Connect with us
Air Garam, Manfaat Air Garam, Khasiat Air Garam

Minuman

40 Manfaat dan Khasiat Air Garam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Air Garam – Dalam kehidupan sehari-hari, manfaat garam biasa dijadikan sebagai bumbu dapur, namun ada juga yang menjadikannya sebagai larutan untuk kepentingan tertentu. Air garam juga biasa digunakan dalam kepentingan industri seperti natrium klorida, dan kalium klorida. Bahkan sekarang ini, air garam telah menjadi solusi pengobatan beberapa penyakit dan kerap dijadikan sebagai langkah perawatan kecantikan.

Air Garam, Manfaat Air Garam, Khasiat Air Garam

Khasiat air garam lainnya adalah air dengan larutan garam jenuh yang bisa digunakan untuk mengawetkan ikan, sayuran dan daging. Brine adalah sebutan air garam dalam bahasa inggris. Meskipun brine ini dipergunakan seperti gula maupun cuka, namun juga bisa digunakan dalam hal transportasi untuk menghangatkan panas dari sebuah tempat ke tempat yang lainnya. Hal ini dilandasi karena larutan garam dalam air mampu merendahkan titik beku serta meningkatkan efisiensi transportasi dengan harga terjangkau.

Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan :

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Garam mampu meningkatkan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi air garam secara teratur maka penyerapan nutrisi dalam tubuh akan lebih teratur di bandingkan dengan biasanya. Hal itu karena air garam berfungsi meningkatkan kelenjar air liur dalam mulut. Garam alami juga mampu merangsang enzim pencernaan yang berupa klorida dan protein di dalam perut. Dua enzim tersebut sangatlah baik bagi usus untuk memecahkan makanan serta mampu merangsang sekresi dalam usus dan hati sehingga membantu sistem pencernaan.

2. Menjadikan Tidur Lebih Berkualitas

Mungkin dalam pikiran Anda pasti mustahil jika garam mampu membuat tidur lebih nyenyak. Hal itu dikarenakan garam mengandung mineral sehingga mampu memberikan efek tenang bagi saraf-saraf manusia. Bukan hanya itu saja garam mampu mengurangi hormon stres yang berupa kortisol dan adrenalin sehingga mampu membuat Anda tidur lebih nyenyak. Garam juga mampu membuang racun dalam tubuh karena kandungan anti bakteri yang ada di dalamnya.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mineral dan efek alkalinizing yang ada pada garam mampu meningkatkan kesehatan pada tulang. Tumbuh membutuhkan kalsium dan mineral untuk menetralkan kadar asam yang ada pada tubuh. Ada dapat memanfaatkannya dengan cara mencampurkan air hangat dengan garam, setelah itu meminumnya. Manfaat minum air garam dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang.

4. Bantu Meringankan Tenggorokan Gatal

Tenggorokan gatal itu disebabkan karena adanya bakteri di dalam tenggorokan. Sudah di jelaskan pada poin-poin di atas kandungan anti bakteri di dalamnya mampu membunuh bakteri pada tenggorokan penyebab gatal.

5. Membantu mengurangi peradangan

Jarang yang mengetahui manfaat air garam untuk masalah yang satu ini. Kenapa air garam bisa mengurangi peradangan? Karena pada dasarnya, tubuh manusia butuh sebanyak 1,5 sdt garam per hari untuk memenuhi asupan garam dalam tubuh. Apalagi asupan yang diberikan kepada tubuh kurang, maka hal ini akan menyebabkan tubuh mengalami krisis garam yang disebut dengan Natrium Sparing, dan kondisi ini sangat mengganggu keseimbangan serta tekanan darah Anda.

Karena, rendahnya asupan garam yang didapat oleh tubuh akan membuat enzim renin serta hormon aldosterone melonjak pesat. Padahal, jika kedua hormon tersebut meningkat secara terus-menerus, akan mengakibatkan kerusakan pada peredaran dapat serta akan meningkatkan peradabgan tubuh.

Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Banyu Membunuh Bakteri Penyebab Bau Badan
7. Memulihkan Bentuk Gigi. Data Memutihkan gigi
8. Bantu Menghilangkan Kotoran Telinga
9. Bantu Mengatasi Kutu Air.
10. Bantu Mengatasi Insomnia
11. Dapat Meredakan Batuk
12. Sebagai Obat Seriawan Alami
13. Dapat Mengobati Mata Gatal

Cara Memanfaatkan Air Garam Untuk Kesehatan :

Anda bisa memilih garam murni yang belum pernah diolah untuk dimanfaatkan dalam kepentingan pengobatan penyakit Anda. Cukup mudah membuat aur garam, karena hanya Anda buruh air mendidih dan garam saja. Campurkan, lalu terapkan kepada luka atau bisa dikonsumsi. Usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu jika penyakit Anda terlalu berisiko.

Manfaat Air Garam Untuk Kecantikan :

1. Dapat Dijadikan Srub (Facial Alami)

Karena garam punya tekstur yang kasar, hal ini menjadikan garam sangat cepat membunuh sel kulit mati pada kulit wajah. Ada yang memakai cara dengan mencampurkan dengan minyak oil untuk dijadikan scrub. Setelah itu, oleskan rata ke permukaan wajah, pijat dengan lembut secara memutar. Lalu, bersihkan dengan air dingin. Itulah salah satu manfaat air garam untuk wajah anda.

2. Sebagai Detoks Untuk Kulit

Tahukah Anda? Garam adalah salah satu bahan dasar untuk membuat facial di salon kecantikan. Karena kandungan dari garam inilah yang membuatnya mampu membunuh bakteri yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Cara mendetoks tubuh dengan air garam ini, cukup dengan membasuh wajah dengan air garam kemauan gosok menggunakan tangan. Rendam juga tubuh anda pada air garam selama 15 menit agar racun tubuh berkurang.

3. Bantu Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang hampir dialami oleh banyak orang efeknya adalah penampilan menjadi terganggu dan mengurangi kepercayaan diri. Menurut ahli, manfaat garam untuk wajah, bisa dijadikan obat jerawat dan infeksi kulit oleh sebab itu penggunaan suatu produk wajah yang tidak cocok.

4. Dapat Memutihkan Gigi

Gigi yang putih bersih adalah dambaan setiap orang. Gigi yang putih-bersih akan memberikan Anda kepercayaan diri yang kuar biasa dan menjadikan Anda lebih berkesan di mata lawan bicara Anda. Namun, jika Anda bermimpi melalukan perawatan gigi ke Dokter, pastilah harganya tidak murah. Jadi tunggu apalagi jika kealamian air garam mampu memberikan nilai putih-bersih pada gigi Anda.

5. Garam Sebagai Toner Alami

Air garam sendiri selain sebagai facial, juga bisa dijadikan toner dengan cara pemakaian yang sangat mudah yaitu cukup dengan menyemprotkan air hangat yang terkandung garam ke kulit wajah, kemudian tepuk-tepuk sampai kering. Toner ini akan menutrisi wajah Anda.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Klorofil K Link untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Air Garam Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mampu Meningkatkan Kecantikan Kulit
7. Membuat Kulit Lebih Cerah dan Halus
8. Bantu Mengobati infeksi di Wajah
9. Bantu Mengatasi bibir Kering dan Pecah-pecah
10. Sebagai Obat Mata Bengkak
11. Bantu Mengusir Komedo
12. Menjadikan Rambut Lebih Sehat
13. Mengatasi Kulit Kering

Cara Memanfaatkan Air Garam Untuk Kecantikan :

Selain dikonsumsi langsung, air garam juga bisa dijadikan obat luar untuk mendapatkan perawatan kecantikan yang bisa dilakukan di rumah. Bisa dengan membasuhkannya langsung pada wajah, atau ikuti cara lain berikut ini:

1. Untuk Hilangkan Jerawat

Campurkan satu sendok teh garam bersama satu gelas air hangat, lalu celupkan kapas ke dalam cairan tersebut, rendam sebentar setelah itu, kompres jerawat dan diamkan sampai kompres dingin, dan lakukan ini secara rutin setiap hari hingga jerawat kering dan tidak meradang. Pastikan setelah itu Anda mencuci wajah sampai bersih sebelum memulai perawatan ini.

2. Dijadikan Masker

Ambil satu sdm garam bersama 3 sdm air hangat dan larutan hingga merata. Setelah lutut, tambahkan 3 sdm madu untuk memperkaya nutrisi pada masker air garam ini. Oleskan merata pada wajah dan tunggu selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Jangan lupa untuk mencuci wajah dengan sabun setelah itu, Anda bisa melakukannya seminggu sekali.

3. Dijadikan Sebagai Scrub Wajah

Campurkan 5 sendok minyak zaitun atau virgin coconut oil ke dalam wadah. Lalu tambahkan 2 sdm garam dan 2 sdm bubuk oatmeal dan perasan jeruk lemon. Aduk dahulu hingga rata sebelum diaplikasikan ke wajah. Gosok lembut bagian dagu, hidung, dahi agar scrubbing berhasil sempurna. Basuh dengan air dingin.

4. Alat Cuci Muka

Manfaat cuci muka dengan air garam dipercaya oleh banyak orang mampu membunuh bakteri yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Anda cukup membasuh wajah anda dengan menggunakan larutan garam tersebut secara rutin, namun jangan berlebihan.

Efek Samping Air Garam :

Usahakan membaca sebuah artikel hingga tuntas ke akar-akarnya. Sebab, setiap manfaat pasti akan memberikan efek samping, dalam bentuk apa pun. Air garam sendiri ternyata juga punya efek berbahaya bagi tubuh maupun wajah, seperti berikut.

Efek Samping Air Garam Bagi Kesehatan :

1. Sakit jantung

Jantung akan memompa darah berlipat-lipat jika minum air garam secara berlebih. Hal ini berpotensi terkena sakit jantung. Maka jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi larutan tersebut. Walaupun sebenarnya jika sesuai dengan takaran banyak sekali manfaat minum air garam.

2. Stroke

Ini juga dipengaruhi sistem kerja pada jantung yang berlebih sehingga mengakibatkan stroke sampai kelumpuhan bahkan meninggal dunia. Dan lainnya seperti gangguan ginjal, kanker pencernaan, osteoporosis, bengkak pada tubuh dan dehidrasi. Boleh saja memanfaatkan air garam tetapi gunakanlah Secara teratur dan bijak. Jika mengalami hal-hal di atas maka segera lah untuk berkonsultasi ke dokter agar tidak berakibat fatal.

Efek Samping Air Garam Bagi Kecantikan :

1. Membuat kulit wajah hitam

Bagi yang tinggal di daerah panas sebaiknya tidak menggunakan air garam untuk membasuh wajah, hal itu dapat menyebabkan kulit wajah menjadi hitam jika terkena sinar matahari terlalu lama. Bagi yang ingin menggunakannya sebaiknya jika Anda sudah tidak beraktivitas atau pada malam hari. Lebih baik jika pada ruangan yang berbeda AC.

2. Perih pada wajah

Bagi Anda yang suka beraktivitas di luar ruangan maka Anda tidak cocok untuk menggunakan air garam jika berada pada suhu yang hangat atau panas hal itu dapat mengakibatkan wajah menjadi perih dan tentu sangat tidak nyaman untuk beraktivitas.

3. Lapisan kulit wajah terkelupas

Bukan hanya membuat wajah menjadi hitam dan perih saja. Bagi yang sering beraktivitas pada luar ruangan jangan membasuh wajah dengan air garam. Sebab juga akan membuat lapisan kulit wajah Anda terkelupas.

4. Infeksi mata

Jika Anda menggunakan air garam untuk membasuh wajah, jangan sampai terkena mata, hal itu dapat mengakibatkan mata perih. Bahkan bahayanya lagi jika air tersebut dapat membuat iritasi pada mata anda.

5. Timbul bercak hitam pada wajah

Bagi yang memiliki banyak jerawat dan suka memencetnya jangan sampai Anda membasuh dengan air garam hal itu karena bekas pencetak pada jerawat menjadi luka jika terkena air garam akan menimbulkan bercak-bercak hitam pada wajah Anda.

6. Infeksi dan gatal pada wajah

Jika Anda yang memiliki kulit alergi dan sensitif hal ini sangat berbahaya hal itu akan membuat wajah Anda infeksi dan gatal-gatal.

7. Wajah tergores

Jika ingin menggunakan air garam untuk membasuh wajah perhatikan benar-benar apakah garam yang Anda gunakan sudah benar-benar larut. Jika belum maka hal itu akan membuat wajah Anda tergores akibat gesekan dengan garam yang belum larut.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Milagros untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jika kita ingin mengetahui manfaat air garam bagi kesehatan dan kecantikan sangat lah banyak. Garam sendiri merupakan mineral atau senyawa netral yang memiliki kandungan pH sekitar 7 dan terdiri dari berbagai ion. Maka dari itu khasiat air garam untuk kehidupan sehari hari sangatlah banyak.

Continue Reading

Lainnya dari Minuman

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top