Connect with us

35 Manfaat dan Khasiat Telur Kodok untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Makanan

35 Manfaat dan Khasiat Telur Kodok untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Kodok – Telur Kodok, Telur Katak, Endog Kodok, Endog Bangkong atau Toad Eggs adalah jenis telur dari kodok bangkong. Penyebutannya seringkali salah kaprah dengan katak. Bahkan bagi orang Indonesia, cukup sulit membedakan antara katak dengan kodok. Walaupun secara taksonomi, memang keduanya berada dalam ordo yang sama, yakni anura. Manfaat telur kodok terkenal ampuh sebagai obat bisul alami.

Telur Kodok, Manfaat Telur Kodok, Khasiat Telur Kodok, Telur Katak

Sepintas telur kodok sangat mirip dengan biji selasih yang sudah diseduh. Telurnya warna hitam yang diselubungi oleh lendir putih yang sebenarnya adalah cangkangnya. Bagi banyak orang telur amfibi ini pastilah sangat menjijikan. Namun siapa sangka gizinya melimpah? Apalagi khasiat toad eggs ini juga ampuh buat menunjang kecantikan kulit wajah. Membuat wajah jadi lebih putih, halus, elastis dan awet muda.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Kodok :

Apa sajakah zat, vitamin dan mineral yang terkandung di dalam telur kodok? Perhatikan baik-baik rinciannya di bawah ini dalam takaran saji 100 gram :

• Energi: 110 kkal
• Protein: 14 gram
• Lemak: 11,5 gram
• Zat Besi: 1 mg
• Kalsium: 200 mg
• Magnesium: 50 mg
• Natrium: 40 mg
• Vitamin A: 100 IU
• Vitamin B1: 1 mg
• Vitamin B5: 0,1 mg
• Vitamin B6: 0,5 mg
• Vitamin B12: 0,2 mg

Loading...

Harga Telur Kodok :

Telur ini tidaklah diperdagangkan dalam produk mentahnya secara komersil. Agak sulit mendapatkannya kecuali mendapatkan supplier yang memang fokus pada penjualan produk kodok. Namun dapat diperkirakan harganya adalah sebagai berikut :

• Harga yang masih mentah: Rp100.000/kg
• Harga telur yang sudah siap pakai: Rp300.000/kg

Telur Kodok Haram atau Halal?

Memang ada pro kontra tentang penggunaan bahan makanan berbasis hewan yang menjijikan. Apalagi kodok pun mampu hidup di 2 alam, daratan dan perairan. Namun untuk keperluan medis dan kosmetik, pada dasarnya telur ini pun sebagaimana bahan herbal lainnya. Tidak bisa dijustifikasi dalam perkara moral dan agama. Artinya telur ini boleh saja dimakan, bila memang membutuhkan. Tentunya setelah melalui proses pemasakan dan sterilisasi dulu.

Manfaat Telur Kodok untuk Kesehatan :

1. Mengobati Bisul

Manfaat telur bangkong ini ampuh untuk mengobati bisul. Bagi yang memiliki masalah kulit bisulan, alangkah baiknya buat segera mencoba khasiat telur hewan amfibi ini. Namun ada yang mesti dipahami bahwa pengobatan bisul secara alternatif ini bisa jadi tidak manjur pada sebagian orang. Makanya konsultasi pada dokter kulit juga disarankan bila pengobatan alami ini tidak berhasil.

2. Mengatasi Masuk Angin

Jika sedang masuk angin, cobalah sesekali buat makan telur kodok. Telurnya sangat bagus untuk memberikan efek hangat dari dalam tubuh. Setelah makan telur binatang ordo anura ini pastilah rasanya jadi ingin bersendawa. Ini tentunya bagus buat mengobati masuk angin yang kerap susah sembuhnya, apalagi kalau kena angin malam.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat telur kodok bagus untuk pencernaan. Sistem pencernaan dari mulai proses masuknya makanan, pengubahan dan pengolahan zat gizi makanan oleh enzim-enzim. Serta tentunya penyimpanan cadangan makanan jadi energi dan otot, semuanya akan lancar. Bahkan proses pembuangan sisa-sisa makanan melalui BAB juga akan lancar.

4. Mengatasi Nyeri Sendi

Nyeri pada sendi memang penyebabnya beragam, mulai dari asam urat, pengapuran sendi, penuaan tulang, kanker, varises, gangguan peredaran darah ataupun karena benturan. Semua masalah nyeri sendi bisa diatasi dengan makan telur kodok. Ada baiknya telur ini direbus saja untuk menghindari penggunaan minyak berlebihan.

5. Mengatur Tekanan Darah Agar Stabil dan Normal

Makan telur bangkong juga disinyalir bagus untuk mengatur tekanan darah agar stabil dan normal. Ketika tekanan darah menjadi normal, maka aktivitas sehari-hari tidak akan sulit. Sebab tubuh terasa lebih ringan dan tidak sakit kepala lagi. Memang biasanya tekanan darah yang rendah maupun tekanan darah tinggi kerap bikin gampang lelah, nyeri kepala dan pusing.

Manfaat Telur Kodok untuk Kesehatan Lainnya :

6. Obat gatal
7. Mengatasi edema
8. Memperbaiki nafsu makan
9. Menguatkan struktur tulang
10. Mencegah kanker
11. Membantu membentuk otot
12. Mengatasi masuk angin
13. Menyehatkan usus
14. Menetralkan asam lambung
15. Membantu kerja ginjal dan hati

Cara Memanfaatkan Telur Kodok untuk Kesehatan :

Tidak perlu bingung tentang bagaimana caranya memakan telur kodok. Sebab untuk mengolahnya begitu mudah. Tinggal merebus saja telur-telurnya bersamaan dengan lendir putih yang melingkupinya. Yang mana lendir inilah yang sebenarnya jusru amat bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Kodok untuk Kecantikan :

1. Memudarkan Bekas Luka

Khasiat telur kodok bagus sekali untuk memudarkan bekas luka. Seringkali bekas luka memang susah hilangnya, apalagi kalau di wajah, justru bikin kesal saja. Makanya kalau mau bekas luka hilang, coba saja pakai telur kodok ini yang memang bikin bekasnya hilang dan warnanya serupa lagi dengan kulit sekitar lukanya.

2. Menyamarkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Jerawat pun jika sudah sembuh akan meninggalkan bekas luka. Bila dibiarkan memang bisa hilang sendiri bekas luka ini, namun lama dan belum tentu akan seutuhnya hilang. Menyebalkannya, noda bekas luka jerawat itu warnanya hitam dan sangat kontras dengan wajah, jadi mirip dengan flek hitam. Untuk itu, samarkan saja nodanya dengan telur kodok. Jika dipakai lama pun bisa menghilangkan permanen.

3. Menghilangkan Flek Hitam

Salah satu masalah kulit yang paling menyebalkan adalah flek hitam. Sebab flek akan sangat susah hilangnya kalau tanpa tindakan dokter seperti pemberian krim maupun laser. Namun kini jangan khawatir lagi, sebab dunia farmasi kecantikan mulai melirik manfaat dari lendir telur bangkong yang ampuh sekali dalam menghilangkan flek secara permanen.

4. Mencerahkan Kulit Badan

Tidak hanya wajah saja yang perlu dicerahkan, sebab kulit badan pun perlu sekali dicerahkan. Kalau hanya muka saja yang putih, namun badan hitam, tentu saja sangat jelek. Maka dari itu, cobalah ramuan alami mencerahkan kulit dengan telur kodok ini.

5. Meremajakan Kulit Wajah

Meskipun bentuknya cukup menjijikan, ternyata telur kodok memang sangat berkhasiat untuk merejamakan kulit. Perlu diketahui bahwa meremajakan kulit itu amatlah sulit, apalagi untuk mereka yang sudah berusia tua. Maka dari itu, segera saja mencegah penuaan dini dengan makan telur kodok ini.

Manfaat Telur Kodok untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memutihkan kulit
7. Mengangkat sel kulit mati
8. Membantu hilangkan daki
9. Menjaga elastisitas kulit
10. Membantu memperkecil pori-pori
11. Mencegah bau badan
12. Membuat badan fresh
13. Menghilangkan keloid
14. Melenyapkan selulit
15. Menyamarkan kerutan

Cara Memanfaatkan Telur Kodok untuk Kecantikan :

Sama saja untuk kecantikan pun begitu mudahnya menggunakan telur amfibi ini. Cangkang telur bangkong ini  berwujud lendir putih justru sangat kaya dengan gizi yang baik untuk kulit. Bisa gunakan lendir cangkangnya ini sebagai bahan membuat masker wajah. Namun sebelum mengoleskan ke wajah, sebaiknya tes sensitivitas dulu dengan oleskan sedikit di punggung tangan atau belakang telinga. Kalau tidak terjadi ruam kemerahan atau gatal, artinya aman.

Efek Samping Telur Kodok :

Di bawah ini merupakan dampak dari konsumsi telur kodok yang mungkin saja terjadi. Oleh karena jenis telur ini memang tidak lazim dimakan, untuk itu hati-hatilah. Terutama untuk mereka yang memiliki alergi terhadap protein hewani.

1. Mual
2. Muntah
3. Jijik
4. Pusing
5. Pingsan
6. Alergi Kulit
7. Tripopobhia

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Ayam Cemani untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bentuk telur kodok yang menggelikan kadangkala memang sanggup bikin orang jadi kena tripophobia. Maka dari itu, untuk mereka yang mengidap sindrom phobia ini, alangkah baiknya buat menutup mata saat hendak memakan telur amfibi ini.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top