Connect with us
Telur Penyu, Manfaat Telur Penyu, Khasiat Telur Penyu

Makanan

35 Manfaat dan Khasiat Telur Penyu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Telur Penyu – Telur Penyu atau Telur Kura-Kura adalah jenis telur yang diproduksi oleh spesies kura-kura laut. Reptil vertebrata penyu bisa menghasilkan telur dalam siklus 2-8 tahunan. Dalam sekali bertelur, di dalam lubang yang digali betinanya bisa mencapai ratusan butir.

Telur Penyu, Manfaat Telur Penyu, Khasiat Telur Penyu

Spesies penyu jantan jarang sekali terlihat, bahkan tidak pernah berjalan-jalan di daratan. Beda dengan betinanya yang suka di pantai untuk menaruh telur-telurnya di pasir. Di mana telur kura-kura ini seringkali malah diambili manusia untuk dijual dan dimakan. Sungguh tindakan ini sebenarnya perlu dikecam karena mengancam kelestarian penyu.

Namun perlu diketahui, untuk sekadar pengetahuan saja. Ternyata manfaat telur penyu untuk kesehatan dan kecantikan pun ada banyak. Selama ini masyarakat hanya mengetahui satu saja manfaatnya tentang bisa meningkatkan performa seks pria.

Telur Penyu Halal atau Haram?

Berbagai pertanyaan muncul tentang halal atau haram mengkonsumsi telur penyu ini. Pendapat yang kuat dari berbagai ulama adalah hukumnya boleh memakan telur kura-kura, penyu dan hewan sejenisnya.

Loading...

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Penyu :

Berikut adalah kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam telur penyu. Rupanya telur kura-kura ini memiliki komposisi vitamin dan mineral penting sebagai berikut:

• Energi: 150 kkal
• Protein: 13 gram
• Lemak: 11 gram
• Kalsium: 85 mg
• Fosfor: 195 mg
• Zat Besi: 1 mg
• Vitamin A: 500 IU
• Vitamin B1: 0,1 mg

Harga Telur Penyu :

Berapakah harga telur penyu? Ternyata harganya seringkali sangat murah, antara Rp3000 – Rp5000 per butirnya. Apalagi kalau sedang panen, harganya bisa terbanting, hanya Rp2000 – Rp2500 saja.

Untuk itu, rasanya sayang sekali jika telur ini dikonsumsi manusia. Sedangkan bagi para nelayan dan pemburunya saja tidak begitu banyak keuntungannya. Alangkah baiknya bila telur ini dibiarkan menetas saja menjadi tukik dan tumbuh jadi penyu dewasa.

• Harga di pemburunya: Rp2000 – Rp2500/butir
• Harga di pengepul: Rp3000 – Rp4000/butir
• Harga di distributor: Rp4500 – Rp5000/butir
• Harga di tangan konsumen: Rp5500 – Rp7000/butir

Manfaat Telur Penyu untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat telur penyu untuk kesuburan bisa jadi mitos dan fakta. Mitos beredar bahwa telur penyu dapat meningkatkan kualitas sperma. Kebanyakan peminat telur ini adalah ibu-ibu rumah tangga yang menginginkan suaminya makin perkasa di ranjang. Padahal ini hanyalah sekadar mitos, sedangkan secara medis, telur ini tidaklah demikian mempengaruhi sperma maupun hormon testosteron.

2. Menambah Energi

Namun makan telur penyu terbukti efektif untuk menambah energi. Ketika tubuh memiliki energi yang melimpah, niscaya badan jadi terasa lebih enteng dan fit. Mau aktivitas apapun terasa mudah dan bersemangat. Makanya telur kura-kura ini seringkali dikonsumsi oleh mereka yang kerjanya banyak menguras energi.

3. Sumber Protein

Memang kadar protein telur penyu menjadi salah satu tertinggi. Namun karena telur kura-kura laut ini dilindungi oleh negara, maka janganlah dijadikan satu-satunya sumber protein hewani. Masih banyak jenis telur lainnya maupun ikan dan daging yang dapat menjadi alernatif makanan berprotein melimpah.

4. Menambah Nafsu Makan

Nafsu makan yang menurun seringkali menyebabkan timbulnya penyakit, dari fisik hingga psikis. Biar bagaimanapun, manusia memang membutuhkan makanan sebagai sumber energi di tubuhnya. Ketika seseorang mengalami penurunan nafsu makan dan sama sekali tidak makan, jelaslah akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan psikologis maupun tubuhnya, terutama sistem pencernaan dan imun.

5. Mencegah Kerusakan Paru-Paru

Makan telur penyu juga akan menyebabkan seseorang memiliki sistem pernapasan yang lebih baik. Organ paru-paru menjadi sehat dan tidak mengalami gangguan ringan maupun berat lagi. Namun penggunaan telur kura-kura ini tidak boleh banyak-banyak. Untuk pengobatan, cukup konsumsi sebutir dalam sehari, selama 30 hari berturut-turut.

Manfaat Telur Penyu untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah diabetes
7. Menurunkan panas demam
8. Mengatasi peradangan
9. Mengobati sembelit
10. Menyeimbangkan hormon
11. Menambah kesuburan
12. Baik untuk ibu hamil
13. Mengatasi sperma bermasalah
14. meningkatkan gairah pria dan wanita

Cara Mengolah Telur Penyu untuk Kesehatan :

Oleh karena pemanfaatan telur penyu lebih sering terjadi karena mitos kesehatan yang beredar. Namun mayoritas orang memakan telur kura-kura laut ini secara mentah. Jadi langsung dilahap saja mentah-mentah, sebagaimana makan telur ayam kampung. Untuk rasanya, sudah tentu amis dan mirip telur pada umumnya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Telur Bebek untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Telur Penyu untuk Kecantikan :

1. Membuat Pria Lebih Macho

Seorang pria akan terlihat lebih macho dan ganteng ketika kondisi fisiknya fit dan memiliki keseimbangan hormon yang bagus. Makan telur penyu sangat bagus untuk pria, membuat mereka tampak lebih macho daripada sebelumnya. Silahkan dibuktikan sendiri dengan mengonsumsi telur kura-kura selama 3 bulan tanpa henti. Nantinya di bulan ke-4, akan ada perubahan drastis pada tubuh.

2. Mencerahkan Kulit

Selain itu, manfaat telur penyu pun baik sekali dalam mencerahkan kulit, baik wajah maupun tubuh keseluruhan. Jika ingin memiliki kulit yang cerah, salah satu caranya memang dengan menggunakan minyak penyu atau terkenal dengan nama minyak bulus. Nah, telurnya pun mengandung sedikit minyak yang mampu mencerahkan kulit.

3. Membantu Penyembuhan Bekas Luka

Rutin mengonsumsi telur penyu pun ampuh sekali dalam proses penyembuhan luka. Misalnya bekas luka jahitan, itu akan cepat kering dan tidak menimbulkan keloid maupun bekas yang parah. Ini karena kandungan protein yang melimpah di dalam telur kura-kura ini yang ampuh sekali dalam meregenerasi membran sel yang rusak.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Khasiat telur penyu pun efektif dalam mengangkat sel kulit mati. Jika sedang mengalami masalah kulit wajah kusam maupun tubuh yang terasa hitam kulitnya. Cobalah buat makan telur penya! Meskipun telur kura-kura kecil ukurannya, namun efeknya dalam perbaikan kualitas kulit memang sungguh jempolan.

5. Mengencangkan Wajah

Wajah yang kendur akan menyebabkan seseorang tampak lebih tua. Tentu saja ini sangat menurunkan kepercayaan diri! Jangan bingung lagi mengatasi wajah yang kendur, sebab manfaat telur penyu bisa mengencangkan wajah.

Efeknya akan terasa hanya dalam waktu 2 minggu setelah rutin konsumsi telurnya. Dan dampak permanennya akan terjadi usai 1 bulan. Ini terjadi karena kandungan minyak penyunya yang ada di dalam telur memang bagus sekali dalam mengencangkan.

Manfaat Telur Penyu untuk Kecantikan Lainnya :

6. Meremajakan kulit
7. Mengatasi kulit keriput
8. Menghilangkan selulit
9. Mencegah keloid
10. Menghilangkan noda bekas jerawat

Cara Memanfaatkan Telur Penyu untuk Kecantikan :

Tidak ada cara khusus untuk mengolah telur penyu. Jenis telur kecil ini bisa dimasak dengan cara apapun sesuai selera. Namun untuk keperluan kecantikan, alangkah baiknya agar telur kura-kura dijadikan masker saja. Ambil bagian putih telurnya untuk dioleskan ke wajah. Kuning telurnya bisa dioleskan ke payudara agar payudara lebih kencang, bulat dan besar.

Efek Samping Telur Penyu :

Di bawah ini adalah banyak efek samping yang terjadi dari pemanfaatan telur penyu untuk tujuan komersil. Meskipun telur kura-kura memang baik untuk kesehatan, namun ada penelitian dari NGO ProFauna yang mengatakan bahwa telur ini sebenarnya kurang baik untuk kesehatan manusia, seperti bisa menyebabkan:

1. Impotensi
2. Kegemukan
3. Kerusakan Plasenta Pada Bayi
4. Kelumpuhan
5. Gangguan Sistem Saraf
6. Naiknya Kolesterol
7. Tekanan Darah Tinggi
8. Serangan Jantung
9. Melanggar Hukum Perlindungan Satwa
10. Terancam Dipenjara

Jadi memang hingga saat ini, penggunaan telur penyu untuk konsumsi sangatlah kontroversial. Namun mitosnya yang konon dapat meningkatkan keperkasaan pria nampaknya telah dimentahkan oleh penelitian ilmiah, bahwa justru telur ini bisa menyebabkan impotensi.

Baca Juga: Manfaat Telur Ikan untuk Kuliner, Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Namun demikian, sejatinya, konsumsi telur ini tidaklah lazim dan layak dikecam. Sebab bisa mengancam eksistensi penyu, bisa jadi di masa depan penyu akan punah gara-gara telurnya selalu diambilin manusia. Akan tetapi jika digunakan sebagi obat herbal ya mau gimana lagi, kita juga harus memanfaatkannya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top