Connect with us

45 Manfaat dan Khasiat Spirulina untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

45 Manfaat dan Khasiat Spirulina untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat SpirulinaSpirulina, Ganggang Hijau Kebiruan, Ganggang Renik, Mikro Alga adalah bahan makanan alami yang sangat hebat, sering disebut sebagai Superfood. Merupakan nama lain dari ganggang biru-hijau, yaitu spesies organisme berfilum Cyanobacteria yang biasanya tumbuh di perairan laut asin sub-tropis, tropis. Manfaat ganggang spirulina untuk kesehatan dan kecantikan ini sangat banyak dan memang sudah sangat terkenal di industri farmasi, skincare dan kuliner.

Spirulina, Manfaat Spirulina, Khasiat Spirulina

Ganggang berpigmen hijau-kebiruan ini biasanya diolah jadi aneka produk kapsul nutrisi, masker kecantikan, serbuk minuman atau makanan kaleng superfood. Spesies ganggang dari genus Arthrospira ini tergolong ke dalam filum choroobacteria yang sangat mirip dengan Chlorella atau ganggang hijau. Ada dua spesies dari spirulina yaitu Arthrospira platensis dan Artospira maxima.

Keduanya sama-sama dimanfaatkan dalam industri makanan dan farmasi untuk dioleh jadi suplemen makanan, minuman dan produk perawatan kulit. Pemanfaatannya sudah dilakukan sejak zaman peradaban kuno Inca di Meksiko dan peradaban kuno lainnya. Ganggang hijau kebiruan ini telah ada di planet bumi semenjak 3 milyar tahun yang lalu. Jadi menjadi salah satu organisme tertua di bumi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Spirulina :

Apa sajakah kandungan zat, vitamin dan mineral yang ada di dalam ganggang ini? Berikut adalah informasi nilai gizi yang ada di dalam 100 gram spirulina. Dengan banyaknya kandungannya seperti ini mencerminkan bahwa ganggang hijau-biru ini sungguh berkhasiat untuk tubuh manusia.

Loading...

• Nutrisi 1 gram spirulina = nutrisi 500 gram sayuran biasa
• Kalori 300 kkal
• Karbohidrat 50 gram
• Protein 90 gram
• Asam Lemak Omega 3
• Asam Lemak Omega 6
• Serat Pangan
• Gula
• Lemak
• Lemak Jenuh
• Tryptophan
• Treonin
• Isoleusin
• Leusin
• Lysin
• Metionin
• Sistin
• Fenilalanin
• Tirosin
• Valin
• Arginin
• Histidin
• Alanin
• Glutamat
• Asam Aspartat
• Glysine
• Proline
• Serine
• Zat Besi
• Kalsium
• Fosfor
• Kalium
• Vitamin A
• Vitamin B Kompleks
• Vitamin C
• Vitamin D
• Vitamin E
• Vitamin K

Manfaat Spirulina untuk Kesehatan :

1. Mengandung Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks sangat dibutuhkan tubuh manusia untuk meningkatkan imun, stamina dan kekuatan tubuh. Multivitamin yang sangat banyak komponennya ini terkandung di dalam spirulina. Jadi tidak perlu repot-repot mencari sumber vitamin B1, B2, B3, B6, B9, B12 dan lain sebagainya, semuanya bisa langsung ditemukan dalam ganggang.

2. Menyembuhkan Gizi Buruk

Protein yang terkandung di dalam spirulina juga sangat bagus buat menyembuhkan gizi buruk. Orang yang terkena gizi buruk biasanya memiliki asupan protein yang rendah. Selain itu, kalori atau energinya yang berasal dari makanan selalu habis terbakar metabolisme. Untuk itu, manfaat ganggang hijau inilah yang akan mengatasi itu semua.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selanjutnya, khasiat spirulina juga dilaporkan amat bagus untuk mereka yang mengidap penyakit kolesterol. Perlu diketahui bahwa kolesterol itu sangat bahaya bila dibiarkan. Untuk itu berantas segera timbunannya dengan ganggang hijau-biru ini.

4. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Ada banyak penyebab mengapa seseorang terkena PJK atau penyakit jantung koroner. Biasanya terjadi karena sejak lahir memang punya otot jantung yang lemah. Namun bisa pula karena gaya hidup yang salah, seperti kurang olahraga, asupan makanan bergizi dan selalu konsumsi junk food. Manfaat spirulina untuk kesehatan memang bisa mencegah PJK. Bahkan pada pasien yang sudah terlanjur kena jantung koroner, perlahan-lahan bisa sembuh.

5. Meningkatkan Stamina

Konsumsi spirulina bisa meningkatkan stamina. Oleh karena kandungan kalori yang tinggi serta vitamin dan mineral yang kompleks. Makan sekapsul superfoodnya saja bisa memberikan tenaga yang banyak. Maka jangan heran bila superfood ini biasa diberikan kepada para atlet, astronot dan mereka yang bekerja dalam tekanan stress dan lelah yang tinggi.

Manfaat Spirulina untuk Kesehatan Lainnya :

6. Memperbaiki sistem pencernaan
7. Melancarkan BAB
8. Menyehatkan usus
9. Mencegah gangguan lambung
10.Membantu kerja pankreas
11. Mencegah sirosis hati
12. Mengatasi penyakit GERD
13. Mencegah gangguan ginjal
14. Membantu penyerapan nutrisi makanan
15. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh
16. Meningkatkan sistem imun
17. Membuat tidur nyenyak
18. Mengatasi nyeri perut
19. Menurunkan kadar asam lambung
20. Mencerdaskan otak

Cara Memanfaatkan Spirulina untuk Kesehatan :

Untuk kesehatan, alangkah baiknya memanfaatkan spirulina yang dimakan secara oral. Superfood ini banyak dijual di toko makanan impor. Di negara barat, konsumsi ganggang sangat wajar. Berbeda dengan Indonesia yang kurang lazim. Makanan ini memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh, tak heran bila ganggang hijau ini menjadi makanan wajib bagi para astronot yang hendak menjalankan misi ke luar angkasa. Sungguh menakjubkan memang! Makan ganggang di antariksa.

Manfaat Spirulina untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan Kulit

Mula-mula, manfaat spirulina untuk kecantikan sangat ampuh buat haluskan kulit. Semakin tambah usia seseorang, sudah tentu kulitnya jadi makin kasar. Maka dari itu butuh asupan makanan dan skincare yang ampuh buat mengangkat sel kulit kasar ini dan menggantinya dengan sel yang baru dan halus. Ganggang hijau ini sanggup melakukannya dalam tempo waktu cepat, antara 2-4 minggu.

2. Meningkatkan Elastisitas atau Kekenyalan Kulit

Ternyata dengan mengonsumsi ataupun menggunakan masker spirulina, maka bisa tingkatkan elastisitas kulit. Salah satu tanda kulit sehat kan memang adalah kenyal. Untuk itu sebaiknya jangan ragu lagi buat mengoleskan masker ganggang ke wajah dan lulur ganggang ke tubuh.

3. Memutihkan Kulit

Dalam jangka waktu penggunaan lama dan rutin, manfaat spiriluna sanggup memutihkan kulit. Banyak orang ingin memiliki kulit putih, kan? Nah, ganggang ini adalah bahan alami. Untuk itu sangat aman dipakai untuk memutihkan kulit. Resiko alerginya jauh lebih kecil daripada pakai krim pemutih yang dijual bebas di pasaran.

4. Membuat Wajah Fresh

Selain itu, manfaat spirulina juga efektif buat membuat wajah fresh. Memakan superfoodnya, minum minuman herbalnya, kemudian tak lupa mengoleskan produk skincarenya. Sudah tentu menimbulkan efek yang bagus buat wajah jadi lebih segar dan berseri-seri.

5. Mencegah Munculnya Jerawat

Lalu yang terakhir, khasiat spirulina untuk kecantikan sangat baik dalam mencegah kemunculan jerawat. Orang yang memiliki jerawat banyak di wajahnya pastilah malu dan selalu berusaha mencari cara menghilangkannya. Untuk itu pakai saja produk perawatan wajah alami dari ganggang hijau ini.

Manfaat Spirulina untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menurunkan berat badan
7. Membuat badan berisi
8. Melembabkan kulit
9. Mencerahkan wajah
10. Menjaga keseimbangan tubuh
11. Membuat postur tubuh enak dipandang
12. Membuka aura
13. Membuat bola mata berbinar
14. Mencegah sariawan
15. Mengatasi halitosis
16. Melembabkan bibir
17. Mengangkat komedo
18. Mengangkat sel kulit mati
19. Menutup pori-pori yang lebar
20. Mengatasi kulit kering

Cara Memanfaatkan Spirulina untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan ganggang demi keperluan kecantikan, sudah sangat mudah. Produk spirulina ini dijual dalam bentuk masker wajah siap pakai. Selain itu produk kapsul kecantikan kulit, lulur, sabun juga mulai banyak bermunculan. Oleh karena memang manfaat ganggang hijau-biru yang begitu luar biasanya untuk kulit. Serta tingkat permintaan yang tinggi di pasaran, membuat produk ini selalu laris.

Efek Samping Spirulina :

Di bawah ini beberapa efek sampingnya yang mungkin bakal terjadi kalau konsumsi ganggang spirulina ini. Reaksi di bawah ini tidak sama antara orang yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu alangkah baiknya untuk diamati sendiri-sendiri, apakah tubuh mampu menerimanya atau tidak.

1. Diare
2. Kecanduan
3. Alergi
4. Merasa Lapar Terus
5. Mual

Baca Juga: 40 Manfaat dan Khasiat Jelly Gamat Gold G Sea Cucumber untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jika terjadi reaksi efek samping seperti di atas, maka hentikan segera penggunaan ganggang ini. Kemudian konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat. Namun ada satu hal yang mesti diketahui bahwasanya, manfaat spirulina selama ini selalu dipandang baik. Respon konsumennya positif semua. Jadi angka kejadian alergi, diare, kecanduan, mual di atas sangat kecil persentase kejadiannya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top