Connect with us
Tempe, Manfaat Tempe, Khasiat Tempe, Tempe Mentah, Tempe Goreng, Tempe Matang

Makanan

41 Manfaat dan Khasiat Tempe untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tempe merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi atau olahan biji kedelai dengan beberapa bahan lain. Siapa yang tidak kenal dengan tempe? Hampir semua orang telah mengenal makanan tempe namun tidak semua orang mengerti dan memahami apa saja manfaat dari makanan ini untuk kesehatan serta kecantikan.

Tempe, Manfaat Tempe, Khasiat Tempe, Tempe Mentah, Tempe Goreng, Tempe Matang

Sehingga meskipun tempe memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan tubuh, namun tetap saja makanan dari kedelai ini masih dianggap sebagian orang sebagai jenis makanan golongan bawah. Mungkin karena harganya yang murah tak semahal daging, atau memang karena tempe yang telah melekat sebagai makanan rakyat kaum bawah.

Namun bila dikaji lebih dalam tempe memiliki banyak sekali nilai gizi, bahkan banyak lembaga penelitian makanan telah meyakinkan bahwa manfaat tempe memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan manusia dan itu telah dibuktikan oleh berbagai lembaga penelitian. Tidak hanya didalam negeri, tetapi diluar negeri telah mengakui bahwa manfaat tempe sangatlah besar sekali bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Tempe :

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Tempe

Loading...

Tempe merupakan salah satu produk makanan yang telah memberikan manfaat cukup melimpah dalam kehidupan manusia. Bukan saja manfaat bagi kesehatan tetepi fermentari biji kedelai ini telah memberikan nilai ekonomi pada kehidupan masyarakat. Maka tidak heran jika manfaat tempe sangat besar. Sekali dan perlu untuk terus diexploitasi lagi agar bisa memberikan dampak positif bagi kelangsungannya. Bahkan di negara Jepang telah dibuat kapsul tempe dan itu sangat digemari oleh para konsumennya, tujuannya adalah untuk mendapatkan manfaat makanan tersebut.

Bahkan beberapa sumber menyebutkan bahwa manfaat tempe untuk kesehatan tidak kalah dengan daging dalam nilai gizi yang terkandung didalamnya, untuk lebih jelasnya bisa kita lihat dibawah ini, dalam per-100 gram:

  • Jumlah Per: 100 g
  • Kalori (kcal): 192
  • Jumlah Lemak: 11 g
  • Lemak jenuh: 2,2 g
  • Lemak tak jenuh ganda: 3,8 g
  • Lemak tak jenuh tunggal: 3 g
  • Kolesterol: 0 mg
  • Natrium: 9 mg
  • Kalium: 412 mg
  • Jumlah Karbohidrat: 9 g
  • Protein: 19 g
  • Vitamin A: 0 IU
  • Vitamin C:0 mg
  • Kalsium: 111 mg
  • Zat besi: 2,7 mg
  • Vitamin D: 0 IU
  • Vitamin B6: 0,2 mg
  • Vitamin B12: 0,1 µg
  • Magnesium: 81 mg

Selain itu manfaat tempe juga bisa dirasakan dalam mengangkat nilai perekonomian masyarakat, karena semakin banyaknya para penggemar, maka akan membangkitkan sentra industri tempe. Dengan kata lain hal ini akan mengangkat nilai ekonomi masyarakat serta mengurangi angka pengangguran di negara kita.

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan :

1. Sebagai sumber protein nabati

Karena berbahan dasar dari kedelai, maka tidak heran jika tempe memiliki kandungan protein tinggi yang berfungsi bahkan lebih tinggi dari kandungan protein yang terdapat pada daging. Protein diperlukan untuk membantu mempertahankan jaringan otot serta membuat memproduksi beberapa enzim berguna untuk kebutuhan sel-sel tubuh.

2. Sebagai sumber asam amino

Asam amino memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, mulai dari memperbaiki jaringan tubuh, menguraikan makanan, membantu pertumbuhan normal dan sebagai sumber energi tubuh. Karena begitu banyaknya manfaat bagi tubuh maka dari itu asam amino sangat penting untuk dikonsumsi, kekurangan asam amino bisa memberikan tubuh cepat lelah dan lain sebagainya.

3. Mengandung Antibiotik Natural

Anti biotik merupakan kandungan atau zat yang sangat berperan dalam menjaga tubuh dari berbagai ancaman penyebab penyakit, kekurangan Antibiotik dalam tubuh menyebabkan tubuh mudah sakit. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan yang mengandung Zat antibiotik sangat disarankan.

4. Kandungan Kalsium

Kuatnya tubuh karena adanya tulang dalam tubuh kita dan keberlangsungan kesehatan tulang dikarenakan kecukupan asupan Kalsium dalam tubuh, Ketika kita mengkonsumsi tempe maka kita secara tidak langsung sudah membantu tubuh untuk memenuhi sebagian kebutuhan kalsium dalam tubuh.

5. Mengandung isoflavon

Isoflavon dipercaya bisa membantu tubuh dalam mengurangi kandungan kolestrol dalam darah terutama Kandungan kolestrol jahat. Selain kandungan Isoflavon yang cukup bermanfaat bagi kesehatan, dalam makanan nabati ini juga mengandung lemak tak jenuh dan niacin yang sangat bagik bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung.

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu proses diet
7. Menurunkan tekanan darah
8. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
9. Mencegah kanker
10. Membantu mengatasi gejala menopause
11. Membantu mencegah anemia dan pencegah diare
12. Menjaga kecantikan
13. Menambah nutrisi pada tubuh
14. Memperbaiki sel jaringan pada otot
15. Menjadga kesehatan jantung
16. Memperkuat tulang karena kandungan kalsium
17. Menangkal zat radikal bebas
18. Terhindar dari berbagai penyakit
19. Menjaga kesehatan tubuh
20. Mengurangi resiko kelebihan berat badan

Cara Memanfaatkan Tempe Untuk Kesehatan :

Untuk mendapatkan khasiat dari kandungan yang terdapat dalam tempe memanglah sangat mudah sekali, Anda tinggal menambahkan mnakanan ini dalam menu sehari-hari anda atau bisa juga mengkonsumsinya bersama minuman hangat seperti teh maupun kopi sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Tempe Untuk Kecantikan :

1. Membuat Kulit Putih

Selain sangat bermafaat untuk kesehatan, ternyata manfaat tempe juga bisa digunakan untuk kecantikan juga seperti membuat kulit menjadi putih. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan DR. dr. Prasetyowati, Sp.KK, yang merupakan salah satu staf pengajar di Fakultas Kedokteran Undip Semarang.

2. Mengencangkan Kulit

Beliau melakukan uji terhadap -/+30 responden perempuan, dengan memberikan mereka ekstrak isoflavon dari kedelai tempe dalam bentuk kapsul, selama -/+ 3 bulan lamanya. Hasilnya kulit perempuan yang mengkonsumsi kapsul tadi lebih kencang dibandingkan dengan perempuan yang tidak mengkomsumsi, itu artinya isoflavon dari kedelai tempe mampu mengencangkan kulit.

3. Menjaga Kulit Awet Muda.

Tentu ini merupakan kabar menggembirakan, bagi anda yang ingin memiliki kulit tetap awet muda. Tanpa perlu biaya mahal rendah resiko dibandingkan dengan hasil sama tapi dengan menggunakan produk kimia yang sudah tentu dengan resiko lebih tinggi terhadap kesehatan. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari manfaat tempe untuk kencantikan diperlukan setidaknya 50-100 miligram isoflavon setiap hari. Jika dalam 60 gram tempe mengandung 10 mg isoflavon maka anda memerlukan sekitar 600 gram mengonsumsi makanan ini setiap hari agar mendapatkan manfaat untuk kecantikan kulit anda.

4. Mempercepat penyembuhan jerawat

Manfaat tempe bila dikonsumsi dengan baik akan menyembuhkan penyakit jerawat, yang sering tumbuh pada permukaan kulit wajah dan membuat kulit menjadi lebih halus. Nilai gizi yang terkandung dalam tempe cukup banyak, salah satunya protein hal ini yang membantu penyembuhan jerawat pada wajah.

5. Memudarkan flek hitam

Tempe juga bisa memudarkan flek hitam pada wajah. Kandungan nutrisi yang di serap oleh makanan tempe nantinya akan sangat baik untuk kulit. Menjadikan kulit wajah tetap segar, cantik dan terjaga kesehatannya sehingga akan lebih terlihat awet muda.

Manfaat Tempe Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menyamarkan kerutan
7. Membuat berat badan idel
8. Mencegah penuaan dini
9. Meremajakan kulit
10. Mengatasi gangguan hormone pertumbuhan
11. Membuat badan seksi
12. Memperbaiki kulit yang rusak
13. Mencegah kanker kulit
14. Menghambat penuaan dini
15. Menjadikan kulit awet muda
16. Membentuk sel baik pada kulit
17. Menyegarkan kulit terutama pada wajah
18. Menjaga kesehatan kulit
19. Menjaga kulit terpapar sinar ultra violet dalam jangka panjang
20. Menjadikan kulit wajah tetap segar

Cara Memanfaatkan Tempe Untuk Kecantikan :

Tempe bisa di manfaatkan oleh kecantikan, maka disarankan tempenya diolah dengan cara direbus saja. Hindari penggunaan minyak dan gula karena ini kurang baik buat kulit. Merebus tempe tanpa tambahan bumbu apapun jauh lebih baik untuk mendapatkan hasil peremajaan kulit yang cepat dan maksimal.

Efek Samping Tempe :

Efek Samping Tempe, Dampak Negatif Mengonsumsi Tempe

Kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan daging bisa menyebabkan anda over protein jika anda mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu tempe juga tidak dianjurkan bagi penderita asam urat dan penderita kanker payudara tipe estrogen reseptor. Hal ini terjadi karena kandungan isoflavon yang ditengarai sangat merangsang terproduksinya hormon estrogen dalam tubuh.

Setelah kita mengetahui apa saja manfaat tempe bagi kesehatan, maka alangkah baiknya jika kita sesering mungkin menambahkan tempe kedalam menu makan keseharian, biar tidak jenuh anda bisa mengolahnya menjadi berbagai variasi makanan sesuai selera anda, Apalagi saat ini banyak sekali tersedia berbagai resep masakan tempe, Jadi tidak hanya digoreng atau cuma dimasukkan kedalam sayuran saja.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Keju untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Skarang banyak sekali resep-resep makanan yang berbahan dasar tempe yang bisa dengan mudah anda jumpai di internet, misalnya steak tempe, cake tempe dan lain sebagainya, yang terpenting anda bisa mendapatkan manfaat tempe untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, Jadi masih ragu dengan manfaat makanan dari kedelai ini? Buktikan sendiri untuk mengkonsumsinya dan rasakan rasanya dan khasiat tempe bagi kesehatan anda.

Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Makanan

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top