45 Manfaat dan Khasiat Sayur Kangkung untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Sayur Kangkung, Manfaat Sayur Kangkung, Khasiat Sayur Kangkung

Makanan

45 Manfaat dan Khasiat Sayur Kangkung untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sayur kangkung adalah olahan makanan berbahan dasar kangkung. Biasanya jenis sayur ini dimasak dengan cara ditumis, oseng-oseng atau direbus untuk pecel, lalapan, plecing, atau sayur bening. Manfaat sayur kangkung untuk kesehatan dan kecantikan menarik buat dibahas. Pasalnya, kangkung rupanya membawa dampak baik untuk tubuh.

Sayur Kangkung, Manfaat Sayur Kangkung, Khasiat Sayur Kangkung

Khasiat sayur kangkung juga bisa untuk kesehatan bisa meningkatkan nafsu makan. Mereka yang sedang bermasalah dengan nafsu makannya, cukup dengan memasak plecing kangkung saja sudah pasti akan meningkat nafsunya. Apalagi kalau rasanya pedas. Sedangkan khasiat kangkung untuk kecantikan bagus sekali untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga keringat mudah keluar, sehingga tidak terperangkap dalam kulit yang memicu kerusakan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Sayur Kangkung :

Kangkung terkenal dengan kadar purinnya yang cukup tinggi. Selain itu, makan kangkung banyak-banyak juga tidak disarankan buat para pengidap asam urat, rematik dan gangguan persendian lainnya. Namun perlu pula diketahui bahwa di dalam 100 gram sayur kangkung itu terdapat kandungan mineral dan vitamin seperti di bawah ini:

• Kalori: 35 kkal
• Protein: 5 gram
• Lemak: 0,5 gram
• Karbohidrat: 6 gram
• Kalsium: 70 mg
• Fosfor: 50 mg
• Zat besi: 3 mg
• Vitamin A: 5 IU
• Vitamin B1: 0,02 mg
• Vitamin C: 30 mg

Loading...

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Kangkung memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh, salah satunya adalah meningkatkan nafsu makan. Bagaimana kangkung meningkatkan nafsu makan? Sayur kangkung mengandung banyak serat yang dapat mencegah terjadinya masalah pencernaan. Saat pencernaan kita lancar otomatis nafsu makan kita akan meningkat. Meningkatnya nafsu makan menjadi awal untuk memasuki kesehatan yang nyata.

2. Mencegah kanker

Bagaimana kangkung dapat mencegah resiko terkena kanker? Kangkung mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah atau menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Sehingga agar kita terhindar dari kanker kita bisa menjadikan kangkung sebagai salah satu menu makanan sehat. Hanya saja perlu diperhatikan pula bahwa meskipun kangkung baik, jangan sering-sering memakannya, sebab sayuran ini mengandung purin yang tinggi.

3. Mengobati Anemia

Salah satu kandungan yang cukup banyak dari kangkung adalah zat besi. Bagaimana sayur kangkung dapat mengobati anemia? Karena kandungan zat besi tersebut kangkung dapat mencegah anemia karena membantu produksi hemoglobin. Ketika HB dalam kadar yang normal untuk tubuh, maka manusia akan terhindar dari penyakit anemia. Zat besi yang cukup juga efektif menghindarkan dari hipotensi kronis.

4. Menyembuhkan kolesterol

Salah satu manfaat sayur kangkung adalah mengurangi kadar kolesterol. Sehingga bagi yang mengidap kolesterol tinggi bisa memanfaatkan kangkung untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol ini bisa menyebabkan kematian jika sudah memicu penyakit lainnya seperti jantung koroner, darah tinggi dan stroke, sehingga perlu untuk disembuhkan. Kandungan kolesterol rendah pada kangkung juga bagus untuk diet.

5. Mencegah Sembelit

Kangkung mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan kita. Mengonsumsi sayur kangkung secara rutin dapat mencegah sembeli. Bagi yang sering terkena sembelit bisa menjadikan kangkung sebagai menu utama. Namun tentu saja sayur ini tidak boleh dimakan terlalu banyak dan setiap hari.

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan sistem peredaran darah
7. Membuat BAB lancar
8. Mengatasi nyeri perut
9. Menetralkan asam lambung
10. Meningkatkan energi
11. Membantu metabolisme tubuh
12. Mengaktifkan hormon penting
13. Membantu kerja enzim
14. Menghilangkan rasa lapar
15. Membuat kenyang lebih lama
16. Mengobati mual
17. Mencegah panas dalam
18. Membantu penyerapan gizi
19. Membersihkan usus
20. Meluruhkan lemak jahat LDL

Cara Memanfaatkan Sayur Kangkung untuk Kesehatan :

Memanfaatkan kangkung untuk kesehatan tidak perlu bingung cara mengolahnya. Sebab sayuran ini sangat fleksibel dijadikan tumisan atau rebusan. Namun ada yang perlu diperhatikan sebelum mengolahnya, yaitu kangkung wajib dicuci sampai bersih dan dipotong kecil-kecil. Alangkah baiknya batang kangkung juga dibelah. Ini untuk menghindari adanya cacing, lintah dan parasit lainnya yang terbawa dan termakan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sayur Bayam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kecantikan :

1. Meremajakan Sel-Sel Kulit Wajah

Kangkung dapat membantu kita mengangkat kulit mati sehingga kita dapat memanfaatkan kangkung untuk meremajakan sel-sel kulit wajah. Mengapa bisa? Karena kangkung mengandung vitamin C sehingga dapat mengangkat sel kulit mati.

2. Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah

Kangkung mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga kangkung bisa dimanfaatkan untuk mengatasi minyak berlebih diwajah. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menjadikan kangkung sebagai masker. Gunakan masker ini saat anda merasa minyak diwajah anda berlebihan. Memang cukup sulit menjadikan kangkung sebagai masker, yaitu dengan diblender dulu. Namun ada cara yang paling praktis, yaitu hasil blenderannya langsung diminum saja sebagai jus.

3. Membantu Program Diet Ketat

Kandungan serat yang tinggi pada kangkung menjadikan kangkung sebagai menu yang sangat direkomendasikan saat menjalankan program pengaturan pola makan atau yang biasa kita sebut sebagai diet. Makan sayur kangkung membuat kita menjadi kenyang lebih lama. Sehingga porsi makan kita akan berkurang. Namun disarankan untuk yang tidak sedang diet, saat konsumsi kangkung agar bersamaan dengan nasi.

4. Mencerahkan Kulit Badan

Kangkung memang memiliki manfaat yang cukup banyak baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Salah satu manfaat kangkung untuk kecantikan adalah mencerahkan kulit badan. Bagaimana mencerahkan kulit badan dengan menggunakan kangkung? Caranya mudah yaitu dengan mengonsumsi kangkung yang direbus dengan sedikit bumbu-bumbu.

5. Mengatasi Kulit Kering

Salah sau manfaat kangkung adalah mengatasi kulit kering karena kandungan vitamin C yang ada pada kangkung. Bagaimana menjadikan kangkung untuk mengatasi kulit kering? Caranya adalah dengan memakan sayur kangkung secara rutin. Namun “rutin” di sini bukan berarti sering. Jadi rutinnya itu cukup 3 kali saja dalam seminggu.

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan bekas jerawat
7. Menyembuhkan jerawat meradang
8. Mengatasi gatal-gatal di kulit
9. Mencegah munculnya keloid
10. Membantu penyembuhan luka
11. Menyehatkan Kulit
12. Menutrisi kulit
13. Mengatasi bau mulut
14. Menghilangkan bau badan
15. Mencegah pertumbuhan bulu tubuh
16. Menghilangkan bau ketiak
17. Menyegarkan mulut
18. Melembabkan bibir
19. Membuat badan seksi
20. Mengatasi stress berlebih

Cara Memanfaatkan Sayur Kangkung untuk Kecantikan :

Untuk kecantikan, kangkung bisa dimakan dengan cara direbus atau ditumis. Olahan makanan seperti cah kangkung, urab kangkung, pecel kangkung atau plecing kangkung bisa menjadi alternatif. Bahkan di era modern di mana resep kuliner makin banyak, sayuran ini masuk ke dalam restoran cepat saji menjadi kudapan kangkung bakar.

Baca Juga:

Efek Samping Sayur Kangkung :

Apa sajakah efek sampingnya bila mengonsumsi sayur kangkung sehari-hari? Tentu saja ada banyak sekali efeknya yang bertentangan dengan manfaatnya. Kemudian juga seringkali menjadi pantangan bagi beberapa penderita penyakit seperti asam urat. Sebab kandungan purinnya yang tinggi di dalam sayuran ini. Berikut adalah beberapa efek sampingnya:

1. Asam Urat
2. Rematik
3. Nyeri Sendi
4. Kemasukan Organisme Parasit Seperti Cacing dan Lintah
5. Sakit Perut
6. Mengantuk
7. Bau Badan
8. Pusing
9. Meningkatnya Nafsu Makan
10. Mempercepat Pembakaran Energi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sayur Pare untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Memang demikianlah fakta terkait manfaat, khasiat, kandungan gizi dan nutrisi serta efek samping dari sayur kangkung. Mengingat ada sisi positif sekaligus sisi negatifnya, maka alangkah baiknya kalau konsumsi sayur ini janganlah banyak-banyak. Dalam seminggu cukup maksimal 3 kali sesi makan saja.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Makanan

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top