connect with us
Nasi Putih, Manfaat Nasi Putih, Khasiat Nasi Putih

Makanan

32 Manfaat dan Khasiat Nasi Putih untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Nasi putih merupakan bahan makanan yang terbuat dari rebusan beras putih. Makanan ini merupakan salah satu makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia setiap harinya. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat nasi ini. Kita pada umumnya mengkonsumsi makanan ini untuk mengganjal perut dan menghilangkan rasa lapar. Padahal sebenarnya nasi putih ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Nasi Putih, Manfaat Nasi Putih, Khasiat Nasi Putih

Manfaat nasi bagi kesehatan tubuh yang utama adalah sebagai sumber karbohidrat dan sumber energi. Indonesia sendiri merupakan salah satu negeri lumpung padi terbesar yang menghasikan beras berkualitas. Faktor inilah yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Nasi Putih :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Nasi Putih

Dalam 100 gr nasi putih terdapat kandungan gizi sebagai berikut :

  • Kalori 129
  • Karbohidrat 27,9 gr
  • Lemak 0,28 gr
  • Protein 2,66 gr

Rinciannya adalah Kalori : 89% karbohidrat, 2% lemak, 9% protein.

Manfaat Nasi Putih untuk Kesehatan :

1. Sebagai sumber energi

Nasi merupakan salah satu jenis makanan pokok yang sangat urgen bagi tubuh kita. Oleh karena itu tak heran jika banyak penduduk di dunia ini yang memilih nasi sebagai makanan pokoknya. Kandungan kalori serta karbohidrat pada nasi merupakan sumber tenaga yang sangat bermanfaat. Sumber tak tergantikan ini memang dirasa sangat penting bagi tubuh kita.

2. Membantu mengobati disentri

Bagian nasi pada kulit arinya memiliki manfaat untuk mengobati disentri. Sekam padi yang umumnya masih berusia tiga bulan memiliki kandungan diuretic properties. Bahkan menurut orang China nasi ini merupakan makanan yang dapat meningkatkan selera makan, menyembuhkan penyakit pencernaan dan sakit perut.

3. Nutrisi penting untuk menyehatkan tulang

Nasi putih merupakan vitamin penting untuk menyehatkan tulang dan membentuknya agar tumbuh dengan sempurna. Kandungan kalsium yang terdapat pada nasi berperan penting dalam membentuk tulang agar selalu kuat dan terhindar dari resiko osteoporosis di usia senja.

4. Membantu mencegah resiko kanker

Banyak riset yang menyatakan bahwa kandungan serat insoluble pada nasi mampu mengurangi resiko tumbuhnya sel pemicu kanker dalam tubuh.

5. Membantu menyehatkan jantung

Mengkonsumsi nasi putih sangat bagus bagi mereka yang menderita sakit jantung. Kandungan gizi yang terdapat pada nasi diyakini mampu menjadikan jantung semakin sehat. Oleh sebab itu, bagi anda yang mungkin sedang bermasalah dengan kesehatan jantung usahakan untuk mengkonsumsi nasi sebagai menu makanan anda.

Manfaat Nasi Putih untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mendukung pertumbuhan manusia mulai dari bayi hingga berumur tua

7. Membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh

8. Menjadikan mood bahagia

9. Mencegah rusaknya jaringan otot

10. Membantu menyehatkan gigi

11. Sumber vitamin

12. Nasi non kolesterol

13. Mencegah timbulnya berbagai macam penyakit

14. Mengendalikan berat badan

15. Mengatasi gangguan kecemasan

16. Menyehatkan sistem pencernaan

17. Membantu mengontrol karbohidrat

18. Mencegah resiko diabetes

19. Mengobati sakit perut

20. Melancakarkan BAB

21. Mencegah sembelit

22. Mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh

23. Membantiu meningkatkan nafsu makan

Cara Memanfaatkan Nasi Putih untuk Kesehatan :

Untuk mencegah adanya kerak pada saat anda memasak nasi, maka usahakan untuk menggunaan panci dengan bahan dasar tebal. Tidak disarankan untuk mengaduk nasi pada saat dimasak karena ini dapat membuat nasi terlihat lengket dan teksturnya menjadi rusak. Tambahkan sedikit minyak zaitun saat proses memasak nasi agar nasi tidak lengket pada panci. Konsumsi nasi putih yang masih setengah matang juga bisa anda lakukan dimana 1 cangkir nasi akan memenuhi sekitar 17% kebutuhan karbohirat harian.

Manfaat Nasi Putih untuk Kecantikan :

1. Membantu mengecilkan pori-pori pada wajah

Pori-pori yang besar pada wajah sangat mengganggu penampilan wanita. Berbagai cara akan dilakukan untuk bisa menghilangkan masalah tersebut agar penampilan menjadi lebih sempurna. Salah satu cara untuk mengatasi masalah pori-pori wajah adalah dengan mengkonsumsi nasi putih. Selain mengkonsumsi nasi secara rutin, kita juga bisa memanfaatkan beras putih sebagai masker alami untuk menghilangkan pori-pori pada wajah.

2. Menghaluskan kulit

Penggunaan beras putih pada produk kecantikan memang sudah diyakini sejak lama. Bahkan beras putih juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Selain diaplikasikan dalam bentuk masker, air cucian dari beras putih juga bisa dijadikan untuk membuat kulit kita nampak halus dan lembut.

3. Memutihkan kulit

Memiliki kulit yang putih dan bersinar adalah impian setiap orang terutama bagi wanita. Banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan kelebihan untuk menjadikan kulit semakin putih dan bercahaya. Namun anda juga bisa membuat bahan alami sendiri sebagai masker atau lulur kecantikan anda dengan menggunakan beras putih.

4. Membantu mengangkat sel kulit mati

Penggunaan beras putih untuk dijadikan scrub wajah atau lulur juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar wajah nampak lebih cerah. Scrub wajah ini bisa anda buat dari beras putih yang sudah dihaluskan terlebih dahulu hingga benar-benar halus karena jika kita menggunakan beras yang masih kasar justru akan membuat kulit wajah kita menjadi rusak.

Cara Memanfaatkan Nasi Putih untuk Kecantikan :

Nasi putih dapat dikonsumsi setiap hari sebagai nutrisi penting untuk menyehatkan kulit. Selain itu, kita juga bisa membuat masker alami dari beras putih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Caranya:

1. Rendam beras putih dalam waktu kurang lebih 1 jam

2. Cuci beras dan tiriskan (air cucian beras bisa dimanfaatkan untuk mencuci muka)

3. Setelah itu giling beras hingga halus

4. Ambil beras halus/ tepung beras secukupnya dan taruh ke dalam wadah

5. Tambahkan kunyit atau madu dan juga air lalu aduk sampai merata

6. Aplikasikan masker beras putih pada seluruh area wajah dan juga leher

Efek Samping Nasi Putih :

Efek Samping Nasi Putih

1. Kegemukan

Efek samping pertama dari konsumsi nasi putih adalah terjadinya kegemukan. Kandungan karbohidrat pada nasi yang cukup tinggi akan menumpuk pada tubuh jika kita konsumsi secara berlebihan.

2. Diabetes melitus

Mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang terlalu banyak juga dapat memicu diabetes. Kandungan karbohidrat dalam nasi akan segera dicerna dalam tubuh dan diubah menjadi gula. Produk gula tersebut memang sangat dibutuhkan untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Namun jika produk gula menumpuk karena terlalu banyak mengkonsumsi nasi maka produk tersebut dapat terakumulasi dalam darah dan menyebabkan resiko diabetes.

3. Kekurangan serat dan vitamin

Efek samping selanjutnya yang dapat timbul karena mengkonsumsi nasi secara berlebihan adalah kekurangan asupan serat dan vitamin. Saat kita makan nasi dalam jumlah banyak maka kita akan merasa mudah kenyang dan tidak makan banyak lauk. Padahal tubuh kita juga membutuhkan asupan serat dan vitamin yang terdapat pada sayur dan buah-buahan. Umumnya saat mengkonsumsi nasi, lauk yang dimakan adalah ikan atau daging.Hal ini memang bagus karena asupan protein dapat tercukupi. Namun sebaiknya kebutuhan serat dan vitamin juga harus dicukupi dengan mengkonsumsi buah dan sayur sebelum makan.

4. Mudah merasa lapar

Indeks kadar glikemik pada nasi cukup tinggi sehingga saat kita mengkonsumsi nasi, kadar gula dalam darah pun ikut naik. Mengkonsumsi nasi yang berlebihan tidak menjamin kita dapat tahan lapar dalam waktu yang lama. Oleh karena itu makanlah nasi secukupnya dan tambahkan menu masakan lain yang bersifat mengenyangkan seperti sayuran segar.

5. Membuat kantuk

Mengkonsumsi nasi berlebih hingga menjadikan perut terasa sangat kenyang akan membuat kita merasa mengantuk. Hal ini dikarenakan tubuh berusaha keras untuk mencerna makanan yang kita konsumsi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Oatmeal untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Nasi putih yang merupakan makanan pokok kita sehari-hari ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh namun juga dapat mempercantik penampilan. Meskipun demikian kita harus mengkonsumsi nasi dalam takaran yang pas agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top