Connect with us
Telur Ayam, Manfaat Telur Ayam, Khasiat Telur Ayam

Makanan

120 Manfaat dan Khasiat Telur Ayam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Ayam – Jenis telur yang dihasilkan oleh ayam ada banyak, sebab banyak sekali spesies ayam di dunia ini. Namun di Indonesia yang lebih dikenal masyarakat tentu saja adalah telur ayam kampung dan telur lehorn. Harga telur kampung jauh lebih mahal 2-3 kali lipat dari pada telur lehorn. Walaupun secara ukuran, telur lehorn jauh lebih besar daripada telur kampung.

Telur Ayam, Manfaat Telur Ayam, Khasiat Telur Ayam

Khasiat telur ayam sudah dipercaya oleh masyarakat sejak zaman dulu sebagai salah satu obat herbal. Tidak sekadar untuk keperluan konsumsi sehari-hari, namun telur ini pun lekat dengan tradisi pengobatan alternatif. Masyarakat percaya bahwa memakan kuning telur, terutama dari jenis ayam kampung bisa mengobati berbagai penyakit. Misalnya telur dari jenis ayam cemani, ini sangat mahal dan bisa mengobati penyakit ganas mematikan, seperti kanker. Selain itu, untuk bidang kecantikan, masker telur diyakini bisa mengencangkan kulit.

Manfaat telur ayam kampung mentah diyakini bisa meningkatkan stamina. Maka tak heran bilamana ada banyak orang mempraktekkan ritual makan telur mentah ini. Sampai-sampai rela meminum jus telur yang dipandangnya sebagai jamu. Apakah tindakan ini benar? Tentu saja benar, sebab memang kandungan gizi dan nutrisi telur yang kaya protein memang menjadi salah satu sumber energi bagi manusia.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Ayam :

Telur adalah salah satu sumber energi vital berbasis hewani. Komoditi ini menjadi makanan pokok sehari-hari di seluruh belahan dunia. Agar lebih paham mengapa manfaat telur ayam bagus sekali untuk kesehatan dan kecantikan, simak dulu berbagai kandungan gizi dan nutrisi seperti yang ada di bawah ini:

• Kalori: 80 kkal
• Protein: 6 gram
• Lemak: 6 gram
• Zat Besi: 1 mg
• Vitamin A: 250 IU

Manfaat Telur Ayam untuk Kesehatan :

1. Menambah Massa Otot

Khasiat telur memang bisa menambah massa otot, sebab kandungan proteinnya melimpah. Maka tak heran bilamana manfaat telur ayam ini banyak digunakan oleh para atlet terutama binagarawan dalam mempertahankan bentuk otot mereka, serta dalam upaya membesarkan otot hingga maksimal. Maka tam heran bila banyak atlet bisa mengonsumsi telur hingga 15 butir tiap harinya, semata-mata demi membesarkan otot.

2. Melancarkan Regenerasi Sel

Regenerasi sel adalah sebuah proses hidup dan matinya sel yang terjadi di dalam tubuh secara natural. Proses ini bisa terhambat karena adanya penyakit atau kekurangan zat gizi tertentu, terutama protein. Untuk itu, manfaat telur ayam ini bisa digunakan semaksimal mungkin dalam lancarkan regenerasi sel.

3. Menambah Stamina

Manfaat putih telur ayam sebagai bahan makanan ampuh sekali dalam menambah stamina. Maklum saja, telur ini kan memang bisa menjadi sumber energi. Memakan telur rebus sebanyak 2 kali sehari efektif mencegah lesu dan letih, cocok untuk mereka para pekerja keras. Stamina yang meningkat inilah yang bisa jadi jalan meningkatkan produktivitas kerja sehari-harinya.

4. Mencegah Gizi Buruk

Gizi buruk tidak hanya terjadi pada balita saja, namun dewasa pun juga bisa. Ini adalah sebuah gangguan pertumbuhan tubuh disebabkan karena tubuh kurang asupan gizi, biasanya karena tidak pernah makan makanan yang sehat, atau bahkan jarang makan akibat kemiskinan yang melanda. Manfaat telur ayam dapat mencegah gizi buruk ini.

5. Menguatkan Tulang

Kemudian, manfaat telur ayam juga bagus sekali dalam menguatkan tulang. Khasiat telur memang menjadi salah satu faktor pembentukan jaringan pelindung tulang, misalnya otot dan kulit. Tulang yang kuat akan mencegah seseorang dari penyakit yang lebih serius seperti osteoporosis.

Manfaat Telur Ayam untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu pertumbuhan
7. Menjadi sumber protein
8. Mencegah kerusakan otak
9. Menghindarkan dari kerusakan jantung
10. Menyehatkan ginjal
11. Memberikan perlindungan imun
12. Mencegah busung lapar
13. Menambah tenaga
14. Mencegah gangguan lambung
15. Meringankan sakit maag
16. Membuat badan jadi berisi
17. Menguatkan otot dada
18. Membantu pembentukan otot
19. Mencegah anemia
20. Mencegah bayi prematur

Cara Memanfaatkan Telur Ayam untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan telur ayam agar tubuh sehat, bisa dilakukan beragam cara. Umumnya masyarakat Indonesia percaya bahwa telur mentah jauh lebih baik untuk kesehatan, dibandingkan telur matang. Fungsi telur ayam kampung mentah terutama, dikenal sebagai jamu meningkatkan stamina. Namun jika merasa jijik dan tidak doyan makan telur mentah, maka bisa menggorengnya saja setengah matang atau dengan cara merebusnya juga jauh lebih baik.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Ayam untuk Kecantikan :

1. Mengobati Anoreksia

Anoreksia adalah sebuah gangguan fisik dan psikologis yang banyak menimpa wanita, terutama kaum urban dan selebriti. Ini adalah sebuah gangguan di mana penderitanya akan mengalami penyusutan berat badan yang drastis akibat pola hidup dan prinsip hidup yang salah, misalnya selalu berkeyakinan buat melakukan diet. Untuk mengobati anoreksia bisa dengan memberikan telur ayam.

2. Mengencangkan Kulit Tubuh

Protein hewani amat baik dalam mengencangkan kulit tubuh karena bisa bisa menjadi sumber kolagen yang baik dalam menjaga elastisitas kulit. Manfaat telur ayam pun demikian, bagus sekali dalam usaha pengencangan kulit.

3. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah sebuah gejala menuanya sel-sel kulit akibat faktor usia, penyakit, ataupun ketidakseimbangan gizi. Salah satu manfaat kuning telur ayam adalah bisa mencegah penuaan dini, sebab mengandung zat-zat yang ampuh untuk meremajakan kulit.

4. Meregenerasi Sel Kulit

Tentu saja manfaat telur ayam baik dalam regenerasi sel kulit tubuh, terutama sel wajah. Ketika regenerasi berjalan lancar, maka kulit akan senantiasa muda dan cerah, sebab tidak ada penimbunan sel kulit mati. Ini akan sangat menguntungkan tentunya karena akan menjadi langkah mencegah kerusakan kulit secara alami.

5. Memutihkan Kulit

Khasiat putih telur untuk wajah sangat lah baik, gunanya untuk proses memutihkan kulit. Jika seseorang sedang dalam upaya memutihkan kulitnya, tak ada salahnya buat rutin mengonsumsi telur ini. Bisa dengan cara digoreng maupun direbus, namun disarankan untuk direbus saja supaya tidak ada minyaknya.

Manfaat Telur Ayam untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatur keseimbangan cairan kulit
7. Membuat badan berisi
8. Mencegah gizi buruk
9. Membantu pertumbuhan badan
10. Meningkatkan hormon kesuburan
11. Menjaga kesehatan rahim
12. Mencegah penimbunan minyak berlebih
13. Mencegah kanker kulit
14. Meremajakan kulit
15. Mengangkat kulit kusam
16. Mengatasi komedo membandel
17. Membuat wajah merona
18. Menyegarkan badan
19. Meningkatkan vitalitas
20. Membuka aura

Cara Memanfaatkan Telur Ayam untuk Kecantikan :

Bagaimana cara memanfaatkan telur ayam untuk kecantikan? Sebagaimana mengolah telur pada umumnya, hanya bisa dilakukan dengan 2 cara, direbus atau digoreng. Namun jika hendak memakai telur ayam kampung, maka bisa pula langsung dimakan mentah-mentah. Konon telur kecil dari jenis ayam kampung ini cocok sekali sebagai jamu untuk merawat kesehatan dan kecantikan tubuh. Namun ada pula cara lainnya yakni dengan cara membuat masker putih telur. Manfaat masker putih telur untuk wajah dan kulit yang efektif yaitu menghaluskan serta mengencangkan.

Efek Samping Telur Ayam :

Apa sajakah dampak dari mengonsumsi telur? Ternyata jika terlalu sering memakannya bisa menimbulkan reaksi-reaksi seperti di bawah ini:

1. Gatal-Gatal
2. Kegemukan
3. Bintitan
4. Bisul
5. Ruam Kulit

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Bebek untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Harga Telur Ayam :

  • Harga telor ayam lehorn : Rp20.500/kg
  • Harga telor ayam kampung: Rp40.000/kg

Untuk itu, batasi konsumsi telur ayam, terutama kuning telur nya, maksimal dalam sehari cukup 4 butir saja. Jika masih dirasa kurang dapat memenuhi kebutuhan protein harian, maka tambah saja asupan makanan berprotein lainnya seperti daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran. Semata-mata agar gizinya jauh lebih seimbang.

Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top