Connect with us
Telur Merpati, Telur Dara, Manfaat Telur Merpati, Khasiat Telur Merpati

Makanan

35 Manfaat dan Khasiat Telur Merpati untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Telur Merpati – Telur Burung Merpati atau Telur Burung Dara adalah jenis telur yang dihasilkan spesies burung dari family Columbidae. Ada pertanyaan besar yang mungkin menghantui masyarakat Indonesia, yaitu: apa perbedaan burung merpati dengan burung dara? Apakah burung merpati sama dengan burung dara?

Telur Merpati, Telur Dara, Manfaat Telur Merpati, Khasiat Telur Merpati

Ternyata keduanya sama saja, nama Merpati dan Dara di Indonesia sama-sama merujuk kepada burung Columbidae yang mana di dalam family ini terdiri dari 300 spesies burung. Sedangkan jika merunut secara kebahasaan dan susastra, nama Merpati dilekatkan kepada burung dara berperawakan kecil dengan bulu putih. Sedangkan Dara punya perawakan gempal dengan bulu lebih beragam warnanya, seperti coklat dan hitam.

Makan telur burung merpati memang tidak lazim, kecuali kalau memang di rumah seseorang memelihara burung ini. Namun sebetulnya, jenis telur ini bisa saja dimakan. Apalagi manfaat telur merpati pun bagus sekali buat kesehatan dan kecantikan karena memiliki gizi yang melimpah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Merpati :

Apa sajakah kandungan mineral dan vitamin penting yang ada di dalam telur burung dara? Ternyata manfaat telur merpati yang melimpah terjadi karena telur ini mengandung banyak sekali komposisi gizi, di dalam 100 gram takaran sajinya mengandung:

Loading...

• Energi: 730 kkal
• Protein: 13,5 gram
• Lemak: 10 gram
• Vitamin A: 400 IU
• Vitamin B1: 0,1 mg
• Vitamin B12: 0,3 mg
• Zat Besi: 1 mg
• Kalsium: 30 mg
• Fosfor: 70 mg
• Magnesium: 15 mg
• Natrium: 60 mg

Harga Telur Merpati :

Berapa harga telur burung merpati? Oleh karena jenis telur burung dara ini tidak lazim dijual di toko sembako dan pasaran, maka harganya pun menjadi fluktuatif tergantung pada penjualnya. Berikut adalah rincian harganya:

• Harga Telur Merpati Satuan: Rp2500/butir
• Harga Telur Burung Merpati Kiloan : Rp200.000 – Rp300.000/kg

Manfaat Telur Merpati untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Kelelahan Akut

Jika sedang mengalami akut, misalnya dikarenakan sakit berkepanjangan. Atau habis melakukan aktivitas fisik yang berat. Maka coba saja sembuhkan kelelahan akut ini dengan makan telur merpati. Sebab, telur burung dara ini memang sangat bagus buat mengembalikan stamina yang meredup.

2. Menyembuhkan Mood Swing

Mood swing adalah sebuah gangguan di mana suasana hati terasa sangat kacau dan mudah berubah-ubah, antara sedih, senang, marah dan kecewa. Mood swing menjadi istilah yang akrab di kalangan penderita Bipolar Disorder. Mereka akan mengalami mood swing dalam beberapa fase episode depresi dan manic. Untuk menyembuhkan mood swing ini, cobalah buat makan telur merpati yang direbus.

3. Mengatasi Gangguan Paru-Paru

Gangguan paru-paru sangatlah fatal dampaknya bila tidak ditangani, sebab paru-paru merupakan organ vital. Jika memang memiliki gangguan ini, sebaiknya cobalah cara alternatif seperti makan telur merpati. Sebaiknya telur ini direbus saja untuk mengurangi penggunaan minyak goreng. Dan alangkah baiknya bila makan telurnya bersamaan dengan nasi, agar perut tidak dalam kondisi kosong.

4. Melancarkan BAB

Ternyata makan telur merpati juga ampuh sekali dalam melancarkan BAB. Cocok sekali dimakan mereka yang mengalami masalah sembelit. Memang selama ini burung merpati terkenal efektif dalam melancarkan pencernaan karena sifatnya yang akan mengelurkan minyak alami yang akan melumasi usus, agar feses menjadi mudah keluar. Manfaat ini amat mendukung program diet pula karena orang yang sedang diet haruslah selalu lancar pencernaannya.

5. Memperbaiki Metabolisme Tubuh yang Terganggu

Metabolisme tubuh yang terganggu akan menghambat pertumbuhan, sebab proses metabolisme inilah yang berperan penting dalam penyerapan gizi-gizi makanan. Orang yang metabolismenya terlalu cepat cenderung punya tubuh yang kurus, sebab seluruh zat-zat makanan akan terbakar habis, tidak ada yang disimpan dalam cadangan protein di otot. Begitupun yang terlalu lambat metabolismenya, jadi malah kegemukan. Makanya atasi segera masaah metabolisme ini dengan khasiat telur merpati ini.

Manfaat Telur Merpati untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu proses sintesis DNA
7. Meregenerasi sel-sel
8. Melancarkan sistem peredaran darah
9. Mencegah kelumpuhan otot
10. Mengatasi gizi buruk
11. Menambah nafsu makan
12. Mengatasi hipotensi
13. Membantu tumbuh-kembang anak
14. Meningkatkan kecerdasan otak
15. Meningkatkan kadar HB

Cara Mengolah Telur Merpati untuk Kesehatan :

Biasanya orang akan memakan telur mentah sebagai jamu kesehatan. Namun untuk mengolah telur merpati disarankan buat direbus atau digoreng dulu untuk memastikan tidak mengandung bakteri. Silahkan kreasikan telur ini dengan resep andalan dan pastikan kurangi penggunaan minyak agar tidak menyebabkan kenaikan kolesterol.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Ayam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Merpati untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Kulit Tubuh

Tubuh yang putih menjadi dambaan banyak orang. Apalagi wanita yang tinggal di negara tropis, di mana matahari bersinar sepanjang tahun yang membuat sinarnya seringkali membuat tubuh jadi gosong. Untuk memutihkan kulit tubuh tidak hanya dibutuhkan olesan krim pemutih saja, namun juga mesti didukung dengan asupan makanan bergizi seperti telur merpati ini.

2. Mengencangkan Kulit

Rupanya protein yang terkandung di dalam telur merpati juga bagus sekali untuk mengencangkan kulit. Mereka yang memiliki kulit kendur karena faktor usia maupun karena suatu hal lainnya, maka kini saat yang tepat buat mengencangkan. Cara mengencangkan kulit dengan bahan alami berupa telur merpati ini sangatlah efektif

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Penyembuhan luka yang lambat bisa saja terjadi karena tubuh kekurangan protein. Makanya seringkali mereka yang habis melakukan operasi pembedahan besar, misalnya operasi sesar, mereka akan diminta banyak-banyak konsumsi protein yang melimpah. Misalnya banyak makan ikan. Nah, salah satu sumber protein yang bagus untuk mempercepat penyembuhan luka adalah telur merpati.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mereka yang mengalami penuaan dini pada wajahnya pastinya akan merasa minder. Karena biar bagaimana pun, wajah merupakan asset utama dari kepribadian seseorang. Wajah yang baik akan membuat kepribadian seseorang jadi lebih baik. Untuk mencegah penuaan dini pada wajah, cobalah buat rutin konsumsi telur merpati.

5. Membuat Badan Terlihat Lebih Fresh

Untuk membuat badan jadi lebuh fresh, telur merpati pun sanggup melakukannya. Sebab, telur burung dara ini akan memberikan perlindungan dan peremajaan kulit menyeluruh. Di mana kulit ini pada dasarnya adalah cover terluar dan utama dari tubuh manusia. Ketika kulit lebih segar, otomatis tubuh akan terlihat lebih segar atau fresh juga.

Manfaat Telur Merpati untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghaluskan kulit
7. Membuat wajah jadi lembut
8. Mengatai pori-pori kulit yang melebar
9. Membantu program diet
10. Mencegah sariawan
11. Menyuburkan rambut
12. Menguatkan akar rambut
13. Menghilangkan selulit
14. Memudarkan flek hitam
15. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Cara Memanfaatkan Telur Merpati untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan telur merpati sangatlah mudah. Untuk keperluan kecantikan, bisa dengan cara dijadikan masker. Cukup diambil putihnya saja, buat dibikin masker putih telur.

Efek Samping Telur Merpati :

Berikut di bawah ini adalah efek samping dari telur merpati yang mesti diwaspadai. Walaupun jenis telur ini amat bagus untuk tubuh, namun tetap saja makan telur burung dara bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang.

1. Mual
2. Muntah
3. Bisul
4. Gatal-Gatal
5. Ruam Kulit

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Bebek untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jika sudah terjadi alergi, maka tidak ada cara lain buat menyembuhkannya selain minum obat yang diresepkan dokter. Namun tenang saja, sangat jarang bahkan hampir tidak pernah ada orang yang alergi terhadap telur burung ini. Sebab mereka yang makan telur ini sudahlah pasti memang tidak punya riwayat alergi telur apapun.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top