Connect with us

38 Manfaat Asuransi, Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsi

Medis

38 Manfaat Asuransi, Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsi

Manfaat Asuransi – Siapa yang tahu kapan datangnya kecelakaan atau musibah? Oleh sebab itu, selain berusaha untuk menjaga diri ada langkah lain yang sebaiknya dilakukan untuk mengantisipasi segala keadaan. Langkah tersebut bermanfaat agar kita menjadi terbantu saat datang musibah tak terduga yang harus dihadapi. Salah satu caranya adalah dengan memiliki produk pertanggungan atau perlindungan yang disebut dengan nama asuransi yang sekarang ini sudah populer di kalangan masyarakat.

Asuransi, manfaat Asuransi

Sekarang ini ada bervariasi jenis asuransi atau dalam istilah inggris insurance yang beredar serta dijual bebas pada masyarakat. Mulai dari pendidikan, kesehatan, kendaraan, properti, jiwa dan lain-lain. Khusus untuk jenis asuransi jiwa banyak yang menganggap pamali atau mendahului takdir namun mengingat pentingnya manfaat dari insurance tersebut maka pandangan negatif mengenai insurance tersebut kian lama mulai berubah.

Pengertian Asuransi :

Secara umum pengertian asuransi adalah sebuah perjanjian antara pihak yang tertanggung (nasabah) dengan pihak yang menanggung (perusahaan asuransi). Pengalihan resiko insurance berkaitan dengan syarat yang ditentukan misalnya mengenai jumlah uang pertanggungan, jangka waktu, jenis resiko yang ditanggung dan lain-lain.

Dengan insurance tersebut baik pihak yang menanggung maupun pihak yang tertanggung memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan kesepakatan yang ada dalam perjanjian. Hak dan kewajiban yang dimiliki antara kedua belah pihak dilindungi dengan kesepakatan insurance.

Loading...

Jenis Asuransi :

  • Asuransi jiwa
  • Kesehatan
  • Pendidikan
  • Kendaraan
  • Bisnis
  • Asuransi kepemilikan rumah serta properti

Tujuan Asuransi :

  • Memberikan jaminan berupa perlindungan dari resiko kerugian yang bisa saja terjadi oleh satu pihak
  • Meningkatkan efisiensi dengan mengadakan pengamanan dan pengawasan
  • Sebagai pemerataan biaya
  • Sebagai tabungan
  • Menutup loss of earning power badan usaha atau seseorang saat tidak bekerja
  • Dasar dari pihak bank untuk memberikan kredit
  • Untuk mengalihkan resiko yang awalnya berada pada pihak pemilik pada pihak pemberi asuransi
  • Memberikan ganti rugi pada pihak terkait

Fungsi Asuransi :

  • Penyebaran kerugian dengan merata
  • Penghimpun dana
  • Bantuan bagi perusahaan bisnis

Manfaat Asuransi Jiwa :

1. Membuat pikiran menjadi lebih tentram

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kehilangan seseorang karena kematian bukan hanya memberikan duka mendalam bagi pihak keluarga yang ditinggalkan, namun musibah tersebut bisa jadi memberikan dampak buruk misalnya dalam hal keuangan keluarga karena yang meninggal adalah sumber penghasilan keluarga.

Resiko ini tentunya bisa dihindari dengan memiliki polis insurance. Dengan adanya asuransi tersebut kehidupan keluarga masih bisa terus berlanjut dan keuangan setelah menghadapi hari dukat akibat meninggalnya anggota keluarga masih berada dalam kondisi stabil.

2. Menjamin pendidikan anak

Asuransi jiwa juga sangat membantu bagi anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Dengan adanya kegiatan tersebut anak anda akan terjamin untuk menempuh pendidikan, utamanya bagi anak-anak yang masih sekolah di tingkat rendah. Mereka memiliki jalur tempuh sekolah yang panjang dan harus dijalani, tentunya dengan biaya yang kian lama kian memuncak.

Pendidikan anak tentunya akan menjadi hal utama yang anda perjuangkan. Oleh sebab itu, memiliki asuransi ini akan sangat membantu untuk manajemen atau mengatur keuangan anda dalam hal pendidikan sang buah hati.

3. Menabung

Insurance ini juga dapat bermanfaat sebagai salah satu jenis tabungan serta antisipasi apabila terjadi hal buruk yang menimpa secara tiba-tiba. Tabungan ini bisa digunakan di saat darurat dimana anda mendapatkan kebutuhan mendadak yang sangat mendesak.

Manfaat Asuransi Jiwa Lainnya :

4. Melindungi ahli waris

5. Terlindungi atas berbagai peristiwa mendadak

6. Cuti premi

7. Premi tidak hangus

8. Praktis

9. Banyaknya rider

10. Mudahnya pembayaran premi

11. Mengantisipasi kerugian

Manfaat Asuransi Kesehatan :

1. Memberikan rasa aman dan ketenangan

Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka nasabah akan memiliki rasa nyaman dan tenang saat berhadapan dengan segala musibah tak terduga. Saat nasabah terserang suatu penyakit dan harus mendapatkan perawatan intensif dirumah sakit dalam kurun waktu tertentu, maka kegiatan ini dapat digunakan untuk menjamin segala biaya yang harus dikeluarkan oleh nasabah.

2. Mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik

Biasanya pemberian fasiitas kesehatan akan disesuaikan dengan jenis perusahaan insurance beserta harga asuransi yang dibeli. Oleh karena itu, anda harus berhati-hati dan cermat dalam memilih jenis asuransi kesehatan yang anda ambil. Pilihlah yang akan memberikan fasilitas terbaik bagi anda dan membuat anda merasa puas.

Meskipun pemberian layanan memang berdasarkan resiko yang mungkin menimpa nasabah, misalnya jenis kecelakaan atau penyakit yang diderita namun tetap saja ada tingkatan tersendiri mengenai asuransi kesehatan yang bisa anda  miliki. Alasan inilah yang menjadikan banyak masyarakat sekarang ini memilih untuk memiliki insurance untuk antisipasi perihal kesehatannya.

3. Mempermudah urusan nasabah

Sebagai seorang nasabah, kita diwajibkan untuk membayar premi per bula kepada perusahaan asuransi. Dengan hal ini maka pihak perusahaan tersebut akan mengurus semua dana yang mungkin akan digunakan oleh nasabahnya. Apabila nasabah mengalami gangguan penyakit, maka nasabah dapat memperoleh pelayanan kesehatan lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya kembali. Hal ini karena semua biaya akan ditanggung oleh pihak pengelola tersebut.

Manfaat Asuransi Kesehatan Lainnya :

4. Berobat gratis

5. Dapat mengurangi resiko

6. Membuat mekanisme pemakaian uang

7. Cepat dan efisien

8. Sebagai tabungan masa depan

9. Mendapatkan perawatan kesehatan yang baik dan layak

10. Uji lab

11. Untuk perawatan gigi

12. Dapat dipakai untuk rawat inap maupun rawat jalan

Manfaat Asuransi Syariah :

1. Asuransi syariah dapat dicairkan bahkan sebelum jatuh tempo

Asuransi konvensional biasanya memiliki peraturan yang sangat ketat mengenai pencairan premi nasabah. insurance tersebut akan mencairkan premi hanya pada saat jatuh tempo.

Sebaliknya, dalam insurance ini nasabah dapat mencairkan premi kapan saja sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Dan untungnya lagi, pencairan ini juga bebas potongan. Nasabah yang menyerah atau tidak sanggup membayar premi setiap bulannya akan diberikan dua pilihan yakni melanjutkan atau tarik premi. Jika melanjutkan dan tidak sedang memegang uang nasabah bisa membayarnya dikemudian hari.

2. Dana tetap terjaga walaupun nasabah telat membayar

Meskipun premi yang seharusnya dibayar tidak segera dilunasi maka nasabah tetap dapat memproteksi penuh dana yang dimiliki sama seperti nasabah yang lain. Misalnya nasabah tanpa diduga mengalami kecelakaan maka ia masih mendapatkan hak asuransi yang sama dengan mereka nasabah yang mungkin tidak menunggak pembayaran premi.

Pihak insurance akan menutup sebagian dari baya perawatan yang harus diserahkan ke rumah sakit meskipun nasabah tersebut menunggak pembayaran. Uang yang dikeluarkan oleh pihak asuransi untuk membayar insiden tersebut dapat dibayarkan nanti di kemudian hari apabila nasabah sedang tidak memiliki biaya untuk mengganti.

3. Sistem bagi hasil yang tinggi

Dalam asuransi syariah salah satu pihak tidak boleh dirugikan secara finansial. Apabila premi sudah jatuh tempo, pihak perusahaan asuransi akan memberikan pokok premi sekaligus imbal hasil sesuai dengan kesepakatan yang ada dalam perjanjian sebelumnya.

Agar nasabah tidak salah sangkat mengenai sistem bagi untung ini, pihak dari petugas insurance akan memberikan penjelasan mengenai mekanisme detail untuk memastikan para nasabah benar-benar memahami sistem tersebut dan tidak ada yang merasa dirugikan dilain hari.

Manfaat Asuransi Syariah Lainnya :

4. Dibebaskan dari kontribusi dasar

5. Tidak ada riba maupun jenis larangan yang lain

6. Berlaku adil

7. Lebih transparan

8. Mengusung konsep tolong menolong

9. Tidak ada  istilah dana hangus

10. Memakai konsep risk shraing bukan risk transfer

Manfaat Asuransi Prudential :

1. Terdiri dari berbagai macam asuransi

Manfaat dari jenis asuransi ini meliputi perlindungan asuransi kesehatan sampai usia 75 tahun, perlindungan jiwa sampai umur 99 tahun serta perlindungan atas resiko kecelakaan

2. Nilai tunai sesuai hasil pencapaian

Nilai tunai yang menjadi hasil investasi perkembangannya dilaporkan secara tertulis serta dikirimkan pada semua nasabah. Nilai ini bisa diambil kapan saja berdasarkan ketentuan yang berlaku. Dengan adanya manfaat asuransi yang satu ini diharapkan mampu merancang dana pendidikan anak, program pensiun serta jaminan di hari tua.

3. Manfaat cuti premi

Apabila nasabah menunda untuk melakukan pembayaran premi dalam beberapa kurun waktu tanpa harus merubah premi pada setiap periode yang ditinggalkan. Hal inilah yang juga menjadi salah satu kelebihan insurance unit link jika dibandingkan dengan jenis insurance konvensional.

Manfaat Asuransi Prudential Lainnya :

4. Manfaat tambahan yang dipilih atau direncanakan sesuai dengan kebutuhan nasabah

5. Fasilitas pembebasan premi

Asuransi merupakan sebuah usaha yang bertujuan untuk saling tolong menolong dan saling melindungi antara beberapa orang melalui investasi. Aset yang diinvestasikan akan mendapatkan pola pengembalian untuk meminimalisir resiko tertentu sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui antara pihak nasabah dan perusahaan insurance.

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis insurance yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi dan situasi masing-masing individu. Bagi anda yang tertarik untuk bergabung dalam suatu insurance sebaiknya menelusuri terlebih dahulu insurance yang terpercaya aman dan sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Dengan demikian investasi anda akan semakin bermanfaat terutama untuk kehidupan anda di masa mendatang.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Medis

Advertisements

Terbaru

Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Advertisements
To Top