Connect with us
Telur Camar, Telur Burung Camar, Manfaat Telur Camar, Khasiat Telur Camar

Makanan

35 Manfaat dan Khasiat Telur Burung Camar untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Telur Burung Camar – Telur Camar, Dara Laut, Gull, atau Seagull Egg adalah jenis telur dari family Laridae. Burung ini tinggal di habitat pantai, dikenal dengan nama Camar Laut. Di dalam family-nya terdapat 11 genera yang berbeda yang terdiri dari banyak genus dan spesies. Salah satu spesies terkenal adalah camar berkepala hitam yang muncul hanya di waktu musim semi.

Telur Camar, Telur Burung Camar, Manfaat Telur Camar, Khasiat Telur Camar

Ada banyak pro kontra mengenai pemanfaatan burung camar untuk dikonsumsi. Sebab, camar adalah jenis predator yang suka mengonsumsi bangkai. Sedangkan di dalam Islam, Allah Melarang untuk memakan binatang yang suka makan bangkai. Namun tentu saja ini tidak menyulutkan mereka yang mengeksplorasi kuliner. Daging dan telur burung camar sangat populer di Eropa, terutama Inggris.

Telur camar memiliki ukuran seperti telur ayam kampung. Cangkangnya berwarna coklat kebiruan keruh dengan corak abstrak hitam mirip telur puyuh. Manfaat telur burung camar cukup melimpah di bidang kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Burung Camar :

Ada banyak kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam telur camar. Telur dengan cangkang mirip telur puyuh ini ternyata mengandung komposisi sebagai berikut di dalam 100 gramnya:

Loading...

• Kalori: 800 kkal
• Protein: 30 gram
• Lemak: 20 gram
• Karbohidrat: 4 gram
• Zat Besi: 2 mg
• Natrium: 250 mg
• Magnesium: 150 mg
• Kalium: 50 mg
• Kalsium: 60 mg
• Fosfor: 70 mg
• Vitamin A: 250 IU
• Vitamin B1: 1 mg
• Vitamin B6: 0,1 mg
• Vitamin B12: 0,5 mg
• Omega 3: 50 mg

Harga Telur Burung Camar :

Berapa harga telur burung camar? Pertanyaan ini agaknya terlalu sulit dijawabnya. Pasalnya tidak ada penjualan telur camar secara komersil. Tentunya kalau mencari telurnya di toko sembako dan swalayan tidak bakalan ada. Namun jika memang berniat mencarinya, cobalah buat datang ke daerah pesisir. Burung camar laut ini memang tinggal di pohon-pohon tinggi yang ada di sekitaran laut. Sekiranya dijual, maka sepantasnya harganya yakni:

• Harga telur camar: Rp100.000 – Rp150.000/butir

Namun ada fakta menarik bahwa meskipun di Indonesia kurang populer diperdagangkan, namun di Inggris, telur ini memiliki harga yang mahal. Banyak resto bintang lima menjajakannya. Harga telur camar mentah antara 6-8 poundsterling. Kalau masakannya yang sudah jadi, pastilah jauh lebih mahal lagi.

Manfaat Telur Burung Camar untuk Kesehatan :

1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Khasiat telur burung camar bagus buat jaga keseimbangan tubuh. Maksudnya keseimbangan adalah sebuah kondisi di mana tubuh stabil kesehatannya keseluruhan. Ketika keseimbangan terjaga, niscaya badan jadi fit dan mudah beraktivitas.

2. Menyehatkan Hati

Organ hati atau liver adalah organ utama di tubuh manusia. Hati berperan penting dalam proses detoksifikasi racun. Fungsi hati juga untuk menyaring darah. Bayangkan bila hati rusak, sudah jelas bakalan memicu kematian. Untuk itu, tingkatkan kesehatan hati dengan cara makan telur burung camar.

3. Membantu Tumbuh Kembang Anak

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan haruslah diperhatikan baik-baik asupan makannya. Jangan sampai memberikan makan yang buruk karena akan berdampak buruk pada pertumbuhan dan kesehatannya. Maka dari itu, berikanlah makanan yang baik untuk anak seperti telur burung camar. Walaupun memang susah mendapatkannya, namun telur ini layak sekali dicari dan dimakan.

4. Mengatur Kadar Sel Darah Merah

Kandungan zat besi dalam telur burung camar bagus buat menngatur jumlah sel darah merah. Tercakup pula HB di dalamnya. Kekurangan sel darah merah sangat bahaya buat tubuh karena akan menyebabkan kematian. Maka dari itu, aturlah kadarnya dengan konsumsi telur burung camar. Apalagi kalau sedang mengidap anemia, DBD maupun leukimia.

5. Menjaga Kelistrikan Tubuh Agar Stabil

Kandungan garam-garamman seperti natrium di dalam telur burung camar baik sekali dalam menjaga kadar kelistrikan di tubuh. Biar bagaimanapun tubuh manusia memang membutuhkan garam sebagai elektrolit yang akan mengaktifkan sel-sel. Selain itu natrium juga berperan dalam melancarkan peredaran darah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Manfaat Telur Burung Camar untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan kesehatan jantung
7. Mengatasi gangguan paru-paru
8. Menambah nafsu makan
9. Mencegah kenaikan asam lambung
10. Meningkatkan kecerdasan otak
11. Mencegah tulang rapuh
12. Membantu regenerasl sel-sel
13. Mencegah kanker
14. Menurunkan trigliserida
15. Membuat badan jadi bertenaga

Cara Mengolah Telur Burung Camar untuk Kesehatan :

Mengolah telur burung camar untuk upaya kesehatan tidaklah sulit. Biar bagaimana pun, telur ini memang bahan makanan yang fleksibel. Baik digoreng, direbus atau dijadikan bahan membuat kue, semuanya sama-sama bergizi. Namun jika memang menginginkan manfaat paling maksimal dari telur dara laut ini, maka baiknya untuk direbus saja atau digoreng setengah matang.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Angsa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Burung Camar untuk Kecantikan :

1. Menambah Massa Otot

Manfaat telur burung camar untuk menambah massa otot. Ketika tubuh memiliki massa otot yang bagus, maka tubuh akan terlihat lebih berisi. Selain itu, massa otot yang terbentuk sempurna pun akan memberikan efek sickpack bagi lelaki. Cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program body building.

2. Membantu Program Diet

Bagi wanita, makan telur bisa jadi adalah pantangan, sebab telur mengandung lemak. Namun perlu diingat bahwa lemak di dalam telur burung camar itu sedikit. Lebih banyak proteinnya, sehingga ini justru bagus untuk diet karena bisa bikin tubuh jadi sintal dan ideal.

3. Melembabkan Kulit

Kulit yang lembab bisa mencegah kerusakan kulit seperti kering, bersisik dan mudah luka. Maka dari itu, cobalah buat makan telur burung camar yang direbus. Memang agak sulit mendapatkannya, biasanya burung dara laut ini dibudidayakan di daerah pesisir.

4. Menjaga Kelenturan Kulit

Salah satu khasiat telur camar paling manjur dan mujarap adalah kolagennya. Karena manfaat telur burung camar akan menjaga kelenturan kulit dengan collagen ini. Coba saja rasakan khasiatnya dengan cara membuat masker putih telur camar.

5. Membuat Masker dan Lulur Badan

Kegunaan telur burung camar salah satunya bisa untuk membuat masker dan lulur badan. Cara membuatnya mudah saja, bisa dengan memakai keseluruhan telur, maupun hanya putihnya saja. Namun disarankan untuk hanya menggunakan putihnya saja. Sebab ini akan bagus teksturnya dan mudah melekat saat diaplikasikan ke kulit.

Manfaat Telur Burung Camar untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjaga kelembaban kulit
7. Mencegah bibir pecah-pecah
8. Mencegah kanker kulit
9. Memudarkan bekas luka
10. Menghilangkan daki
11. Mencegah jerawat muncul kembali
12. Menghilangkan komedo
13. Mengatasi minyak berlebih
14. Membuat kulit lebih kenyal dan halus
15. Mengatasi pori-pori yang terbuka

Cara Memanfaatkan Telur Burung Camar untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan telur burung dara laut sangatlah mudah. Tidak perlu repot-repot tentang bagaimana cara mengolahnya. Cukup dengan menjadikannya masker wajah yang siap pakai! Cara membuatnya pun mudah, tinggal diambil saja putih telurnya, kemudian dioleskan ke wajah yang dalam kondisi bersih. Ada baiknya maskerannya di malam hari, ketika hendak tidur. Ataupun di siang hari, selepas bangun tidur.

Efek Samping Telur Burung Camar :

Di bawah ini adalah beberapa dampak yang terjadi bilamana mengonsumsi telur burung camar. Perlu diingat bahwa memakan telur dara laut ini bisa saja menimbulkan reaksi alergi sebagai berikut:

1. Eksploitasi Satwa
2. Bisul
3. Edema
4. Pusing
5. Alergi Protein

Baca Juga: Manfaat Telur Ikan untuk Kuliner, Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Walaupun memang banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan, tetaplah diperhatikan bahwa telur jenis apapun memang rawan dimakan oleh mereka yang alergi terhadap protein telur. Namun buat mereka yang tidak pantangan makan telur, sudah tentu telur burung dara laut ini sungguh jadi alternatif pangan yang bergizi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top