Connect with us

45 Manfaat dan Khasiat Telur Burung Unta untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

45 Manfaat dan Khasiat Telur Burung Unta untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Burung Unta – Telur Burung Unta adalah telur dari burung unta. Spesies burung Struthio camelus ini di benua Afrika dan beberapa negara lain memang menjadi salah satu binatang komersil yang diperjual-belikan. Meskipun tindakan ini mulai dikecam oleh banyak NGO perlindungan satwa. Akhir-akhir ini, telur burung ini pun ramai dibicarakan oleh para penggiat kontroversi teori bumi datar. Bahwa bentuk bumi konon tidak bulat pepat, namun seperti telur burung unta, seperti yang disebutkan dalam Al Qur’an.

Telur Burung Unta, Manfaat Telur Burung Unta, Khasiat Telur Burung Unta

Manfaat burung unta ada banyak, seperti:

• Bulunya diambil untuk hiasan
• Daging dan telurnya diambil untuk dimakan
• Kulitnya diambil untuk tekstil

Pemanfaatan burung unta di Afrika Selatan sudah terjadi sejak dulu kala. Artefak berupa hiasan dinding dan tempat minum yang terbuat dari cangkang telur burung unta telah ditemukan di sana, disinyalir berasal dari kehidupan 60-70 ribu tahun yang lalu. Bahkan di peradaban Yunani Kuno, telur ini pun telah dikenal sebagai salah satu sumber makanan bergizi.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Burung Unta :

Apa saja kandungan vitamin, mineral dan zat penting yang ada di dalam telur burung unta? Mengapa telur besar ini mampu memberikan dampak yang baik untuk tubuh manusia? Ternyata seperti inilah komposisi gizinya:

Takaran Saji: 1 butir (± 1,4 – 1,8 kg)

• Kalori: 2000 kkal
• Kolagen
• Protein
• Zat Besi
• Natrium
• Magnesium
• Lemak
• Vitamin A
• Fosfor
• Kalsium
• Vitamin B Kompleks
• Asam Amino Essensial
• Omega 3

Harga Telur Burung Unta :

Meksipun di Indonesia, spesies Struthio camelus ini hanya dapat dijumpai di kebun binatang, namun ternyata di negara-negara Afrika, justru burung ini dibudidaya dan diperjual-belikan. Berikut adalah harga telur burung untanya:

• Telur mentah: Rp250.000/butir (rata-rata berat telurnya 1,4 kg – 1,8 kg)
• Telur matang Rp1500.000/porsi

Manfaat Telur Burung Unta untuk Kesehatan :

1. Menambah Tenaga

Khasiat telur burung unta bagus sekali untuk menambah tenaga. Stamina yang sedang drop, misalnya karena sedang sakit akan diperbaiki hingga seperti sediakala di waktu sehat. Cocok sekali diberikan kepada mereka yang sedang mengalami episode sakit yang panjang. Bagus pula diberikan kepada para atlet yang membutuhkan tenaga banyak untuk berlaga.

2. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang rusak membuat seseorang mudah dihinggapi penyakit. Untuk mengatasinya, cobalah rutin mengonsumsi telur burung unta. Sebab telur ini memang akan bekerja langsung mempengaruhi imunitas. Dari yang tadinya lemah menjadi kuat lagi. Maka dari itu, bagi mereka yang mengalami masalah penyakit imun, segera saja makan telur yang baik untuk antibodi ini.

3. Membuat Nafsu Makan Meningkat

Ketika sedang mengalami nafsu makan yang menurun, maka saatnya buat mencari obatnya. Sebenarnya ada cara mudah buat membangkitkan nafsu makan, yakni dengan banyak makan. Paksalah buat makan meskipun sedang tidak enak. Nah, lauk yang terbaik buat meningkatkan nafsu makan ternyata adalah telur burung unta. Jangan lupa buat memakannya bersama nasi, agar tidak merasa mual.

4. Membantu Proses Regenerasi Sel

Memang susah buat mendapatkan telur burung unta di Indonesia. Sebab spesies burung ini termasuk yang dilindungi. Mustahil buat membeli telurnya, kecuali menemukannya secara tak sengaja di alam bebas. Padahal sebetulnya telur ini bagus sekali buat membantu proses regenerasi sel. Membuat seseorang memiliki sel-sel tubuh yang senantiasa diperbarui tanpa kendala.

5. Menjaga Stabilitas Tekanan Darah

Makan telur burung unta juga akan membantu menjaga stabilitas tekanan darah. Terkadang seseorang memiliki tekanan darah yang terlampau rendah, misalnya karena penyakit anemia, pendarahan maupun sedang stress dan kurang makan. Salah satu telur terbaik untuk membuat tekanan darah di angka normal adalah telur burung besar ini.

Manfaat Telur Burung Unta untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi hipotensi
7. Melancarkan sistem pencernaan
8. Menyehatkan jantung
9. Mencegah pneumonia
10. Mengatasi gizi buruk
11. Menghilangkan gangguan mental
12. Membuat pikiran tenang
13. Membawa perasaan senang
14. Mengatasi mood swing
15. Mencegah kanker
16. Menjaga kepadatan tulang

Cara Mengeolah Telur Burung Unta untuk Kesehatan :

Telur adalah sumber makanan yang sangat fleksibel dan mudah diolah. Termasuk telur burung unta, meskipun ukurannya besar, namun pada dasarnya sama saja soal cara mengolahnya. Bisa direbus, digoreng, dicampur sebagai bahan kudapan seperti cake, crepes, waffle, martabak atau kulit tortilla. Semuanya sama-sama memberikan dampak yang bagus untuk kesehatan, menjadi sumber protein tinggi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Burung Unta untuk Kecantikan :

1. Mengatasi Kulit yang Kendur

Khasiat telur burung unta bagus sekali untuk mengatasi kulit yang kendur. Orang yang kulitnya kendur cenderung merasa minder. Apalagi kalau masih muda usianya, ini menjadi salah satu tanda penuaan dini yang sangat nyata. Maka atasi saja dengan cara membuat masker putih telur ini.

2. Menghilangkan Keriput di Wajah

Keriput di wajah sangatlah menyebalkan. Keriputnya kulit biasanya diawali dengan kendurnya kulit. Ketika kulit mengencang karena efek makan telur burung unta, niscaya kerutan juga akan hilang. Begitupun dengan kerutan yang ada di bagian tubuh yang lainnya juga akan hilang.

3. Memutihkan Wajah

Rutin memakai masker putih telur burung unta bagus sekali untuk upaya memutihkan wajah. Tak dapat dipungkiri, wajah yang putih menjadi dambaan banyak orang. Mereka yang wajahnya putih akan terkesan pandai merawat diri sehingga disenangi banyak orang. Maka dari itu, jika memiliki kesempatan buat memakai telur burung ini, cobalah dibuat masker.

4. Melembutkan Kulit

Protein yang melimpah pada telur burung unta juga membuatnya menjadi salah satu ramuan terbaik untuk melembutkan kulit. Kulit yang kenyal dan halus membuat kelembutan terasa sangat jelas. Maka dari itu, telur ini memang baik sekali untuk diproses menjadi bahan skincare alami.

5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini dapat terjadi kepada siapa saja. Orang yang mengalami penuaan dini akan mengalami wajah yang lebih tua daripada umurnya. Ini bisa disebabkan karena faktor stress, pola makan, gaya hidup, penyakit maupun karena genetik. Cobalah buat mengatasi dan mencegah penuaan dini dengan makan telur burung unta.

Manfaat Telur Burung Unta untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membuat wajah tampak bersinar
7. Mencerahkan kulit
8. Mengatasi selulit
9. Membuat berat badan jadi ideal
10. Membantu membentuk otot
11. Meremajakan kulit
12. Membuat badan segar
13. Membuat badan sintal
14. Mencegah anoreksia
15. Mencegah gizi buruk
16. Membantu menaikkan berat badan
17. Mencegah mata rabun
18. Menjernihkan mata
19. Membuat bibir merah segar

Cara Memanfaatkan Telur Burung Unta untuk Kecantikan :

Tidak ada cara khusus untuk mengambil manfaat telur burung unta. Sebagaimana telur pada umumnya, untuk kecantikan tentu saja paling efektif adalah dengan dibuat masker putih telur. Efeknya akan langsung dirasakan saat itu juga, yakni kulit menjadi kencang dan lebih putih dari sebelumnya.

Efek Samping Telur Burung Unta :

Di bawah ini adalah banyak efek samping yang dapat ditimbulkan dari pemakaian telur burung unta. Meskipun manfaatnya melimpah, rupanya telur ini juga memberikan dampak-dampak sebagai berikut:

1. Bisul
2. Gatal-Gatal
3. Ruam Kemerahan di Kulit
4. Mual
5. Muntah
6. Melanggar hukum perlindungan satwa
7. Bisa masuk penjara
8. Dikecam banyak orang
9. Eksploitasi
10. Mengancam eksistensi burung unta menjadi bisa punah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Angsa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Dengan banyaknya dampak atau efek samping seperti di atas, memang pemanfaatan telur burung unta masih pro kontra. Terutama di bidang lingkungan dan konservasi satwa, sungguh tindakan memakan telur ini sangat memungkinkan menuai konflik dan polemik.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top