Connect with us
Telur, Putih Telur, Kuning Telur, Telur Ayam Telur Bebek, Telur Burung, Manfaat Telur, Khasiat Telur

Makanan

88 Manfaat dan Khasiat Telur untuk Kesehatan, Kecantikan, Serta Efek Samping

Telur merupakan makanan hewani yang dikonsumsi selain susu, ikan maupun daging oleh hampir seluruh penduduk dunia. Umumnya manusia mengkonsumsi telur ayam, bebek, dan telur burung lainnya. Makanan ini menjadi alternatif memenuhi kebutuhan tubuh akan protein hewani karena keberadaannya yang mudah ditemui dan harganya relatif murah dibandingkan bahan makanan protein hewani lainnya seperti ikan, daging ayam atau daging sapi. Disamping harganya yang murah, ternyata manfaat telur untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak.

Telur, Putih Telur, Kuning Telur, Telur Ayam Telur Bebek, Telur Burung, Manfaat Telur, Khasiat Telur

Telur bisa dikatakan sebagai makanan sejuta umat dikarenakan tidak adanya kesenjangan sosial dalam mengkonsumsi makanan ini. Artinya makanan ini bisa saja dinikmati oleh setiap kalangan dikarenakan harganya yang murah dan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian manusia. Kini ayam petelur sudah mulai banyak di kembangbiakan guna memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur

Per 100 gram telur mengandung kalori, lemak jenuh dan tak jenuh, kolesterol, natrium, kalium, kalsium, magnesium, karbohidrat, protein, sejumlah vitamin (Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B6, Vitamin B12). Lengkapnya kandungan nutrisi dan gizi menjadikannya sebagai menu diet, camilan dan menu sarapan dikarenakan memakan makanan ini merupakan makanan ringan namun mengenyangkan.

Manfaat Telur Untuk Kesehatan :

1. Baik untuk kesehatan mata

Bukan hanya wortel yang mengandung banyak vitamin A, telur juga mengandung cukup banyak vitamin yang berguna untuk kesehatan mata tersebut. Selain itu, juga mengandung antioksidan Lutein dan Zeaxanthin zat yang bermanfaat dalam melindungi kesehatan mata. Mengkonsuminya mampu menjauhkan dari penyakit miopi maupun melindungi mata dari bakteri dan bahaya lainnya.

2. Perkembangan otak manusia

Telur mengandung Choline, zat yang mampu merangsang pertumbuhan otak manusia. Cholin berfungsi membangun membran sel pada otak, memperbaiki fungsi ingatan otak,memproduksi molekul sinyal otak sehingga kebutuhan nutrisi otak manusia terpenuhi. Bagi anak-anak yg sedang masa pertumbuhan sangat baik mengkonsumsinya untuk perkembangan otak anak.

3. Untuk wanita hamil dan menyusui

Tidak hanya membantu pertumbuhan otak manusia yang sudah lahir saja, kandungan Choline pada telur juga sangat baik untuk pertumbuh kembangan otak dan memori janin dalam perut wanita hamil. Ibu hamil dan menyusui yang rutin mengkonsumsi telur selama kehamilan memiliki tingkat risiko rendah terhadap bayi terlahir cacat mental atau down syndrome.

4. Memenuhi nutrisi harian

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa kandungan gizi dan nutrisi pada makanan ini sangatlah kompleks. Tubuh manusia memerlukan nutrisi kompleks yang dapat meunjang energi dan daya tahan tubuh ketika beraktivitas dalam kesehariannya. Makanan ini juga mampu memenuhi kebutuhan kalori harian manusia yang dapat diubah menjadi sumber energi. Maka konsumsilah secara teratur jenis makanan ini.

5. Mencegah kolesterol

Manfaat makanan sebagai makanan pencegah kolesterol menjadi perdebatan pasalnya kandungan kolesterol dalam kuning telur yang sangat tinggi yakni mencapai 210 miligram dimana konsumsi kalori maksimal perharinya hanya dianjurkan 300 miligram. Akan tetapi fakta membuktikan bahwa justru hati yang sehat akan memproduksi lebih sedikit kolesterol ketika mengkonsuminya.

Manfaat Telur bagi Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah risiko terserang penyakit mata seperti makula dan katarak.
7. Meningkatkan kolesterol baik dalam darah (HLD).
8. Mencegah risiko bayi terlahir prematur dan kekurangan gizi.
9. Menurunkan risiko penyakit jantung.
10. Meminimalisir risiko serangan stroke.
11. Menu program diet.
12. Menurunkan risiko obesitas.
13. Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
14. Membentuk otot-otot tubuh.
15. Memperbaiki kerusakan jaringan atau sel dalam tubuh.
16. Meningkatkan sistem imun.
17. Meningkatkan berat badan pada anak.
18. Mencegah osteoporosis.
19. Membantu pengobatan kemoterapi.
20. Membantu dalam mengobati pasien gangguan ginjal.
21. Alternatif sumber energi.
22. Mengandung asam amino yang berperan membantu perkembangan seluruh sel dalam tubuh.
23. Memelihara organ fungsional tubuh.
24. Meningkatkan massa otot.
25. Membantu kerja otot.
26. Menurunkan kadar trigliserida dalam darah.
27. Membantu proses pertumbuhan tulang rawan.
28. Menangkal kanker payudara.
29. Membentuk sel darah merah.
30. Meningkatkan fungsi otak.
31. Membantu pertumbuhan organ dalam tubuh.
32. Membantu tubuh dari degenerasi macula.
33. Mencegah risiko kebutaan.
34. Menyehatkan jantung.
35. Mencegah gangguan paru-paru.
36. Mencegah anemia.
37. Mengurangi risko Alzheimer.
38. Memproduksi hormon dan enzim.
39. Melancarkan peredaran darah.
40. Meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara Memanfaatkan Telur untuk Kesehatan :

Untuk kesehatan sendiri ada banyak cara mengolah makanan ini. oleh sebagian besar masyarakat Asia dijadikan lauk andalan karena harganya yang murah dan rasanya yang lezat. Makanan ini umumnya digoreng namun untuk mengurangi risiko kolesterol minyak, sebaiknya makanan ini direbus saja. Selain karena faktor kolesterol minyak, telur rebus juga lebih steril karena ketika memasak tidak dilepaskan dari cangkangnya.

Manfaat Telur untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan kulit

Kandungan nutrisi pada telur terutama bagian putih telur salah satunya vitamin E yang berperan sebagai zat yang mampu menghaluskan permukaan kulit. Tidak hanya menghaluskan namun juga mampu menutrisi kulit sampai ke pori-pori dan menjadikan kulit lebih lembut, segar, dan sehat. Untuk mendapatkan kulit halus paling umum mengolahnya sebagai masker wajah.

2. Menghilangkan komedo

Komedo merupakan permasalah kulit yang paling mengkhawatirkan kaum hawa setelah jerawat. Komedo juga sering kali berubah menjadi penyakit kulit wajah apabila lemak atau kotoran yang merupakan komposisi komedo menumpuk dan menyebabkan timbulnya bintik-bintik merah menyerupai jerawat. Masker putih telur ampuh mengangkat komedo yang melekat pada permukaan kulit.

3. Mengobati jerawat

Faktor penyebab kulit baik wanita maupun pria sangatlah beragam. Mulai dari faktor keseimbangan hormon, gaya hidup yang tidak sehat, faktor keturunan, penggunanan kosmetik yang berlebihan, kelebihan kadar minyak di wajah dan sebagainya. Paduan antara masker putih telur dan perasan air lemon yang kaya akn kandungan anti-bakteria mampu mengobati jerawat yang sudah tumbuh di wajah.

4. Mengatasi kulit berminyak

Minyak berlebihan dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu penyakit lain seperti kelebihan kadar minyak alami wajah dan berujung pada tumbuhnya jerawat. Kondisi tersebut sering dikeluhkan wanita pasalnya merek tidak memahami bahwa penyebab jerawat selain penggunaan make up yang salah adalah kelebihan minyak di wajah. Masker putih telur berperan dalam meminimalisir minyak wajah.

5. Mengencangkan kulit wajah

Kandungan nutrsis berupa vitamin E terutama pada putih telur diyakini mampu mengencangkan otot-otot kulit. Selain itu, masker dari bahan makanan ini juga memiliki sifat merekat ketika kering sehingga mampu menarik permukaan kulit yang mulai mengendur sehingga kulit akan tampak lebih sehat, kencang dan yang terpenting adalah tampak lebih muda.

Manfaat Telur untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengangkat sel kulit mati.
7. Mengecilkan pori-pori.
8. Mengganti sel kulit rusak dengan sel baru.
9. Mengurangi bekas jerawat.
10. Memudarkan keriput dan garis halus.
11. Mencegah kulit menua sebelum waktunya.
12. Memutihkan kulit wajah.
13. Menutrisi kulit sampai ke lapisan kulit terdalam.
14. Melembabkan kulit wajah.
15. Mengatasi kuli kering.
16. Menghilangkan mata panda.
17. Melancarkan peredaran darah dibawah kulit.
18. Menutrisi kulit dari dalam.
19. Menyamarkan bekas luka.
20. Tidak menyumbat pori-pori.
21. Meminimalisir stretch mark.
22. Mengatasi kulit kusam.
23. Mencerahkan wajah.
24. Meremajakan kulit.
25. Mengurangi kulit wajah yang letih akibat paparan radikal bebas.
26. Mencegah jerawat datang kembali.
27. Menyegarkan kulit.
28. Meregenerasi kulit.
29. Mengangkat kotoran yang melekat pada kulit.
30. Merawat kesehatan kuku.
31. Mencerahkan kuku.
32. Mengobati jamur kuku.
33. Menghilangkan ketombe.
34. Mengobati luka bakar.
35. Mempercepat proses penyembuhan luka luar.
36. Mengatasi rambut rontok.
37. Menguatkan akar rambut.
38. Mencegah rambut patah.
39. Mempercepat pertumbuhan rambut.
40. Membuat rambut berkilau.

Cara Mengolah Telur untuk kecantikan :

Dunia kecantikan sendiri sudah lama memanfaatkan bahan makanan sebagai bahan perawatan kulit tubuh maupun wajah terutama bagian putih telur. Paling umum, putih telur dijadikan masker wajah yang bisa dicampurkan dengan berbagai bahan alami lainnya seperti jeruk nipis, air lemon, madu, mentimun, alpukat, minyak zaitun dan sebagainya.

Efek Samping Telur :

Efek Samping Telur

1. Alergi pada penderita alergi protein telur
2. Kolesterol jika dikonsumsi berlebihan
3. Bisul
4. Asam urat
5. Hipertensi
6. Mual
7. Kulit berjerawat
8. Pada kulit luar muncul reaksi alergi apabila kulit tidak cocok dengan nutrisi telur.

Baca Juga: Manfaat dan Khsaiat Putih Telur untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Para penikmat makanan ini diharapkan lebih berhati-hati dikarenakan telur juga mampu menimbulkan efek yang sangat mematikan apabila mengkonsumsi porsi yang tidak wajar dan tidak mengetahui kondisi tubuh yang memiliki alergi protein terhadap makanan ini. Pastikan untuk melakukan medical check-up terkait alergi terhadap makanan ini sebelum mengkonsumi atau menggunakan sebagai bahan perawatan kecantikan kulit.

Continue Reading

Lainnya dari Makanan

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top