Connect with us
Air Cucian Beras, Manfaat Air Cucian Beras, Khasiat Air Cucian Beras

Minuman

70 Manfaat dan Khasiat Air Cucian Beras untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Air cucian beras merupakan air hasil cucian beras yang serting dimanfaatkan sebagai minuman, obat herbal maupun bahan perawatan kulit wajah dan tubuh. Beras memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang baik untuk kecantikan, tetapi ternyata bukan hanya berasnya saja yang memiliki berbagai khasiat tersebut. Manfaat air cucian beras juga sering digunakan untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan.

Air Cucian Beras, Manfaat Air Cucian Beras, Khasiat Air Cucian Beras

Hasil cucian beras ini dapat digunakan untuk perawatan asalkan airnya bersih, sayangnya kebanyakan hingga saat ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa air tersebut adalah limbah sehingga dibuang begitu saja. Padahal jika kita tahu cara memanfaatkannya maka air ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Manfaat air cucian beras bagi kesehatan sebenarnya sudah melegenda, orang-orang di zaman dahulu sering menggunakan air ini untuk membersihkan wajah misalnya. Namun dengan perubahan zaman yang semakin modern, penggunaan air cucian ini sudah mulai dilupakan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Air Cucian Beras :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Air Cucian Beras

Loading...

Adapun beberapa kandungan yang terdapat dalam air cucian beras diantaranya,

  • Oryzanol untuk merawat kulit dari kerusakan dan menjaga agar kulit selalu bersih
  • Mineral bermanfaat
  • Asam amino
  • Vitamin
  • Mineral a
  • Antioksidan

Manfaat Air Cucian Beras Matang Untuk Kesehatan :

1. Mencegah penyakit kanker

Air cucian beras yang sudah matang atau sering disebut juga air tajin ternyata sama seperti nasi, mengandung karbohidrat. Sari beras yang terdapat pada air tajin ini yang dapat mencegah penyakit kanker muncul di dalam tubuh kita. Jadi selain mengkonsumsi air putih yang cukup anda juga bisa mencoba mengkonsumsi air tajin untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Gastroentritis atau penyakit asam lambung yang berlebihan dan sembelit yang berhubungan dengan masalah pencernaan dapat diatasi dengan air cucian beras. Air tajin inilah yang akan menetralkan asam lambung tersebut, anda bisa meminumnya dengan rutin untuk mengatasi penyakit asam lambung. Sedangkan untuk masalah sembelit anda dapat meminumnya selagi hangat dan pilih yang airnya cukup kental.

3. Menambah energi

Beras memiliki kandungan karbohidrat dan menjadi sumber energi dalam kehidupan sehari-hari. Air beras ini juga dapat menambah energi untuk tubuh kita sehingga dapat menjadi minuman penambah energi. Jadi lebih baik tidak mengkonsumsi minuman penambah energi olahan pabrik, karena anda dapat menggunakan air beras ini sebagai minuman penambah energi.

4. Sebagai pengganjal lapar

Air cucian beras yang dimasak atau disebut air tajin setelah dimasak dan matang bisa menjadi pengganjal rasa lapar karena mengandung karbohidrat yang bisa membuat perut kenyang. Maka dari itu air cucian beras ini sering diberikan pada anak bayi yang belum makan nasi karena bisa membuat mereka kenyang tapi aman dikonsumsi. Namun orang dewasa juga bisa mengkonsumsinya karena rasanya juga cukup enak.

5. Menjaga kada kolesterol dalam darah

Minumlah air cucian beras yang sudah matang ini secara teratur, karena dapat menjaga kada kolesterol dalam darah. Zat-zat yang terkandung di dalamnya ampuh dalam menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Oleh sebab itu air tajin aman dikonsumsi bagi setiap orang yang ingin menjaga keseimbangan kolesterol di dalam tubuh.

Manfaat Air Cucian Beras Matang Lainnya Untuk Kesehatan :

6. Dapat dijadikan pengganti asi untuk bayi
7. Meringankan sakit tenggorokan
8. Meringankan sariawan
9. Mengobati panas dalam
10. Mengurangi berat badan
11. Menjaga kesehatan jantung
12. Mencegah pikun atau penyakit alzheimer
13. Mampu menghangatkan tubuh
14. Sebagai antioksidan alami
15. Dapat mencegah sembelit

Cara Memanfaatkan Air Cucian Beras Matang Untuk Kesehatan :

Cara pemanfaatan air beras yang sudah matang ini mudah saja, yaitu bisa dengan memasak nasi seperti biasa kemudian setelah airnya mendidih anda bisa mengambil airnya saja. Pastikan air tajin sudah dalam keadaan mengental, kemudian bisa langsung anda konsumsi setelah didinginkan.

Efek Samping Air Cucian Beras Matang :

Air tajin sama seperti beras mengandung karbohidrat serta mengandung glukosa, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gula darah meningkat di dalam tubuh dan menimbulkan penyakit diabetes. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan kegemukan karena jumlah kalori yang cukup banyak di dalamnya.

Manfaat Air Cucian Beras Matang Untuk Kecantikan :

1. Menutrisi dan menyegarkan kulit

Kandungan mineral, vitamin serta mineral yang ada di dalam air cucian beras matang atau air tajin dapat menutrisi dan menyegarkan kulit. Sehingga jika anda menggunakan air beras ini dan diaplikasikan kepada kulit maka kulit anda akan tampil bersinar karena lebih sehat dan lebih segar.

2. Dapat digunakan sebagai kondisioner rambut

Fungsi lainnya dari air cucian beras ini adalah bisa dijadikan kondisioner rambut alami, sehingga rambut akan menjadi lebih lembut, mengembang serta lebih berkilau. Air beras ini merupakan bahan alami yang baik dan aman untuk rambut karena ramah lingkungan serta tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

3. Mengobati kulit yang terbakar

Kulit terbakar akibat terlalu lama berenang atau terlalu lama beraktivitas di luar ruangan yang terkena sinar matahari, bisa anda atasi dengan air cucian beras. Aplikasikan air beras ini pada kulit yang terbakar kemudian bilas kembali dengan air dingin setelah beberapa menit kemudian.

4. Mengobati kulit yang terkena iritasi

Menurut penelitian, kulit yang terkena iritasi atau peradangan dapat diatasi dengan mudah dengan air cucian beras, gunakan selama 15 menit setiap harinya sampai sembuh dan kulit menjadi normal kembali.

5. Mencerahkan kulit secara alami

Ternyata, air beras memiliki zat yang dapat memutihkan kulit secara alami yang khasiatnya tak kalah dengan susu atau minyak zaitun. Jika anda ingin mencoba memutihkan wajah dalam waktu yang cepat maka gunakan air beras sebanyak 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu. Bukan hanya lebih cerah tetapi kulit anda juga akan lebih halus dan lembut.

Manfaat Air Cucian Beras Matang Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah
7. Mengobati jerawat
8. Menghilangkan bekas jerawat
9. Sebagai pembersih wajah
10. Mencegah penuaan dini
11. Menghaluskan kulit
12. Membuat kulit menjadi lebih bercahaya
13. Memudarkan flek hitam
14. Mencegah munculnya komedo
15. Menghilangkan komedo

Cara Memanfaatkan Air Cucian Beras Matang Untuk Kecantikan :

Cara pemanfaatan air cucian beras matang ini bisa dengan difermentasi, kemudian ambil air cucian beras tersebut lalu bisa digunakan sebagai toner wajah. Jika anda ingin menjadikan air tersebut sebagai masker rambut anda bisa menggunakannya sebagai sampo setelah itu cuci rambut dengan air yang biasa.

Efek Samping Air Cucian Beras Matang :

Sebenarnya air cucian beras ini sangat aman digunakan dan tidak banyak efek samping berbahaya, tetapi alangkah baiknya jika air cucian yang pertama dihindari karena masih mengandung obat pertanian. Ditakutkan hal ini malah membuat efek negatif yang berbahaya bagi tubuh. Jika mau, anda bisa menggunakan air cucian kedua dan yang berikutnya.

Manfaat Air Cucian Beras Mentah Untuk Kesehatan :

1. Mencegah dehidrasi

Orang yang sedang sakit biasanya membutuhkan banyak cairan dalam tubuhnya, maka agar tidak terkena dehidrasi anda bisa menggunakan air cucian beras ini agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh.

2. Mengatasi diare

Air beras adalah obat herbal tradisional yang sering digunakan untuk mengobati diare sejak dulu, bahkan menurut penelitian air cucian beras ini dapat menjadi pengganti elektrolit yang hilang yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala diare tersebut. Bahkan menurut beberapa pengalaman orang-orang yang pernah terkena diare, air beras ini ampuh mengurangi seringnya buang air besar dan muntah-muntah.

3. Menangkal infeksi virus

Infeksi virus dapat muncul kapan saja dan di mana saja, maka kita harus selalu berhati-hati agar tidak terserang virus yang dapat menimbulkan penyakit. Air cucian beras ini dipercaya bisa menangkal infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh, maka dari itu sebaiknya anda tidak membuang air cucian beras begitu saja karena dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cara Memanfaatkan Air Cucian Beras Mentah Untuk Kesehatan :

Air cucian beras matang bisa bermanfaat untuk mengobati panas dalam, air cucian beras ini juga bisa digunakan untuk mengobati panas dalam tetapi gunakan air yang sudah matang untuk mencucinya. Gunakan air cucian yang kedua kemudian masukkan ke dalam gelas, minum air tersebut di pagi hari.

Manfaat Air Cucian Beras Mentah Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi rambut kering dan rusak

Kandungan mineral dan pitera yang terdapat pada air cucian beras mentah ini ternyata sangat ampuh dalam mengatasi rambut kering dan rusak. Rambut yang kering dan rusak biasanya disebabkan oleh zat kimia berbahaya yang terlalu ekstrim. Air cucian beras mentah inilah yang akan membantu anda dalam meregenerasi rambut kembali untuk melembapkan rambut.

2. Mengatasi dan mencegah rambut rontok

Penyebab rontoknya rambut biasanya karena kulit kepala yang kering dan akar rambut yang lemah. Untuk mengatasi atau mencegah rambut rontok ini dapat dimulai dengan mengaplikasikan air cucian mentah pada rambut. Air beras ini akan membantu membuat akar rambut menjadi lebih kuat sehingga rambut tidak rontok lagi.

3. Membuat kulit wajah dan kulit tubuh lebih lembut

Para wanita Asia sudah membuktikan keunggulan dari air cucian beras tersebut yaitu membuat kulit wajah dan tubuh menjadi lebih lembut bahkan menjadi lebih cerah. Hal ini disebabkan karena mereka biasa menggunakan air cucian, ini untuk merawat kulit. Kandungan vitamin E yang terdapat pada air beras ini mampu membuat kulit menjadi lebih bagus dan cerah.

4. Mengontrol minyak berlebih pada wajah

Asam amino yang terkandung di dalam air cucian beras ini akan membantu mengurangi kadar minyak pada wajah sehingga membuat Ph kulit menjadi lebih stabil. Minyak berlebih pada wajah akan menimbulkan jerawat, maka air beras ini akan menjadi oil control di wajah anda.

5. Mencerahkan bibir

Warna bibir pada setiap orang tentu berbeda-beda, dan tidak semua orang memiliki warna bibir merah alami. Jika anda ingin membuat bibir anda menjadi lebih cerah dan merah alami maka gunakanlah air cucian beras mentah untuk mengatasinya. Cukup dengan oleskan air cucian beras ini pada bibir setiap harinya maka bibir akan menjadi cerah kembali.

Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Dapat digunakan sebagai masker wajah
7. Sebagai bahan pembuat lulur badan
8. Melembapkan kulit
9. Meratakan warna kulit yang belang
10. Menjadikan rambut menjadi hitam berkilau
11. Mempercepat proses pertumbuhan rambut
12. Memutihkan kulit wajah secara alami
13. Membasmi kutu rambut
14. Menghilangkan ketombe
15. Mengembalikan elastisitas kulit
16. Mengecilkan pori-pori wajah
17. Mengangkat kotoran yang terdapat di wajah
18. Sebagai toner kulit
19. Merevitalisasi kulit wajah dan tubuh agar lebih indah, sehat dan lebih cerah
20. Mengembalikan kekencangan pada kulit
21. Memudarkan garis halus pada wajah
22. Mengembalikan warna kulit yang menggelap akibat berjemur

Cara Memanfaatkan Air Cucian Beras Mentah Untuk Kesehatan :

Cara penerapan air cucian beras ini sangat mudah, yaitu bisa dengan cuci beras sampai bersih kemudian endapkan airnya dan ambil tepung yang mengendap di bagian bawahnya. Tapi untuk air bagian atas jangan dibuang sepenuhnya untuk menjaga air cucian tersebut tidak kental dan tidak cair. Kemudian oleskan air tersebut pada kulit yang ingin dirawat lalu diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air biasa. Lakukan hal ini seminggu sekali untuk mencegah kulit kering.

Efek Samping Air Cucian Beras Mentah :

Efek Samping Air Cucian Beras

Tidak ada efek samping yang berbahaya yang disebabkan oleh penggunaan air cucian beras tersebut, selama anda menggunakannya dengan cara yang tepat dan sesuai dengan aturannya. Jangan digunakan secara berlebihan juga, gunakan sesuai dengan anjuran yang benar. Mungkin, efek samping yang akan didapat adalah ketika anda menggunakan air cucian ini namun masih mengandung obat pertanian seperti pestisida, dan lain-lain.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jelly Gamat Gold G Sea Cucumber untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Berbagai manfaat air cucian beras yang telah dijelaskan diatas tentu saja benar-benar dapat anda nikmati ketika mengetahui cara pakai, dosis, dan aturan lainnya. Pastikan untuk selalu bersih dalam mengolah air cucian ini untuk dikonsumsi atau digunakan. Mari kita hidup sehat!

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Minuman

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top