Connect with us

35 Manfaat dan Khasiat Telur Burung Emu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

35 Manfaat dan Khasiat Telur Burung Emu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Burung Emu – Burung Endemik dari Australia, itulah burung spesies Dromaius novaehollandiae yang sangat terkenal dengan ciri khasnya berupa telur berukuran jumbo yang warnanya hijau tosca. Ciri fisik burung ini mirip dengan Kasuari, namun bulunya panjang-panjang warna coklat keputihan keruh, jadi mirip domba. Bagian kepalanya kecil dengan leher agak pendek. Paruhnya mirip paruh bebek. Sedangkan kakinya warna hitam panjang seperti bangau, khas burung yang suka tinggal di dekat perairan.

Telur Burung Onta, Manfaat Telur Burung Emu

Khasiat telur burung emu dielu-elukan di luar negeri, terutama benua Australia. Meski demikian, burung emu dan telurnya tentu saja kurang dikenal masyarakat Indonesia. Nah, untuk itu jika ingin memakannya, sebaiknya carilah informasi mengenai tempat pembeliannya di luar negeri. Namun ada yang perlu diingat pula bahwa biasanya telur ini pun tidak dijual secara komersil. Perdagangannya sedikit tertutup, bahkan termasuk perdagangan gelap karena kampanye perlindungan burung emu mulai meluas.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Burung Emu :

Mengapa telur berukuran besar dengan cangkang warna hijau tosca ini bisa begitu diburu, ternyata karena di dalam 100 gram takaran sajinya ada kandungan vitamin dan mineral sebagai berikut:

• Kalori: 2000 kkal
• Protein: 21 gram
• Lemak: 15 gram
• Zat Besi: 1 mg
• Magnesium: 300 mg
• Natrium: 250 mg
• Vitamin B1: 0,5 mg
• Vitamin B6: 0,2 mg
• Vitamin B12: 0,1 mg
• Omega 3: 560 mg

Loading...

Harga Telur Burung Emu :

Berapa harga telur emu? Di mana tempat yang jual telur emu? Sebagaimana jenis telur burung lainnya, maka di Indonesia telur ini memang tidak bersifat komersil. Bahkan sama sekali tidak dapat dibeli jika tidak tahu celah penjualnya di mana. Lagipula habitat burung ini pun tidak di Indonesia. Namun untuk sekadar pengetahuan saja, berikut adalah rincian harga telur burung emu di luar negeri:

• Harga 1 kg telur emu: 15 USD
• Harga 1 butir telur emu: 150-200 USD (dalam 1 butir terdiri dari beberapa kg)

Manfaat Telur Burung Emu untuk Kesehatan :

1. Menguatkan Otot

Khasiat telur burung emu bagus sekali untuk menguatkan otot. Membuat otot lebih besar dan kencang dari sebelumnya. Ini sangat bagus untuk usaha menunjang pertumbuhan otot. Mereka yang sedang rutin melakukan gym, ada baiknya buat didampingi konsumsi telur emu pula.

2. Meningkatkan Stamina

Stamina juga akan berlipat-lipat ganda bilamana makan telur burung emu. Apalagi kalau memakannya didampingi pula dengan asupan sayuran dan buah. Stamina yang meningkat ini sangat menguntungkan seseorang karena kehidupan sehari-hari akan menjadi lebih enerjik, sehingga segala pekerjaan pun terasa ringan dan mudah dilakukan.

3. Meluruhkan Lemak Jahat

Dalam dunia medis dikenal ada dua macam lemak, yakni lemak jahat yang disebut LDL dan lemak baik yang disebut HDL. Manfaat telur burung emu akan membantu memerangi lemak jahat. Ini amat baik bagi mereka yang mengalami penimbunan lemak dan kolesterol dalam tubuhnya. Namun demikian, tetaplah jangan banyak-banyak konsumsi telur emu ini. Di dalam 1 minggu, cukup makan 2-3 butir saja.

4. Menambah Nafsu Makan

Banyak orang yang bilang bahwa makan telur burung emu bisa menambah nafsu makan. Nafsu makan yang meningkat kadangkala dibutuhkan oleh mereka yang sedang mengalami sakit dan lidah terasa pahit. Ada baiknya untuk makan telur emu rebus dengan nasi. Menambahkan sedikit kecap juga akan meningkatkan citarasa.

5. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah proses penyerapan zat-zat gizi makanan. Tercakup pula proses pembakaran makanan menjadi energi. Orang yang punya metabolisme tubuh yang baik dan lancar pastilah akan memiliki tubuh yang bagus. Beda dengan mereka yang metabolismenya buruk, maka tubuhnya pun jelek, bisa kekurusan maupun kegemukan. Nah, untuk mengatasi ini semua, cobalah buat konsumsi telur burung emu.

Manfaat Telur Burung Emu untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan pencernaan
7. Mengatasi nyeri sendi
8. Menurunkan kadar asam lambung
9. Membuat pikiran tenang
10. Mencegah sariawan
11. Menyuplain protein tinggi ke tubuh
12. Mencegah kerusakan sel
13. Mengatasi anemia
14. Mengobati pusing
15. Menghilangkan kelelahan akut

Cara Memanfaatkan Telur Burung Emu untuk Kesehatan :

Untuk kesehatan tidak ada cara khusus dalam pengolahan telur emu. Jenis telur ini cocok sekali digoreng maupun direbus. Namun ada yang mesti diperhatikan bahwa mengonsumsi telur burung emu tidak boleh banyak-banyak, cukup 2-3 kali saja dalam seminggu. Perhatikan pula untuk mereka yang memiliki penyakit seperti kolesterol dan darah tinggi, harus benar-benar mengatur porsi makan telur ini. Karena biar bagaimana pun, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Burung Emu untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat telur burung emu bagus sekali dalam menghilangkan flek hitam. Memang prosesnya tidak langsung hilang, namun sedikit demi sedikit akan memudar fleknya, hingga akhirnya benar-benar hilang. Perlu diketahui bahwa flek hitam itu masalah kulit yang sangat susah dihilangkan. Banyak perempuan sudah membayar mahal berbagai terapi kecantikan, namun hasilnya nihil, flek tetap saja muncul kembali.

2. Membantu Kencangkan Kulit

Khasiat telur burung emu akan membantu kencangkan kulit pula. Kandungan kolagen yang ada di dalam putih telur emu memang bagus sekali buat dijadikan masker. Coba saja rutin pakai masker putih telur burung ini, hanya dalam waktu 14 hari, hasilnya akan terlihat. Jika ingin mendapatkan hasil permanen, cobalah buat maskeran selama 1 bulan penuh.

3. Membuat Wajah Terasa Kenyal dan Halus

Memakan maupun mengoleskan masker telur burung emu ke wajah efektif buat meningkatkan elastisitas kulit. Dampaknya, kulit akan terasa jauh lebih kenyal dan halus daripada sebelumnya. Ini menandakan bahwa kulit pun telah sehat, layaknya kulit bayi.

4. Membuat Bibir Merah Segar

Rupanya kandungan antioksidan yang tinggi pada telur burung emu bagus buat memperbaiki sel-sel mukosa yang pucat. Seperti misalnya bibir akan menjadi lebih segar dan merah. Begitu pun dengan mulut, tidak lagi kering dan terasa seperti sedang panas dalam.

5. Meremajakan Kulit

Dapat dibilang bahwa manfaat telur burung emu sangat baik dalam peremajaaan kulit. Membuat kulit jauh lebih muda dari sebelumnya. Baik bagi mereka yang mengalami penuaan dini pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Dan efek peremajaan ini pun bisa bersifat permanen, bila rutin memakan telur ini ataupun mengenakan maskernya. Paling tidak rutinlah pakai selama 3 bulan dengan dosis 2-3 butir tiap minggunya.

Manfaat Telur Burung Emu untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan jerawat di wajah
7. Mencegah munculnya komedo
8. Mengatasi biang keringat
9. Membuat kulit lebih kenyal
10. Mengatasi kulit yang kering
11. Mengobati kulit pecah-pecah
12. Menghaluskan telapak kaki
13. Menjaga berat badan agar selalu ideal
14. Mencegah kerusakan kulit
15. Membuat bibir lebih fresh

Cara Memanfaatkan Telur Burung Emu untuk Kecantikan :

Seperti telur-telur pada umumnya, untuk memanfaatkan telur emu pun umumnya adalah dengan dijadikan masker dan lulur. Hanya saja berkreasilah dengan bahan campuran yang digunakan. Misalnya, putih telur burung emu yang dicampur dengan madu dan beras. Efeknya akan menjadi scrub yang ampuh buat mengangkat daki yang membandel nempelnya di kulit.

Efek Samping Telur Burung Emu :

Berikut adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan telur emu. Efek di bawah ini dirasakan oleh mereka yang cenderung punya alergi terhadap telur. Maka dari itu, jika memang alergi protein telur, alangkah baiknya buat sama sekali tidak makan telur burung ini.

1. Gatal-Gatal
2. Bintitan di Mata
3. Bisul
4. Ruam Kemerahan di Kulit
5. Mual

Baca Juga: Manfaat Telur Ikan untuk Kuliner, Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Namun demikian, buat yang tidak punya riwayat alergi protein telur, maka telur ini bisa menjadi alternatif pangan dan pengobatan yang handal. Apalagi jika mampu mengolahnya menjadi kudapan dan ramuan kesehatan dan kecantikan yang tepat.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top