Connect with us

55 Manfaat dan Khasiat Sayur Pare untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

55 Manfaat dan Khasiat Sayur Pare untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sayur pare adalah makanan yang terbuat dari bahan utama tanaman pare serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Namun yang menjadi permasalahan adalah banyak yang tidak gemar mengkonsumsi sayur pare karena memiliki rasa yang sangat pahit. Rasa pahit pada sayuran ini memang sangat melekat terlebih jika cara penyajiannya hanya dijadikan sebagai lalapan dan cukup direbus. Sebenarnya sayur pare bisa dikonsumsi sebagai menu olahan lain yang nikmat seperti ditumis atau dijadikan tambahan olahan sayur lain misanya daging atau tempe.

Sayur Pare, Manfaat Sayur Pare, Khasiat Sayur Pare

Pare merupakan anggota dari Cucurbitaceae, termasuk labu dan melon. Tanaman peria banyak dijumpai di daerah Asia, Afrika dan Karibia. Biasanya, pare dipanen saat masih mentah dan memiliki rasa yang masih pahit-pahitnya. Ciri dari sayuran sayur pare ini adalah berbentuk seperti mentimun namun permukaannya sedikit bergerigi. Mengkonsumsi sayur pare sangat disarankan karena memiliki manfaat yang besar bukan hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Sayur Pare :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Sayur Pare

Sayuran ini menyediakan kalori yang rendah yakni 17 kalori setiap 100 gr sayur pare. Selain itu, sayuran ini juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti :

Loading...
  • Phyto Nutrien
  • Vitamin C
  • Folat
  • Serat

Vitamin B kompleks : niacin, asam pantotenat, piridoksin dan juga mineral seperti kalium, seng, zat besi dan magnesium.

Falvanoid : α-karoten, ß-karoten, zeaxanthin dan lutein.

Manfaat Sayur Pare untuk Kesehatan :

1. Membantu menyembuhkan wasir

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa sifat anti inflamasi yang terdapat pada sayuran sayur pare ini mampu meringankan gejala wasir. Pasta yang terbuat dari akar tanaman sayuran ini dapat diterapkan secara tropikal untuk mengurangi rasa sakit dan pendarahan yang diakibatkan oleh wasir.

2. Sebagai obat batu ginjal

Penyakit batu ginjal dapat menyerang siapa saja di berbagai usia. Baik mereka yang masih muda maupun dewasa berpotensi untuk menderita batu ginjal jika tidak menjalani pola hidup yang sehat. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena berpengaruh pada keluarnya air seni pada tubuh. Oleh sebab itu kita harus senantiasa merawat kesehatan ginjal kit sala satunya dengan mengkonsumsi sayur pare yang memiliki kandungan phytonutrien.

3. Mengatasi diabetes

Kandungan Polipeptida-P dan Phytonutrient pada sayuran ini sangat berkhasiat sebagai insulin untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi sayuran ini juga bagus untuk mencegah naiknya gula darah yang dapat memicu diabetes.

4. Memperkuat sistem imun

Sayur pare memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Kandungan antioksidan ini dapat melawan radikal bebas yang memicu berbagai penyebab penyakit. Mengkonsumsi sayuran ini dapat membuat anda terhindar dari berbagai resiko penyakit kronis seperti gagal ginjal, jantung dan kerusakan hati yang diakibatkan oleh radikal bebas.

5. Sebagai penangkal sel kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Jika penderita masih didiagnosis dalam stadium rendah maka penyakit ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat dan beberapa jenis makanan. Namun saat penderita sudah didiagnosis mengidap kanker stadium akhir mak penyakit ini sangat susah untuk disembuhkan. Sayuran ini ternyata diyakini mampu menangkal sel kanker yang menyerang tubuh. Sayur pare mengandung zat lesichin yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menangkal sel kanker pada tubuh.

Manfaat Sayur Pare untuk Kesehatan Lainnya :

6. Anti gigitan nyamuk

7. Mengatasi infeksi jamur

8. Menjaga kandungan pada saat kehamilan

9. Membantu menyembuhkan permasalah pernafasan

10. Membantu mengatasi HIV

11. Sebagai obat malaria

12. Membersihkan darah

13. Menambah nafsu makan

14. Membantu menurunkan kadar kolesterol

15. Mengatasi disentri

16. Membantu melancarkan sistem pencernaan

17. Mengatasi sembelit dan juga sakit usus

18. Membantu mengatasi bronkhitis

19. Sebagai obat cacing

20. Meluruhkan batuk berdahak

21. Menghambat sel leukimia

22. Menyembuhkan penyakit kuning

23. Mengatasi impotensi

24. Membantu menurunkan demam

25. Sebagai perangsang muntah

26. Mencegah terjadinya sifilis

27. Mengobati panas dalam

28. Membantu kecerdasan janin

29. Memperbaiki jaringan sel kulit mati

30. Bagus untuk penglihatan

31. Membantu pembentukan otot dan sel

32. Baik untuk kesehatan hati

33. Mencegah serangan jantung

34. Membantu meningkatkan mood

35. Mengurangi komplikasi pilek

36. Menjaga keseimbangan gizi

37. Mencegah terjadinya penyakit anemia

38. Meningkatkan fungsi otak

39. Menyehatkan rongga hidung

40. Pengatur suhu tubuh

41. Membawa oksigen ke seluruh tubuh

42. Menyehatkan reproduksi pria

Cara Memanfaatkan Sayur pare untuk Kesehatan :

Sayur pare dapat diolah sebagai menu hidangan yang lezat seperti ditumis dengan teri atau tempe. Rasa yang gurih dan juga teksurnya yang renyah sangat cocok disantap sebagai tumis dan nasi hangat. Untuk mendapatkan citarasa tumis yang nikmat tanpa rasa pahit, anda bisa mencoba tips berikut.

Diremas dengan garam

Caranya dengan memotong pare menjadi irisan tipis. Setelah itu ditaburi garam halus sambil diremas perlahan. Diamkan sayuran tersebut kurang lebih 15 menit dan cuci dengan air mengalir. Jika sudah bersih, sayuran ini siap untuk diolah menjadi menu masakan yang lezat.

Selain itu anda juga bisa menghilangkan rasa pahit pada pare dengan tips menggunakan daun jambu biji, merebus dengan garam, menggunakan tanah liat dan diberi tambahan bumbu dapur.

Manfaat Sayur Pare untuk Kecantikan :

1. Membantu mencegah penuaan dini

Kandungan senyawa flavonoid pada sayuran sayur pare bermanfaat untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini yang muncul sebelum waktunya.

2. Menghilangkan noda hitam pada kulit

Noda hitam terutama yang terdapat pada wajah akan sangat mengganggu penampilan. Bagi anda yang mungkin sedang gundah akibat masalah noda hitam pada wajah ini, maka anda bisa memanfaatkan sayuran sayur pare dengan kandungan vitamin C serta protein yang mampu menutrisi kulit agar selalu sehat dan terhindar dari noda hitam.

3. Menjadikan rambut terlihat berkilau

Setiap wanita tentunya ingin memiliki rambut yang indah dan berkilau. Anda bisa memanfaatkan sayuran ini sebagai krim sehat yang dicampur dengan yogurt lalu dioleskan pada seluruh helaian rambut.

4. Membantu membasmi jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang tidak hanya mengganggu penampilan namun juga menimbulkan rasa nyeri yang meyakitkan. Jerawat yang membandel akan susah untuk dihilangkan bahkan dapat membekas dalam waktu yang lama. Sayuran sayur pare ini ternyata memiliki khasiat yang cukup besar untuk mengatasi masalah jerawat dengan kandungan anti bakteri dan antioksidan yang ada didalamnya. Zat pahit yang terdapat pada sayuran ini juga mampu membunuh bakteri dan kuman yang memicu timbulnya jerawat.

5. Mengatasi kulit kepala kering

Sayuran ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit kepala kering dan juga gatal-gatal. Anda bisa menggunakan sayuran ini sebagai treatment rambut yang alami untuk menyingkirkan rasa gatal maupun kulit kepala kering dengan campuran buah pisang atau alpukat.

Manfaat Sayur Pare untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah masalah kulit seperti cacing cincin

7. Sebagai anti ketombe

8. Mengatasi rambut kusut dan kasar

9. Membantu mengatasi rambut berminyak

Cara Memanfaatkan Sayur Pare untuk Kecantikan :

1. Dijadikan sebagai masker alami

1. Ambil daging buah sayur pare lalu haluskan dengan cara diblender

2. Tambahkan mentimun halus, jeruk nipis, yogurt dan juga putih telur

3. Aplikasikan pada seluruh area wajah dan diamkan selama 15 menit

4. Bilas wajah dan keringkan dengan handuk bersih

Selain dimanfaatkan sebagai masker, sayuran ini juga bisa diolah menjadi jus, menu masakan dan juga sebagai bahan rendaman untuk mandi.

Efek Samping Sayur Pare :

Efek Samping Sayur Pare

Mengkonsumsi sayur pare umumnya dapat mengakibatkan beberapa reaksi yang berlawanan terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efek sampingnya diantaranya iritasi sistem pencernaan (gastrointestinal) dan komplikasi hati akibat penggunaan obat (hepatotoksisitas).Namun hal ini tidak dialami oleh semua pasien dan mungkin terjadi efek samping lain tergantung pada kondisi kesehatan tubuh masing-masing pasien.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sayur Bayam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Disamping rasanya yang pahit, sayur pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dengan mengkonsumsinya secara wajar. Selain menyehatkan tubuh, sayur pare juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mempercantik penampilan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top