Connect with us

35 Manfaat dan Khasiat Telur Kalkun untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

35 Manfaat dan Khasiat Telur Kalkun untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Kalkun – Telur Ayam Kalkun, Telur Burung Kalkun atau Turkey Egg adalah jenis telur yang diproduksi oleh Meleagris. Genus ayam kalkun yang terbagi ke dalam 2 spesies: M. gallopavo dari Amerika Utara, sedangkan M. ocellata dari Amerika Tengah. Telur ini memiliki ukuran 2,5 kali lipat dibandingkan telur lehorn. Khasiat telur kalkun kurang dikenal masyarakat Indonesia, namun di luar negeri, terutama negara-negara di benua Amerika, telur ini biasa dijadikan kudapan yang mewah.

Telur Kalkun, Manfaat Telur Kalkun, Khasiat Telur Kalkun

Cangkang telur kalkun berwarna coklat muda dengan bintik-bintik coklat tua. Warna kuning telurnya oranye, sedangkan putihnya bening. Namun bila digoreng, Turkey Egg ini berwarna lebih coklat di bagian kuningnya, dibandingkan jenis telur lainnya. Rasanya cenderung lebih amis, meskipun tidak lebih amis dari telur bebek. Teksturnya agak alot karena daging telurnya akan jadi tebal.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Kalkun :

Berikut adalah kandungan vitamin, mineral dan zat penting yang ada di dalam telur kalkun. Ternyata telur ayam kalkun memang melimpah gizinya sehingga menjadikannya salah satu telur yang aman dan baik dikonsumsi oleh manusia. Hanya saja ada yang perlu diingat bahwa janganlah makan telur ini banyak-banyak, jadi di dalam seminggu cukup makan sebutir telur saja. Berikut adalah komposisi gizi Turkey Egg dalam takaran saji 100 gramnya:

• Protein: 25 gram
• Lemak: 20 gram
• Karbohidrat: 3 gram
• Air: 120%
• Abu: 1%

Loading...

Harga Telur Kalkun :

Ada yang unik dari telur kalkun bahwa ternyata harganya cukup mahal, dibandingkan jenis telur lainnya. Sebab, telur ayam kalkun ini memiliki tingkat produktivitas yang rendah. Dalam waktu seminggu, ayam kalkun yang bertelur sebanyak 1 atau 2 butir saja. Beda dengan ayam negeri atau ayam kampung yang bisa bertelur tiap hari, bahkan jumlahnya bisa sampai puluhan.

• Harga telur ayam kalkun di luar negara barat: 2 – 4 USD
• Harga telur ayam kalkun di Indonesia: Rp25.000 – Rp45.000

Manfaat Telur Kalkun untuk Kesehatan :

1. Sumber Kalori

Telur kalkun bisa menjadi sumber kalori yang melimpah. Telur ayam jenis ini sungguh akan membuat tubuh mendapatkan pasokan energi yang melimpah. Sehingga tidak gampang lelah dan drop kesehatannya. Cocok pula bagi mereka yang punya kebutuhan kalori harian yang tinggi.

2. Memiliki Protein yang Melimpah

Jelaslah manfaat telur kalkun mengandung protein yang melimpah. Kandungan protein yang banyak untuk tubuh baik sekali dalam meregenerasi sel-sel. Orang yang punya protein melimpah dalam tubuhnya akan disimpan protein itu dalam bentuk otot dan daging. Sehingga nantinya tubuh menjadi lebih berisi.

3. Menjadi Sumber Lemak Hewani

Khasiat telur kalkun dapat menjadi sumber lemak hewani. Sebagaimana protein, lemak hewani juga amat dibutuhkan tubuh karena menjadi salah satu faktor pembentukan sel. Orang yang kekurangan lemak akan memiliki tubuh yang cenderung lebih kecil atau kurus. Tentu saja ini amat jelek, apalagi kalau kurusnya sudah keterlaluan. Untuk itu, atasi segera masalah ini dengan banyak konsumsi telur yang mengandung lemak melimpah, seperti telur ayam kalkun ini.

4. Menguatkan Stamina

Stamina yang kuat memang bisa didapatkan melalui makanan. Salah satu makanan andalan untuk ini adalah telur. Apalagi telur kalkun yang memang dipercaya bisa meningkatkan stamina berkali-kali lipat. Sebagaimana telur ayam kampung, telur ayam kalkun pun cocok dijadikan jamu kuat.

5. Menambah Nafsu Makan

Mengonsumsi telur kalkun juga bisa menambah nafsu makan. Ketika nafsu makan meningkat, niscaya seseorang akan merasa tubuhnya jauh lebih baik daripada sebelumnya. Sebab, makanan merupakan sumber energi utama di tubuh manusia. Untuk itu, jika sedang mengalami masalah dengan nafsu makan yang menurun, cobalah saja telur ayam kalkun., bisa direbus maupun digoreng.

Manfaat Telur Kalkun untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan pencernaan
7. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh
8. Melancarkan peredaran darah
9. Mengatasi hipotensi
10. Mengobati anemia
11. Mencegah busung lapar
12. Terapi kekurangan gizi
13. Melegakan tenggorokan
14. Menyembuhkan sakit kepala
15. Mengatasi gangguan paru-paru

Cara Memanfaatkan Telur Kalkun untuk Kesehatan :

Memakai telur kalkun tidak ada bedanya dengan telur pada umumnya. Untuk mendapatkan khasiatnya, maka masak saja telurnya dengan cara direbus atau digoreng. Sungguh telur ini akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Apalagi bila dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Bebek untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Kalkun untuk Kecantikan :

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Di bidang kecantikan, telur kalkun dikenal bagus sekali untuk memperbaiki postur tubuh. Ini berarti terkait dengan ukuran tubuh yang proporsional, baik tinggi maupun beratnya. Ini terjadi karena telur ayam kalkun memang mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

2. Membuat Berat Badan Ideal

Bagi perempuan yang merasa tubuhnya kekurusan, makan telur kalkun bisa membantu mencapai berat badan ideal. Tidak perlu bingung dan minum obat gemuk yang seringkali bikin penyakitan, justru dengan cara alami konsumsi telur ini jauh lebih baik.

3. Membesarkan Otot

Otot yang besar sering didambakan para lelaki. Sebab lelaki akan terlihat ggah, ganteng dan macho jika dirinya punya otot yang sixpack dan kekar. Manfaat telur kalkun pun bagus sekali untuk besarkan otot. Cocok untuk mereka yang sedang body building.

4. Memutihkan Kulit

Selain itu, jika dipakai untuk membuat masker putih telur, sungguh telur kalkun punya khasiat yang lebih dasyat dalam memutihkan. Coba saja bikin masker telur ayam kalkun ini, lebih baik lagi bila dicampur dengan madu. Namun bila kesulitan mendapatkan madu, bisa pula telur ini dicampur dengan tepung beras putih, hitam maupun merah. Ini akan menjadikan Turkey Egg memiliki efek dalam mengangkat sel kulit mati, melalui granul-granul berasnya.

5. Mengencangkan kulit

Kulit yang kencang pun merupakan dambaan semua orang. Apalagi bagi mereka yang sudah memasuki usia senja. Untuk itu, segera saja kencangkan kulit dengan cara rutin memakai masker telur kalkun. Ambil saja putihnya, sedangkan kuningnya bisa digunakan untuk membuat cake. Sehingga manfaat telur ini akan didapatkan dari dalam sekaligus luar tubuh.

Manfaat Telur Kalkun untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memudarkan flek hitam
7. Menghilangkan noda bekas jerawat
8. Menghilangkan bau badan
9. Mengatasi kerutan di wajah
10. Membuat kulit kenyal
11. Membuat awet muda
12. Mengatasi penuaan dini
13. Meremajakan kulit wajah
14. Mengangkat kulit kusam
15. Menghilangkan selulit

Cara Memanfaatkan Telur Kalkun untuk Kecantikan :

Bagaimanakah cara memakai telur ayam kalkun ini untuk kecantikan? Sebagaimana menggunakan telur pada umumnya, jenis telur ini bisa dikonsumsi setelah direbus, digoreng atau dimasak tertentu. Namun bagus pula untuk dijadikan masker putih telur. Efek penggunaan masker ini bisa memutihkan dan mengencangkan kulit wajah.

Efek Samping Telur Kalkun :

Apa sajakah efek samping dari makan telur kalkun? Meskipun memiliki kandungan gizi yang melimpah, namun ternyata Turkey Egg ini juga menyebabkan dampak-dampak berikut ini:

1. Mual
2. Muntah
3. Alergi Gatal-Gatal
4. Bau Amis Sekali
5. Boros Uang

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk itu, kalau hendak makan telur kalkun sebaiknya pastikan dulu memang doyan dan tidak alergi. Selain itu, untuk keperluan kuliner juga mesti mempertimbangkan harganya, sebab telur ini harganya relatif mahal. Namun untuk penggunaan skala besar, misalnya untuk kepentingan restoran, sebenarnya telur ini bisa menjadi alternatif untuk membuat kudapan yang menarik perhatian pembeli. Apalagi untuk kudapan yang bertema western.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top