Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Putih Telur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

100 Manfaat dan Khasiat Putih Telur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Telur dikenal sebagai bahan makanan yang baik bagi tubuh. Selain mudah didapatkan, harga telur sangat terjangkau. Putih telur biasa digunakan dalam pemenuhan nutrisi berupa protein hewani bagi atlit olahraga maupun untuk anak-anak. Kandungan nutrisi dan gizi putih telur memang sangat tinggi. Namun ternyata masih banyak kandungan lain yang miliki dimiliki oleh bagian telur yang satu ini. Masing-masing kandungan juga mempunyai manfaat yang berbeda baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Putih Telur, Manfaat Putih Telur, Khasiat Putih Telur

Telur selain sebagai sumber protein juga sabagai sumber tenaga dan vitamin seperti vitamin B, A, dan vitamin D yang masing-masing memiliki fungsi tertentu. Bagian telur ada dua yaitu bagian yang putih dan kuning. Dalam pembahasan kali ini akan difokuskan pada manfaat, kandungan, hingga bagaimana cara memanfaatkan khasiatnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Putih Telur :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Putih Telur

Putih telur sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Gizi yang terkandung ddidalamnya ternyata juga sangat banyak. Beberapa di antaranya yaitu protein, fosfor, senyawa folat, vitamin A, vitamin B-12 atau B kompleks, vitamin D, zat besi, sedikit lemak, unsur-unsur mineral penting seperti magnesium, kalsium, serta sedikit selenium, dan karbohidrat dalam jumlah yang sedikit. Secara keseluruhan, bagian putih yang terdapat pada telur mengandung 68 kalori.

Loading...

Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan :

1. Membantu Meningkatkan Kekuatan Otot Tubuh

Putih telur adalah bagian telur yang juga mengandung protein tinggi. Protein ini berguna dalam peningkatan kekuatan otot tubuh. Asam amino yang dominan memberikan peran aktif dalam meningkatkan kekokohan otot. Oleh karena itu biasanya bagian putih dalam telur menjadi makanan wajib bagi mereka yang memiliki aktivitas tinggi seperti olehragawan.

2. Bermanfaat dalam Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika dibandingkan dengan kuning telur, ternyata bagian telur yang satu ini mempunyai kadar kolesterol yang sangat rendah. Kolesterol adalah jenis lemak jahat yang apabila ditimbun terlalu banyak di dalam tubuh akan menyebabkan beberapa penyakit serius yang dapat menyerang organ penting seperti otak dan pembuluh darah.

3. Membantu Penurunan Berat Badan Berlebih

Banyak orang megonsumsi putih telur sebagai sarapan atau menu makan malam dalam program dietnya. Hal ini disebabkan karena menu sarapan yang seperti ini mengandung lemak yang sangat sedikit namun tinggi akan protein penting. Oleh karena itu sangat disaran mengonsumsi telur untuk mengurangi timbunan lemak yang berlebihan.

4. Memberikan Energi pada Tubuh

Karena kandungan putih telur yang kaya akan protein hewani, bagian ini dijadikan bahan makanan utama untuk menyediakan energi yang cukup bagi tubuh. Protein dari bagian telur yang satu ini nantinya akan disimpan di dalam otot tubuh sebagai cadangan makanan. Energi yang berasal dari bagian telur yang satu ini sangat cukup untuk melakukan aktivitas padat di luar ruangan.

5. Meredakan Efek dan Gejala Stress

Bagian putih pada telur mengandung suatu senyawa kalium. Senyawa ini ternyata berfungsi dalam meredakan maupun mencegah gejala stress dan depresi ringkan. Oleh karena itu, jika seseorang mengalami gejala depresi maupun stress yang masih terolong ringan, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi putih telur ini.

Manfaat Putih Telur lainnya untuk Kesehatan :

6. Membantu menghaluskan kulit
7. Melembabkan rambut yang kering
8. Membantu meghilangkan ketombe di kulit kepala
9. Mengatasi kerontokan rambut
10. Menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata
11. Mengencangkan kulit wajah
12. Membantu mengurangi efek kulit terbakar karena matahari
13. Mengurangi minyak yang berlebih pada rambut
14. Membantu dalam proses pengangkatan sel kulit mati
15. Memberikan nutrisi penting terhadap kulit

Cara Memanfaatkan Putih Telur untuk Kesehatan :

Mengonsumsi putih telur sangat baik bagi kesehatan terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan. Asalkan pengonsumsian tersebut tidak berlebihan. Cara memanfaatkan putih telur untuk kesehatan pun sangat sederhana dan mudah. Pisahkan bagian putihnya dari kuning telur dan cangkangnya. Selain itu, bagian putih pada telur ini juga dapat direbus atau dicampurkan dengan bahan makanan lain untuk disantap.

Manfaat Putih Telur untuk Kecantikan :

1. Menyamarkan Bintik-bintik Hitam di Wajah

Bintik-bintik hitam di wajah juga dikenal sebagi flek hitam yang muncul karena terlalu sering atau lama terpapar sinar matahari. Tentunya hal ini sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu sangat disarankan menggunakan putih telur sebagai masker alami untuk membantu kulit dalam menyamarkan bintik-bintik hitam yang mengganggu tersebut.

2. Melawan Komedo dan Jerawat

Putih telur sangat baik dalam melawan komedo maupun jerawat. Selain itu, bagian ini juga  dapat mencegah pertumbuhan komedo terutama dibagian T-face. Untuk menghilangkan komedo dan jerawat, bagian putih pada telur dapat dicampur dengan madu dan jeruk nipis kemudian dioleskan di bagian wajah yang terdapat komedo maupun jerawat. Lakukan cara ini secara teratur.

3. Mencerahkan Kulit terutama Kulit Muka

Kulit yang tidak cerah atau kusam tanda bahwa menumpukknya sel-sel kulit mati di wajah. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan putih telur sebagai pencerah kulit. Guna bagian putih dalam telur adalah mampu mempercepat proses regenerasi sel kulit yang mati. Pemakaian teratur dan berkala akan memberikan efek positif terhadap kulit yaitu semakin bertambah cerah.

4. Mengurangi Iritasi pada Kulit

Perlu diketahui bahwa putih telur mengandung suatu protein sederhana bernama asam amino yang memiliki khasiat dalam penurunan efek iritasi hingga menyembuhkan. Cara menggunakannya cukup sederhana. Capurkan putih telur dengan sabun mandi dan gunakan pada bagian kulit yang mengalami iritasi. Gunakan secara teratur.

5. Mengatasi Wajah dengan Produksi Minyak Berlebih

Wajah yang terlalu berminyak akan menyebabkan kotoran mudah menempel sehingga menyebabkan munculnya masalah jerawat maupun komedo. Masalah kulit ini dapat diatasi dengan cara menggunakan putih telur untuk masker maupun scrub. Putih telur mengandung bahan yang mampu menyerap minyak dan kotoran pada wajah.

Manfaat Putih Telur lainnya untuk Kecantikan :

6. Membantu Menghaluskan Kulit
7. Melembabkan Rambut yang Kering
8. Membantu Meghilangkan Ketombe Di kulit Kepala
9. Mengatasi Kerontokan Rambut
10. Menyamarkan Lingkaran Hitam Di sekitar Mata
11. Mengencangkan Kulit Wajah
12. Membantu Mengurangi Efek Kulit Terbakar karena Matahari
13. Mengurangi Minyak yang Berlebih pada Rambut
14. Membantu dalam Proses Pengangkatan Sel Kulit Mati
15. Memberikan Nutrisi Penting terhadap Kulit

Cara Memanfaatkan Putih Telur untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan bagian putih pada telur dengan maksimal dalam hal kecantikan, caranya sangat mudah. pertama-tama pisahkan terlebih dahulu putih telur. Kemudian campur dengan bahan-bahan alami seperti madu, jeruk nipis, maupun minyak zaitun. Setelah bahan tercampur, oleskan secara merata di bagian kulit yang mengalami masalah kulit seperti jerawat maupun komedo. Setelah mengering, bilas dengan air bersih.

Efek Samping Putih Telur :

Efek Samping Putih Telur

Wajib diketahui bahwa telur juga mengandung natrium yang tinggi yaitu sekitar 403 miligram dalam setiap butir terlur. Menurut para ahli gizi, pengonsumsian natrium dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah. Oleh karena itu sangat tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi untuk mengonsumsi putih telur dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga: Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Banyak orang yang memanfaatkan cairan putih pada telur sebagai campuran adonan makanan. Namun untuk kesehatan serta kecantikan, manfaat putih telur ini sangat banyak sekali. Boleh mengonsumsi, namun jangan banyak banyak, karena ada kandungan natrium yang dapat mempercepat kenaikan tekanan darah. Anda dapat membaca juga informasi tentang manfaat makanan lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top