Connect with us
Telur Mentah, Manfaat Telur Mentah, Khasiat Telur Mentah

Makanan

36 Manfaat dan Khasiat Telur Mentah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Telur Mentah – Telur Mentah adalah segala jenis telur yang dalam kondisi mentah, tidak dimasak, baik digoreng maupun direbus. Biasanya telur ini diambil hanya kuningnya saja untuk diminum langsung tanpa tambahan bahan lain. Manfaat kuning telur mentah efektif sebagai jamu yang meningkatkan kesehatan stamina pada tubuh.

Telur Mentah, Manfaat Telur Mentah, Khasiat Telur Mentah

Khasiat putih telur mentah juga baik sekali untuk kecantikan karena bisa dijadikan bahan masker. Membuat masker berbahan putih telur pastilah sudah akrab bagi banyak perempuan. Hanya saja, memang biasanya harus menggunakan telur yang fresh, serta digunakan hanya sekali saja. Jangan menyimpan telur ini di dalam kulkas atau ruangan apapun karena akan rawan terkontaminasi bakteri yang justru membahayakan wajah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Mentah :

Tentunya kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam telur mentah itu sama dengan telur matang. Hanya saja jumlahnya saja yang lebih banyak. Berikut adalah komposisi gizinya dalam takaran saji 100 gram:

• Protein: 30 gram
• Lemak: 25 gram
• Karbohidrat: 4 gram
• Air: 130%
• Abu: 1%
• Vitamin A: 300 IU
• Vitamin B1: 0,2 mg
• Vitamin B6: 0,5 mg
• Vitamin B12: 0,1 mg
• Zat Besi: 4 mg

Loading...

Harga dan Jenis Telur Mentah :

Berapa harga telur mentah tentu saja tergantung pada jenis telurnya. Berikut adalah rincian harganya berdasarkan jenis telur yang lazim dimakan mentah-mentah:

• Harga Telur Ayam Ras: Rp3000/butir
• Harga Telur Burung Dara: Rp2500/butir
• Harga Telur Puyuh: Rp500/butir
• Harga Telur Bebek: Rp3000/butir
• Harga Telur Ayam Negeri: Rp2000/butir

Manfaat Telur Mentah untuk Kesehatan :

1. Bahan Membuat Jamu Kuat

Manfaat telur mentah terkenal ampuh untuk bahan membuat jamu kuat. Hingga hari ini, mayoritas orang Indonesia percaya bahwa memakan telur ayam mentah bisa meningkatkan stamina mereka. Jamu telur ini dibuat dari kuning telur ayam kampung yang dilahap langsung, tanpa perlu dimasak. Memang sangat menjijikkan, namun khasiatnya telah banyak terbukti.

2. Meningkatkan Massa Otot

Kebanyakan masyarakat di Indonesia tidak peduli terhadap kondisi tubuhnya, terutama bagi laki-laki. Banyak di antara mereka yang membiarkan kondisi otot-otot di tubuhnya mengeras tanpa ada perbaikan. Meningkatkan masa otot, sama halnya memberi kekuatan yang baru pada tubuh. Tentu tanpa kekuatan, kita tidak bisa melakukan apapun, termasuk untuk bernapas. Untuk mencegah pengerasan otot-otot pada tubuh bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Yaitu, mengonsumsi telur mentah sebanyak 3 butir dalam satu minggu. Itu cara alami untuk meningkatkan otot-otot pada tubuh.

3. Menambah Nafsu Makan

Banyak orang yang mengeluh, tentang selera makannya yang hilang dan banyak juga yang melakukan hal itu secara berlebihan yang membuat kondisi tubuhnya tidak stabil. Makan lah dengan teratur, supaya dapat meningkatkan kondisi tubuh yang memburuk, terutama otot-otot. Hal itu dapat kita lakukan dengan mudah, yaitu dengan cara meminum kuning dan putih telur mentah secara teratur. Untuk menambah dan menstabilkan nafsu makan sangat baik jika dilakukan tiga kali dalam satu minggu.

4. Mencegah Gizi Buruk

Hal ini sudah menjadi darah daging bagi masyarakat khususnya di daerah terpencil. Banyak orang yang tidak sadar bahwa ia telah kekurangan gizi, sehingga menimbulkan penyakit-penyakit ringan yang akan segera membesar yang tentunya juga dapat merenggut nyawa sendiri. Tapi jangan khawatir, untuk menyeimbangi itu bisa kita lakukan dengan mengonsumsi telur mentah ayam kampung sebanyak 2 sampai 3 butir dalam satu minggu. Dan juga agar vitamin dalam kuning telur mentah itu bisa menyeimbangi kekurangan gizi pada tubuh kita, baiknya dilakukan dengan meminumnya secara langsung, tanpa dimasak atau dicampur dengan bahan-bahan yang lain.

5. Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Seseorang yang tekanan darahnya rendah selalu merasa lemah dan lemas dengan kondisi tubuhnya. Semua aktivitas yang ia lakukan selalu bikin gampang nyeri kepala dan pening. Ada cara ampuh untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi, yakni dengan makan telur mentah.

Manfaat Telur Mentah untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan pencernaan
7. Mencegah busung lapar
8. Mengatasi anoreksia
9. Menyehatkan lambung
10. Membuat pikiran tenang
11. Merangsang hormon endorfin
12. Baik untuk kandungan
13. Mencegah bayi lahir cacat
14. Menyehatkan rahim
15. Memperbaiki siklus menstruasi yang kacau

Cara Memanfaatkan Telur Mentah untuk Kesehatan :

Untuk kesehatan, memakan telur mentah tentunya dengan cara langsung ditenggak. Meminum kuning telurnya yang tidak dicampur dengan garam. Namun biasanya orang meneteskan sedikit madu agar rasanya jadi lebih enak.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Putih Telur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Mentah untuk Kecantikan :

1. Membantu Mencapai Berat Badan Ideal

Berat tubuh sangat berperan aktif dalam kehidupan, terutama di bidang pekerjaan. Banyak lapangan kerja yang mengutamakan berat badan yang ideal. Untuk itu ada cara alami yang bisa kita lakukan untuk menstabilkan berat badan tersebut supaya menjadi ideal. Caranya sangat gampang, cukup dengan meminum kuning telur mentah secara teratur. Karena dalam manfaat kuning telur itu ada protein yang mampu membentuk membran sel dalam tubuh, sehingga protein-protein tersebut akan menjadikan badan menjadi ideal tentu juga rasa percaya diri akan semakin tinggi.

2. Mengencangkan Kulit

Manfaat telur mentah bagus sekali untuk kencangkan kulit. Bagus untuk dibuat masker muka yang dipakai tiap hari. Kulit yang kencang menjadi tanda kulit sehat. Selain itu, perlu diingat pula bahwa banyak kerutan di wajah akan membuat kulit kendur. Sehingga perlu bahan alami seperti putih telur mentahnya untuk mengencangkannya.

3. Memutihkan Kulit Wajah

Rutin memakan telur mentah juga akan menjadi upaya untuk memutihkan kulit. Biar bagaimana pun, ketika kulit menjadi putih maka kepercayaan diri seseorang cenderung akan meningkat. Untuk itu, jangan ragu buat memakan telur ini. Namun cukup dimakan maksimal sebutir saja dalam sehari.

4. Membuat Awet Muda

Mereka yang biasanya meminum jamu kuning telur mentah juga akan memiliki tubuh yang terlihat lebih awet muda. Sungguh manfaat telur ini memang sanggup meremajakan sel-sel tubuh secara keseluruhan. Cocok digunakan mereka yang telah memasuki usia dewasa dan tua.

5. Bahan Membuat Masker Wajah

Pada dasarnya, satu-satunya produk kecantikan yang paling efektif dan efisien dijadikan skincare adalah masker. Sudah pernahkah mencoba bikin masker putih telur yang dicampur susu atau madu? Ini adalan skincare andalan kaum hawa modern.

Manfaat Telur Mentah untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan kerutan di wajah
7. Membuat bibir jadi lembab
8. Memerahkan warna bibir
9. Mengatasi kerutan di wajah
10. Meremajakan kulit
11. Menghilangkan garis-garis halus di kulit wajah
12. Membantu mengangkat daki
13. Melembutkan kulit
14. Meningkatkan elastisitas kulit
15. Mencegah pori-pori kulit melebar

Cara Memanfaatkan Telur Mentah untuk Kecantikan :

Untuk manfaatkan jenis telur apapun demi kecantikan tubuh dan wajah, bisa mencoba dengan membuat masker putih telur atau kuningnya direbus dan dimakan. Bagaimana pun cara konsumsi telur mentah, semuanya baik untuk tubuh. Namun alangkah baiknya bila hendak menggoreng telur ini, kurangilah penggunaan minyak.

Efek Samping Telur Mentah :

Makan telur mentah memang butuh mental yang kuat. Kalau tidak tahan dengan bau dan rasa amisnya telur, sudah tentu akan membuat telur ini jadi begitu tidak enak disantap. Apalagi bisa pula menimbulkan hal-hal buruk di bawah ini:

1. Kegemukan
2. Badan Gatal-Gatal
3. Bisul
4. Bintitan
5. Mual
6. Muntah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Masker Putih Telur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bagi mereka yang punya riwayat alergi terhadap telur, sudah tentu dilarang minum telur yang mentah. Namun untuk mereka yang doyan mencoba resep-resep obat alami, maka telur ini bisa jadi salah satu obat kuat yang recommended. Apalagi kalau pakai telur ayam kampung yang masih fresh.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top