Connect with us
Telur Asin, Manfaat Telur Asin, Khasiat Telur Asin

Makanan

50 Manfaat dan Khasiat Telur Asin untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Telur Asin – Telur asin merupakan salah satu olahan makanan dan telur yang diawetkan dengan cara memberikan garam berlebih. Pengawetan makanan dengan diasinkan ini bertujuan untuk menonaktifkan enzimperombak. Olahan telur yang diolah sedemikian rupa ini banyak digemari masyarakan karena memiliki rasa yang lezat, gurih dan tentunya tahan lama. Biasanya telur yang diawetkan adalah telur bebek, namun banyak juga bisnis telur asin yang menggunakan jenis telur lain.

Telur Asin, Manfaat Telur Asin, Khasiat Telur Asin

Berbicara mengenai telur asin, olahan bahan makanan ini berciri khas memiliki cangkang telur berwarna biru. Telur asin dapat dipadukan dengan olahan menu masakan lain seperti nasi lengko, jamblang, serta bisa dimakan langsung. Para nelayan yang melaut untuk beberapa hari biasanya juga membawa telur asin ini sebagai bekal. Selain praktis, olahan ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga manfaat telur asin sangat bagus bagus untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Asin :

Dalam setiap 100 gr telur asin memiliki 83% bagian yang dapat dikonsumsi. Kandungan telur asin yang terdapat didalamnya yaitu :

  • Energi 195 kilokalori
  • Karbohidrat 1,4 gram
  • Protein 13,6 gram
  • Lemak 13,6 gram
  • Fosfor 157 miligram
  • Kalsium 120 miligram
  • Zat besi 2 miligram
  • Vitamin A 841 iu
  • Vitamin B1 0,28 miligram
  • Vitamin C 0 miligram

Jenis Telur Yang Bisa Dibuat Telur Asin :

  1. Telur Bebek
  2. Telur Ayam
  3. Telur Itik

Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan :

1. Membantu menjaga kesehatan mata

Manfaat  telur asin yang mungkin belum banyak diketahui khalayak umum adalah untuk menyehatkan mata. Telur asin memiliki kandungan vitamin A yang merupakan sumber vitamin terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan asupan vitamin A yang cukup di dalam tubuh kita, maka penglihatan kita akan senantiasa jernih dan terhindar dari berbagai gangguan mata.

2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah

Telur asin mengandung mineral yang bagus untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Dengan aliran darah yang berjalan secara lancar, maka suplai mineral dan darah menuju organ tubuh juga akan berjalan dengan lancar.

3. Perkembangan otak

Telur asin mengandung omega 3 yang menjadi salah satu zat penting untuk menunjang perkembangan otak. Pada 3 tahun pertama setelah melahirkan dan juga di dalam kandungan menjadi masa perkembangan otak yang optimal. Manfaat telur asin untuk ibu hamil ini wajib dicoba agar bayi mendapatkan nutrisi penting untuk otak sejak dalam kandungan. Namun kita juga harus memperhatikan cara konsumsi yang tepat karena manfaat telur asin bagi ibu hamil ini tidak akan dirasakan jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan bisa juga menjadi penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Mencegah terjadinya anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada telur asin bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya anemia. Manfaat telur asin untuk menghindari resiko kekurangan darah ini dapat dicoba saat anda mengalami berbagai gejala yang mengindikasikan penyakit anemia seperti lemah, letih, lesu, pusing, mual dan juga sakit kepala.

5. Membantu pembentukan sel baru

Manfaat telur asin berikutnya adalah untuk proses pertumbuhan sel baru. Kandungan protein yang terdapat dalam telur asin ini dapat membantu proses pembentukan sel baru dalam tubuh sekaligus meregenerasi sel-sel yang telah rusak. Oleh sebab itu, mengkonsumsi telur asin sangat bagus untuk proses regenerasi sel yang rusak secara optimal yang nantinya berpengaruh pada ketahanan tubuh.

Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan Lainnya :

6. Kaya akan antioksidan

7. Sumber energi tinggi

8. Membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh

9. Menjaga kesehatan tulang

10. Meningkatkan fungsi sel darah merah

11. Mencegah terjadinya perdarahan

12. Sumber protein

13. Sebagai camilan sehat

14. Dapat dijadikan lauk yang bergizi tinggi

15. Mencegah resiko kanker payudara

16. Bagus untuk ibu hamil

17. Meningkatkan kualitas ASI

18. Membantu meminimalisir kram perut

19. Sumber vitamin D

20. Membantu mencukupi kebutuhan kolin

21. Sumber vitamin A

22. Sumber kalsium

23. Kandungan zat besi tinggi

24. Mengurangi depresi

25. Mencegah resiko bayi kekurangan berat badan

26. Mencegah terjadinya osteoporosis

Manfaat Telur Asin untuk Kecantikan :

1. Membantu mengatasi masalah kulit kering

Manfaat telur asin untuk kecantikan yang pertama adalah mengatasi masalah kulit wajah kering dengan membuat masker dari telur.

2. Menyembuhkan jerawat

Manfaat telur asin untuk kecantikan lainnya adalah membantu menyembuhkan jerawat. kandungan protein dan asam amino dalam putih telur bermanfaat untuk membasmi jerawat yang mengganggu penampilan wajah cantik kita.

3. Membuat kulit nampak cerah alami

Selain kuning telurnya, putih telur juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Putih telur ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dengan cara membuat masker dan diaplikasikan pada wajah secara teratur.

4. Mengurangi minyak pada wajah

Kulit yang berminyak menjadi masalah besar terutama bagi penampilan seorang wanita. Kulit yang berminyak menjadi pemicu masalah kulit lain seperti mudah kotor dan terasa pengap. Telur memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi dan bagus untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah.

5. Membantu menghilangkan lingkaran hitam yang terdapat di bawah mata

Lingkaran hitam yang nampak di bawah mata biasa disebut dengan mata panda. Masalah yang diakibatkan oleh kurang tidur ini sangat mengganggu penampilan. Namun kita bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung banyak protein salah satunya telur asin.

Manfaat Telur Asin untuk Kecantikan Lainnya :

6. Sebagai kondisioner rambut

7. Membantu melembutkan kulit

8. Membantu meregenerasi kulit yang terbakar

9. Mengatasi rambut berminyak

10. Menjaga kesuburan rambut

Untuk membuat telur bebek menjadi bahan makanan, anda dapat mengolahnya menjadi telur asin. Mangapa harus menggunakan telur bebek? Karena citarasanya yang lebih kaya, gurih, lezat dan mempunyai tekstur lembut.

Cara Membuat Telur Asin Masir dan Aneka Rasa :

Bahan :

  • Sediakan telur bebek kualitas terbaik, 10 – 30 butir.
  • Sediakan bata merah hancur atau abu gosok yang sudah menjadi bubuk sebanyak 2 liter.
  • Air secukupnya.
  • Garam ½ kg

Cara Membuat :

  1. Cuci telur hingga bersih, kemudian keringkan dan diamplas halus pada bagian kulitnya untuk membuka pori-pori.
  2. Campurkan bata merah atau abu gosok dengan garam dapur, kemudian tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta.
  3. Selanjutnya, bungkus telur yang sudah diamplas satu per satu menggunakan adonan dari bata merah atau abu gosok.
  4. Simpan telur di dalam baskom atau ember dan diamkan selama 15-20 hari.
  5. Jika sudah selesai, bersihkan kulit telur dan olahan telur asin siap untuk dinikmati.

Efek Samping Telur Asin :

1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Telur asin diolah dengan cara diasinkan dan diawetkan dengan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, tak heran jika satu butir telur asin saja bisa disimpulkan memiliki kandungan kadar sodium yang tinggi. Diperkirakan sekitar 397 mg sodium yang terkandung di dalam telur asin. Meskipun juga terdapat kandungan nutrisi lain dalam telur asin ini, namun kita juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Manfaat telur asin tidak akan kita dapatkan jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Bahkan hal ini dapat menaikkan resiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

2. Penyakit jantung

Jika kita terbiasa mengkonsumsi telur asin, bahkan bisa sampai dalam dosis berlebih maka akan membuat tekanan darah menjadi naik. Naiknya tekanan darah ini merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakir jantung. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa organ jatung memiliki peranan penting untuk memompa darah keseluruh pembuluh darah.

Jika tekanan darah kian lama menjadi naik, maka hal ini akan mempengaruhi kinerja jantung yang semakin berat dalam memompa darah. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa menjaga pola makan agar kinerja jantung menjadi ringan dan aliran darah menjadi lancar. Tidak ada salahnya jika kita suka mengkonsumsi telur asin, namun yang harus diingat adalah jangan sampai mengkonsumsinya terlalu sering dalam jumlah yang berlebihan.

Beberapa contoh resiko penyakit jantung yang terjadi jika mengkonsumsi telur asin teralu sering diantaranya gagal jantung, serangan jantung dan juga penyakit jantung koroner.

Kandungan garam berlebih merupakan salah satu pemicu utama dibalik peningkatan resiko penyakit jantung tersebut. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kita membatasi konsumsi telur asin sebanyak 1 butir sekali makan dan itu pun sebaiknya tidak untuk setiap hari.

3. Gagal ginjal

Kebiasan mengkonsumsi telur asin setiap hari dalam jumlah berlebih maka akan membuat tekanan darah menjadi naik. Hal ini merupakan salah satu pemicu resiko gagal ginjal. Saat tekanan darah naik maka pembuluh darah akan bekerja lebih keras sebab aliran darah semakin kuat.

Dari sinilah akhirnya terjadi kerusakan pembuluh darah, tak terkecuali pembuluh darah yang terdapat pada ginjal. Jika terjadi kerusakan pembuluh darah baik itu pada arteri besar maupun kecul maka hal ini akan mempengaruhi fungsi kerja ginjal yang menurun. Cairan limbah yang awalnya dapat keluar justru akan tertimbun pada ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

4. Kolesterol tinggi

Selain hipertensi, resiko kolesterol tinggi pun juga dapat terjadi akibat konsumsi telur asin. Perlu diketahui bahwa dalam satu butir telur asin terdapat sekitar 300 hingga 600 mg kolesterol yang kadarnya tergantung pada proses pembuatannya.

Jumlah asupan kolesterol yang normal untuk tubuh adalah 300 mg per hari. Dengan demikian, saat kita mengkonsumsi 2 butir telur setiap harinya maka hal ini otomatis dapat menjadi pemicu resiko kolesterol tinggi. Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab berbagai gangguan kesehatan yang lain seperti penyakit jantung yang sudah disebutkan diatas.

5. Aterosklerosis

Resiko gangguan kesehatan seperti penyakit aterosklerosis juga dapat terjadi karena mengkonsumsi telur asin dalam batas yang diatas normal. Bahkan saat seseorang sudah mengkonsumsi telur asin ditambah dengan asupan makanan dengan kandungan garam tinggi lainnya, maka hal ini menjadi salah satu pemicu besar terjadinya aterosklerosis.

Salah satu penyebab gangguan kesehatan ini adalah tingginya tekanan darah yang diiringi dengan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Hal ini pun juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan potensi terkena penyakit jantung koroner semakin besar.

Efek Samping Telur Asin Lainnya :

6. Stroke

7. Kanker

8. Obesitas

9. Asma

10. Batu ginjal

11. Penyakit lambung

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Telur asin merupakan olahan makanan yang dibuat dengan cara diasinkan dan diawetkan dalam kurun waktu yang cukup panjang. Selain itu banyak sekali inovasi baru bertujuan untuk membuat daya tarik masyarakat. Contohnya saja dengan membuat telur asin bakar. Pengolahan telur dengan sedemikian rupa ini menghasilkan citarasa yang nikmat dan bergizi tinggi. Disamping itu, kita harus memperhatikan kadar konsumsi telur asin yang benar karena olahan telur asin ini memiliki kandungan sodium yang tinggi.

Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top