Connect with us
Telur Cemani, Telur Ayam Cemani, Manfaat Telur Cemani, Khasiat Telur Cemani

Makanan

35 Manfaat dan Khasiat Telur Ayam Cemani untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Telur Ayam Cemani – Telur Cemani atau Telur Kedu adalah jenis telur dari ayam kedu cemani, salah satu spesies ayam ras Jawa. Keunikan dari ayam cemani ada pada warna tubuhnya yang hitam legam semua. Namun penampakkan telur cemani tentu saja sama saja bercangkang coklat. Kalau ada gambar telur cemani hitam itu hoax atau editan belaka.

Telur Cemani, Telur Ayam Cemani, Manfaat Telur Cemani, Khasiat Telur Cemani

Khasiat telur ayam cemani bisa menunjang kesehatan tubuh. Seperti membantu proses penyembuhan luka operasi. Kegunaannya untuk kecantikan juga dikenal ampuh untuk masker putih telur. Hanya saja, fungsinya yang paling terkenal justru lekat dengan tradisi dan mitos masyarakat, konon telur cemani bisa menyembuhkan penyakit gaib seperti serangan teluh, santet dan tenung.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Ayam Cemani :

Kadar vitamin dan mineral yang ada dalam telur cemani tidak ada beda signifikan dengan telur ayam lainnya, yaitu:

• Kalori: 90 kkal
• Protein: 7 gram
• Lemak: 5 gram
• Zat Besi: 1 mg
• Vitamin A: 350 IU
• Vitamin B1: 0,5 mg
• Vitamin B12: 0,2 mg
• Vitamin B6: 0,1 mg
• Magnesium: 27 mg
• Kalsium: 100 mg
• Fosfor: 134 mg

Loading...

Harga Telur Ayam Cemani :

Berapa harga telur cemani? Ternyata harganya agak lebih mahal daripada telur ayam kampung maupun negeri, yaitu sekitar Rp25.000/butir. Bahkan di dalam kondisi yang sangat mendesak karena penting, penjualnya bisa saja menjual dengan harga sampai Rp50.000/butir. Uniknya, oleh karena kentalnya mitos dan mistis, telur cemani yang sudah dijampi-jampi bisa berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah per butir.

Manfaat Telur Ayam Cemani untuk Kesehatan :

1. Mengobati Penyakit Gaib

Banyak macam bentuk penyakit yang sulit disembuhkan oleh pihak dokter. Salah satunya, penyakit santet, teluh dan tenung. Penyakit seperti ini sangat sulit untuk disembuhkan jika hanya mengandalkan obat-obatan dari rumah sakit. Meskipun demikian, jika ada penyakit tentu ada obatnya. Ada satu alternatif, untuk mengobati penyakit gaib itu, salah satunya mengonsumsi telur ayam cemani.

2. Menambah Kekebalan Tubuh dalam Melawan Penyakit

Pada saat ini, banyak orang yang tidak mempedulikan kondisi tubuhnya. Itu disebabkan oleh kesibukan dalam beraktivitas sehingga ia lupa untuk memeriksa kesehatannya sendiri. Dalam hal ini, untuk mempermudah itu semua, manfaat telur ayam cemani, bisa menambah kekebalan dalam tubuh untuk melawan penyakit.

3. Meningkatkan Stamina

Stamina dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap aktivitas yang kita lakukan. Untuk saat ini sangat banyak orang-orang yang merasa kelelahan setelah pulang bekarja. Untuk mengantisipasi itu, ada satu cara yang menarik, yakni khasiat telur ayam cemani. Telur ini memiliki protein yang tinggi untuk meningkatkan stamina dalam tubuh.

4. Mengobati Sakit Maag

Sakit maag ini disebabkan kurang taraturnya makan. Sangat banyak orang yang sibuk sehingga lupa untuk makan yang pada akhirnya menyebabkan sakit maag. Untuk mengatasi penyakit tersebut, bisa dilakukan dengan mengonsumsi telur ayam cemani. Telur ini memiliki protein yang baik untuk memberikan tekanan yang kuat pada tubuh yang terserang asam lambung ini.

5. Menguatkan Otot dan Tulang

Otot dan tulang adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan. Itu tidak bisa dipungkiri lagi, jika ingin hidup baik, maka harus memiliki tubuh yang kuat. Kebanyakan orang selalu acuh terhadap kondisi tubuhnya, yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Untuk mengatasi itu ada langkah mudah yang mesti dilakukan, yaitu dengan cara meminum telur ayam cemani.

Manfaat Telur Ayam Cemani untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu menambah massa otot
7. Meregenerasi sel-sel
8. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
9. Menyuplai protein tinggi
10. Mencegah sakit lambung
11. Mengatasi gangguan psikis
12. Stabilkan mood
13. Mencegah gizi buruk
14. Mengobati kelelahan akut
15. Stabilkan tekanan darah

Cara Memanfaatkan Telur Ayam Cemani untuk Kesehatan :

Tidak ada cara khusus dalam pemanfaatan telur cemani, namun alangkah baiknya untuk memasak dulu hingga setengah matang atau matang. Intinya telur ini wajib dipanaskan dulu sehingga meminimalisir adanya bakteri. Telur ini baiknya dimakan jangan terlalu sering,2-3 butir saja dalam seminggu.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Bebek untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Ayam Cemani untuk Kecantikan :

1. Membuat Wajah Jadi Halus

Wajah mulus, sesuatu yang sangat disukai oleh setiap kalangan terutama anak-anak ABG. Barangkali sudah banyak yang melakukan perawatan wajah, dengan berbagai bentuk macam obat-obatan. Apa langkah mudah untuk membuat wajah jadi mulus? Sangat sederhana, pertama menyediakan telur ayam cemani, setelah itu bagian putihnya dioleskan ke bagian wajah dan tinggal menunggu hasil. Wajah pasti mulus tentu rasa percaya diri akan semakin tinggi.

2. Memutihkan Kulit

Selain, membuat wajah menjadi mulus, putih telur ayam cemani juga bisa memutihkan kulit. Memiliki kulit putih tentu sudah menjadi impian setiap orang yang berkulit hitam. Caranya masih sama, mengoleskan putih telur itu ke seluruh tubuh dan membiarkannya kering untuk beberapa saat. Dan dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Untuk hasil yang baik, itu dilakukan menjelang tidur.

3. Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah musuh terbesar yang sulit untuk dimusnahkan. Sampai saat ini sudah bermacam-macam bentuk penyembuhan jerawat. Dan sangat banyak juga yang melakukan hal itu dengan cara kekerasan, yaitu memecahkannya, yang mengakibatkan bekas hitam di setiap wajah. Hal itu bisa diselesaikan dengan mudah, cukup dengan mengoleskan telur ayam cemani pada permukaan wajah, kemudian tunggu beberapa saat setelah itu dibilas dengan air bersih. Untuk hasil yang baik, bagusnya dilakukan menjelang tidur.

4. Membuat Badan Seksi dan Berisi

Badan seksi dan berisi juga menjadi impian setiap manusia. Tentu juga rasa percaya diri akan semakin tinggi. Selain untuk kulit dan kesehatan lainnya, telur ayam cemani bisa membuat tubuh menjadi seksi dan berisi. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan merebusnya setengah matang, lalu dilahap, dilakukan secara beraturan 2 sampai tiga kali dalam seminggu. Setelah itu tubuh akan terasa berubah di bagian-bagian yang diinginkan, seperti di paha dan lengan, membuat rasa percaya diri tumbuh semakin tinggi.

5. Membuat Awet Muda

Setiap manusia tentu ingin selalu muda. Itu cita-cita yang sangat mahal. Hanya orang-orang tertentu yang bisa terlihat muda, tidak lain lagi orang yang kaya raya. Melakukan berbagai macam bentuk pengobatan yang memakan biaya ratusan juta. Kesulitan itu bisa diatasi dengan sangat mudah hanya menggunakan ramuan telur ayam cemani, sebab telur ini memiliki protein yang sangat baik menunjang kesehatan kulit agar selalu muda dan fresh.

Manfaat Telur Ayam Cemani untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan bekas luka
7. Mengencangkan wajah
8. Menghindari terjadinya kerutan
9. Memudarkan selulit
10. Menjaga berat badan
11. Naikkan bobot tubuh
12. Menunjang pertumbuhan badan
13. Membuat badan lebih segar
14. Memperbaiki pori-pori kulit yang melebar
15. Mengangkat sel kulit mati di wajah

Cara Memanfaatkan Telur Ayam Cemani untuk Kecantikan :

Tak ada cara khusus dalam pengolahan telur cemani. Namun tentunya jenis telur ini akan bisa lebih efektif bila hanya diambil putih telurnya untuk dijadikan masker. Selain itu, telur ayam cemani juga bagus untuk dimasak setengah matang. Khasiatnya akan didapatkan dari dalam tubuh kalau makan telur setengah matang ini.

Efek Samping Telur Ayam Cemani :

Meskipun memiliki manfaat yang melimpah, namun tetap saja, memakan telur cemani bisa menimbulkan beberapa dampak buruk, seperti:

1. Syirik
2. Gatal-Gatal
3. Ruam
4. Alergi
5. Kolesterol

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Burung Emu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk itu, jangan terlalu percaya pada mistis dan mitos telur ayam cemani. Sebab biar bagaimana pun, telur ayam itu sama saja. Dan perlu diingat pula bahwa penyakit dan kesembuhan itu datangnya atas Kehendak Tuhan. Maka mintalah kesembuhan dari-Nya bilamana memang sedang ditimpa penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top