Connect with us
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan

Makanan

120 Manfaat Telur Ikan untuk Kuliner, Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Ikan – Telor Ikan, Endog Iwak atau Fish Eggs, Roe, Hard Roe  adalah jenis telur yang diproduksi oleh ikan air tawar maupun air laut. Masing-masing spesies ikan memiliki ciri khas telur sendiri-sendiri. Tekstur dan rasanya pun berbeda saat dimasak dan diolah. Paling terkenal adalah telur ikan salmon. Manfaat telur ikan baik untuk kesehatan karena bisa menjadi sumber asam lemak esensial, sedangkan khasiatnya untuk kecantikan bisa merejamakan kulit.

Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan

Ada banyak jenis fish eggs yang terkenal di restoran barat, seperti beluga dan sevruga. Sedangkan untuk di negara Asia lebih banyak gunakan telur salmon dan kakap. Sedangkan telur dari ikan sungai atau air tawar biasanya kurang diperhatikan, bahkan dibuang karena dianggap tidak laku dan tidak memiliki harga.

Banyak orang memang jadi penggemar telur ikan, terutama dari jenis ikan air laut. Pasalnya, rasanya sungguh sangat lezat melebihi daging ikan itu sendiri. Namun harga telur ini pun memang cenderung lebih mahal karena memang sudah didapatkan, tidak semua ikan mengandung telur di perutnya.

Alasan mengapa telur air tawar kurang diminati adalah karena rasanya yang kurang enak dan dirasa menjijikan. Ukuran dan bentuknya pun kecil dan bergerombol sehingga sangat tidak “nyeni” kalau disajikan di restoran. Beda dengan telur ikan salmon yang bagaikan mutiara. Atau telur kaviar yang juga begitu elok bagai permata.

Harga Telur Ikan :

Ada satu jenis telur ikan termahal di dunia, yakni telur kaviar ossetra atau kaviar hitam yang harganya 5000 USD atau hampir mencapai 70 juta rupiah per kg. Kaviar Ossetra sebenarnya adalah julukan yang diberikan pada telur ikan sturgeon. Cara pengolahannya sama saja dengan telur pada umumnya, yakni ditaburi garam untuk memberikan rasa sekaligus mengawetkannya.

Beli telur ikan memang susah-susah gampang, kalau tidak datang langsung ke pengepul di dekat laut, mustahil mendapatkannya. Alih-alih dapat telur fresh, yang ada malah telur matang yang sudah siap makan dan tentunya ada di restoran Japanese, chinese atau western biasanya. Berikut adalah rincian harga telur ikan terbaru yang sebaiknya diketahui sebelum membelinya. Baik telur yang sudah matang maupun mentah:

• Telur Ossetra Kaviar: ± Rp70.000.000/kg
• Telur Beluga: ± Rp4000.000/kg
• Telur Sevruga: ± 3000.000/kg
• Telur Ikan Salmon: ± Rp1000.000/kg
• Telur Kakap Merah: ± Rp700.000/kg
• Telur Kakap Hitam: ± Rp600.000/kg
• Telur Ikan Terbang: ± 500.000/kg
• Telur Gurameh: ± 50.000/kg

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Ikan :

Apa kandungan gizi telur ikan hingga menjadikannya salah satu super seafood yang patut dicoba? Ternyata ada banyak zat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terkandung di dalamnya, seperti:

• Kalori: 200 kkal
• Lemak jenuh: 2 gram
• Lemak tak jenuh ganda: 3,2 gram
• Lemak tak jenuh tunggal: 2 gram
• Kolesterol: 450 mg
• Natrium: 110 mg
• Kalium: 280 mg
• Karbohidrat: 1,8 gram
• Protein: 30 gram
• Vitamin A: 300 IU
• Vitamin B6: 0,2 mg
• Vitamin B12: 11 µg
• Vitamin C: 16 mg
• Kalsium: 30 mg
• Zat Besi: 0,9 mg
• Magnesium: 25 mg

Manfaat Telur Ikan untuk Kuliner :

1. Membuat Sushi

Sushi memang lazim disajikan dengan aneka ikan mentah, termasuk juga telur ikan mentah. Namun jangan khawatir, meskipun mentah, telur ini aman dimakan, sebab sudah dicuci bersih dan digarami sehingga bakteri mati dan rasa lebih gurih.

2. Melengkapi Salad

Ya, manfaat fish eggs bisa pula menjadi pelengkap salad. Meskipun bukan jenis sayuran dan buah-buahan, sebenarnya telur ini sepintas mirip dengan buah delima. Butiran-butiran telurnya sungguh bisa memanjakan lidah dan cocok dicocol pada sambal dan saos.

3. Fish Egg Dessert

Dessert umumnya dibuat secara ringan tidak terlalu mengenyangkan. Rupanya telur ikan juga bisa untuk membuat dessert. Bisa dicampuri dengan bahan-bahan lain sehingga menjadikannya sungguh gurih, lezat dan berkelas.

4. Memasak Telur Ikan Goreng

Teknik paling mudah dalam mengolah telurnya adalah dengan cara digoreng. Telur goreng pun amat enak, meskipun pada akhirnya akan membuat telurnya remuk. Makanya kalau mau buat biasanya dicampur dengan tepung serbaguna.

5. Memasak Telur Ikan Rebus

Cara lain mengolah telur ini adalah dengan direbus. Sungguh telur ikan rebus memiliki rasa yang sangat enak dan cocok sekali untuk lidah orang Asia. Rebusan ini bisa dimakan bersama seafood jenis lainnya, seperti bakso ikan, kepiting, kerang, cumi maupun lobster.

Manfaat Telur Ikan untuk Kuliner Lainnya :

6. Isian sup
7. Melengkapi seafood
8. Isian siomay
9. Bahan campuran bakso ikan
10. Meningkatkan daya beli masyarakat
11. Melejitkan nilai jual produk masakan ikan
12. Bahan campuran gulai ikan
13. Isian roti asin
14. Membuat bubur telur ikan
15. Menambah citarasa ikan bakar

Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Khasiat fish eggs bagus sekali untuk meningkatkan stamina tubuh. Maksudnya adalah saat manusia memakannya, maka tubuhnya akan terasa lebih bertenaga dan ringan. Memang telur salmon, kakap merah, kakap hitam, gurameh maupun ikan karper memproduksi telur yang kerap dijadikan bahan makanan. Masing-masing jenis telur punya ciri khas dan rasa tersendiri. Tapi semuanya sama-sama bisa tingkatkan stamina.

2. Membuat Pikiran Tenang

Manfaat telur ikan pun dapat membuat pikiran jadi tenang. Sebab kandungan asam lemak yang tinggi langsung mempengaruhi sistem saraf pusat dan emosi manusia. Saat pikiran penuh dengan energi negatif, maka saatnya buat memakan telur ini. Silahkan pilih jenis telur yang dirasa paling lezat dan cocok dengan kapasitas keuangan. Misalnya dengan datang ke restoran sushi, biasanya mereka punya telur ikan salmon yang bulat-bulat oranye seperti sagu mutiara.

3. Menambah Nafsu Makan

Kegunaan telur ikan juga bagus sekali untuk menambah nafsu makan. Telur ini cocok dimakan saat badan sedang meriang dan merasa tidak enak makan apa-apa. Ketika sakit melanda, memang lidah jadi terasa hambar atau bahkan pahit. Nah, rasa gurih dari telur ini akan mengembalikan lidah agar mampu mengecap rasa dengan baik dan benar lagi.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Fungsi telur salmon juga akan membuat pencernaan jadi lancar. Maklum saja, sebab telur ini bagus sekali sebagai pelumas dan pelicin saluran usus. Sehingga nantinya yang sedang mengalami masalah sembelit ataupun kenaikan konsentrasi alam lambung, bisa perlahan-lahan sembuh. Ingatlah bahwa pencernaan yang lancar adalah kunci dari kesehatan secara menyeluruh. Jadi mari konsumsi jenis telur ini!

5. Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi yang memiliki masalah tekanan darah rendah juga jangan khawatir buat makan telur ikan. Sebab telur ini ampuh sekali dalam menormalkan tingkat tekanan darah. Para penderita hipotensi memang mudah saja menemukan makanan yang akan meningkatkan tensinya, hanya saja telur salmon atau kakap sebenarnya jauh lebih lezat dan cepat reaksinya.

Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu produksi sel darah merah
7. Meningkatkan imunitas
8. Mencegah kanker
9. Mengobati kanker
10. Menurunkan trigliserida
11. Mencegah diabetes
12. Mencegah radikal bebas
13. Mengobati anemia
14. Mencegah leukimia
15. Mengatasi hemofilia
16. Meringankan panas demam
17. Meningkatkan limfosit
18. Mencegah sakit maag
19. Membantu kerja hati
20. Menyehatkan jantung
21. Sumber nutrisi ibu hamil
22. Sumber gizi bayi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Angsa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Cara Memanfaatkan Telur Ikan untuk Kesehatan :

Telur ikan lazim dimakan mentah, khusus untuk telur salmon yang bentuknya bulat-bulat transparan warna jingga itu. Namun untuk telur ikan air tawar seperti gurame, biasanya digoreng saja. Apapun cara pengolahannya, semuanya sama-sama baik untuk kesehatan.

Hanya saja ada yang perlu diperhatikan bahwa telur ini mesti dicuci sampai bersih. Jangan sampai mengandung kotoran dan bakteri. Jika pun memakan mentah, alangkah baiknya disiram dulu dengan air garam panas.

Manfaat Telur Ikan untuk Kecantikan :

1. Meremajakan Kulit Badan

Kegunaan telur ikan tidak hanya buat kesehatan saja. Tapi bisa pula untuk meremajakan kulit badan. Khasiat telur ini sungguh akan membuat kulit jadi lebih muda dan indah dipandang. Tepat sekali dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami masalah kulit menua karena stress, usia, penyakit maupun paparan radiasi dan bahan kimia berbahaya.

2. Membuat Wajah Glowing

Ya, manfaat telur ikan dapat membuat wajah jadi glowing. Muka akan terlihat bersinar dan cerah 4 kali lipat dari sebelumnya. Ini terjadi karena telur ini mengandung vitamin A yang melimpah dan efektif sebagai antioksidan yang memperbaiki jaringan sel kulit.

3. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Manfaat telur ikan pun bisa mengurangi produksi minyak di wajah. Di mana minyak ini kerap menyebabkan penyumbatan pori-pori dan akhirnya muncul komedo dan jerawat. Segera saja rasakan betapa bagusnya telur ini yang mana fungsinya bagai spon dari dalam tubuh.

4. Memutihkan Kulit

Khasiat telur ikan pun bisa memutihkan kulit. Ini terjadi akibat perbaikan sel secara menyeluruh sanggup mengangkat sel kulit mati. Kulit yang putih adalah tanda bahwa kualitas kulit berhasil meningkat berkat kerja telur ini.

5. Membuat Mata Berbinar

Rupanya makan telur ikan pun bisa membuat mata berbinar terang dan bening. Pandangan mata yang tadinya blur karena minus pun perlahan-lahan mulai diperbaiki. Sungguh fish egg ini memang resep jitu mendapatkan mata sehat dan cantik.

Manfaat Telur Ikan untuk Kecantikan yang Lainnya :

6. Mengencangkan kulit
7. Membuat wajah kenyal
8. Melembutkan kulit
9. Mencegah jerawat muncul
10. Mengobati jerawat
11. Mencegah komedo muncul
12. Mengangkat komedo
13. Meratakan warna kulit
14. Mengangkat sel kulit mati
15. Mengatasi wajah kusam
16. Melembabkan kulit
17. Menyembuhkan kulit kering
18. Mengatasi kulit bersisik
19. Memerahkan bibir
20. Memutihkan gigi

Cara Memanfaatkan Telur Ikan untuk Kecantikan :

Tidak ada cara khusus untuk mengolah fish egg. Telur ini bisa dimasak dengan cara direbus maupun digoreng. Namun jika memakannya dengan gaya masakan Jepang Sushi, tentu saja telurnya tersaji dalam kondisi mentah. Jangan khawatir karena bagaimanapun cara pengolahannya, telur ini sungguh berkhasiat untuk kecantikan.

Efek Samping Telur Ikan :

Apa sajakah efek samping dari makan telur ikan yang mungkin saja terjadi? Meskipun manfaatnya melimpah, namun beberapa orang bisa saja merasakan hal-hal di bawah ini sebagai alergi umum dari memakan seafood. Biar bagaimana pun, telur ini kan tergolong seafood, makanya bagi yang alergi sebaiknya tidak memakannya.

1. Mual
2. Muntah
3. Ruam Kulit
4. Gatal-Gatal
5. Nyeri Kepala

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Bebek untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bila berbagai reaksi efek samping di atas tidak sembuh dalam 24 jam, maka perlu datang ke pusat kesehatan segera. Apalagi jika sampai 3 hari semakin parah dampak alerginya. Untuk itu, jika memang pantangan makan ikan, janganlah coba-coba menyentuh dan mengonsumsi telurnya. Namun bagi para pecinta seafood, tentunya telur ini akan menambah nafsu makan karena kelezatannya yang tiada tandingannya. Cocok untuk selingan di kala bosan dengan hidangan seafood yang itu-itu saja. Meski begitu, telur ini sebaiknya memang diperlakukan secara hati-hati dalam soal memasaknya, maka pilihlah resto terbaik untuk menyantapnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top