Connect with us
Telur Puyuh, Manfaat Telur Puyuh, Khasiat Telur Puyuh, Telur Burung Puyuh, Telur Puyuh Mentah, Telur Puyuh Asin

Makanan

45 Manfaat dan Khasiat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Telur Puyuh merupakan telur dari burung puyuh yang biasa dijadikan bahan makanan di berbagai tradisi kuliner di dunia. Pada masakan Jepang, telur puyuh biasa disajikan mentah atau tanpa dimasak sebagai bagian dari bahan ‘tamago’ dalam sushi, dan juga kerap ditemukan dalam ‘bento’. Selain untuk bahan masakan, ternyata manfaat telur puyuh untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak.

Telur Puyuh, Manfaat Telur Puyuh, Khasiat Telur Puyuh, Telur Burung Puyuh, Telur Puyuh Mentah, Telur Puyuh Asin

Di Indonesia sudah banyak pedagang asongan yang menjajakan telur puyuh dalam kemasan kecil bersama kacang, dan juga jajanan lain sebagai kudapan. Sementara untuk dijadikan sate, telur puyuh akan dibumbui terlebih dahulu sebagai pendamping bubur ayam dan soto. Di Vietnam, teman minum bir adalah telur puyuh rebus sekantung.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Puyuh :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Puyuh

Jumlah 100 gram :

• Energi = 168 kkal
• Protein = 13,1 g
• Lemak = 11,1 g
• Riboflavin = 0,478 mg
• Karbohidrat = 1,0 g
• Kalsium = 64 mg
• Asam Phantothenat = 1,438 mg
• Besi = 3,65 mg
• Vitamin B6 = 0,143 mg
• Kolin = 263,4 mg
• Fosfor = 226 mg
• Vitamin B12 = 1,58 mkg
• Kalium = 132 mg
• Natrium = 141 mg
• Vitamin E = 1,08 mg
• Seng = 1,47 mg
• Tembaga = 0,062 mg
• Kolesterol = 844 mg
• Mangan = 0,038 mg
• Lutein+zeaksantin = 369 mkg
• Selenium = 32,0 mg
• Thiamin = 0,069 mg
• Niasin = 0,07 mg
• Magnesium = 13 mg
• Vitamin K = 0,3 mkg
• Vitamin A = 543 IU

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan :

1. Mampu Mengembangkan Fungsi Otak

Telur puyuh mengandung banyak kolin yang berperan penting dalam perkembangan fungsi otak. Hal ini berkaitan dengan peran kolin sebagai komponen asetilkolim yang mempunyai fungsi sebagai pengantar sinyal saraf. Dengan asupan kolin yang cukup, kerja sinyal saraf ke otak akan membantu sehingga mampu memperkuat daya ingat anak-anak, juga menghindarkan lansia dari kepikunan.

2. Bantu Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Telur puyuh juga bermanfaat untuk mengangkat racun dalam tubuh. Hal ini dikarenakan telur puyuh mampu mengambil zat toxin atau racun dari tubuh, serta mengakibatkan tubuh terhindar dari kencing Batu dan Batu hati.

3. Bantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan gizi dan mineralnya mampu memberikan manfaat bagi tubuh, jadi, dengan Anda mengonsumsinya dengan cara digoreng atau direbus akan menjadikan badan yang tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

4. Bantu Lancarkan Pencernaan

Tekstur dari telur puyuh ini tidak menyebabkan susah buang air besar, justru bisa lancarkan sistem pencernaan, bahkan saat di dalam usus pun tidak akan mengakibatkan penyumbatan yang bisa berujung pada gangguan. Apalagi ketika dimasaknya dengan cara direbus.

5. Bantu Melindungi Mata

Senyawa penting seperti lutein dan zeaksantin yang ada pada kuning telur puyuh merupakan pigmen warna yang dapat meningkatkan mata dapat menyerap cahaya biru hingga 20-90%,khususnya untuk anak-anak yang masih hobi menonton TV. Dengan makan makanan yang kaya akan lutein dan zeaksantin, maka kandungan lutein dan zeaksantin dalam retina mata pun juga akan meningkat.

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Sebagai Makanan Tinggi Protein
7. Dapat Menyembuhkan Alergi Terhadap Telur
8. Sebagai Nutrisi Untuk Otak
9. Membantu Perkembangan Otak Janin
10. Dapat Mengurangi Risiko Kematian Sel Janin
11. Dapat Mencegah Penyakit Kankwe
12. Bantu Menjaga Potensi Seksual
13. Bantu Menyembuhkan Alergi
14. Bantu Mengobati Sakit Maagh
15. Menjadikan Tubuh Lebih Fit
16. Bantu Mengatasi Insomnia
17. Dapat Mencegah Jantung Koroner
18. Bantu Mencegah Stroke
19. Membuat Tubuh Lebih Bugar
20. Dapat Memberikan Vitamin Bagi Tubuh
21. Bantu Mengobati TBC
22. Dapat Mencegah Penyakit Asma
23. Bantu Menstabilkan Sistem Syaraf
24. Membantu Penyembuhan Diabetes

Cara Memanfaatkan Telur Puyuh Untuk Kesehatan:

Jika Anda tergolong orang yang tak punya pantangan untuk mengonsumsi makanan ini, maka anda bisa mengonsumsinya mentah setelah mencuci ya dalam air yang mendidih. Anda tidak perlu khawatir adanya bakteri salmonela, karena burung puyuh tahan terhadap infeksi dan juga mempunyai kandungan lisozim yang dapat membunuh bakteri berbahaya.

Selain itu anda bisa mengonsumsi telur puyuh sebanyak 3-5 butir setiap pagi untuk mendorong sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan metabolisme. Dan konsumsi telur puyuh dalam keadaan mentah lebih bermanfaat bagi kesehatan dibanding Anda mengonsumsinya setelah dimasak.

Manfaat telur puyuh untuk kecantikan :

1. Bantu Melancarkan Program Diet

Untuk wanita yang ingin mengecilkan tubuhnya serta mengurangi jumlah lemak, maka putih telur ini sangat cocok untuk dikonsumsi karena putih telur sangat kaya akan proyek sehingga dapat menggantikan kebutuhan karbohidrat Anda untuk menurunkan berat badan, serta mampu menggantikan fungsi karbohidrat menjadi energi.

2. Membuat Awet Muda

Jika Anda ingin tampil cantik dan memesona, meski usia tidak muda lagi. Jangan berkecil hati untuk hal itu, karena nutrisi yang ada pada telur puyuh dapat membuat Anda terlihat awet muda. Telur burung puyuh adalah cara alami yang alami untuk menjaga keremajaan kulit Anda dan sudah dikenal sejak dulu.

3. Dapat Menutrisi Rambut

Karena kandungan vitaminnya yang sangat kompleks sepeti vitamin B1, B2 dan B12 banyak dijadikan oleh sebagian orang sebagai bahan dasar pembuatan masker rambu. Dan hasilnya adalah rambut lebih kuat, lembut dan lebih Indah.

4. Bantu Melindungi Kulit Wajah

Lesitin yang merupakan bagian dari telur puyuh ternyata mampu menyerap dalam kulit manusia, sehingga mampu bertugas menyamarkan garis halus sebagai biang keriput. Selain, lesitin ini juga dapat mengobati bengkak di wajah. Jadi, gunakanlah telur ini sebaik mungkin agar manfaatnya lebih maksimal.

5. Bantu Mengobati Jerawat

Sudah lama, bahkan sejak zaman dahulu putih telur puyuh digunakan sebagai masker wajah. Manfaatnya sangat dipercaya mampu mengobati jerawat serta mampu mencerahkan wajah.

Manfaat Telur Puyuh Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Bantu Mencegah Penuaan Dini
7. Bantu Menutrisi Kulit Kering
8. Membuat Tubuh Lebih Berisi
9. Mengatasi Minyak Berlebih Pada Kulit
10. Bantu Mengurangi Rambut Rontok

Cara Memanfaatkan Telur Puyuh Untuk Kecantikan :

Anda bisa memanfaatkan telur puyuh untuk kecantikan ini dengan menjadikannya sebagai masker. Bisa juga dengan menambahkan kandungan lain seperti madu, susu, atau lain sebagainya. Namun, perlu untuk berkonsultasi dengan dokter dahulu agar jalan yang Anda ambil tidak menjadi salah kaprah.

Mungkin saja kulit wajah Anda tidak cocok terhadap kandungan putih telur puyuh, dan bisa memicu alergi. Atau kulit Anda tergolong kulit yang berminyak, mudah berjerawat, dan lain-lain, sebaiknya Anda pertimbangkan matang-matang untuk melakukan langkah ini.

Cara lainnya adalah dengan dikonsumsi secara langsung, agar khasiat yang Anda dapatkan lebih maksimal sebab Anda telah menjaganya dari dalam dan luar.

Ciri-Ciri Telur Puyuh Yang Tidak Layak Dimasak :

  1. Muncul beberapa bintik hitam dengan warna berbeda seperti totol-totol yang biasanya, hal tersebut sangat perlu dipertanyakan.
  2. Terjadi penurunan berat telur dan ketika dikocok berbunyi seperti ada cairan di dalamnya.
  3. Telur mengeluarkan bau yang tidak sedap meski cangkangnya tidak dalam keadaan terbuka.
  4. Kondisi fisik telur puyuh tudak cerah, cenderung kelabu.
  5. Mengapung saat ditaruh di air.

Efek Samping Mengonsumsi Telur Puyuh :

Efek Samping Mengonsumsi Telur Puyuh, Dampak Buruk Telur Puyuh

Berikut adalah efek berbahaya yang didapatkan tubuh jika terlalu banyak mengonsumsi telur puyuh :

1. Risiko Gangguan Ginjal

Kandungan protein hewani yang sangat tinggi pada telur puyuh ternyata dapat menghambat kinerja ginjal untuk mengendalikan penyaringan darah dan cairan tubuh. Bahaya lain Sari makan telur puyuh berlebihan selama bertahun-tahun juga akan mengakibatkan gangguan ginjal dan berisiko gagak ginjal serta penyakit peradangan ginjal.

2. Risiko Batu Ginjal

Mengonsumsi telur puyuh melebihi batas juga akan menyebabkan meningkatnya zat melamin dan akan memicu penaikan zat itu di jaringan ginjal sehingga memudahkan terbentuknya kristal Batu ginjal yang semakin hari semakin lebar, dab parah. Pembekakan ini akan semakin besar jika seseorang tersebut mengonsumsi telur puyuh yang terlampau banyak setiap harinya.

3. Dapat Memblokir Penyerapan Nutrisi

Bahaya yang tidak kalah mengerikan adalah terjadinya pemblokiran tubuh dalam menyerap nutrisi yang dihasilkan oleh makanan. Makan telur puyuh terlalu banyak juga akan menghadang aliran darah sehingga memperlambat proses cerna darah, dan akhirnya penyerapan nutrisi pun ikut lambat.

4. Risiko Mengacaukan Metabolisme

Bahaya yang paling sering terjadi adalah akan terganggunya sistem metabolisme tubuh. Tubuh menjadi sering sakit dan kehilangan nafsu maka, bahkan sering pusing dan mengalami depresi. Masih banyak juga risiko lainnya hang bisa saja terjadi.

5. Menyebabkan Insomnia

Bahaya telur puyuh untuk anak-anak adalah menjadikan mereka kesulitan tidur karena nutrisi yang terkandung di dalamnya justru mampu mengganggu saraf kepala dan bisa membuat seseorang terjaga semalaman. Berikan porsi yang sewajarnya pada anak-anak dan perlu diimbangi dengan asupan gizi dari makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan.

6. Menumpuknya Kolesterol

Bahaya yang paling mudah menimpa Anda jika banyak mengonsumsi telur puyuh adalah penumpukan kolesterol pada jaringan pembuluh darah dan kemungkinan terserang stroke ringan. Penderita kolesterol tinggi akan lebih baik menghindari makanan ini demi menjaga agar tak mengalami serangan stroke mendadak.

7. Mengalami Nyeri Otot

Nyeri otot yang biasanya disebabkan oleh kebiasaan lelah dan aktivitas-aktivitas berat ternyata kini busa dipicu karena pengolahan telur puyuh yang tidak sewarnya sehingga akan menimbulkan nyeri otot yang timbul tenggelam. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena terlalu berlebihan mengonsumsi telur puyuh.

8. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Ketika ada yang mengonsumsi telur puyuh secara berlebih akan mengalami sakit kepala berulang kali, bahkan sampai perut mual, saat perut ingin muntah dan kembung. Hak ini bisa terjadi karena ulu hati yang mulai tidak nyaman karena banyam ditekan jangka panjang tanpa dibarengi asupan gizi masakan lain.

9. Risiko Alzheimer

Bahaya yang satu ini juga menakutkan karena mengonsumsi telur burung puyuh yang berlebih akan memunculjan penyakit alzheimer secara bertahap dalam jangka panjang. Penyakit ini bisa muncul lebih Dini meskipun umur masih muda jika seseorang sejak muda sudah gemar mengonsumsi telur dalam jumlah berlebihan tanpa makan sayuran, susu, buah, ikan, kedelai dan lain-lain.

10. Meningkatkan Protein Ovomucoid

Pengonsumsian berlebih dari telur burung puyuh pada orang dengan tubuh menderita stroke dab anemia akan menyebabkan timbulnya penyakit yang 2x lebih parah. Dan peningkatan protein ovomucoid yang terjadi, kana mengacaukan protein lain dalam tubuh. Jadi, konsumsilah telur puyuh sekitar 3 butir untuk menjaga agar protein lain tetap stabil dab tidak diganggu oleh kadar kolesterol yang sudah lebuh dulu ada dalam tubuh.

11. Menimbulkan Alergi

Jika anda alergi terhadap jenis telur, maka sebaiknya hidari jenis makanan yang kaya akan protein ini. Jika tidak biasanya alergi tersebut akan timbul dengan gejala gatal-gatal pada tubuh.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Putih Telur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyak sekali manfaat dan khasiat mengonsumsi telur puyuh dalam sehari-hari, karena kaya akan protein yang baik untuk tubuh. Walaupun banyak sekali efek samping yang ditimbulkan jika mengonsumsi telur puyuh secara berlebihan.

Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top