Connect with us
Telur Bebek, Manfaat Telur Bebek, Khasiat Telur Bebek

Makanan

50 Manfaat dan Khasiat Telur Bebek untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Bebek – Telur Bebek, Telor Bebek, Telur Itik atau Telor Itik adalah jenis telur dari unggas bebek yang aman dan baik dikonsumsi oleh manusia. Pemanfaatannya memang tidak sebanyak telur ayam, namun telur ini ternyata memiliki khasiat yang melimpah untuk menunjang kesehatan dan kecantikan.

Telur Bebek, Manfaat Telur Bebek, Khasiat Telur Bebek

Khasiat telur bebek dipercaya ampuh dalam mengatasi tekanan darah rendah. Selain itu juga bagus untuk meningkatkan elastisitas kulit. Memakan telor itik akan bisa memberikan perlindungan menyeluruh atas tubuh. Namun demikian, perlu hati-hati bagi penderita hipertensi dan stroke, sebaiknya sama sekali tidak memakan telur ini sebab bisa membahayakan jiwa karena kadar lemaknya yang tinggi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Bebek :

Ada banyak kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalam telor bebek. Hingga menjadikan telur ini layak dijadikan kudapan sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan protein dan lemak hewani. Berikut adalah komposisi gizi telur bebek yang sungguh berkhasiat:

• Kalori: 190 kkal
• Protein: 14 gram
• Lemak: 15 gram
• Karbohidrat: 0,9 mg
• Kalsium: 60 mg
• Fosfor: 180 mg
• Zat Besi: 3 mg
• Vitamin A: 425 RE
• Vitamin B: 0,2 mg
• Air: 70 gram

Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Stamina

Manfaat telur bebek bagus dalam meningkatkan stamina, biasanya dalam bentuk jamu atau olahan lainnya. Sebab kandungan vitamin dan mineral telor bebek yang memang dapat menjadi sumber energi yang baik. Ketika stamina meningkat, maka seseorang akan jadi lebih semangat jalani kehidupannya. Tidak gampang letih dan jatuh sakit dan mutu hidup pun akan meningkat.

Untuk membuat jamu kuat telur bebek ini cukup mudah. Anda tiggal mengoplosnya dengan beberapa bahan lainnya. Khasiat dari jamu ini biasanya untuk menambah stamina vitalitas bagi pria.

2. Mencegah Hipotensi

Hipotensi adalah sebuah gangguan menurunnya tekanan darah karena suatu faktor tertentu. Seperti misalnya anemia dan pendarahan hebat. Untuk mencegah dan mengatasi hipotensi bisa dengan mencoba khasiat telur bebek ini yang memang sudah sejak dulu diyakini ampuh dalam mengembalikan tekanan darah pada angka yang normal.

3. Membesarkan Otot

Manfaat telur bebek bagi pria salah satunya bermanfaat dalam proses membesarkan otot. Dibandingkan dengan jenis telur lainnya, manfaat telur dari unggas bebek mengandung protein yang sangat melimpah. Ini tentunya akan sangat bagus dalam rangka membesarkan otot, sebab ketika tubuh mendapatkan asupan protein yang melimpah, maka akan ada sisa-sisa protein yang dipakai untuk membentuk otot. Tidak semuanya dibakar dalam proses metabolisme zat-zat makanan.

4. Mencegah Gizi Buruk

Gizi buruk adalah suatu penyakit yang disebabkan karena rusaknya hormon pertumbuhan. Tidak sekadar membuat tubuh penderitanya kurus, tapi gizi buruk juga akan mengancam nyawa karena organ vital penderitanya seperti jantung, paru-paru, hati, lambung dan ginjalnya akan rusak perlahan. Sistem peredaran darah dan syaraf otak pun akan terganggu. Maka cegah segera gizi buruk dengan rutin konsumsi telur yang berasal dari bebek.

5. Menyehatkan Lambung

Manfaat telur bebek juga bagus sekali untuk menunjang kesehatan lambung, sebab telor bebek ini akan menjaga kadar asam lambung agar tidak berlebihan dan seringkali menyebabkan gastritis dan penyakit gastro lainnya. Ketika lambung sehat, niscaya proses pencernaan dan pertumbuhan tubuh akan berjalan dengan baik.

Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menunjang pertumbuhan
7. Menambah protein dalam tubuh
8. Menjaga kesehatan syaraf
9. Mencegah jantung koroner
10. Mencegah Gagal Ginjal
11. Meningkatkan imunitas
12. Mengatasi gizi buruk
13. Melejitkan tenaga
14. Mencegah maag
15. Meringankan sakit GERD
16. Membuat badan sintal
17. Menguatkan otot perut
18. Menambah massa otot
19. Mencegah penyakit anemia
20. Menguatkan janin

Cara Memanfaatkan Telur Bebek untuk Kesehatan :

Untuk cara memanfaatkan telur bebek demi kesehatan amatlah mudah. Telur ini bisa langsung digoreng maupun direbus. Namun pastikan telurnya dalam kondisi segar dan tidak busuk agar tidak mengandung bakteri yang berbahaya untuk tubuh. Selain itu, telur bercangkang biru tosca ini pun populer dijadikan kudapan telur asin di Indonesia. Yang tentunya terkenal sangat menyehatkan dalam mencegah gangguan tekanan darah rendah.

Namun banyak orang langsung mengkonsumsi telur itik ini secara mentah, karena manfaat telur bebek mentah sangat baik bagi kesehatan dan memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Asin untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Telur Bebek untuk Kecantikan :

1. Mengatasi Anoreksia

Salah satu manfaat telur bebek yang sangat bagus adalah bisa mengatasi anoreksia. Ini adalah suatu penyakit kerusakan tubuh manusia, biasanya dialami perempuan. Di mana ia akan terus-menerus mengalami penyusunan berat badan hingga jadi sangat kurus.

2. Mencegah Gangguan Psikis

Ternyata dengan rutin memakan telur asin atau olahan telor bebek lainnya efektif dalam mencegah gangguan psikis. Sebab manfaat telur bebek ini bisa merangsang diproduksinya hormon endorfin dan serotonin yang bagus sekali dalam meningkatkan kesehatan psikis. Ketika kondisi psikologis manusia jadi baik, niscaya kulit dan tubuh akan meresponnya menjadi pancaran inner dan outer beauty.

3. Menjaga Elastisitas Kulit

Kandungan protein dan vitamin A di dalam telor bebek bagus sekali dalam menjaga elastisitas kulit. Ini akan membuat kulit jadi terkesan kenyal dan kencang, seperti kulit balita. Sungguh cocok dalam usaha perawatan kulit secara simultan.

4. Mencerahkan Kulit

Khasiat telur bebek untuk wanita sangat lah banyak, salah satunya untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Kulit yang cerah dapat diupayakan melalui jalan konsumsi makanan yang bergizi. Salah satu jenis makanan yang bagus untuk cerahkan kulit adalah telor bebek. Sebab manfaat telur bebek memang ampuh dalam mengangkat sel kulit mati yang seringkali jadi penyebab kulit tidak cerah alias kusam.

5. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, seseorang membutuhkan asupan makanan bergizi, seperti telor bebek. Kandungan gizi serta khasiat telur bebek mentah akan membuat badan jadi lebih ideal dalam postur. Sehingga nantinya akan membuat seseorang jauh lebih cantik, rupawan, gagah dan macho. Sungguh khasiat telor bebek bagus sekali dalam usaha body building.

Manfaat Telur Bebek untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjaga kelembaban kulit
7. Membuat badan ideal
8. Mencegah busung lapar
9. Membantu tumbuh kembang tubuh
10. Meningkatkan hormon wanita
11. Menjaga kesehatan organ intim
12. Mengatasi minyak berlebih
13. Mencegah kanker kulit dan payudara
14. Meremajakan sel wajah
15. Mengangkat sel kulit mati
16. Mengatasi kerutan di wajah
17. Membuat wajah putih merona
18. Membuat badan segar
19. Meningkatkan kepercayaan diri
20. Memancarkan aura jiwa

Cara Memanfaatkan Telur Bebek untuk Kecantikan :

Bagaimana cara menggunakan telor bebek ini untuk mencapai kecantikan yang maksimal? Tidak ada cara khusus dalam mengolahnya, manfaat telur itik bebek akan selalu dapat dirasakan dalam tiap teknik pengolahannya. Namun ada yang mesti diperhatikan bahwa sebaiknya jangan gunakan minyak terlalu banyak, serta jangan mengonsumsi kuning telur bebek dalam jumlah banyak. Sebab akan bisa meningkatkan resiko obesitas, kolesterol, stroke dan wajah berminyak dan komedo. Walaupun ada juga manfaat kuning telur bebek mentah.

Efek Samping Telur Bebek :

Di bawah ini adalah beberapa efek samping yang akan terjadi bilamana mengonsumsi telur bebek secara berlebihan. Reaksi ini juga akan dialami oleh mereka yang memiliki alergi terhadap telur, terutama jenis telur bercangkang biru kehijauan ini. Untuk itu pastikan dulu apakah memiliki riwayat alergi telor bebek atau tidak, sebelum konsumsi.

1. Gatal-Gatal
2. Ruam Merah
3. Mata Bintitan
4. Mual dan Muntah
5. Pusing
6. Sakit Kepala
7. Hipertensi
8. Kolesterol

Harga Telur Bebek :

Telur Bebek / Butir = Peternak = Rp. 1.500 / Butir, Di Pasaran = Rp. 1.700 – Rp 2.500 / Butir

Telur Bebek / Kilo =  Peternak = Rp. 15.000 – Rp. 17.000 / Kg, Dipasaran = Rp. 17.000 – Rp. 21.000 / Kg

Untuk harga telur bebek matang mungkin lebih mahal ketimbang yang mentah. Namun harga telur ini suwaktu-waktu bisa berubah.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Khasiat telor bebek memang sebaiknya dipahami baik-baik oleh semua orang. Begitu pun dengan berbagai efek sampingnya. Namun tentu saja seseorang tidak boleh ragu dalam memakan telor bebek. Tinggal berkreasi saja agar menjadikan telur yang terkenal sangat amis ini memiliki rasa yang lezat, seperti telur itik ini selalu digunakan dalam bahan baku membuat martabak telor. Selain itu manfaat telur bebek bagi ibu hamil juga ada. Contohnya untuk asupan gizi bagi ibu hamil maupun memberikan nutrisi pada janin.

Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top